Senin, 31 Oktober 2011

Kandungan Gizi Anggur



Anggur, buah yang paling enak dimakan dingin, tapi paling gak enak kalau bijinya kena gigit. 

Anggur
- Grape merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.
 
Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria. Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus.  Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.
 

Kandungan gizi Kismis/raisin (anggur yang dikeringkan)

Nilai kandungan gizi Anggur per 100 g (3.5 oz) 
Energi 288 kJ (69 kcal) 

Karbohidrat 18.1 g

 Gula 15,48 g  Diet serat 0,9 g 
Lemak 0,16 g

Protein 0,72 g 

Thiamine (Vit. B1) 0.069 mg (5%)

Riboflavin (Vit. B2) 0,07 mg (5%) 

Niacin (Vit. B3) 0.188 mg (1%) 

Asam pantotenat (B5) 0,05 mg (1%)

Vitamin B6 0,086 mg (7%) 

Folat (Vit. B9) 2 mg (1%) 

Vitamin B12 0 mg (0%) 

Vitamin C 10,8 mg (18%) 

Vitamin K 22 mg (21%) 

Kalsium 10 mg (1%)

 Besi 0,36 mg (3%) 
Magnesium 7 mg (2%)

 Mangan 0,071 mg (4%)
Fosfor 20 mg (3%) 

Kalium 191 mg (4%)

Natrium 3,02 mg (0%) 

Seng 0,07 mg (1%) 

Sumber: USDA Nutrient database
http://eemoo-esprit.blogspot.com 

Markisa: Sejarah, Manfaat Kesehatan dan Gizi

Markisa (passion fruit), sejarah serta manfaat Kesehatan & Gizi



Markisa (Portugis: maracujá; Spanyol: maracuyá) tergolong ke dalam tanaman genus Passiflora, berasal dari daerah tropis dan sub tropis di Amerika.

Di Indonesia terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu (passiflora edulis) yang tumbuh di dataran tinggi, dan markisa kuning (passiflora flavicarva) yang tumbuh di dataran rendah. Sementara itu, ada pula varian markisa yang tumbuh di daerah Sumatera Barat yang disebut sebagai markisa manis (passiflora edulis forma flavicarva).


Markisa segar tinggi di beta karoten, kalium, dan serat makanan. Jus buah Markisa adalah sumber yang baik asam askorbat (vitamin C), dan baik bagi orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi Varietas kuning digunakan untuk pengolahan jus, sedangkan varietas ungu dijual di pasar buah segar..
Di Meksiko, markisa digunakan untuk membuat jus atau dimakan mentah dengan bubuk cabai dan jeruk nipis. 
 
Puerto Rico, di mana buah ini dikenal sebagai "Parcha", secara luas dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Mungkin karena mengandung alkaloid harmala dan merupakan RIMA ringan. Jus buah Markisa juga sangat umum di sana dan digunakan dalam jus, es krim atau kue-kue.
 
Di Peru, markisa digunakan dalam beberapa makanan penutup, terutama cheesecake. Hal ini juga mabuk sendiri sebagai jus markisa dan digunakan dalam variasi ceviche dan koktail, termasuk markisa masam, sebuah variasi dari Pisco Sour.
 
Di Filipina, markisa umumnya dijual di pasar umum dan di sekolah umum. Beberapa vendor menjual buah dengan sedotan di dalamnya untuk menyedot biji dan jus dalam. Hal ini tidak terlalu populer karena rasa asam, dan buah sangat musiman.
 
Di Vietnam, markisa dicampur dengan madu dan es untuk membuat smoothie menyegarkan.
 
Di Afrika Selatan, markisa, yang dikenal secara lokal sebagai Granadilla (varietas kuning sebagai Guavadilla), digunakan untuk yogurt rasa. Hal ini juga digunakan untuk membumbui minuman ringan seperti Schweppes Sparkling Granadilla dan minuman ramah banyak. Hal ini sering dimakan mentah atau digunakan sebagai topping untuk kue dan kue tar. jus Granadilla biasanya tersedia di restoran. Varietas kuning digunakan untuk pengolahan jus, sedangkan varietas ungu dijual di pasar buah segar.
 
Di Amerika Serikat sering digunakan sebagai bahan dalam campuran jus.
 
 
 
 
 
Manfaat Kesehatan & Gizi Makan Buah Markisa

    * Jus buah markisa mengurangi pertumbuhan sel kanker. Meskipun penelitian sedang dilakukan tentang masalah ini, fitokimia dalam jus buah yang dianggap menghambat pertumbuhan sel kanker.
    * Asam fenolik dan flavonoid hadir dalam buah yang seharusnya memiliki fungsi melindungi jantung.
    * Profil fenolik buah ini dikenal aktivitas anti-mikroba.
    * Markisa merupakan sumber antioksidan yang baik, baik yang larut air larut dan lemak.
    * Buah Passion dianggap baik untuk produk yang membutuhkan pasteurisasi.
    * Buah ini cukup tinggi di karbohidrat dan gula sederhana, yang meningkatkan kinerja atletik.
    * Ini mengandung sterol, yang membantu dalam menurunkan kadar kolesterol.
    * Buah Gairah adalah suatu reservoir vitamin C, vitamin A dan Kalium.
    * Benih buah merupakan sumber
serat yang sangat vital.

 http://eemoo-esprit.blogspot.com

Kandungan Gizi Apel



Apel, karena Apel kita mengenal gravitasi, dan karena Apel kita bisa menikmati dunia.
Apel adalah buah pomaceous pohon apel, spesies Malus domestica dalam keluarga mawar (Rosaceae). Apel adalah salah satu buah pohon yang paling banyak dibudidayakan, dan yang paling dikenal luas dari banyak anggota dari genus Malus yang digunakan oleh manusia.

Buah apel biasanya merah di luar saat masak (siap dimakan), namun bisa juga hijau atau kuning.
Orang mulai pertama kali menanam apel di Asia Tengah. Kini apel berkembang di banyak daerah di dunia yang lebih dingin. Nama ilmiah pohon apel dalam bahasa Latin ialah Malus domestica. Apel budidaya adalah keturunan dari Malus sieversii asal Asia Tengah, dengan sebagian genom dari Malus sylvestris (apel hutan/apel liar).



Pohon Apel berasal dari Asia Barat, di mana nenek moyang liar yang masih ditemukan saat ini. Ada lebih dari 7.500 kultivar apel diketahui, mengakibatkan berbagai karakteristik yang diinginkan. Kultivar bervariasi dalam hasil dan ukuran akhir dari pohon, bahkan ketika tumbuh pada batang bawah yang sama.

Setidaknya 55 juta ton apel ditanam di seluruh dunia pada tahun 2005, dengan nilai sekitar $ 10 miliar. Cina memproduksi sekitar 35% dari jumlah total ini. Amerika Serikat adalah produsen kedua-terkemuka, dengan lebih dari 7,5% dari produksi dunia. Iran adalah ketiga, diikuti oleh Turki, Rusia, Italia dan India.

Kebanyakan apel bagus dimakan mentah-mentah (tak dimasak), dan juga digunakan banyak jenis makanan pesta. Apel dimasak sampai lembek untuk membuat saus apel.
Apel juga dibuat menjadi minuman sari buah apel.



Pepatah "Sebuah apel sehari membuat dokter pergi.", Menyikapi efek kesehatan dari buah Apel, berasal dari abad ke Wales 19.  Penelitian menunjukkan bahwa apel dapat mengurangi resiko kanker usus, kanker prostat dan kanker paru-paru.  Dibandingkan dengan buah lain dan sayuran, apel mengandung jumlah yang relatif rendah vitamin C, tetapi merupakan sumber yang kaya senyawa antioksidan lainnya. Isi serat, sementara kurang dari dalam buah-buahan lainnya, membantu mengatur buang air besar dan dengan demikian dapat mengurangi resiko kanker usus besar. Mereka juga dapat membantu mencegah dengan penyakit jantung, penurunan berat badan,  dan mengendalikan kolesterol,  karena mereka tidak memiliki kolesterol apapun, memiliki serat, yang mengurangi kolesterol dengan mencegah reabsorpsi, dan besar untuk konten kalori mereka, seperti buah-buahan dan sayuran.

Ada bukti bahwa secara in vitro apel memiliki senyawa fenolik yang dapat kanker-pelindung dan menunjukkan aktivitas antioksidan. phytochemical phenolic dominan dalam apel adalah quercetin, epikatekin, dan procyanidin B2..

Konsentrat jus apel telah ditemukan untuk meningkatkan produksi neurotransmitter asetilkolin pada tikus, menyediakan mekanisme potensial untuk "pencegahan penurunan kinerja kognitif yang menyertai kekurangan makanan dan genetik dan penuaan." Studi-studi lain telah menunjukkan "[ion] alleviat kerusakan oksidatif dan penurunan kognitif" pada tikus setelah pemberian jus apel. 


Nilai kandungan gizi Apel per 100 g (3.5 oz)
Energi 218 kJ (52 kcal)
 

Karbohidrat 13,81 g 
Gula 10,39 g 
Diet serat 2,4 g 
Lemak 0,17 g 
Protein 0,26 g 
Air 85,56 g 
Vitamin A equiv. 3 mg (0%) 
Thiamine (Vit. B1) 0.017 mg (1%) 
Riboflavin (Vit. B2) 0,026 mg (2%) 
Niacin (Vit. B3) 0,091 mg (1%) 
Asam pantotenat (B5) 0,061 mg (1%) 
Vitamin B6 0,041 mg (3%) 
Folat (B9 Vit.) 3 mg (1%) 
Vitamin C 4.6 mg (8%) 
Kalsium 6 mg (1%) 
Besi 0,12 mg (1%) 
Magnesium 5 mg (1%) 
Fosfor 11 mg (2%) 
Kalium 107 mg (2%) 
Seng 0,04 mg (0%) 

Sumber: USDA Nutrient database
http://eemoo-esprit.blogspot.com

Kandungan Gizi Rambutan


Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.
Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Sri Lanka.

Buah rambutan terbungkus oleh kulit yang memiliki "rambut" di bagian luarnya (eksokarp). Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi "daging". Bagian buah yang dimakan, "daging buah", sebenarnya adalah salut biji atau aril, yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas ("rambutan ace"/ngelotok).
Pohon dengan buah masak sangat menarik perhatian karena biasanya rambutan sangat banyak menghasilkan buah. Jika pertumbuhan musiman, buah masak pada bulan Maret hingga Mei, dikenal sebagai "musim rambutan". Masanya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga.


Perbaikan varietas yang dilakukan di Indonesia dan sejumlah negara lain hingga saat ini dilakukan oleh lembaga penelitian milik pemerintah. Di Indonesia, Balai Penelitian Buah Solok yang melakukan tugas ini. Pola perbaikan yang diterapkan hingga saat ini adalah seleksi dari plasma nutfah yang tumbuh di berbagai pusat keanekaragaman di Indonesia, terutama di Sumatera, Kalimantan, serta Jawa. Lembaga di Malaysia yang melakukan perbaikan kultivar adalah MARDI.

Varietas unggul rambutan yang sudah dilepas Departemen Pertanian Republik Indonesia hingga 2005 adalah
1. 'Rapiah' dari Pasarminggu,
2. 'Bahrang' dari Langkat,
3. 'Lebakbulus' dari Pasarminggu,
4. 'Sibatuk Ganal' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
5. 'Nona' dari Kampar, Riau,
6. 'Binjai' dari Pasarminggu
7. 'Antalagi' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan,
8. 'Sibongkok' dari Sungai Luhut, Kalimantan Selatan,
9. 'Garuda' dari Sungai Andai, Kalimantan Selatan
10.'Tangkue Lebak' dari Kecamatan Maja, Kalimantan Selatan,
11.'Narmada' dari NTB,
12.'Kundur' dari Riau

Selain itu, dikenal pula beberapa ras lokal yang juga dikenal baik untuk keperluan terntentu, seperti 'Sinyonya' dan 'Sitangkue' yang dianjurkan untuk digunakan sebagai batang bawah dalam okulasi.




Kandungan Gizi Rambutan 100 g
Energi 343 kJ (82 kcal)
Karbohidrat 20,87
Diet serat 0,9
Fat 0,21
Protein 0,65
Air 78,04 g
Vitamin A equiv. 0 mg (0%)
Vitamin A IU 3
- Beta-karoten 2 mg (0%)
Thiamine (Vit. B1) 0,013 mg (1%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,022 mg (1%)
Niacin (Vit. B3) 1,352 mg (9%)
Asam pantotenat (B5) 0.018 mg (0%)
Vitamin B6 0,020 mg (2%)
Folat (Vit. B9) 8 mg (2%)
Vitamin B12 0.00 mg (0%)
Vitamin C 4,9 mg (8%)
Kalsium 22 mg (2%)
Besi 0,35 mg (3%)
Magnesium 7 mg (2%)
Mangan 0,343 mg (17%)
Fosfor 9 mg (1%)
Kalium 42 mg (1%)
Sodium 11 mg (0%)
nilai gizi dan bobot adalah untuk bagian yang dapat dimakan

Sumber: USDA Nutrient database
http://eemoo-esprit.blogspot.com

Kandungan Gizi Alpukat




Apokat, Avokad, alpukat, Avocado atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.
 
Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.
Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

Nama apokat atau avokad (dari bahasa Inggris, avocado) berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl (dibaca kira-kira "awakatl"). Suku Aztek berada di daerah Amerika Tengah dan Meksiko. Karena itu, buah ini pada awalnya dikenal di daerah tersebut.
 
Pada saat pasukan Spanyol memasuki wilayah tersebut sekitar awal abad ke-16, berbagai tumbuhan dari daerah ini, termasuk apokat, diperkenalkan kepada penduduk Eropa. Orang pertama yang memperkenalkan buah apokat kepada penduduk Eropa yaitu Martín Fernández de Enciso, salah seorang pemimpin pasukan Spanyol. Dia memperkenalkan buah ini pada tahun 1519 kepada orang-orang Eropa. Pada saat yang sama juga, para pasukan Spanyol yang menjajah Amerika Tengah juga memperkenalkan kakao, jagung, dan kentang kepada masyarakat Eropa. Sejak itulah buah apokat mulai disebar dan dikenal oleh banyak penduduk dunia.
 
Apokat diperkenalkan ke Indonesia oleh Belanda pada abad ke-19.

Apokat memiliki banyak manfaat. Bijinya digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna coklat pada produk dari bahan kulit. Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan.

Sekitar 75% dari kalori sebuah alpukat datang dari lemak, yang sebagian besar adalah lemak tak jenuh tunggal.Alpukat juga memiliki kalium 60% lebih dari pisang. Mereka kaya akan vitamin B, serta vitamin E dan vitamin K. Alpukat memiliki kandungan serat yang tinggi antara buah-buahan -. Termasuk 75% larut dan serat larut 25%   A triol lemak (fatty alcohol) dengan satu ikatan rangkap, avocadene (16-heptadecene-1 ,2,4-triol), ditemukan dalam alpukat. 
 


Asupan tinggi alpukat telah terbukti memiliki efek yang menguntungkan terhadap kadar kolesterol serum darah. Khususnya, setelah tujuh hari diet kaya alpukat, pasien hiperkolesterolemia menunjukkan penurunan 17% kadar kolesterol total serum. Penelitian juga menunjukkan penurunan 22% di kedua tingkat LDL (kolesterol berbahaya) dan trigliserida dan peningkatan 11% pada HDL (kolesterol bermanfaat) tingkat [30] Selain itu tim Jepang disintesis empat komponen kiral dan diidentifikasi (2R, 4R). - 16-heptadecene-1, 2, 4-triol sebagai komponen antibakteri alami .

Nilai Kandungan gizi Alpokat per 100 g (3.5 oz)
Energi 670 kJ (160 kcal)
Karbohidrat 8,53 g
Gula 0,66 g
Diet serat 6,7 g
Lemak 14,66 g
2.13 g jenuh
monounsaturated 9,80 g
polyunsaturated 1,82 g
Protein 2 g
Thiamine (Vit. B1) 0,067 mg (5%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,130 mg (9%)
Niacin (Vit. B3) 1.738 mg (12%)
Asam pantotenat (B5) 1,389 mg (28%)
Vitamin B6 0,257 mg (20%)
Folat (Vit. B9) 81 mg (20%)
Vitamin C 10 mg (17%)
Kalsium 12 mg (1%)
Besi 0,55 mg (4%)
Magnesium 29 mg (8%)
Fosfor 52 mg (7%)
Kalium 485 mg (10%)
Seng 0,64 mg (6%)

Sumber: USDA Nutrient database
http://eemoo-esprit.blogspot.com

Kandungan Gizi Buah Nangka



Nangka adalah nama sejenis pohon, sekaligus buahnya. Pohon nangka termasuk ke dalam suku Moraceae; nama ilmiahnya adalah Artocarpus heterophyllus. Dalam bahasa Inggris, nangka dikenal sebagai jackfruit.

Pohon nangka umumnya berukuran sedang, sampai sekitar 20 m  tingginya, walaupun ada yang mencapai 30 meter. Batang bulat silindris, sampai berdiameter sekitar 1 meter. Tajuknya padat dan lebat, melebar dan membulat apabila di tempat terbuka. Seluruh bagian tumbuhan mengeluarkan getah putih pekat apabila dilukai.

Daun tunggal, tersebar, bertangkai 1-4 cm, helai daun agak tebal seperti kulit, kaku, bertepi rata, bulat telur terbalik sampai jorong (memanjang), 3,5-12 × 5-25 cm, dengan pangkal menyempit sedikit demi sedikit, dan ujung pendek runcing atau agak runcing. Daun penumpu bulat telur lancip, panjang sampai 8 cm, mudah rontok dan meninggalkan bekas serupa cincin.

Tumbuhan nangka berumah satu (monoecious), perbungaan muncul pada ketiak daun pada pucuk yang pendek dan khusus, yang tumbuh pada sisi batang atau cabang tua. Bunga jantan dalam bongkol berbentuk gada atau gelendong, 1-3 × 3-8 cm, dengan cincin berdaging yang jelas di pangkal bongkol, hijau tua, dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum samar apabila masak. Bunga nangka disebut babal. Setelah melewati umur masaknya, babal akan membusuk (ditumbuhi kapang) dan menghitam semasa masih di pohon, sebelum akhirnya terjatuh. Bunga betina dalam bongkol tunggal atau berpasangan, silindris atau lonjong, hijau tua.

Buah majemuk (syncarp) berbentuk gelendong memanjang, seringkali tidak merata, panjangnya hingga 100 cm, pada sisi luar membentuk duri pendek lunak. 'Daging buah', yang sesungguhnya adalah perkembangan dari tenda bunga, berwarna kuning keemasan apabila masak, berbau harum-manis yang keras, berdaging, kadang-kadang berisi cairan (nektar) yang manis. Biji berbentuk bulat lonjong sampai jorong agak gepeng, panjang 2-4 cm, berturut-turut tertutup oleh kulit biji yang tipis coklat seperti kulit, endokarp yang liat keras keputihan, dan eksokarp yang lunak. Keping bijinya tidak setangkup.

Nangka terutama dipanen buahnya. "Daging buah" yang matang seringkali dimakan dalam keadaan segar, dicampur dalam es, dihaluskan menjadi minuman (jus), atau diolah menjadi aneka jenis makanan daerah: dodol nangka, kolak nangka, selai nangka, nangka-goreng-tepung, keripik nangka, dan lain-lain. Nangka juga digunakan sebagai pengharum es krim dan minumnan, dijadikan madu-nangka, konsentrat atau tepung. Biji nangka, dikenal sebagai "beton", dapat direbus dan dimakan sebagai sumber karbohidrat tambahan.

Buah nangka muda sangat digemari sebagai bahan sayuran. Di Sumatera, terutama di Minangkabau, dikenal masakan gulai nangka. Di Jawa Barat buah nangka muda antara lain dimasak sebagai salah satu bahan sayur asam. Di Jawa Tengah dikenal berbagai macam masakan dengan bahan dasar buah nangka muda (disebut gori), seperti sayur lodeh, sayur megana, oseng-oseng gori, dan jangan gori (sayur nangka muda). Di Jogyakarta nangka muda terutama dimasak sebagai gudeg. Sementara di seputaran Jakarta dan Jawa Barat, bongkol bunga jantan (disebut babal atau tongtolang) kerap dijadikan bahan rujak.
Ketupat gulai nangka, contoh olahan dari "buah" nangka muda.

Daun-daun nangka merupakan pakan ternak yang disukai kambing, domba maupun sapi. Kulit batangnya yang berserat, dapat digunakan sebagai bahan tali dan pada masa lalu juga dijadikan bahan pakaian. Getahnya digunakan dalam campuran untuk memerangkap burung, untuk memakal (menambal) perahu dan lain-lain.

Kayunya berwarna kuning di bagian teras, berkualitas baik dan mudah dikerjakan. Kayu ini cukup kuat, awet dan tahan terhadap serangan rayap atau jamur, serta memiliki pola yang menarik, gampang mengkilap apabila diserut halus dan digosok dengan minyak. Karena itu kayu nangka kerap dijadikan perkakas rumah tangga, mebel, konstruksi bangunan, konstruksi kapal sampai ke alat musik. Dari kayunya juga dihasilkan bahan pewarna kuning untuk mewarnai jubah para pendeta Buddha.

 



Daun tanaman ini jg di rekomendasikan oleh pengobatan ayurveda sebagai obat antidiabetes karena ekstrak daun nangka memberi efek hipoglikemi (Chandrika, 2006). Selain itu daun pohon nangka juga dapat digunakan sebagai pelancar ASI, borok (obat luar), dan luka (obat luar). Daging buah nangka muda (tewel) dimanfaatkan sebagai makanan sayuran yang mengandung albuminoid dan karbohidrat. Sementara biji nangka dapat digunakan sebagai obat batuk dan tonik (Heyne. K, 1987). Biji nangka dapat diolah menjadi tepung yang digunakan sebagai bahan baku industri makanan (bahan makan campuran). Khasiat kayu sebagai anti spasmodic dan sedative, daging buah sebagai ekspektoran, daun sebagai laktagog. Kayu nangka dianggap lebih unggul daripada jati untuk pembuatan meubel, konstruksi bangunan pembubutan, tiang kapal, untuk tiang kuda dan kandang sapi, dayung, perkakas, dan alat musik. Getah kulit kayu juga telah digunakan sebagai obat demam, obat cacing dan sebagai antiinflamasi. Pohon nangka dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Kandungan kimia dalam kayu adalah morin, sianomaklurin (zat samak), flavon, dan tanin. Selain itu, dikulit kayunya juga terdapat senyawa flavonoid yang baru, yakni morusin, artonin E, sikloartobilosanton, dan artonol B (Ersam T, 2001). Bioaktivitasnya terbukti secara empiric sebagai antikanker, antivirus, antiinflamasi, diuretil, dan antihipertensi (Ersam T, 2001).



Nilai Kandungan Gizi Nangka

sumber : quitehealthy.com/nutrition-facts/
 
 
 http://eemoo-esprit.blogspot.com

Mangga dan Kandungan Gizinya



Mangga, nama buah ini berasal dari Tamil maankaay. Kata ini dipadankan dalam bahasa Indonesia menjadi mangga; dan pada pihak lain, kata ini dibawa ke Eropa oleh orang-orang Portugis dan diserap menjadi manga (bahasa Portugis), mango (bahasa Inggris) dan lain-lain. Nama ilmiahnya sendiri kira-kira mengandung arti: “(pohon) yang berbuah mangga, berasal dari India”.

Mangga atau mempelam adalah nama sejenis buah, demikian pula nama pohonnya. Mangga termasuk ke dalam marga Mangifera, yang terdiri dari 35-40 anggota, dan suku Anacardiaceae. Nama ilmiahnya adalah Mangifera indica.
Pohon mangga termasuk tumbuhan tingkat tinggi yang struktur batangnya (habitus) termasuk kelompok arboreus, yaitu tumbuhan berkayu yang mempunyai tinggi batang lebih dari 5 m. Mangga bisa mencapai tinggi 10-40 m.
Berasal dari sekitar perbatasan India dengan Burma, mangga telah menyebar ke Asia Tenggara sekurangnya semenjak 1500 tahun yang silam. Buah ini dikenal pula dalam berbagai bahasa daerah, seperti pelem atau poh (Jw.)




Buah mangga termasuk kelompok buah batu (drupa) yang berdaging, dengan ukuran dan bentuk yang sangat berubah-ubah bergantung pada macamnya, mulai dari bulat (misalnya mangga gedong), bulat telur (gadung, indramayu, arumanis) hingga lonjong memanjang (mangga golek). Panjang buah kira-kira 2,5-30 cm. Pada bagian ujung buah, ada bagian yang runcing yang disebut paruh. Di atas paruh ada bagian yang membengkok yang disebut sinus, yang dilanjutkan ke bagian perut.

Kulit buah agak tebal berbintik-bintik kelenjar; hijau, kekuningan atau kemerahan bila masak. Daging buah jika masak berwarna merah jingga, kuning atau krem, berserabut atau tidak, manis sampai masam dengan banyak air dan berbau kuat sampai lemah. Biji berwarna putih, gepeng memanjang tertutup endokarp yang tebal, mengayu dan berserat. Biji ini terdiri dari dua keping; ada yang monoembrional dan ada pula yang poliembrional.


Mangga terutama ditanam untuk buahnya. Buah yang matang umum dimakan dalam keadaan segar, sebagai buah meja atau campuran es, dalam bentuk irisan atau diblender. Buah yang muda kerapkali dirujak, atau dijajakan di tepi jalan setelah dikupas, dibelah-belah dan dilengkapi bumbu garam dengan cabai. Buah mangga juga diolah sebagai manisan, irisan buah kering, dikalengkan dan lain-lain. Di pelbagai daerah di Indonesia, mangga (tua atau muda) yang masam kerap dijadikan campuran sambal atau masakan ikan dan daging.
Biji mangga dapat dijadikan pakan ternak atau unggas; di India bahkan dijadikan bahan pangan di masa paceklik. Daun mudanya dilalap atau dijadikan sayuran. Kayu mangga cukup kuat, keras dan mudah dikerjakan; namun kurang awet untuk penggunaan di luar. Kayu ini juga dapat dijadikan arang yang baik.


Anda dapat memilih bagaimana Anda ingin menikmati Mangga. Saatnya Anda menikmati hari Anda dengan Mangga.



Kandungan Gizi Mangga - Manggo

Nilai Kandungan gizi Mangga per 100 g (3.5 oz)
Energi 272 kJ (65 kcal)
Karbohidrat 17,00 g
Gula 14,8 g
Diet serat 1,8 g
Lemak 0,27 g
Protein 0,51 g
Vitamin A equiv. 38 mg (4%)
- Beta-karoten 445 mg (4%)
Thiamine (Vit. B1) 0.058 mg (4%)
Riboflavin (Vit. B2) 0,057 mg (4%)
Niacin (Vit. B3) 0,584 mg (4%)
Asam pantotenat (B5) 0,160 mg (3%)
Vitamin B6 0,134 mg (10%)
Folat (Vit. B9) 14 mg (4%)
Vitamin C 27,7 mg (46%)
Kalsium 10 mg (1%)
Besi 0,13 mg (1%)
Magnesium 9 mg (2%)
Fosfor 11 mg (2%)
Kalium 156 mg (3%)
Seng 0,04 mg (0%)
 
Sumber: USDA Nutrient database
http://eemoo-esprit.blogspot.com
 
 

Jumat, 28 Oktober 2011

Kedasyatan Bersyukur

by Syahril Bermawan


Salah satu akhlaq yang sangat tinggi nilainya dalam Islam adalah bersyukur. Demikian tinggi nilainya sehingga tidaklah salah kalau kita mengatakan bahwa syukur itu mempunyai keagungan dan kedahsyatan yang mengagumkan. Marilah kita lihat beberapa ayat Al-Quran yang mengungkapkan keagungan dan kedahsyatan syukur. Al-Quran menginformasikan, sekurang kurangnya ada 4 keutamaan syukur:

1. Menyebabkan Terhindarnya Siksaan

”Mengapa Allah akan menyiksamu. Jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Syukur lagi Maha Mengetahui”. (Surat An-Nisa’; 04 : 147).


Secara gamblang ayat tersebut menyatakan bahwa Allah tidak akan menyiksa hamba Nya yang bersyukur dan beriman.

Dalam kitab Tarjamah Al-Quran Al-Hakim karangan Salim Bahreisy dan Abdullah Bahreisy frase Maa yaf ’alullaahu bi ’adzaabikum, diterjemahkan dengan ”Untuk apa Allah akan menyiksamu”. Dalam kitab The Holy Quran, karangan Yusuf Ali, frase tersebut diterjemahkan kedalam bahasa Inggeris “What can God gain by your punishment…”

Dalam kitab Tafsir Jalalain frase tersebut diberi tambahan keterangan “Pertanyaan ini berarti “tidak”, jadi maksudnya Allah tidaklah akan menyiksamu”.

Disini kita temukan bahwa SYUKUR itu digandengkan Allah dengan IMAN. Artinya antara syukur dan iman itu saling melengkapi. Bersyukur dalam keadaan beriman, dan beriman dalam keadaan bersyukur. Bersyukur saja tidak cukup kalau belum beriman, dan beriman saja belumlah sempurna kalau tidak bersyukur. Dan bagi hambaNya yang beriman dan bersyukur, Allah tidak akan menyiksa mereka.  Subhanallaah.



2. Menyebabkan Bertambahnya Nikmat


Dan ingatlah juga tatkala Tuhan-mu memaklumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih””. (Ibrahim; 14 : 7)

Dalam ayat diatas, Allah menyatakan pasti akan menambah nikmat apabila hambaNya bersyukur.  Janji Allah tersebut diatas  dikuatkan dengan kata kata ”pasti”, dan tidak ada syarat apapun setelahnya. Artinya, secara absolut orang orang yang bersyukur akan diberi oleh Allah tambahan nikmatnya.
Pernyataan dalam ayat tersebut diatas diperkuat lagi dengan ayat lain yang menyatakan bahwa syukur seorang hamba itu adalah untuk dirinya sendiri, sedangkan Allah sama sekali tidak memerlukan syukur itu:


Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barangsiapa tidak bersyukur, sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji” (Luqman;  31 : 12)

 
3. Balasan Syukur Adalah Mutlak Tanpa Syarat

Balasan bagi hamba yang bersyukur itu mutlak, tanpa batasan dan tanpa syarat. Hal ini dinyatakan oleh Allah dalam  akhir ayat 145 Surat Ali Imran:


Dan Kami akan memberi balasan kepada orang orang yang bersyukur (Ali Imran; 03 : 145).

Hal itu berbeda dengan janji Allah berkenaan dengan hal hal lainnya, misalnya:


Tidakkah kamu tahu, sesungguhnya Allah-lah  yang mempunyai kerajaan langit dan bumi, disiksa-Nya siapa yang dikehendaki-Nya, (yu’adzdzibu may yasyaa-u), dan diampuni-Nya bagi siapa yang dikehendaki-Nya (wa yaghfiru li may yasyaa-u) . Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (Al-Maa-idah; 05 : 40).

Begitu juga dengan Surat At-Taubah, pada penggalan dalam ayat 15 yang menyatakan:


Dan Allah menerima taubat orang yang dikehendaki-Nya. (At-Taubah; 09 : 15).


4. Dibenci Oleh Iblis

Karena demikian agung dan dhasyatnya syukur itu, maka iblis sangat membenci orang orang yang bersyukur. Ketika iblis mengetahui keagungan dan kedahsyatan syukur, iblis langsung menyusun action program, dan membuat statement:

”Kemudian aku akan mendatangi mereka dari hadapan dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur” (Al-A’raaf; 07 : 17)


Jadi kebanyakan manusia tidak bersyukur, seperti yang telah dinyatakan oleh Allah antara lain:
Al-Isra’; 17 : 67

“Dan manusia itu adalah selalu tidak berterima kasih”.


Ibrahim; 14: 34

”Sesungguhnya manusia itu sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)”


Saba’; 34 : 13


”Dan sedikit diantara hamba hamba Ku yang bersyukur”


Al-‘Aadiyat; 100 : 6



“Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhan-nya”
itu adalah karena godaan syetan, yang memang sangat tidak menyukai melihat manusia menjadi ”abdan syakura”


Mudah-mudahan kita termemotivasi untuk senantiasa mensyukuri semua nikmat Allah dengan syukur yang sebanyak banyaknya.

Mudah mudahan mulai saat ini kita bisa meresapkan keagungan dan kedahsyatan ayat ALHAMDU LILLAAHI RABBIL ’AALAMIIN, yang kadangkala, bahkan seringkali, kita ucapkan sambil lalu saja tanpa penghayatan.

Akhirnya marilah kita selalu ingat akan sebuah doa yang diajarkan Rasulullah SAW kepada sahabat Mu’adz r.a.

Allahumma a’innii ’ala zikrika wa syukrika, wahusni ’ibaadatika
Ya Allah tolonglah kami untuk selalu ingat kepada Mu, untuk selalu bersyukur kepada Mu, dan untuk selalu memperbaiki ibadat kepada Mu. Aamiin.


Sumber: http://buyanur.com

Kiat Praktis Mengunjungi Taj Mahal

Oleh: Olenka Priyadarsani

Keindahan Taj Mahal, salah satu keajaiban dunia, sudah banyak diulas di berbagai tulisan. Kali ini, saya hendak berbagi beberapa kiat praktis mengunjungi objek wisata di Agra, India, ini agar kunjungan Anda ke sana semakin nyaman.

Memesan tiket kereta api


Tak peduli berapa hari yang akan Anda habiskan di Agra, cara terbaik menuju ke sana dari Delhi adalah menggunakan kereta api — kecuali pada musim dingin ketika kabut tebal sering menunda keberangkatan.


Kereta api yang akan membawa pengunjung ke Taj Mahal.

 
Kereta jurusan Delhi-Agra yang paling popular adalah Bhopal Shabtdi Express, dengan pilihan kelas sesuai keinginan. Pesanlah tiket jauh-jauh hari. Anda dapat memesan tiket dengan pembayaran kartu kredit melalui www.cleartrip.com atau www.makemytrip.com.

Siap-siap mengantre


Pengamanan masuk ke Taj Mahal sangatlah ketat. Ini membuat antrean masuk menjadi panjang, terutama pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur lainnya.

Anda harus mengantre dua kali; pertama saat membeli tiket, kedua saat hendak masuk gerbang. Antrean tiket seharga 750 rupee (bagi turis asing) biasanya tidak panjang. Tetapi antrean kedua sungguh menantang. Anda bisa menunggu selama 20 menit hingga satu jam, tergantung berapa banyak wisatawan yang hendak masuk.


Gerbang masuk menuju Taj Mahal.

 
Petugas memisahkan antrean bagi laki-laki dan perempuan, jadi jangan sampai Anda mengantre di tempat yang salah. Antrean perempuan biasanya jauh lebih lama dari laki-laki, karena para penjaga harus memeriksa tas tangan satu demi satu.

Simpan barang di loker


Dengan biaya 20 rupees, Anda dapat menyewa loker untuk menyimpan tas. Tempat penyimpanan ini terletak sebelum loket pembelian tiket. Bawalah barang yang diperlukan saja, seperti kamera, air mineral, telepon seluler, dompet dan paspor.  Buku panduan juga harus ditinggalkan.

Jangan coba-coba membawa tas ransel seperti yang saya lakukan. Setelah mengantre selama hampir satu jam, saya dipaksa menyimpan tas di loker yang cukup jauh dari gerbang kemudian mengantre kembali.

Tinggalkan makanan Anda


Anda dilarang membawa makanan dalam bentuk apa pun ke dalam kompleks Taj Mahal. Di gerbang pemeriksaan, petugas akan memeriksa tubuh Anda dan tas tangan yang Anda bawa. Makanan yang ditemukan akan langsung dilempar ke dalam tempat sampah. Anda tentu tak mau hal ini terjadi, bukan?

Tripod dilarang masuk


Entah apa alasannya, tripod tidak boleh digunakan sama sekali di Taj Mahal. Anda boleh membawa tripod asalkan memiliki surat izin yang didapatkan di Delhi (namun kabarnya proses aplikasi butuh waktu berbulan-bulan).


Nikmati Taj Mahal setelah melalui antrean dan berbagai prosedur buat pengunjung.

 
Karena tidak teliti membaca peraturan — dan petugas yang menggeledah tas kamera kami tidak memperhatikan — kami pun berhasil membawa tripod masuk. Sampai dalam, ketika kami baru mengeluarkan tripod, polisi langsung mendatangi kami dan menggiring ke kantor polisi.

Anda dapat memanfaatkan pagar, dinding, bahkan sepatu untuk mengganjal kamera, sehingga tidak perlu bantuan orang lain untuk mengambil foto. Lagipula biasanya hasil jepretan sembarang orang kurang memuaskan.

Nah, selamat berjalan-jalan ke Taj Mahal! 
 
 
Sumber: http://id.travel.yahoo.com

10 Pulau dengan Pantai Terbaik di Asia

DestinAsian

Ditulis oleh Natasha Dragun, dengan laporan tambahan dari Cynthia Rosenfeld, Leisa Tyler, David Tse, Martin Westlake, dan Petrina Price.

Untuk mencari kedamaian tropis, pantai dengan hamparan pasir akan menjadi pilihan. Apalagi jika pantai tersebut terletak di pulau yang juga tenang. Setelah melihat berbagai pulau di kawasan ini, para penulis kami telah mengidentifikasi 10 pantai yang bisa disebut terbaik di Asia. Beberapa pantai indah ini letaknya terpencil dan belum berkembang, sementara yang lain sudah terbiasa memanjakan pengunjung dengan penginapan mewah. Tapi semuanya menawarkan kualitas kesurgaan yang dicari.

Dari Malaysia sampai ke Maladewa, Asia memiliki banyak sekali pulau-pulau eksotis, negara kepulauan dan pantai-pantai legendaris. Banyak dari pulau-pulau ini yang juga menawarkan atraksi selain pantai dan penginapan mewah. Di sini, kami bepergian ke 10 negara untuk menampilkan pulau-pulau incaran, hamparan pasir yang berbatasan dengan hutan hujan dan terumbu karang, termasuk petunjuk kapan waktu yang tepat untuk berkunjung, apa yang bisa Anda lakukan, tempat untuk menikmati liburan, makanan enak serta tempat menginap terbaik.


BAI SAO
PHU QUOC, VIETNAM


Butuh kesabaran untuk sampai di Bai Sao, atau biasanya dikenal sebagai Star Beach. Tapi kesusahan Anda akan terbayarkan. Pantai ini terletak di tenggara Phu Quoc, pulau terbesar di Vietnam. Sekitar 50 km dari pulau utama, di Tanjung Thailand-Bai Sao, pasir-pasir lembut akan menjorok ke perairan yang dangkal dan berwarna hijau-biru dan hangat sepanjang tahun.

Tempat menginap Terlepas dari beberapa pondok pantai, Bai Sao belum berkembang. Meski begitu ada beberapa penginapan nyaman di dekat situ. Di pantai barat Phu Quoc, yaitu Duong Dong, terdapat La Veranda. Jarak tempat ini hanya empat kilometer dari Bai Sao, sehingga mudah dicapai dengan sepeda atau taksi. Di kamar-kamarnya terdapat balkon pribadi, kipas angin, dan lantai keramik berdekorasi. Di sayap utama resort ini terdapat restoran berangin dengan pemandangan ke laut.

Yang bisa dilakukan Pesta hidangan laut panggang di restoran kecil di sepanjang Bai Sao setelah berenang di air laut yang hangat. Untuk kegiatan yang lebih aktif, sewa sepeda dan pergilah ke desa Ham Ninh, tempat berbelanja mutiara dan kecap ikan yang membuat desa ini terkenal. Menyelam di antara terumbu karang yang dangkal di sini tak perlu tangki udara, tapi ada beberapa tempat menyewa pakaian menyelam di pulau ini. Hiu bambu juga sering terlihat di pinggir pantai.

Kapan pergi Muson datang ke pulau ini antara Juni dan November. Hindari musim hujan dan datanglah saat musim kemarau, ketika suhu berkisar antara 30°C.


GODELLAWELA BAY
SRI LANKA

 
Pantai Godellawela yang tampak sempurna, terlihat dari resort Amanwella. Foto: Amanwella. 

Terletak di pantai selatan Sri Lanka, oleh orang lokal, Pantai Godellawela disebut Pantai Mimpi. Di pantai ini, terdapat pasir putih yang memanjang, gelombang rendah, dan air sejenih kristal sepanjang mata memandang. Di pinggir pantai, terdapat pohon kelapa dan tebing berbatu-batu, menjadikan kawasan ini salah satu teluk paling tertutup di pulau.

Tempat menginap Pemandangan indah tersedia lewat salah satu dari 30 kamar di Amanwella. Tinggallah di tempat tidur di teras pribadi sebelum masuk ke suite--bayangkan keeleganan khas Aman lengkap dengan jendela-jendela besar dari lantai ke atap dan furnitur kelapa-kayu serta kipas angin. Restoran resort ini menawarkan ikan segar tangkapan harian mereka di atas kolam sepanjang 47 meter.

Yang bisa dilakukan  Waktu seperti tak ada artinya di Amanwella, tempat tidur dan ayunan tidur banyak terlihat sepanjang perjalanan menuju pantai. Tapi pemandangan di pantai tak kalah indahnya, ada penyu yang menetaskan telurnya di sini tiap musim semi. Lebih jauh lagi, ada gajah, burung-burung eksotis dan harimau yang berkeliaran bebas di Taman Nasional Uda Walawe.

Kapan pergi Matahari Sri Lanka bersinar paling terang dari November sampai April. 




PANTAI KENTING
TAIWAN


Pantai ini terletak di ujung selatan Taiwan dan dikelilingi oleh perkebunan tebu, pisang dan pohon kelapa, serta hutan hujan. Pantai Kenting adalah lokasi liburan yang populer. Tapi jika Anda datang di waktu yang tepat, pantai ini bisa menjadi milik Anda sendiri.

Tempat menginap Kenting Chateau Beach Resort memiliki tiga sayap dengan tema masing-masing; kamar-kamar di Marbella Hall dan Positano Hall yang bergaya Italia memiliki pemandangan ke laut dan balkon privat. Makanan laut adalah bintang utama di empat restoran di resort ini, sementara Barbados Beach Bar hanya beberapa meter dari pantai dan tempat sempurna untuk melihat matahari terbenam.

Yang bisa dilakukan Dari mengamati burung sampai naik banana boat, waktu di Pantai Kenting akan terisi penuh. Para penyuka burung akan menikmati Taman Nasional Kenting di pinggir Danau Lungruan. Sepanjang Oktober, ribuan burung elang muka-kelabu dan alap-alap Cina melewati kawasan ini. Jika Anda gatal beraktivitas seru, cobalah paralayang, sepeda gunung atau menyelam.

Kapan pergi Para peselancar pasti tidak ingin melewatkan gelombang yang terjadi antara November sampai Maret. Dengan berlalunya angin muson, bulan-bulan ini cocok untuk penyelaman dan snorkeling. Airnya sejernih kristal dan kerumunan turis sudah berkurang. Hindari musim panas, saat suhu udara naik dan pantai terlalu penuh dengan orang yang berlibur dari Taipei dan Kaohsiung.


PANTAI LANDAA GIRAAVARU
ATOLL BAA, MALADEWA



Di Maladewa, resort Four Seasons menghadap ke pantai pribadi, Landaa Giraavaru. Foto dari Four Seasons.

Lautan warna azur yang mengelililingi pulau seluas 18 hektare di Atoll Baa ini menjadi berwarna-warni karena ikan giru dan oriental sweetlips. Tempat ini bisa dicapai dengan penerbangan pesawat kecil selama 45 menit dari bandara internasional. Dari sekitar 1190 pulau terumbu karang Maladewa, Landa Giraavaru adalah yang paling romantis karena warna pasir dan bentuknya yang berubah dari matahari terbit hingga terbenam.

Tempat menginap Para tamu bisa menginap di Four Seasons Resort Maldives Landaa Giraavaru, inilah satu-satunya akomodasi di pulau tersebut. Di sini, mereka bisa melihat ikan-ikan berseliweran di balik kaca sambil dipijat di spa-spa yang terletak di bawah laut. Ombak akan pecah di vila-vila karya arsitek Sri Lanka Ismail Murad, sementara di restoran terbuka Al Barakat, lampu-lampu bawah tanah akan menghibur para tamu yang menikmati couscous ayam dan kayu manis, chickpea, dan kismis serta berbagai hidangan Timur Tengah (mezzes)

Yang bisa dilakukan Mengikuti tur lepas pantai dengan salah satu dari enam biologis yang tinggal di resort tersebut, mereka bertugas mengamati perkembangan lebih dari 200 proyek terumbu karang yang akan memperluas laguna di pulau tersebut. Mereka yang suka snorkeling di Samudera Hindia bisa melihat ikan kupu-kupu dan ikan unicorn buntut putih, atau pakailah tanki udara dan menyelam bersama manta dan hiu.

Kapan pergi Waktu terbaik untuk melihat kehidupan bawah laut adalah antara Desember sampai April, saat laut paling jernih dan tenang. Manta dan hiu paus bisa dilihat dalam jumlah terbanyak dari Juli sampai November.


PANTAI LUHUITOU
PULAU HAINAN, CINA


Pulau Hainan terletak di provinsi paling selatan Cina, biasanya terkenal karena resort Pantai Yalong. Tapi di dekat situ terdapat Pantai Luhuitou merebut hati kami karena pasir putihnya yang tidak dikunjungi orang. Pantai di kaki bukit ini menawarkan perairan yang tenang dan jernih, serta beberapa lokasi penyelaman terbaik di pulau ini.

Tempat menginap Buka pada 2008, Banyan Tree Sanya Resort & Spa menawarkan 49 vila, masing-masing dengan kolam pribadi, taman lansekap, dan bak mandi di luar ruang. Dekorasinya minimal dan canggih dengan palet warna netral yang sesuai untuk kawasan tropis di sekitarnya. Empat restoran dan bar terbuka menghadap langsung ke Laut Cina Selatan, tempat perahu-perahu nelayan berkeliaran untuk mencari hidangan Anda berikutnya.

Yang bisa dilakukan Tempat ini tidak memiliki pusat penyelamannya sendiri, tapi Banyan Tree bisa mengatur ekspedisi scuba dengan cepat. Selain itu, maksimalkan tur-tur resort ke berbagai desa, atau bermain golf di Lapangan Golf Sanya Luhuitou dekat situ. Pulihkan tubuh di spa Banyan Tree yang luas, pengobatan tradisional Cina dipasangkan dengan fasilitas hidrothermal terbaru.

Kapan pergi Musim hujan akan datang di pulau ini antara Mei dan Oktober dan merubah pasir jadi lumpur. Waktu terbaik untuk berkunjung antara November sampai Maret, saat suhu berada di kisaran 20 derajat.


PANTAI NIHIWATU
SUMBA, INDONESIA

 
Pemandangan Pantai Nihiwatu dan resortnya di Sumba. Foto dari Nihiwatu Resort. 

Sekitar 400 kilometer timur dari Bali, di barat daya Pulau Sumba, pantai sepi ini menjadi tujuan populer para peselancar yang datang ke sini untuk menaiki ombak yang dikenal sebagai God's Left. Tapi saat mereka selesai berselancar di sore hari, pantai sepanjang 2,5 km itu akan menjadi milik Anda.

Tempat menginap Resort Nihiwatu terdiri dari vila-vila yang menghadap ke laut, termasuk juga bungalow dengan tiga kamar tidur besar di atas bukit, lengkap dengan kolam pribadi yang menghadap ke Samudera Hindia. Kamar-kamar dengan atap ijuk dilengkapi dengan tekstil Sumba dan berbagai perlengkapan modern.

Yang bisa dilakukan Untuk menjaga keselamatan para peselancar, berlaku kebijakan keselamatan yang membatasi hanya boleh ada sembilan peselancar di laut. Sambil menunggu giliran, ada banyak hal yang bisa menghibur Anda, seperti aktivitas memancing (ikan yang paling banyak di sini adalah mackerel Spanyol, wahoo, dan trevally), snorkeling, scuba diving dan tur berperahu ke teluk-teluk Pantai Konda Maloba, sekitar satu jam ke selatan. Saat gelombang sedang surut, staf resort akan mengantar Anda ke desa-desa sekitar, sehingga Anda bisa berbincang dengan penduduk sekitar dan membeli suvenir indah.

Kapan pergi Waktu terbaik adalah saat bulan April sampai Desember, sesudah itu angin muson berhembus. Resort Nihiwatu tutup dari 10 Januari sampai 28 Februari. 




PANTAI RADHANAGAR
PULAU HAVELOCK, INDIA


Satu dari sedikit tujuan wisata di Pulau Andaman di ujung India, Havelock menawarkan pantai putih impian yang didatangi 10 ribu turis per tahun. Para pengunjung akan mendapatkan dua kilometer pantai tanpa jejak kaki di sepanjang pantai barat Havelock. Radhanagar, secara tidak resmi dikenal dengan sebutan Pantai Nomor 7, tersembunyi di balik hutan hujan yang lebat, pohon kelapa muncul dari atas dedaunan hijau dan membayangi teluk-teluk jernih dengan dasar berpasir.

Tempat menginap Tempat menginap terbaik di pulau ini, Barefoot at Havelock, adalah resort tradisional yang meminimalkan dampak terhadap lingkungan sekitar. Ada 18 gubuk yang dibangun dari bambu dan pohon kelapa. Beberapa ada yang dilengkapi dengan pendingin udara, tapi cara terbaik untuk mendinginkan badan adalah dengan ikut kelas yoga Iyengar di air. Bahkan pejalan paling kawakan sekalipun bersedia membayar biaya lumayan besar untuk bisa berfoto di bawah laut dengan Rajan, gajah peliharaan resort berusia 58 tahun yang menggunakan belalai sebagai snorkelnya.

Yang bisa dilakukan Ikan lepu dan Napoleon banyak ditemukan di 15 titik penyelaman lepas dari Radhanagar. Para penyelam akan terhenyak dengan warna-warna dari taman terumbu karang di laguna ini, hanya beberapa meter dari pantai. Pengunjung juga bisa mengayuh kayak melewati hutan mangrove untuk mencari kadal dan buaya, trekking menuju hutan kanopi (habitat untuk 150 hewan dan spesies tumbuhan yang hanya ada di pulau ini), atau pergi melihat rusa di speanjang pantai saat matahari terbit.

Kapan pergi Sepanjang angin muson datang, antara Mei sampai Oktober, Rajan tidak akan menyelam. Untuk menghindari hujan dan melihat penyu menetaskan telur, datanglah antara Desember sampai Maret.


PANTAI SIARGAO
SIARGAO, FILIPINA


Pulau Siargao, sebuah pulau kecil sekitar 800 km tenggara Manila, adalah satu lagi tujuan rutin para peselancar. Ombak di Cloud 9, titik yang menawarkan ombak ganas lepas pantai ini, adalah yang terbaik di Filipina, dan pasir putihnya sangat halus seperti bubuk.

Tempat menginap The Kalinaw Resort adalah satu-satunya akomodasi mewah di pulau ini. Kalinaw (yang berarti 'Damai' dalam dialek Visayan) menampilkan serangkaian pondok yang didesain dengan lantai kayu, lengkap dengan akses wi-fi gratis dan pemandangan pantai.

Yang bisa dilakukan Jika Anda tidak sibuk bermain dengan gelombang Cloud 9, pergilah ke Gua Sohoton, di pinggir pantai berbatasan dengan hutan liar dan terdapat gua-gua yang setengah terendam air. Selain itu, mintalah pada resort untuk mengemas makanan piknik dan habiskan seharian mendayung di antara karang-karang dangkal.

Kapan pergi Ombak terbaik adalah antara Juli dan November, meski pada bulan-bulan ini bertepatan dengan musim angin muson. Untuk menghindari hujan, datanglah antara November sampai Mei.


PANTAI SUNRISE
KOH LIPE, THAILAND



Tempat tidur yang berdekatan dengan pasir di Idyllic Concept Resort di Koh Lipe. Foto dari Idyllic Concept Resort.

Koh Lipe adalah satu dari 51 pulau di Taman Laut Nasional Tarutao di Laut Andaman, lepas pantai barat daya Thailand. Pulau ini terkenal karena pasir dan lautnya. Salah satu dari empat pantai utama di pulau ini, Sunrise, mendapat keindahan dari terbitnya matahari pagi. Siluet pohon kelapa pun berbayang di sepanjang pasir lembut.

Tempat menginap Salah satu hotel terbaru di pulau ini, Idyllic Concept Resort terletak di tengah taman tropis, terdiri dari bungalow-bungalow yang menghadap Pantai Sunrise. Sekitar 16 vila yang ada di sini memiliki desain minimal, tapi memiliki kelengkapan modern seperti TV layar datar dan akses internet broadband.

Yang bisa dilakukan Pulau mungil ini mudah dijelajahi dengan berjalan kaki, tapi Idyllic juga bisa mengorganisir tur sepeda dan sepeda motor. Terumbu karang di sini penuh dengan kehidupan laut (tsunami pada 2004 tak memiliki dampak di sini), tapi para penyelam jangan melewatkan kesempatan untuk menjelajah Tarutao, taman laut pertama Thailand, dengan luas 1490 km persegi. Perairan ini adalah habitat lumba-lumba, paus, dan skeitar 25 persen dari spesies ikan tropis dunia.

Kapan pergi Waktu terbaik, dan tersibuk, untuk mengunjungi Koh Lipe adalah pada bulan Desember saat suhu relatif sejuk dan musim hujan sudah berlalu. Penyelaman akan optimal dilakukan pada Maret dan April, saat air tenang dan jernih serta jumlah turis sudah menurun. Setiap hari tersedia feri yang menghubungkan Koh Lipe dengan pulau-pulau di sekitarnya dari November sampai Mei, sementara pada Mei sampai November feri tersedia seminggu sekali.


PANTAI TELUK DALAM KECIL
REDANG ISLAND, MALAYSIA

 
Kamar mandi dengan pemandangan ke Resort Pantai Berjaya Redang di Malaysia. Foto dari Berjaya Redang Resort.

Pantai berpasir lembut yang dikelilingi hutan tropis ini terletak di ujung utara Pulau Redang, lepas pantai timur Tanjung Malaya. Berendamlah di air kristal di laguna yang terlindung ini atau berenang ke Aziz's Reef, sekitar 100 meter lepas pantai, dan Anda bisa menemukan kehidupan bawah laut yang meriah.

Tempat menginap Penginapan terbaik di pulau ini adalah vila-vila baru di bukit di Berjaya Redang Beach Resort, lengkap dengan patio pribadi dan pemandangan laguna yang sempurna.

Yang bisa dilakukan Sangat sulit untuk tidak bermalas-malasan di pantai, maka tariklah salah satu kursi malas, dan berlindunglah di bawah payung lebar. Selalu ada permainan voli dan Berjaya selalu bisa membantu penyelam dari berbagai tingkat pengalaman dengan alat penyelaman. Anda juga bisa berjalan ke hutan hujan di Pantai Teluk Dalam Besar, sama-sama indah dan lebih sering ditinggalkan orang.

Kapan pergi Kecuali antara November sampai Januari, saat angin muson menyerang, Redang biasanya selalu berlangit biru.


Sumber: http://id.travel.yahoo.com

Humayun's Tomb di India

Bukti Cinta Seorang Istri

Oleh: Olenka Priyadarsani

Kisah cinta di India tidak hanya digambarkan lewat musik dan tarian seperti dalam film-film Bollywood. Ada banyak peninggalan sejarah yang menjadi saksi cinta, yang kini menjadi objek wisata menarik. Salah satu contohnya adalah Humayun’s Tomb (Pusara Humayun).

Bila Taj Mahal dibangun oleh suami untuk sang istri, Humayun's Tomb atau Pusara Humayun dibangun oleh istri untuk suaminya. Terletak di tepi Sungai Yamuna, Humayun's Tomb merupakan sebuah kompleks pekuburan besar dengan bangunan megah yang didominasi batu paras merah.




Kompleks ini dibangun pada 1562, atau sembilan tahun setelah kematian Kaisar Humayun. Sang istri, Hamida Banu Begum, kemudian juga dikuburkan di kompleks itu.

Walau sebuah pemakaman, Humayun’s Tomb (Warisan Dunia versi UNESCO 1993) menarik minat wisatawan. Ini merupakan pemakaman pertama di India yang dikelilingi taman indah.

Pusat dari kompleks ini tentu saja pusara Kaisar Humayun, raja Mughal ke-dua yang memerintah daerah yang kini menjadi Afghanistan, Pakistan, dan India bagian utara. Selain makam Humayun dan istrinya, Hamida, beberapa raja dan tokoh Mughal yang berpengaruh lainnya juga dimakamkan di situ.




Jangan membayangkan makam yang menyeramkan. Makam di sini tidak menakutkan, apalagi semuanya berada dalam bangunan megah yang sangat indah. Arsitektur bangunan-bangunan di Pusara Humayun merupakan kombinasi dari gaya Mughal dan Persia.

Bila sedikit menilik sejarah, Humayun's Tomb pernah dijadikan semacam benteng oleh Bahadur Shah Zafar, kaisar terakhir Mughal ketika India berjuang melawan Inggris pada tahun 1857. Selain itu pada 1947, Humayun's Tomb juga dijadikan tempat mengungsi bagi orang Muslim yang bermigrasi ke negara Pakistan (yang baru berdiri), setelah diputuskan pemisahan antara India dan Pakistan.




Walau mungkin menyimpan banyak duka dan luka di masa lalu, kini bukti cinta itu masih berdiri tegak. Dikelilingi oleh Charbagh atau kebun persegi empat bergaya Persia  selebar sekitar 13 hektar, warna merah bangunan sangat kontras dengan hijaunya kebun. Menurut saya, Humayun's Tomb merupakan salah satu situs sejarah yang paling indah di negara tersebut.

Selain makam-makam di bangunan utama, ada beberapa monumen lain di kompleks tersebut. Salah satu yang paling besar adalah makam dan masjid Isa Khan, seorang bangsawan Afgan yang dimakamkan di tempat itu justru 20 tahun lebih awal dari Humayun. Selain itu ada juga makam dan kebun Bu Halima, serta makam dan masjid Afsarwala yang berada di dekat pintu masuk.




Kompleks Humayun's Tomb terletak di Jalan Mathura, Nizamuddin East,  tidak terlalu jauh dari pusat kota New Delhi. Untuk pergi ke sana, Anda dapat memilih menaiki metro atau bus, tergantung di mana menginap. Mungkin paling fleksibel, seperti yang saya lakukan, adalah naik bajaj. Ongkos bajaj di India jauh lebih murah daripada di Jakarta, pastikan saja Anda menawar.

Bila berkesempatan mengunjungi Humayun's Tomb, Anda mungkin juga dapat berkunjung ke Purana Qila atau Old Fort yang didirikan oleh Kaisar Humayun pada tahun 1533.

Sumber: http://id.travel.yahoo.com

Semur, Karya Kuliner Indonesia Asli

http://sopresep.files.wordpress.com/2010/07/resep_semur_daging_betawi.jpg


Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu mengenal sajian semur. Namun, tak banyak yang mengetahui bagaimana asal muasal masakan ini.

Pakar Sejarah, JJ Rizal, mengatakan informasi tentang semur berasal dari tradisi mengolah daging dan ikan, serta sayuran yang dikenal sejak masa berburu dan meramu di abad ke-9 Masehi. Informasi itu terekam dalam relief candi Borobudur, Candi Prambanan dan Kitab Ramayana.

Lalu, bangsa pendatang yang berasal dari India dan Timur Tengah mulai memperkenalkan penggunaan rempah-rempah sebagai bahan dasar menyajikan masakan. Tradisi itu diperkuat kedatangan Cina peranakan yang masuk melalui penggunaan kecap dalam masakan.

Selanjutnya, datang bangsa Eropa yang menyempurnakan sajian daging dengan menggunakan kecap. Peranakan Eropa atau Indo (Indische) menyebut masakan itu sebagai smoor atau semur dalam lafal Bahasa Indonesia. "Perlu dicatat, otentisitas semur sebagai masakan Indonesia itu berasal dari penggunaan rempah-rempah dan kecap manis," ungkap Rizal.

Rempah misalnya, merupakan hasil alam Indonesia Timur yang banyak diburu oleh bangsa Eropa, Timur Tengah dan Cina. Rempah yang dimaksud antara lain pala, cengkeh dan lada. Sementara kecap aslinya berasal dari Cina. Bedanya, kecap Cina cenderung asin.

Sedangkan kecap Indonesia berasa manis lantaran dicampur gula merah, yang juga asli Indonesia. "Jadi, tak diragukan lagi, semur merupakan produk asli budaya kita yang dipengaruh kultur Timur Tengah, Cina dan Eropa," pungkasnya.

Sumber: www.republika.co.id

Kamis, 27 Oktober 2011

Sekolah Bertaraf Internasional Adalah Program Yang Salah Konsep Dan 90% Pasti GAGAL


 
 
PETISI :

IKATAN GURU INDONESIA (IGI)
HENTIKAN PROGRAM SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (SBI)
SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL ADALAH PROGRAM YANG SALAH KONSEP DAN 90% PASTI GAGAL
MENGAPA PROGRAM SBI HARUS DIHENTIKAN?

Jika kita cermati ternyata program SBI ini mengandung banyak kekurangan mencolok. Alih-alih menghasilkan kualitas bertaraf internasional kualitas pendidikan kita justru akan terjun bebas.Mengapa?

Ada beberapa kelemahan mendasar dari program SBI ini dan kelemahan ini begitu mendasar sehingga program ini memang harus dievaluasi, diredefinisi, dan perlu untuk dihentikan sampai hal-hal mendasar tersebut ditangani.

 
KONSEPNYA LEMAH

* Pertama, program ini jelas tidak didahului dengan riset yang mendalam dan konsepnya lemah. Dengan menyatakan bahwa SBI = SNP + X, maka sebenarnya konsep SBI ini tidak memiliki bentuk dan arah yang jelas. Tidak jelas apa yang diperkuat, diperkaya, dikembangkan, diperdalam, dll tersebut. Jika konsep ini secara jelas menyatakan mengadopsi atau mengadaptasi standar pendidikan internasional seperti Cambridge IGCSE atau IB, umpamanya, maka akan lebih jelas kemana arah dari program ini. Dengan memasukkan TOEFL/TOEIC, ISO dan UNESCO sebagai “X” juga menunjukkan bahwa Dikdasmen juga tidak begitu paham dengan apa yang ia maksud dengan “X” tersebut. Sampai saat ini tak ada satu pun petunjuk apa yang dimaksud dengan “X” tsb. Konsep “X” ini benar-benar misterius dan dibiarkan tetap misterius.

 
APA ITU ‘BERTARAF INTERNASIONAL’?

Program ini sudah SALAH KONSEP sejak dari awalnya. UU yang mencantumkan tentang program ini harus di judicial review. Coba perhatikan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 50 ayat (3) yang berbunyi, “Pemerintah dan/atau pemerintah daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan, untuk dikembangkan menjadi satuan pendidikan yang bertaraf internasional.”

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan satuan pendidikan yang bertaraf internasional tersebut? Istilah ini tidak pernah dikenal sebelumnya dan tidak jelas apa acuan, kriteria dan apalagi rujukan akademiknya. Istilah ini muncul begitu saja dari langit dan dimasukkan ke dalam UU Sisdiknas. Bagaimana mungkin sebuah UU memuat sebuah rumusan yang sama sekali tidak memiliki acuan, kriteria, dan rujukan akademiknya?



APA RUJUKAN AKADEMIK ‘SNP + X’?

Apakah sebenarnya satuan pendidikan yang bertaraf internasional itu? Apakah kalau menggunakan bahasa Inggris, berbasis IT, berfasilitas wah, dlsbnya maka sekolah tersebut bisa disebut satuan pendidikan yang bertaraf internasional? Apa rujukan akademik yang digunakan ketika menyatakan bahwa sekolah yang begini dan begitu adalah ‘bertaraf intenasional’? Apa rujukan ilmiah yang digunakan ketika merumuskan bahwa SNP + X = bertaraf internasional? Apakah jika standar yang kita gunakan itu sama atau setara dengan standar yang digunakan oleh negara-negara OECD, umpamanya, maka itu akan membuat satuan pendidikan kita menjadi ‘bertaraf internasional’? Apa sebenarnya yang ada dalam benak si pembuat UU ketika ia memasukkan istilah ‘bertaraf internasional’ tersebut? Rumusan “SNP + X” adalah rumusan misterius yang bahkan tidak dipahami oleh pencetusnya.

 
SALAH MODEL

* Kedua, Dikdasmen membuat rumusan 4 model pembinaan SBI tersebut yaitu : (1) Model Sekolah Baru (Newly Developed), (2) Model Pengembangan pada Sekolah yang Telah Ada (Existing School), (3) Model Terpadu, dan (4) Model Kemitraan. Padahal kalau dilihat sebenarnya hanya ada dua model yaitu Model (1) Model Sekolah Baru dan Model (2) Model Sekolah yang Telah Ada. Dua lainnya hanyalah teknis pelaksanaannya saja. Dari dua model tersebut Dikdasmen sebenarnya hanya melakukan satu model rintisan yaitu Model (2) Model Pengembangan pada Sekolah yang Telah Ada (existing School) dan tidak memiliki atau berusaha untuk membuat model (1) Model Sekolah Baru. Anehnya, buku Panduan Penyelenggaraan Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) yang dikeluarkan sebenarnya lebih mengacu pada Model (1) padahal yang dikembangkan saat ini semua adalah Model (2). Jelas bahwa sekolah yang ada tidak akan mungkin bisa memenuhi kriteria untuk menjadi sekolah SBI karena acuan yang dikeluarkan sebenarnya ditujukan bagi pendirian sekolah baru atau Model (1).
 * Sebagai contoh, jika sekolah yang ada sekarang ini diminta untuk memiliki guru berkategori hard science seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi (dan nantinya diharapkan kategori soft science-nya juga menyusul) menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, atau memiliki tanah dengan luas minimal 15.000 m, dll persyaratan seperti dalam buku Panduan, maka jelas itu tidak akan mungkin dapat dipenuhi oleh sekolah yang ada. Ini ibarat meminta kereta api untuk berjalan di jalan tol!

Sebagai ilustrasi, sedangkan guru bahasa Inggris di sekolah-sekolah ‘favorit’ kita saja hanya sedikit yang memiliki TOEFL > 500, padahal mereka adalah guru-guru bahasa Inggris yang telah mendapat pendidikan khusus tentang pembelajaran bahasa Inggris selama minimal 4 tahun di kampus dengan tenaga dosen mumpuni,. Tapi toh hanya sedikit di antara mereka (para guru bahasa Inggris) yang mampu memperoleh skor TOEFL >500. Apalagi jika itu dipersyaratkan bagi guru-guru mata pelajaran hard science. Maka itu jelas tidak mungkin. Ini berarti Dikdasmen tidak mampu untuk menerjemahkan model yang ditetapkannya sendiri sehingga membuat Dikdasmen berresiko gagal total dalam mencapai tujuannya.

 
SALAH ASUMSI

Ketiga, konsep ini berangkat dari asumsi yang salah tentang penguasaan bhs Inggris sebagai bahasa pengantar dan hubungannya dengan nilai TOEFL. Penggagas mengasumsikan bahwa untuk dapat mengajar hard science dalam pengantar bahasa Inggris maka guru harus memiliki TOEFL> 500. Padahal tidak ada hubungan antara nilai TOEFL dengan kemampuan mengajar hard science dalam bhs Inggris. Skor TOEFL yang tinggi belum menjamin kefasihan dan kemampuan orang dalam menyampaikan gagasan dalam bahasa Inggris. Banyak orang yang memiliki nilai TOEFL<500 yang lebih fasih berbahasa Inggris dibandingkan orang yang memiliki nilai TOEFL > 500 . Singkatnya, menjadikan nilai TOEFL sebagai patokan keberhasilan pengajaran hard science bertaraf internasional adalah asumsi yang keliru. TOEFL bahkan tidak bisa dijadikan sebagai ukuran keberhasilan seorang GURU BAHASA INGGRIS dalam mengajarkan bahasa Inggris di kelas. TOEFL lebih cenderung mengukur kompetensi seseorang untuk belajar di luar negeri, padahal yang dibutuhkan guru sekolah bilingual adalah performance- nya di kelas, dan performance ini banyak dipengaruhi faktor-faktor non-linguistic. TOEFL bukanlah ukuran kompetensi pedagogik. Menghubungkan nilai TOEFL dengan keberhasilan pengajaran hard science pada program SBI adalah sebuah kesalahan asumsi yang menyedihkan.

 
KETIDAKPAHAMAN

* Keempat, penggagas ide ini nampaknya juga tidak paham bahwa tidak semua orang (terutama guru PNS!) bisa ‘dijadikan’ fasih berbahasa Inggris (apalagi mengajar dengan menggunakan bahasa Inggris) meskipun orang tersebut diminta untuk tinggal dan hidup di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari. Sebagai ilustrasi, bahkan masih banyak guru-guru kita di daerah-daerah yang belum mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan fasih dalam mengajar! Sebagian dari guru kita di tanah air ini masih menggunakan bahasa daerahnya dalam mengajar meski tinggal dan hidup di lingkungan yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Hal ini menunjukkan bahwa adalah tidak mungkin ‘menyulap’ para guru hard science agar dapat fasih berbahasa Inggris (apalagi memperoleh nilai TOEFL>500 seperti persyaratan dalam buku Panduan Penyelenggaran Rintisan SBI tersebut) meski mereka dikursuskan di sekolah bahasa Inggris terbaik.

 
KEMUSTAHILAN

* Berdasarkan pendapat para guru bahasa Inggris senior susah sekali untuk menjadikan orang dewasa yang tidak berbahasa Inggris sama sekali untuk menguasai bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari apalagi untuk meminta mereka untuk mentransfer konsep pengajaran dalam bahasa Inggris. Jadi untuk mengubah guru yang tidak berbahasa Inggris untuk mengajar dalam bahasa Inggris dengan mengirimkan mereka ke institusi/kursus bahasa Inggris yang terbaik sekalipun adalah HAL YANG MUSTAHIL. Ini menyangkut teori otak juga dimana Bahasa akan mudah dipelajari oleh otak dari usia dini 0-6 tahun. Di usia 6-12 untuk mempelajari suatu bahasa akan memakan waktu lebih lama dan sulit, sedangkan diatas 12 tahun lebih sulit lagi untuk menguasai suatu bahasa.

Banyak Master dan PhD lulusan luar negeri kita yang kemampuan bahasa Inggrisnya masih rendah dan masih terbata-bata dalam menyampaikan pendapat. Padahal mereka telah hidup dan belajar menggunakan bahasa Inggris selama mereka belajar di luar negeri.

 
KEGAGALAN DIDAKTIK

* Kelima, dengan penekanan pada penggunaan bahasa Inggris sebagai medium of instruction di kelas oleh guru-guru yang baik kemampuan penguasaan materi, pedagogi, apalagi masih struggling in English jelas akan membuat proses KBM menjadi kacau balau. Program ini jelas merupakan eksperimen yang berresiko tinggi yang belum pernah diteliti dan dikaji secara mendalam dampaknya tapi sudah dilakukan di ratusan sekolah yang sebetulnya merupakan sekolah-sekolah berstandar “A”. Program ini sangat beresiko. Ratusan sekolah-sekolah berstatus Mandiri yang diikutkan program ini beresiko besar untuk mengalami kekacauan dalam proses KBM-nya. Berharap target yang tinggi dari guru yang tidak kompeten (atau kompetensinya merosot karena harus menggunakan bahasa asing) adalah kesalahan yang sangat fatal. Resiko kegagalannya sangat besar untuk ditanggung. Program SBI ini bakal menghancurkan best practices dalam proses KBM yang selama ini telah dimiliki oleh sekolah-sekolah Mandiri yang dianggap telah mencapai standar SNP tersebut.

Fakta : Hasil Ujian Nasional baru-baru ini menunjukkan bahwa banyak sekolah-sekolah berstatus RSBI ternyata hasil UN-nya lebih rendah daripada sekolah-sekolah reguler lainnya. Banyak siswa RSBI yang bahkan tidak lulus dalam Ujian nasional tahun 2010. Ini adalah fakta keras yang menunjukkan bahwa program RSBI ini telah menghancurkan best practice dan menurunkan mutu sekolah-sekolah terbaik yang dijadikan sekolah RSBI.

 
PROGRAM“SBI” TELAH GAGAL DI MALAYSIA

* Keenam, Satu hal yang perlu diketahui oleh Kemendiknas adalah bahwa program “SBI” semacam ini TELAH DIPRAKTEKKAN di negara-negara lain dan ternyata GAGAL. Sudah selayaknya bahwa kita belajar dari kegagalan orang lain dan tidak perlu harus melakukan kesalahan yang sama dan terperosok di lobang yang sama dengan yang dilakukan oleh negara-negara lain. Baca hasil studi Hywell Coleman dan John Clegg dari British Council tentang penggunaan bahasa Inggris sebagai medium of instruction di negara-negara lain dan hasil yang diperolehnya.

Negara Malaysia telah lebih dahulu membuat program semacam ini dan program “SBI” di Malaysia telah GAGAL. Pengalaman negara Malaysia dengan program pengajaran sains dan matematik di sekolah-sekolah di Malaysia dengan menggunakan bahasa pengantar bhs Inggris[disebut PPSMI] yang telah dimulai sejak tahun 2003 dan akan dihentikan pada 2012 nanti karena dianggap GAGAL. Dari satu hasil riset skala besar yang melibatkan pakar dari sembilan universitas negeri di Malaysia dan lebih dari 15 ribu siswa, PPSMI ini memang tidak menghasilkan apa yang diharapkan pencetusnya. Yang bisa survive hanya sekolah yang berada di kota besar dan sekolah berasrama di kota; jenis sekolah lainnya nyaris tanpa ampun terjadi degradasi penurunan mutu. Jadi alih-alih akan meningkatkan mutu pembelajaran Matematika dan IPA yang terjadi justru sebaliknya. Yang terjadi adalah kemerosotan kualitas pembelajaran MIPA pada siswa. Jadi sungguh salah besar jika kita justru akan mengulangi kesalahan yang dilakukan oleh negara Malaysia.

 
KESALAHAN ASUMSI (LAGI)

* Ketujuh, kritik paling mendasar barangkali adalah kesalahan asumsi dari penggagas sekolah ini bahwa Sekolah BERTARAF internasional itu harus diajarkan dalam bhs asing (Inggris khususnya) dengan menggunakan media pendidikan mutakhir dan canggih seperti laptop, LCD, dan VCD . Padahal negara-negara maju seperti Jepang, Perancis, Finlandia, Jerman, Korea, Italia, dll. tidak perlu menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar jika ingin menjadikan sekolah mereka BERTARAF internasional.Sekolah kita pun sebenarnya tidak perlu harus mengajarkan materi hard science dalam bhs Inggris supaya dapat dianggap bertaraf internasional. Kurikulumnyalah yang harus bertaraf internasional atau dalam kata lain tidak dibawah kualitas kurikulum negara lain yang sudah maju. Jadi fokus kita adalah pada penguatan kurikulumnya. Penguatan kemampuan berbahasa Inggris bertaraf internasional bisa dilakukan secara simultan dengan memberi pelatihan terus menerus kepada guru-guru bhs Inggris yang mempunyai beban untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam berbahasa Inggris. Selama ini siswa-siswa kita yang melanjutkan pendidikannya di luar negeri tidak pernah diminta untuk mempunyai persyaratan berstandar Cambridge, umpamanya. Jika mereka memiliki tingkat penguasaan yang tinggi dalam bidang studi dan mereka mampu memiliki kompetensi berbahasa Inggris yang baik maka mereka selalu bisa masuk ke perti di luar negeri. Bukankah selama ini mereka tidak pernah ditest masuk dengan menggunakan materi Matematika, Fisika, kimia, Biologi, dll dalam bhs Inggris? Lantas mengapa mereka harus dilatih sejak awal untuk memahami materi bidang studi tersebut dalam bhs Inggris (oleh guru yang tidak memiliki kompetensi memadai untuk itu)?

 
PROSES, DAN BUKAN ALAT

* Kedelapan, Penekanan pada penggunaan piranti media pendidikan mutakhir dan canggih seperti laptop, LCD, dan VCD juga menyesatkan seolah tanpa itu maka sebuah sekolah tidak bisa bertaraf internasional. Sebagian besar sekolah hebat di luar negeri masih menggunakan kapur dan tidak mensyaratkan media pendidikan mutakhir dan canggih seperti laptop, LCD, dan VCD sebagai prasyarat kualitas pendidikan mereka. Sekolah-sekolah di Amerika sendiri sampai saat ini masih menggunakan papan tulis dan kapur (bukan spidol). Program SBI ini nampaknya lebih mementingkan alat ketimbang proses. Padahal pendidikan adalah lebih ke masalah proses ketimbang alat.

Pendidikan yang berorientasi ke hasil adalah paradigma lama dan telah digantikan oleh pendidikan yang berorientasikan pada proses karena pendidikan itu sendiri adalah sebuah proses.

 
PENDIDIKAN BERMUTU BUKAN HANYA UNTUK ANAK CERDAS BERBAKAT

* Kesembilan, kesalahan mendasar lain adalah asumsi dan anggapan bahwa Sekolah Bertaraf Internasional hanyalah bagi siswa yang memiliki standar kecerdasan tertentu. Sekolah yang bertaraf internasional dianggap tidak bisa diterapkan pada siswa yang memiliki tingkat kecerdasan rata-rata. Ini juga mengasumsikan bahwa SNP (Standar Nasional Pendidikan) hanyalah bagi mereka yang memiliki tingkat kecerdasan ‘rata-rata’. Ini adalah asumsi yang berbahaya dan secara tidak sadar telah ‘mengkhianati’ SNP itu sendiri karena menganggapnya sebagai ‘tidak layak’ bagi siswa-siswa cerdas Indonesia. Lantas untuk apa Standar Nasional Pendidikan jika dianggap belum mampu untuk memberikan kualitas yang setara dengan standar internasional? Ini juga paham yang diskriminatif dan eksklusif dalam pendidikan dan menganggap kecerdasan intelektual yang menonjol merupakan segala-galanya sehingga perlu mendapat perhatian dan fasilitas lebih daripada siswa yang tidak memilikinya.

 
BERTARAF INTERNASIONAL HANYA 2%?

Lagipula, jika kita menganggap bahwa sekolah-sekolah SBI-lah sekolah yang nantinya akan dianggap bertaraf internasional dan SETARA dengan sekolah-sekolah di negara maju maka itu sama artinya dengan menyatakan bahwa hanya 2% dari sekolah kita yang mutunya setara dengan sekolah-sekolah mereka. Ini jelas ‘menghinakan’ sistem pendidikan kita dan program SBI ini jelas merendahkan sistem pendidikan kita secara nasional.

 
SBI = PEMBOHONGAN PUBLIK

Kesepuluh, dengan program SBI ini Depdiknas memberikan persepsi yang keliru kepada para orang tua, siswa, dan masyarakat bahwa sekolah-sekolah yang ditunjuknya menjadi sekolah Rintisan tersebut adalah sekolah yang ‘akan’ menjadi Sekolah Bertaraf Internasional dengan berbagai kelebihannya. Padahal kemungkinan tersebut tidak akan dapat dicapai atau bahkan akan menghancurkan kualitas sekolah yang ada. Dan ini adalah sama dengan menanam “bom waktu’. Masyarakat akan merasa dibohongi dengan program ini dan pada akhirnya akan menuntut tanggungjawab pemerintah yang mengeluarkan program ini. Saat ini sudah banyak keluhan dan gugatan akan kualitas sekolah RSBI ini dan hal tersebut akan semakin banyak dan pada suatu saat akan mencapai kulminasinya. Kemendiknas sebaiknya segera mengambil langkah preventif sebelum kekecewaan masyarakat memuncak. Terlebih lagi bahwa para orang tua siswa RSBI adalah dari kelompok kalangan menengah ke atas yang kritis dan mampu menggalang pengaruh.

 
MENCIPTAKAN KESENJANGAN SOSIAL

* Kesebelas, Program SBI ini di lapangan ternyata menciptakan kesenjangan sosial pada siswa. Program SBI menjadikan sekolah yang mengikutinya menjadi eksklusif dan menciptakan kastanisasi karena hanya bisa dimasuki oleh anak-anak kalangan menengah ke atas. Tingginya pembiayaan yang dikenakan pada orang tua siswa membuat sekolah-sekolah SBI ini tidak dapat dimasuki oleh anak-anak dari kalangan bawah. Akibatnya terjadi kesenjangan sosial di sekolah. Sekolah publik TIDAK boleh berprilaku seperti sekolah swasta.

Hal ini juga akan menimbulkan kekecewaan dan kemarahan dalam hati para orang tua kalangan bawah yang tidak mampu masuk ke dalam sekolah eksklusif ini. Mereka akan merasa sengaja dipinggirkan dalam sebuah sistem pendidikan yang dianggap ‘terbaik’ dan yang akan menjamin masa depan anak-anak mereka. Kekecewaan dan rasa frustrasi yang menumpuk akan dapat meledak jika telah mencapai kulminasinya juga.

 
KOMERSIALISASI PENDIDIKAN

* Keduabelas, Salah satu kritik terbesar dari masyarakat tentang SBI ini adalah bahwa program ini telah memberi legitimasi kepada sekolah untuk melakukan komersialisasi pendidikan. Pendidikan diperdagangkan justru oleh pemerintah yang seharusnya memberikan pelayanan pendidikan kepada rakyatnya secara gratis dan juga bermutu. Komersialisasi pendidikan ini adalah pengkhianatan terhadap tujuan pendirian bangsa dan negara. Saat ini sekolah-sekolah publik RSBI bahkan telah menjadi lebih swasta dari swasta dalam memungut biaya pada masyarakat. Hampir semua sekolah RSBI menarik dana dari masyarakat dengan biaya tinggi yang sebenarnya sungguh tidak layak mengingat mereka adalah sekolah publik yang semestinya dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah dan ‘haram’ sifatnya menjadi komersial.

 
BERTARAF INTERNASIONAL UJIANNYA NASIONAL?

* Ketigabelas, Sungguh ganjil jika sebuah UU Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) tiba-tiba memunculkan sebuah istilah ‘bertaraf internasional’ ! Mau dimasukkan ke mana dan dengan konstelasi bagaimana sebuah sistem pendidikan yang ‘bertaraf internasional’ dalam sebuah Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas), apalagi dianggap sebagai standar tertinggi?
 * Selain itu, Meski menyandang nama ‘bertaraf internasional’ tapi siswanya masih harus ikut ujian nasional. Alangkah ganjilnya jika sebuah sekolah yang bertaraf INTERNASIONAL tapi kemudian masih harus mengikuti sebuah UJIAN NASIONAL!

Tidak mungkin sekolah harus mempersiapkan siswa untuk mengikuti DUA SISTEM UJIAN yang berbeda (nasional dan internasional) karena itu SANGAT MEMBERATKAN guru dan siswa serta tidak bermanfaat

 
BAGAIMANA DENGAN PROGRAM WAJIB BELAJAR 9 TAHUN?

* Keempat belas, Pemerintah telah menetapkan Wajib Belajar 9Tahun sebagai programnya. Maka sebagai konsekuensinya SEMUA pembiayaan pendidikan bagi siswa mulai dari pendidikan dasar maupun menengah HARUS dipenuhinya dan tidak boleh ada pungutan pada siswa. Pungutan pada orang tua siswa, meski melalui komite, adalah bertentangan dengan Undang-Undang Sisdiknas itu sendiri.

Pasal yang memuat aturan tentang diperbolehkannya pungutan bagi siswa sekolah bertaraf internasional HARUS DIAMANDEMEN karena bertentangan satu sama lain.

 
SISWA BUKAN GLADIATOR!

* Kelimabelas, salah satu tujuan dari dicetuskannya program SBI ini adalah agar pendidikan kita mampu menelurkan siswa-siswa yang akan mampu mewakili dan mampu menjadi pemenang dalam berbagai olimpiade bidang studi dan adu kecerdasan tingkat regional dan internasional. Ini jelas bertentangan dengan tujuan pendidikan itu sendiri dan sama artinya dengan membuat sekolah-sekolah gladiator yang akan menghasilkan para gladiator untuk diadu ke sana kemari demi menutupi kelemahan sistem pendidikan pemerintah secara umum.

Ini bisa dianggap sebagai penyalahgunaan tujuan pendidikan atau education abuse. Pendidikan berfungsi untuk menjadikan siswa sebagai manusia seutuhnya dan bukan untuk menjadi gladiator di bidang ilmu pengetahuan.

 
APA GANTINYA?

* Program SBI jelas salah konsep, tidak sesuai dengan semangat nasionalisme, dan tidak sesuai untuk semua kalangan. Untuk itu bangsa kita hanya memerlukan SATU standar yaitu SSN (Sekolah Standar Nasional) yg bermutu tinggi dan GRATIS. Pemerintah perlu mengembangkan SSN menjadi sebuah standar pendidikan yang terbaik yang bisa dicapai oleh bangsa Indonesia. Kita tidak memerlukan LABEL ‘internasional’ untuk dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

 
HENTIKAN PROGRAM SBI

* Mari kita hentikan program SBI yang konsepnya asal-asalan ini karena justru akan merugikan kualitas pendidikan kita. Program ini tidak akan mungkin berhasil meski diguyur dengan dana seberapa pun dan dalam jangka waktu berapa pun karena memang sudah SALAH DESAIN dan juga telah TERBUKTI GAGAL di negara lain. Dalam prakteknya program SBI ini juga mengkhianati rakyat kecil yang justru lebih membutuhkan pendanaan dan perhatian yang lebih besar ketimbang anak-anak cerdas kita. Anak-anak cerdas kita SELALU bisa menunjukkan kehebatan maupun kompetensinya di mana pun dan kapan pun tanpa harus dijadikan ‘gladiator’ di sekolah.

Jakarta, 19 Juli 2010

Satria Dharma

Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI)