Kamis, 26 Januari 2012

Mario Teguh Vs. Bob Sadino, Seberapa Penting Kuliah (Berpendidikan)?


 


 
Bob Sadino: “Mau kaya? berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan.”

Mario Teguh: “Berhati-hatilah dengan orang yang membanggakan keberhasilannya walaupun dia berpendidikan rendah. Itu tidak boleh dijadikan dalil. Pendidikan itu penting. Buktinya, dengan pendidikan yang sedikit saja, dia bisa berhasil, apalagi jika dia terdidik dengan lebih baik. Bukankah kita dianjurkan untuk menuntut ilmu sampai ke negeri Cina? Dengan ilmu, segala sesuatu bisa mencapai kualitas tertingginya.”

Anda sepakat dengan siapa???

 
Pastinya ada yang sepakat dengan si pengusaha (Bob Sadino) juga ada yang sepakat dengan si Motivator (Mario Teguh). Kedua pendapat ini menjadi acuan dalam tulisan ini mengingat ke dua orang ini dianggab  orang dalam kategori berhasil dan keduanya memiliki profesi yang berbeda. Tapi dalam konteks ini kita tidak sedang membahas kiprah mereka, tetapi lebih kepada mengkaji pendapat mereka tentang Pendidikan dan hubungannya dengan Keberhasilan.

Berpendidikan tinggi selalu diidentikan dengan berhasil dan ukurannya adalah status sosial yang hebat dan salah satunya indikatornya adalah materi yg cukup atau bahkan materi yang lebih dari ukuran pendapatan orang-orang pada umumnya. Namun sering sekali terjadi hal yang sebaliknya, justru orang yang gagal di bangku sekolahan (kuliah)  malahan berhasil dalam status sosial dan berlimpah secara materi , seperti layaknya Bill Gate dan Pendiri FaceBook, dan banyak juga di Indonesia orang-orang seperti ini, yang berhasil tanpa selesai kuliahnya ataupun tidak sempat mengenyam pendidikan yang tinggi.

Ketika kesuksesan dapat di raih tanpa kuliah, untuk apalagi sebenarnya kuliah (berpendidikan)? Mari sejenak kita defenisikan apa itu pendidikan. Menurut wikipedia, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Lebih filosofis lagi Pendidikan adalah Untuk Memerdekakan Manusia (Ki Hadjar Dewantara) maupun  Pendidikan adalah Untuk Memanusiakan Manusia (Driyarkara).

Defenisi pendidikan diatas, secara khusus oleh kedua tokoh pendidikan tersebut, secara tegas menyatakan pendidikan itu tidak mengajarkan anak didik bagaimana mencari kekayaan materi secara baik dan benar tetapi lebih kepada mengajari sang anak didik secara SADAR untuk berguna bagi dirinya dan orang lain bila perlu berguna bagi bangsa dan dunia. Sederhannya pendidikan menjadi alat untuk membentuk karakter anak didik. Perlu kita sadari untuk menjadi terdidik itu tidaklah harus melalui jenjang pendidikan formal , bisa juga melalui jalur non formal, sama halnya ketika memperdebatkan mana duluan Teori atau Praktek, pilihannya tergantung persepsi individu yang akan memutuskan sesuai kebutuhan (cita-cita) dan pengalaman , seorang ilmuwan cenderung berteori dulu sementara seorang pekerja lapangan cenderung Praktek aja langsung layaknya seorang pengusaha  dan kedua-duanya berpotensi untuk Berhasil dan juga  Gagal.

Atas kondisi diatas alangkah lebih berhasilnya seseorang bila ia mampu memadukan antara Teori dan Praktek. Hal ini menegaskan bahkan mengenyam pendidikan di sekolah formal masih perlu, disisi lain sekolah formal dapat menjadi tempat membentuk Karakter anak didik, sesuai identitas ke-Indonesiaan, sehingga nantinya ia tidak menjadi ilmuwan yang anti Tuhan maupun Pengusaha “Hitam”, apalagi menjadi  menjadi Penindas baru atas jabatan yang akan di embannya.

Sudahkah penyelenggara pendidikan Formal kita menjadi tempat bagi pembentukan karakter anak didik, saya pastikan belum saudara-saudara, lihat bagaimana filosis pendidikan kita Tak Tentu Arahnya, tergantung angin BARAT berhembus kemana, kesitulah sistem pendidikan kita Membebek, ganti menteri ganti kebijakan, ironisnya ijazah ASPAL masih banyak yang berseliweran kesana-kesini menawarkan dagangannya kepada pejabat-pejabat yang doyan tradisi feodal, yaitu Gelar kesarjanaan. Uniknya gelar kesarjanaan kemudian menjadi tameng dan topeng bahwa ia adalah seorang yang terdidik.

Mungkin sebentar lagi nasib lulusan SMK sama saja dengan lulusan SMU. Ketika lulusan Perguruan Tinggi (PT) yang sering disebut Pengangguran Terdidik melanda negeri ini, lulusan SMU ogah masuk PT, untuk apa?? Toh selain biaya kuliah mahal, ntar juga pengangguran, kata si Melki anak tetangga sebelah. 

Banyaknya penganguran lulusan PT membuat mendiknas periode 2004-2009 gembar-gembor di TV biar lulusan SLTP masuk SMK saja. Namun apabila hasil-hasil kreativitas anak-nak SMK tidak tersalurkan, satu dekade berikutnya  itu sama saja dengan lulusan SMU, akhirnya karya-karya SMK akan  stagnan karena diterpa gerombolan produk-produk china, orang kemudian rame-rame kuliah tanpa arah, otomatis tingkat pengangguran semakin membengkak. Lihat bagaimana mobil ESEMKA rakitan anak didiknya pak JOKO Wi di Solo, negara setengah hati mengurusnya. Hal ini melengkapi  , bahwa arah pendidikan nasional kita belum menemukan rohnya dan para pengambil kebijakan  masih kebingungan, atau mungkin juga sengaja bingung, demi kepentingan golongannya.

Bila akhirnya institusi-institusi pendidikan gagal mencetak anak didik yang berkarakter, cerdas, berahlak mulia dan berpihak terhadap kepentingan masyarakat. Maka selama itu juga, pendidikan formal akan menjadi bahan yang empuk untuk diperdebatkan oleh para Pengusaha dan Motivator. Padahal pendidikan melalui jalur Formal itu sangat penting, untuk generasi yang akan membela peradaban bangsa ini dikemudian hari.

Kalau begitu profesi yang Hebat dan mulia itu adalah  menjadi Pengusaha dan Motivator dong??Tidak harus, sebab menjadi berguna itu tidak harus apalagi wajib menjadi Pengusaha maupun  Motivator. Bahkan bila negara mampu mensejahterakan rakyatnya melalui diferensiasi kerja maka Pengusaha tidak menjadi pilihan tunggal untuk keluar dari kesulitan ekonomi. Apalagi Motivator, jikalau institusi mampu mencetak anak didik yang cerdas, maka dia tidak butuh para MOTIVATOR.

Jontra Sihite
http://edukasi.kompasiana.com

4 komentar:

  1. “HATI~HATI” Bung Mario dengan kata “BERHATI~HATILAH”.
    Memang Mario Teguh CUKUP BERANI WALAUPUN GEGABAH.
    Dia bukan seorang Akhli Fikir sehingga TIDAK PUNYA KEMAMPUAN MENGONTROL KATA.
    Saya pantau bagaimana Mario Teguh KETETER & KANDAS DALAM KEILMUAN manakala berhadapan dengan Kalfatar Cakrapati di Twitter KEBENTARGELAP. Sayang twitter Mario Teguh tidak ditemukan; mungkin sudah dihapus.
    Awalnya Mario Teguh “overlap”, gegabah bicara terhadap SEORANG FILSUF sekelas Kalfatar Cakrapati.
    MARIO TEGUH TIDAK FAHAM AKAN KATA YANG DIKELUARKANNYA. Mario Teguh “LUPA” tidak mampu mengontrol diri; SIAPA SEBENARNYA ORANG YANG SEDANG DIA HADAPI?
    Jelas Mario Teguh KANDAS DIPELUPUK MATA Kalfatar Cakrapati, namun sangat bijaksana sekali Kalfatar Cakrapati diakhir perjumpaannya MENGANGKAT KEMBALI KEMULYAAN NAMA Mario Teguh.
    Tentu saja Mario Teguh KAGET BAK “KABENTARGELAP” (Disambar Gledeg)
    Silahkan anda lihat KATA~KATA FILSAFAT di Twitter KABENTARGELAP.
    “Berhati-hatilah”………………….!!!
    ANDA SEDANG BERHADAPAN DENGAN SIAPA?
    Ada perbedaan antar seorang filsuf dengan seorang PENGHAPAL KATA.

    Helmi Adam Pramudya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siapa itu kalfatar cakrapati. Dan apa hubungannya dengan kabentargelap yang merupakan sebuah akun yang berbahasa sunda. Saya benar2 tidak faham kapan MARIO TEGUH dan KALFATAR CAKRAPATI beradu argumen?

      Hapus
  2. Saya jadi ingin juga mengomentari.

    Keberhasilan Mario Teguh menurut pandangan saya adalah KEBERHASILAN "SPEAKING PUBLIC", bukan keberhasilan DARI PRINSIP BERFIKIR, sedangkan Bob Sadino adalah seorang yang berhasil DARI PRINSIP BERPIKIR entrepreneurship.

    Keberhasilan Mario Teguh adalah KEBERHASILAN BICARA DITONTON ORANG.
    Tidak bisa dipungkiri bahwa Mario Teguh SANGAT BAGUS DAN MENGUASAI MATERI (Textbook) ditambah hal yang paling penting, bahwa Mario Teguh MEILIKI TEHNIK BERBICARA YANG SANGAT MEMUKAU "AUDIENCE".

    Harus dipahami baik Mario Teguh maupun Bob Sadino adalah orang-orang yang berhasil.
    SENJATA MARIO TEGUH ADALAH KEMAMPUAN BICARA.
    SENJATA BOB SADINO ADALAH KEMAMPUAN BERFIKIR.

    INI DUA KUTUB YANG BERBEDA YANG TIDAK BOLEH SALING MENYENTUH.

    Dalam pandangan saya Mario Teguh adalah seorang MOTIVATOR dalam hal "SUKSES BERBICARA"; tapi jangan salah Bob Sadinopun seorang MOTIVATOR dalam hal "KEMAMPUAN BERFIKIR ENTREPRENEURSHIP".

    Perlu dicatat BAHWA KEDUANYA ADALAH ORANG-ORANG YANG SUKSES.
    Prinsip Bob Sadino: “Mau kaya? Berhentilah sekolah atau berhentilah kuliah sekarang juga, and start action, karena ilmu di lapangan lebih penting daripada ilmu di sekolahan atau kuliahan.”
    Kata-kata Bob Sadino saya katakan 3X: SANGAT BENAR, SANGAT BENAR, SANGAT BENAR; karena untuk menjadi seorang entrepreneur yang sukses BUKAN PRODUK BANGKU SEKOLAH.

    Sangat berbeda; Untuk menjadi PEMBICARA YANG SUKSES seperti Mario Teguh, bangku sekolah baik formal maupun non formal HAMPIR MUTLAK DIBUTUHKAN.

    KESALAHANNYA SEDIKIT. Mario Teguh "overlap", sehingga dipandang GEGABAH dan TIDAK BIJAK dengan beraninya membuat VONIS: “Berhati-hatilah dengan orang yang membanggakan keberhasilannya walaupun dia berpendidikan rendah. Itu tidak boleh dijadikan dalil......"

    Dalam pandangan saya, Mario Teguh mengingatkan kepada banyak orang dengan kata "BERHATI-HATILAH", tetapi sayang Mario Teguh TERJEBAK DAN SEKALIGUS MENJADI ORANG YANG TIDAK BERHATI-HATI, bahwa kata "berhati-hatilah" adalah "BENTUK KATA PRINTAH AKTIF" kepada semua orang yang berbau "MENDESKRIDITKAN" Bob Sadino. Seyogyanya cukup saja dengan kata sifat; "HATI-HATI". Jujur saja, saya tidak menemukan kat-kata Bob Sadino mendeskriditkan Mario Teguh.

    Waduuuuuuuh........
    Udah deh saling memaafkan saja. Sip Beres.

    Kalfataru Avatar

    BalasHapus
  3. Yg penting Jasa pengusaha Di negri kita ini penting Karna merekalah yg banyak meyediakan lapangan pekerjaan :D

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails