Jumat, 18 Mei 2012

Mangut Kepala Manyung




Mengasap ikan sudah lazim dilakukan oleh para juru masak tradisional di pesisir Jawa untuk menghasilkan aroma sedap pada masakan. Nah… di Semarang Jawa Tengah pengasapan ikan ini disebut dengan mangut yang juga menjadi masakan khas warga Semarang. Dengan kombinasi bumbu rempah dan pedasnya cabe, Mangut Ikan menjadi buruan para penggemar kuliner di kota Semarang dan sekitarnya.

Banyaknya Mangut Manyung di Semarang tapi yang paling ramai dikunjungi oleh pemanja lidah adalah Warung Mangut Bu Fat di jalan Ariloka Semarang Barat menurut Bu Bekti Mulyani sang pemilik warung yang menjadi penerus Bu Fat mengatakan, untuk menciptakan rasa mangut manyung yang khas enak dan nendang harus diupayakan tidak berbau amis serta  bumbu rempah-rempah dan cabe yang banyak ditambah santan yg kental.

Harga hidangan mangut manyung di Warung Mangut Bu Fat cukup bersahabat. Seporsi ikan manyung asap plus nasi & minuman cukup Rp. 10 ribu rupiah saja. Kalau anda memesan kepala manyung yang super besar harganya Rp. 35 ribu rupiah yang bisa disantap bertiga. Wuihhh bener-bener marem. Maka gak heran kalau setiap jam makan siang warung ini ramai dipadati pembeli. Oh..iya pembeli tidak hanya dari kota Semarang saja namun juga luar kota. Bahkan karena saking swedep dan wenaknya, mantan menteri keuangan Sri Mulyani menjadi pelanggan tetap mangut manyung bu Fat. Sementara untuk hari biasa menurut bu bekti bisa laku 20-30 kepala manyung sedang untuk hari libur atau kalau pas ramai bisa sampai 40-50 kepala manyung.

Falsafah atau ungkapan gajah mati meninggalkan gading dipegang oleh keluarga ini. Hal ini terbukti Resep mangut manyung dari tangan bu Fat mengalir di tangan anak-anaknya. Uniknya lagi, di Warung Mangut Bu Fat ini semuanya, mulai dari yg memasak masih satu keluarga.
Yang membedakan Warung Mangut Bu Fat berbeda dengan mangut lainya adalah sedap dan tidak berbau amis juga ditambah harganya yg terjangkau.
Tak kenal makanya tak sayang…suka pedes dan swedep….serta pelayanan yg memuaskan silahkan mencoba Warung Mangut Bu Fat.

http://www.rasikafm.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails