Jumat, 28 Januari 2011

Balada Cina Muslim di Indonesia, Berliku dan Penuh Cerita

Balada Cina Muslim di Indonesia, Berliku dan Penuh Cerita
Merry Effendi, warga Cina Muslim di Palembang tengah bersiap
shalat di rumahnya yang sederhana

Sejarah kehadiran komunitas Tionghoa di nusantara boleh dibilang serupa dengan negara-negara lainnya. Hanya ada tiga kata yang dapat menggambarkan perjalanan komunitas Tionghoa di Indonesia yakni panjang, berliku dan penuh cerita.

Di setiap tempat yang mereka singgahi segera memunculkan ciri khas. Sebuah bentuk akulturasi yang segera memperkaya kearifan budaya lokal. Kekhasannya semakin lengkap ketika Islam masuk ke nusantara. Jadilah tiga premis yang terbentuk yaitu China, Islam dan Indonesia.

Ketiga premis ini yang kemudian berusaha ditangkap oleh Zhuang Wubin, fotografer dan penulis asal Singapura. Wubin boleh bilang merupakan sosok yang yang peka terhadap sejarah penyebaran bangsa Han ke segala penjuru Asia Tenggara.

Tercatat sudah dua buku yang berisikan pengalamannya menelusuri keberadaan komunitas China di negara-negara Asia Tenggara. Buku pertama ia publikasikan tahun 2009 dengan judul Chinatowns in a Globalizing Southeast Asia. Selang setahun, Wubin melanjutkan pendalaman pengetahuannya soal komunitas China di Asia Tenggara dengan meluncurkan buku berjudul Ten Chinatowns of Southeast Asia.

Kedua buku itu dibuat Wubin dengan konsep yang sangat sederhana. Dia kunjungi tempat-tempat yang berkaitan erat dengan tujuannya. Selanjutnya dia abadikan dengan jepretan kamera dan secarik keterangan ilmiah yang merupakan hasil observasinya.

Metode itu yang kemudian Wubin lanjutkan dalam buku ketiga yang berjudul Chinese Muslims in Indonesia. Khusus buku yang terakhir, secara resmi diperkenalkan kepada masyarakat Jakarta, Kamis Malam di Galeri Foto Antara, Jakarta.

Dalam karya terbarunya itu, Wubin seperti buku sebelumnya coba menelusuri komunitas Muslim Tionghoa di Indonesia. Mengapa Indonesia? Wubin mengatakan faktor sejarahlah yang mengantarkan dirinya ke Indonesia.

Selama dua tahun yakni 2007-2009 Wubin menjelajahi Indonesia dari Bangka Belitung hingga Makassar. Dari Pesisir Jawa hingga pedalaman Bangka Belitong. “ Sejak 2007 sampai 2009, saya sering mengunjungi Bangka, Palembang, Jawa dan Madura dalam rangka memahami sejarah Cina Muslim di Indonesia dan kehidupan yang mereka jalani dewasa ini,” kata dia.

Wubin mengatakan sebagai keturunan Hokkian, dia ingin mengetahui bagaimana komunitas China di Indonesia memeluk Islam. Dia percaya bila saja kakeknya menikahi seorang pribumi maka dirinya akan menjadi seorang Muslim.

“Saya sempat diberitahu bahwa sejarah komunitas China di Indonesia begitu kompleks. Karena itu perlu sekali untuk mencari dokumen sebanyak-banyaknya guna mendapatkan satu benang merah tentang komunitas China di Indonesia.,” ujarnya.

Sekian banyak data dan fakta yang dibutuhkan, Wubin membaginya menjadi tiga garis besar yakni Mualaf, Peranakan, Masjid keramat. Ketiga hal itu dipaparkan melalui catatan ilmiah yang merujuk pada hasil observasi Wubin berikut penjelasan visual hasil jepretan dirinya.

Wubin dalam pemaparannya begitu sederhana namun tajam. Dia coba paparkan bagaimana kehidupan kaum peranakan. Lalu menyambung apa yang terjadi salah satu keturunan peranakan memutuskan masuk Islam. Dipaparkan pula bagaimana seorang Alm Gus Dur secara tegas bahwa dirinya adalah keturunan Tionghoa.

Sumber: republika.co.id

Balada Cina Muslim di Indonesia, Minoritas Memeluk Agama Mayoritas

Balada Cina Muslim di Indonesia, Minoritas Memeluk Agama Mayoritas
Abang Faisal, warga Muntok Bangka Barat, memperlihatkan silsilah keluarga Cina Muslimnya.


Pengajar Jurusan Indonesia, Beijing Foreign Univeristy, Eddy Prabowo mengatakan terdapat banyak cara bagi komunitas Tionghoa untuk memutuskan menjadi muslim. Sekian banyak cara yang ada hanya menyisakan dua jalan besar yakni sosialiasi dengan umat Islam lain diluar etnis Tionghoa dan pendidikan.

“Harus diakui ada pandangan yang mengatakan Islam dan China merupakan dua kutub yang berlawanan. Tak heran segera muncul pernyataan seperti China kok Muslim, atau Tionghoa
Muslim, memang ada,” kata Eddy.

Yang menarik, lanjut dia, setiap agama sejatinya bebas dipeluk komunitas Tionghoa. Namun ketika pembicaraan mengarah pada Islam dan China memang tidak terlepas dari perlakuan sejarah di masa lalu.

Menurut Eddy, Muslim Tionghoa dalam memperoleh identitas keislamannya boleh dibilang sangat sulit. Selain harus menghadapi pakem kepercayaan keluarga zaman kolonial tentang
pentingnya pernikahan satu etnis, Muslim Tionghoa juga harus berhadapan dengan sterotip di
masyarakat. “China kok Muslim. Padahalnya bisa saja dikatakan China kok Katholik,” imbuhnya.

Belum lagi masalah lain yang harus dihadapi seperti perlukan tradisi nenek moyang ditinggalkan setelah memeluk Islam. Menurur Eddy, perbincangan macam itu sangat banyak terjadi. Perdebatan bahkan berlanjut pada perlu tidaknya seorang Muslim merayakan Imlek. Atau mungkin, boleh tidaknya melakukan sembahyang dupa guna menghormati orang tua. Masalah-masalah seperti ini yang kebanyakan sering dihadapi. “Itulah salah satu fungsi organisasi paguyuban seperti PITI atau yayasan Karim Oei,” katanya.

Yang menarik, kata Eddy, Muslim Tionghoa itu sudah menjadi minoritas tapi memeluk agama
mayoritas yang sayangnya merupakan minoritas di kalangannya sendiri. Namun, kondisi itu bisa saja berubah bila sekolah-sekolah negeri terbuka untuk Komunitas Tionghoa.

Selama ini, Eddy memaparkan masyarakat komunitas Tionghoa lebih suka masuk ke sekolah yang didominasi oleh kalangannya sendiri. Disamping itu, faktor pekerja juga bisa membantu membuat warga Tionghia untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). “Yang diharapkan masyarakat Indonesia terhadap komunitas Tionghoa atau Muslim Tionghoa adalah menampilkan diri mereka apa adanya,” kata Eddy.

Terakhir, Eddy mengatakan apa yang termaktub dalam karya Wubin sudah menggambarkan
bagaimana komunitas Tionghoa berbaur dengan pribumi dan menjadi Muslim. Tahapan berikutnya
bagaimana kehidupam Muslim Tionghoa yang terkekang aturan ketat dan pemisahan di masa lalu
sehingga menghadirkan stereotip negatif.

Sumber: republika.co.id

Pelarangan Jilbab di RS Delta Surya Sidoarjo

Korban Larangan Berjilbab di Sidoarjo Sujud Syukur
RS Delta Surya Sidoarjo

Larang Pakai Jilbab, RS Delta Surya Sidoarjo Ancam Pecat Bidan

Kasus pelarangan memakai jilbab kembali terjadi. Kali ini, seorang karyawan RS Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur mengakui dilarang memakai jilbab. Atas kejadian ini, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya mendesak Komnas HAM untuk turun tangan terkait pelarangan jilbab tersebut.

Pelarangan berjilbab ini, menurut LBH Surabaya, sudah dikategorikan sebagai pelanggaran HAM.
“Kami menuntut kepada Komnas HAM untuk melakukan investigasi atas pelanggaran HAM di RS Delta Surya,” kata M Syaiful Aris Direktur LBH Surabaya di kantor LBH Surabaya, Jalan Kidal, Selasa (25/1/2011).

Aris melanjutkan, pelarangan jilbab merupakan perwujudan pemasungan dan pelanggaran HAM serius. Karena jaminan berekspresi dan melaksanakan keyakinan agama dan kepercayaannya adalah bagian dari hak fundamental yang tidak dapat dikurangi dalam kondisi apa pun.

Hak ini, lanjut Aris, dilindungi secara tegas dalam konstitusi yaitu Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 dan Ratifikasi Konvenan Hak Sipil Politik.

Selain itu, LBH Surabaya juga mencium upaya menyederhanakan masalah ini sebatas buruh dengan majikan. LBH menuding Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo sebagai aktornya.

“Upaya simpilfikasi dari Disnaker Sidoarjo ini tampak dengan mengatakan jika kasus ini adalah persoalan perselisihan ketenagakerjaan biasa dan bukannya menganggap sebagai persoalan pelanggaran normatif,” sebut Aris.

Selain mendesak agar Komnas HAM turun tangan, LBH Surabaya juga mendesak RS Delta Surya Sidoarjo untuk mencabut larangan berjilbab karena bertentangan dengan Undang-Undang.

Seperti diberitakan sebelumnya, Nurul Hanifah seorang bidan yang sudah bekerja selama 7 tahun di RS Delta Surya Sidoarjo diancam dipecat dari Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo.

Pihak manajemen beralasan memakai jilbab saat bekerja, berarti sudah melanggar peraturan perusahaan soal seragam yang harus dikenakan saat bekerja.

Sejak pulang menunaikan ibadah haji pada 13 Desember lalu, Nurul membulatkan tekad memakai jilbab saat bekerja. Sebelumnya Nurul memang sudah mengenakan jilbab. Namun saat bekerja dia melepas jilbabnya karena terbentur oleh peraturan.

Bongkar pasang pakai jilbab itu pun sudah dilakukan Nurul sejak 7 tahun lalu.

Sumber: suarajabar.com


DPR RI Minta Pelarangan Jilbab di RS Delta Dihentikan

  

DPR RI menyatakan pelarangan jilbab di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur untuk segera dihentikan. Segala bentuk larangan yang berkaitan dengan hak seseorang untuk melaksanakan kewajiban agama sesuai dengan ajaran dan keyakinan agamanya hendaknya dihentikan.

Kebijakan pelarangan atau membatasi karyawati Muslim untuk berjilbab merupakan tindakan diskriminatif. Pelarangan jilbab merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Dalam UU Ketenagakerjaan melarang pegawai memakai jilbab adalah pelanggaran HAM, sama halnya ketika memaksa non Islam untuk memakai jilbab.

Pelarangan jilbab juga bertentangan dengan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Kebebasan Beragama dan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. Tidak hanya RS Delta Surya saja yang dipanggil, tetapi RS yang mempunyai kasus serupa juga dipanggil. Seperti RS Mitra Internasional Jatinegara.

Sumber:hasmi.org



Anggota Komisi VIII DPR RI Minta Pelarangan Jilbab di RS Delta Dihentikan


















Zainut Tauhid Saadi, Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP) menyatakan pelarangan jilbab di Rumah Sakit Delta Surya Sidoarjo, Jawa Timur untuk segera dihentikan.

Pernyataan Zainut Tauhid disampaikan melalui sebuah pesan singkat (SMS), Rabu (26/1) sore.

“Segala bentuk larangan yang berkaitan dengan hak seseorang untuk melaksanakan kewajiban agama sesuai dengan ajaran dan keyakinan agamanya hendaknya dihentikan,” tulis Zainut Tauhid.

Menurut Tauhid dalam SMS nya, pelarangan jilbab itu bertentangan dengan konstitusi dan Hak Asasi Manusia (HAM).

Sebelumnya Herlini Amran, anggota komisi VIII lain, juga menyuarakan hal yang sama. Menurutnya, kebijakan pelarangan atau membatasi karyawati Muslim untuk berjilbab merupakan tindakan diskriminatif. Pelarangan jilbab merupakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

”Dalam UU Ketenagakerjaan melarang pegawai memakai jilbab adalah pelanggaran HAM, sama halnya ketika memaksa non Islam untuk memakai jilbab,” kata Herlini kepada hidayatullah.com, Rabu (26/1) pagi.

Pelarangan jilbab, kata Herlini, juga bertentangan dengan UU Nomor 39 Tahun 1999 tentang Kebebasan Beragama dan UU Nomor 40 Tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis.

Agar kasus ini tak berulang kembali, politisi asal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengusulkan agar Komisi IX DPR RI yang membidangi ketenagakerjaan untuk melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan pegawai RS maupun pihak RS.

”Tidak hanya RS Delta Surya saja yang dipanggil, tetapi RS yang mempunyai kasus serupa juga dipanggil. Seperti RS Mitra Internasional Jatinegara,” tandas Herlini. 

Sumber: al-islamu.com


DPRD Sidoarjo Desak RS. Delta Surya Cabut Larangan Jilbab

  
alt

















Komisi D DPRD Sidoarjo mendesak agar manajemen Rumah Sakit Delta Surya di Perumahan Pondok Jati, Sidoarjo, Jawa Timur mencabut larangan pegawai perempuan memakai jilbab.
Aturan tersebut dianggap melanggar Hak Azasi Manusia (HAM) dan sudah mencederai umat Islam.

Desakan itu disampaikan saat dengar pendapat antara Komisi D dengan jajaran manajemen RS Delta Surya, di Gedung DPRD Sidoarjo, Senin (24/1/2011).

“Aturan manajemen yang melarang pegawai memakai jilbab itu sudah melanggar undang-undang. Sehingga tidak bisa dibiarkan dan harus dicabut daripada nanti menimbulkan masalah apalagi sampai menimbulkan SARA,” ujar Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo, Mahmud..

Dalam acara dengar pendapat di DPRD Sidoarjo manajemen RS Delta Surya diwakili Direktur Utama Dawam Wahab dan dua pejabat lainnya yaitu Harijono dan Irene. Sedangkan dari Komisi D, hampir semua anggota ikut hearing dan satu persatu mengajukan pertanyaan kepada pihak managemen.

Sayangnya dalam dengar pendapat tersebut, baik Dawam, Irene maupun Hariyono tidak bisa menjelaskan alasan kenapa pihak rumah sakit membuat aturan larangan pegawai memakai jilbab. Sebab, aturan itu sudah menjadi keputusan dewan pengurus dan sudah dikuti oleh HRD, pantukir, dan semua pegawai dengan mengenakan seragam yang sudah disediakan pihak rumah sakit.

Pihak manajemen yang tidak bisa mengemukakan alasan larangan memakai jilbab, membuat beberapa anggota Komisi D  marah dan kecewa. Hadi Subiyanto misalnya, dia mengaku kalau pegawai memakai jilbab tidak mengganggu pekerjaan untuk apa dilarang.

“Kenapa kok pihak rumah sakit tidak punya alasan. Kami menuntut agar larangan memakai jilbab bagi pegawai itu segara dicabut,” ujarnya.

Senada juga diungkapkan Usman, anggota Komisi D lainnya. Menurut politisi asal PKB tersebut, larangan memakai jilbab bagi pegawai itu tidak prosedural. Apalagi, masyarakat Sidoarjo adalah agamis yang harusnya menghormati kebebasan antar beragama.

“Ini tidak, di daerah agamis masih ada pelarangan memakai jilbab. Aturan yang dibuat RS Delta Surya itu sudah melanggar undang-undang diatasnya,” tegasnya.

Usman juga mendesak agar dalam pertemuan itu pula, pihak rumah sakit mencabut larangan pegawai memakai jilbab. Namun, permintaan itu tidak bisa dipenuhi oleh Dawam. “Kami minta waktu seminggu untuk memutuskan itu. Karena masih akan membicarakan masalah ini dengan Badan pengurus RS Delta Surya,” jawab Dawam.

Sumber: suara-islam.com 

 

Korban Larangan Berjilbab di Sidoarjo Sujud Syukur 

Korban pelarangan mengenakan jilbab di Rumah Sakit (RS) Delta Surya, Sidoarjo, Nurul Hanifah, melakukan sujud syukur setelah dikabulkan permintaanya untuk kembali mengenakan jilbab selama bekerja. "Saya bersyukur, karena perjuangan saya akhirnya tidak sia-sia dengan diperbolehkannya karyawan mengenakan jilbab saat bekerja," katanya setelah pertemuan tripartit bersama dengan manajemen RS Delta Surya di Kantor Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo, Jumat. 

Ia mengemukakan, pihak rumah sakit sudah mengizinkan karyawannya untuk berjilbab tanpa harus minta izin manajemen terlebih dahulu. "Saya berterima lasih kepada Allah SWT dan juga teman-teman sepekerjaan yang ada di RS Delta Surya yang telah mendukung saya selama ini," katanya.


Saat ini, kata dia, persoalan antara dirinya dengan RS Delta Surya tinggal 75 persen karena masalah surat peringatan (SP) 1 dan 2 yang dikeluarkan RS Delta Surya masih harus didiskusikan lebih lanjut.

Sementara itu, Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya M Syaiful Aris SH yang mendampingi korban mengatakan, kasus larangan berjilbab ini sudah selesai. "Saat ini kasus larangan berjilbab tersebut sudah menemukan jawaban yakni dengan diperbolehkannya karyawan untuk untuk mengenakan jilbab selama bekerja," katanya.

Ia menjelaskan, kasus pelarangan jilbab ini sebenarnya kasus zaman dulu alias 'jadul' (jaman dulu) yang berlangsung pada tahun 1980-an. "Berkaca dari kasus ini diharapkan menjadi pelajaran perusahan dan juga institusi di Jatim untuk memperhatikan kasus ini," katanya.

Menurut dia, tidak ada argumentasi yang jelas yang menyebutkan larangan berjilbab akan menurunkan produktivitas kerja. "Secara substansi mengenakan jilbab itu tidak berpengaruh pada kinerja seseorang, terutama pada bidang kesehatan seperti yang terjadi di Sidoarjo," katanya.

Sumber: republika.co.id


PSM Boyong Mantan Gelandang Ajax Amsterdam

 
Pasca kekalahan 1-2 PSM Makassar dari Persema Malang, di LPI kemarin, tim berjuluk Juku Eja ini mulai berbenah. Mereka memboyong mantan gelandang Ajax Amsterdam, Richard Knopper dari Belanda.

Knopper yang menyandang status tanpa klub setelah kontraknya di klub ADO Den Hag ini, tiba di Makassar pada sabtu sore kemarin saat para pemain PSM tengah berlaga di Malang.

Managing Director PSM, Husain Abdullah yang dihubungi detiksport, menyebutkan Knopper diplot sebagai second striker di PSM dan akan mempertajam serangan PSM yang diperkuat striker lokal PSM, yakni Andi Oddang dan Rahmat.

Knopper yang pernah dinobatkan sebagai pemain Ajax paling berbakat di tahun 1999-2000 ini, lanjut Husain, karena memiliki naluri gol yang baik. "Dia bisa jadi penyerang lubang diantara Oddang dan Rahmat, dengan demikian kita tetap bisa memberi porsi kepada striker lokal kita sbg pembinaan," tutur Husain.

Husain menambahkan, sudah menjadi tradisi bagi PSM mendatangkan pemain-pemain asing berkelas, seperti Cristian Gonzales, Jacksen F Tiago, Ronald Fagundez, Aldo Baretto dan Abanda Herman. Gonzales sendiri, lanjut Husain, berhasil dinaturalisasi sebagai penyerang timnas Indonesia yang handal.

"Sejarah persepakbolaan tanah air kita mencatat nama Knopper sebagai mantan pemain Ajax pertama yang merumput di klub Indonesia, yakni di PSM, kita memang selalu membidik pemain-pemain besar seperti Knopper," pungkas Husain.

Rencananya, senin besok (24/1/2011), seluruh berkas dokumen kontrak Knopper akan dirampungkan oleh manajemen PSM dan akan segera dilaporkan ke pihak Konsorsium LPI di Jakarta. Hal ini diupayakan oleh manajemen PSM agar Knopper bisa langsung bermain dalam laga kandang PSM, melawan Aceh United, 30 Januari mendatang.


Knopper Dikontrak PSM Rp 3,5 Miliar Selama 2 Musim 


Knopper saat melakukan penandatanganan kontrak di Hotel Singgasana. 

Mantan gelandang Ajax Amsterdam, Richard Knopper, dikontrak oleh klub PSM Makassar selama dua musim. Untuk kurun waktu tersebut, Knopper mendapatkan bayaran Rp 3,5 miliar.

Knopper yang didampingi CEO PSM, Andi Ilhamsyah Matalatta, dan Managing Director, Husain Abdullah, menandatangani kontraknya di Hotel Singgasana, jalan Kajaolalido, Makassar, rabu (26/1/201).

Selain diganjar kontrak Rp 3,5 Milyar, Knopper juga akan difasilitasi rumah mewah yang disertai kolam renang dan dijaga oleh satpam. Dengan fasilitas mewah ini, Knopper akan memboyong anak-istrinya yang masih berada di Belanda.

Menurut Husain Abdullah, harga banderol Knopper yang bombastis sudah sesuai dengan kualitas pemain. Knopper pernah dinobatkan pemain paling berbakat Ajax pada tahun 1999-2000 dan pernah merasakan atmosfer liga Eropa, seperti Liga Champions.

"Suka tidak suka, harga Knopper terpaksa tinggi, tentunya Knopper akan membayarnya kembali dengan penampilan yang apik di lapangan, apalagi akan disiarkan langsung di stasiun televisi, ini juga akan mendongkrak nilai jual PSM di mata pemasang iklan," pungkas Husain.

Husain menambahkan, keputusan merekrut Knopper ke dalam tim yang berjuluk Juku Eja ini bertujuan membangun tim yang tangguh dan punya nilai jual tinggi. Husain menampik tudingan yang menganggap PSM membeli pemain asing veteran yang sudah tidak potensial lagi.

"Kualitas Knopper memang di atas rata-rata, pelatih PSM Wim (Wilhelmus Gerrardus Rijbergen) menyebut speed dan power Knopper masih sangat bagus," tutur Husain.

Manajemen PSM berharap, Knopper segera bisa bermain dalam laga LPI, pada 30 Januari mendatang, saat menjamu Aceh United di stadion Andi Matalatta, Makassar.

Sumber: detiksport.com

Dari Timnas Inggris ke Bandung FC

Getty Images/Pete Norton

LPI Sita Pemberitaan di Inggris 

Begabungnya Lee Hendrie ke Bandung FC ternyata tidak hanya menyita perhatian media di Indonesia. Keputusan mantan bintang Aston Villa dan juga pernah membela Timnas Inggris ini juga menjadi pemberitaan di Inggris sana.


Hendrie yang memperkuat Villa di pertengahan 1990-an menandatangani kontrak dua tahun dengan Bandung. Pemain berumur 33 tahun ini diharapkan sudah bisa bermain di Liga Primer Indonesia (LPI) akhir pekan ini. Mengoleksi satu cap bersama Inggris, Hendrie kemudian dilepas Bradford City yang berkompetisi di divisi tiga Inggris.

Saya bangga mendapatkan kesempatan ini, kata Hendrie yang belum pernah bermain di luar Inggris. Tak cuma Hendrie dan Bandung, Daily Mail yang merupakan salah satu harian terpandang di Inggris juga mengupas tentang LPI.

Belum tahu tentang carut marutnya sepakbola di negeri ini memang, tapi setidaknya warga Inggris jadi tahu LPI merupakan liga alternatif di Indonesia. Daily Mail juga menguas tentang keberadaan LPI sebagai liga profesional yang didukung Kementerian Pemuda dan Olahraga, namun ditentang PSSI selaku asosiasi sepakbola Tanah Air.

Keberadaan LPI sebagai liga reformasi juga diulas dan diimbuhi dukungan raja minyak Arifin Panigoro. Yang lebih menarik, Daily Mail mengakui masyarakat Indonesia yang gila bola meski peringkat tim nasionalnya hanya berada di urutan 126 dalam peringkat FIFA.

Liga sepakbola di negara kepulauan ini pernah diramaikan Mario Kempes dan Roger Milla juga menjadi kredit tersendiri. Semoga saja persepakbolaan Tanah Air bisa menyita perhatian dunia. Tentunya warta positif dan mengharumkan nama bangsa.

(DIM/Daily Mail)
id.news.yahoo.com


Mantan Pemain Timnas Inggris Siap Ramaikan LPI


Lee Hendrie saat memperkuat Bradford City melawan 
Northampton Town, 25 September 2010

Bandung FC segera mendatangkan kembali seorang pemain asing. Tim berjuluk Laskar Siliwangi bakal mendaratkan Lee Hendrie, mantan pemain timnas Inggris yang sempat bersinar bersama Aston Villa.

Hendrie merupakan pemain Villa yang bersinar di era 90an sampai pertengahan pertengahan dekade ini. Gelandang yang kini berusia 33 tahun itu telah membela The Villans selama 12 tahun dari 1995-2007 meskipun sempat dipinjamkan ke beberapa klub.

Dari 251 kali penampilannya, Hendrie telah menyumbagkan 27 gol. Pemain muda terbaik Villa pada 1997-98 itu turut mengantarkan timnya menyabet Piala Intertoto 2001 dan runner-up Piala FA 2000.

Setelah kehilangan tempatnya pada 2006, Hendrie hijrah ke klub kecil semacam Sheffield United dan Derby County. Namun karirnya terhambat cedera panjang sehingga dipinjamkan ke sejumlah klub.

Pada awal 2010, Hendri digaet Bradford City dan menghabiskan semusim dengan klub League Two itu. Sebelum akhirnya berstatus free agent karena sang klub tidak memperpanjang kontraknya.

Hendrie juga tercatat mantan pemain timnas Inggris U-21 dengan sumbangan lima gol dari 12 laga. Ia masuk skuad utama Inggris dengan menjadi pemain pengganti ketika menghadapi Republik Ceko di friendly match pada 1998.

CEO Bandung FC, M. Kusnaeni mengakui Hendrie bersedia bermain untuk timnya dan dijadwalkan akan tiba di Jakarta malam ini, Selasa (25/1/2011) pada pukul 21.00 WIB. Sedangkan deal akan dirampungkan pada keesokan harinya, Rabu (26/1).

"Kami akan melakukan penjemputan Hendrie yang akan tiba sekiranya pukul sembilan malam di Bandara Soekarno-Hatta," ujar dia kepada Detiksport melalui sambungan telepon.Finalisasi deal akan dirampungkan besok.

Kusnaeni menambahkan bahwa Hendrie akan dikontrak selama setahun. Meski belum tentu langsung main, ia memastikan Hendrie akan dibawa saat Bandung FC bertandang ke Solo FC akhir pekan ini.

"(Dikontrak) setahun dulu lah. Kita kan harus liat segala aspek yang dibawa dia, termasuk aspek ekonomi, nilai bisnisnya juga," sambung pria yang kerap disapa Bung Kus itu.

"Kita akan bawa dia saat Bandung FC main di LPI di Solo (melawan Solo FC). Ya, untuk perkenalan saja," tukasnya sambil menutup pembicaraan.
 

 

Hendrie Dikontrak Bandung FC Selama 2 Tahun 


 
 
 
Lee Hendrie telah resmi bergabung Bandung FC. Mantan pemain Aston Villa dan timnas Inggris itu diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Diberitakan sebelumnya Bandung FC berencana untuk mengontrak Hendrie selama setahun. Namun dalam pembicaraan kesepakatan pada hari ini Rabu (26/1/2011), Hendrie akhirnya dikontrak selama dua tahun.

Hal itu diungkapkan oleh CEO Bandung FC M. Kusnaeni. Ia juga mengatakan bahwa kontrak tersebut tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang.

"Lee Hendrie dikontrak 2 tahun di Bandung FC dan tidak menutup kemungkinan untuk diperpanjang," ujar pria yang kerap disapa Bung Kus itu dikutip dari akun Twitter resmi Bandung FC @BFCofficial.

Bung Kus sempat merasa khawatir jika Hendrie nantinya tidak puas dengan fasilitas yang dimiliki klubnya. Namun ia mengklaim kalau sang pemain tidak ada masalah dengan itu dan malah akan memberi masukan.

"Satu kekhawatiran saya selama ini adalah kita tidak punya fasilitas latihan yang memadai," imbuh dia.

"Saya juga mengatakan hal tersebut kepada Lee sebelum datang kesini. Namun dia mengatakan akan melihat dan akan memberi masukan. Kalau untuk hal-hal lain dia tidak masalah, dia bukan tipe pemain yang rewel.

Hendrie akan mengenakan jersey nomor 10. Meskipun belum tentu dimainkan, pemain berusia 33 tahun itu akan dibawa dalam lawatan Bandung FC ke markas Solo FC dalam laga LPI akhir pekan ini.
 
Sumber: detiksport.com

Cheetah Iran, Satu-satunya Spesies Tersisa di Asia

Cheetah Asia berpisah dengan cheetah lain yang tinggal di Afrika, 30 ribu tahun yang lalu

Cheetah Iran, satu-satunya subspesies cheetah Asia yang tersisa. (bbc.co.uk)
 
 
Dari penelitian genetik, cheetah Iran yang sangat terancam punah ternyata merupakan satu-satunya subspesies unik cheetah tua Asia yang tersisa. Ia termasuk ke dalam subspesies Acinonyx jubatus (A.j.) venaticus.

Dari perbandingan DNA antara spesies cheetah, diketahui bahwa cheetah Asia berpisah dengan cheetah lain yang tinggal di Afrika, pada 30 ribu tahun yang lalu.

Temuan ini melengkapi temuan yang diumumkan pada tahun 1990-an yang menyebutkan bahwa cheetah yang ada di kawasan selatan Afrika (Acinonyx jubatus jubatus) dan cheetah yang ada di kawasan timur Afrika (Acinonyx jubatus raineyi) merupakan sub spesies yang berbeda.

Sebagai informasi, cheetah awalnya dapat ditemukan di 44 negara di Afrika. Saat ini, hanya 29 negara saja yang memiliki cheetah. Sepanjang sejarahnya, cheetah juga tersebar mulai dari kawasan barat daya Asia sampai Asia tengah. Namun kini cheetah Asia cuma ada di Iran.

Pada penelitian, Pamela Burger, dokter dari University of Veterinary Medicine in Vienna, Austria dan timnya bekerjasama dengan Department of Environment Iran serta kelompok konservasi kucing liar, Panthera untuk mengamati cheetah Iran lebih dekat.

“Dari data yang kami dapat, terbukti bahwa cheetah Iran mewakili subspesies Asia yakni A.j. venaticus karena memiliki profil genetik serupa dengan spesimen yang berasal dari barat laut Iran pada tahun 800 - 900 kalender Hebrew,” kata Burger, seperti dikutip dari BBC, 28 Januari 2011.

Peneliti juga berhasil menemukan perbedaan cheetah iran dengan cheetah terdekat dari kawasan timur laut Afrika yang dikonfirmasi sebagai A.j. soemmeringii.

Saat ini, diperkirakan hanya tersisa antara 60 sampai 100 ekor cheetah Iran dengan kurang dari separuhnya yang berada di usia subur. Rendahnya populasi cheetah ini sudah masuk ke daftar merah International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN).

“Implikasi dari penemuan kami adalah pada manjemen konservasi yang perlu kita lakukan di masa depan,” kata Burger. “Jika tujuannya adalah untuk melestarikan biodiversity, subspesies cheetah ini tidak boleh dicampur,” ucapnya.

Sayangnya, cheetah Iran mengalami berbagai masalah mulai dari perburuan berlebihan terhadap mangsa mereka, degradasi habitat, sampai ke perburuan liar atas cheetah itu sendiri. Untuk itu, peneliti meminta cheetah Iran harus dilestarikan untuk melindungi masa depan cheetah pada umumnya.

Sumber: vivanews.com

Pengujian Mobil-Mobil Sport Mewah

Sejumlah mobil-mobil super berkumpul di sirkuit balap Dubai Autodrome, Dubai, beberapa waktu lalu. Ajang yang diselenggarakan perusahaan ban Michelin ini melibatkan Koenigsegg Agera, Lamborghini Gallardo Superleggera, Gumpert Apollo, Ferrari 458 Italia, Audi R8 V10, Porsche 911s, Schnitzer BMW M3s, Mercedes SLS AMG, dan Mercedes MKB Black Series.

 
Mobil-mobil sport mewah bersiap untuk melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport. 

 
Mobil Audi R8 V10 saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport.

 
Mobil Koenigsegg Agera saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport. 
 
 

 
Mobil Lamborghini Gallardo Superleggera saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport.   
 
 

 
Mobil Gumpert Apollo saat melakukan uji coba produk terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport.


 
Mobil Porsche 911 Carrera S saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport. 


 
Mobil Ferrari 458 saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport.  

 
Mercedes SLS AMG saat melakukan uji coba ban terbaru keluaran Michelin, Pilot Super Sport.
Sumber: vivanews.com

10 Bandara Terbaik di Dunia

Penentuan bandara terbaik dilakukan lewat survei 9,8 juta pengguna bandara besar dunia.


Pesawat Parkir di Bandara Suvarnabhumi Bangkok Thailand

Bandar udara saat ini tidak hanya sebagai tempat menaikkan dan menurunkan penumpang, tetapi lebih dari itu. Bandara dibangun menjadi satu kesatuan dengan fasilitas lain, seperti tempat belanja, tempat olahraga, hingga tempat hiburan.

Bahkan di Korea Selatan, bandara di lengkapi dengan museum kebudayan yang sering menampilkan budaya-budaya setempat. Seperti apa bandara terbaik di dunia ini?

Skytrax, sebuah lembaga survei konsumen baru-baru ini memberikan penghargaan 10 bandara terbaik di dunia. Dalam pernyataannya, Chairman Skytrax Edward Plaisted mengatakan bahwa survei ini sangat kompetitif karena dilakukan terhadap 9,8 juta pengguna bandara-bandara besar dunia. "Kuesioner disebar pada 2009-2010," katanya.

Hasilnya luar biasa, Bandara Changi muncul sebagai bandara terbaik di dunia. Ini mengalahkan bandara-bandara besar, seperti Bandara Munich dan Bandara Schiphol di Belanda. Berikut bandara-bandara terbaik dunia tersebut:

1. Bandara Changi
Bandara Changi


Jumlah penumpang per tahun: 37,2 juta
Peringkat tahun lalu: 3
Penghargaan: Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#1), Bandara Layanan Imigrasi Terbaik (#3), Best Airport Shopping (#3), Best International Transit Airport (#2), dan Best Airport Dining (#2)

Changi melayani penumpang lebih dari 200 tujuan dari 90 lebih maskapai penerbangan internasional. Changi juga menangani sekitar 5.000 kedatangan dan keberangkatan setiap pekan.



2. Bandara Incheon
Bandara Incheon

Jumlah penumpang per tahun: 18,7 juta
Peringkat tahun lalu: 1
Penghargaan: Best International Airport Transit (#1), Asia Airport Staff Excellence (#1), Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#2), Bandara dengan Pengelolaan Keamanan Terbaik (#2), Bandara dengan Kebersihan Terbaik (#2), dan Bandara dengan Toilet Terbaik (#2).

Incheon adalah bandara terbesar di Korea Selatan. Bandara ini melayani penumpang lebih dari 70 maskapai penerbangan. Tidak hanya melayani penumpang, bandara ini juga memiliki museum budaya Korea.



3. Bandara Internasional Hong Kong
Bandara Internasional Hong Kong


















Jumlah penumpang per tahun: 45,5 juta
Peringkat tahun lalu: 2
Penghargaan: Best Airport Toilet (#1) dan Best Bandara Dining (#1)

Bandara Hong Kong merupakan bandara tersibuk di dunia. Bandara ini dilengkapi dengan lapangan golf sembilan lubang yang bisa digunakan pengunjung saat melewati waktu tunggu pesawat.



4. Bandara Munich
Bandara Munich


















Jumlah penumpang per tahun: 32,7
Peringkat tahun lalu: 5
Penghargaan: Bandara dengan Fasilitas Kenyamanan Terbaik (#3), Best International Transit Airport (#3), Best Airport Dining (#3), dan Europe Staff Service Excellence (#2)

Munich adalah bandara tersibuk kedua di Jerman. Penumpang menikmati keindahan terminal mulai sejak masuk gerbang. Bandara ini dibangun dalam lansekap kota. Banyak dinding dan langit-langit terbuat dari kaca, sehingga bandara terasa besar.





5. Bandara Kuala Lumpur
Bandara Kuala Lumpur

















Jumlah penumpang per tahun: 29,7 juta
Peringkat tahun lalu: 7
Penghargaan: Best Airport Immigration Service (#1) dan Airport Staff Excellence South East Asia (#1)

Kuala Lumpur terletak di koridor Malaysia selatan dan salah satu bandara tersibuk di Asia. Terminal utama tetap hijau, karena dilengkapi dengan hutan buatan. Mereka menggunakan konsep, "Bandara di hutan, hutan di bandara."




6. Bandara Zurich
Bandara Zurich

















Jumlah penumpang per tahun: 12,3 juta
Peringkat tahun lalu: 4
Penghargaan: Best Baggage Delivery (#1), Best Terminal Cleanliness (#1), and Europe Staff Service Excellence (#3)

Bandara Zurich, Swiss, terletak 11 kilometer utara dari pusat kota Zurich. Bandara ini memiliki layanan porter di mana wisatawan membayar, dan porter akan membawa barang Anda hingga tujuan akhir.




7. Bandara Schiphol
Amsterdam Schiphol

















Jumlah penumpang per tahun: 43,6 juta
Peringkat tahun lalu: 8
Penghargaan: Best Airport Shopping (#2)

Bandara Schiphol di Amsterdam, Belanda, dibuka pada 1916 sebagai lapangan terbang militer, dan sekarang telah berubah menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia. Sambil menunggu keberangkatan, wisatawan bisa menikmati pijat dan bermain poker di tempat kasino.




8. Bandara Internasional Beijing
Bandara Internasional Beijing

















Jumlah penumpang per tahun: 65,4 juta
Peringkat tahun lalu: 17
Penghargaan: Best Airport Security Processing (#1), Best Airport Immigration Service (#2), Best Airport Cleanliness (#3), dan Asia Staff Service Excellence (#2)

Bandara Beijing merupakan bandara tersibuk di Asia dan dapat menampung hingga 78 juta penumpang per tahun. Bangunan tertinggi, terminal 3, memiliki atap yang dicat merah, warna keberuntungan China.



9. Bandara Internasional Auckland
Bandara Internasional Auckland

















Jumlah penumpang per tahun: lebih dari 13 juta
Peringkat tahun lalu: 10
Penghargaan: Airport Staff Excellence Australia/Pacific (#1)

Bandara Auckland, Selandia Baru, menyediakan lebih dari 20 maskapai internasional, dan melayani 45 penerbangan take off per jam. Aukland menyediakan ribuan lapangan kerja melalui pelabuhan kargo terbesar kedua di negara itu.



10. Bandara Suvarnabhumi
Bandara Suvarnabhumi


















Jumlah penumpang per tahun: 40,5 juta
Peringkat tahun lalu: 16
Penghargaan: South East Asia Staff Service Excellence (#3)

Suvarnabhumi dirancang oleh arsitek Murphy/Jahn dan dibuka pada September 2006. Bandara ini siap melayani 74 penerbangan per jam dan 45 juta penumpang dan tiga ton kargo per tahun. Terdapat 600 kamar hotel yang terletak di depan terminal.



Sumber: Business Insider

10 Stasiun Kereta Api dengan Arsitektur Terbaik di Dunia

Kita semua tahu, bahwa kereta adalah salah satu sarana transportasi yang sangat penting, semenjak ditemukan pertama kalinya oleh George Stephenson, kereta sudah mulai menjadi gaya hidup transportasi dunia.

Bahkan semakin lama, makin banyak model-model kereta api yang dikem bangkan oleh para penemu, mulai dari kereta listrik, kereta uap, bahkan penemuan teranyar yaitu kereta Sinkanzen dari jepang sudah menggunakan teknologi magnet.



Tapi bukan hanya kereta saja yang terus mengalami kemajuan, Stasiun kereta pun tak mau kalah. banyak sekali stasiu kereta yeng mempunyai arsitektur bangunan yang canggih, futuristik, dan eksotis, itu semua demi memberikan kesan yang mendalam serta kenyamanan bagi para penumpang.

Berikut adalah daftar 10 stasiun kereta dengan arsitektur terbaik di dunia :

1. Berlin Hauptbahnhof, Jerman


Berlin Hauptbahnhof adalah stasiun kereta terbesar di Eropa, Berlin Hauptbahnhof mempunyai konstruksi bangunan yang sangat modern, serta mempunyai arsitektur bangunan yang futuristik.

Keseluruhan konstruksi stasiun kereta ini rampung pada tahun 2006. Stasiun ini mempunyai 2 tingkat, 14 bagian serta 80 stand toko yang kesemuanya dibuat senyaman mungkin bagi para pengunjung mengingat stasiun ini adalah stasiun kereta yang sangat vital di jerman. Bangunan ini terdiri dari logam dan panel kaca yang memungkinkan cahaya matahari bersinar ke dalam gedung.


2. Kuala Lumpur railway Station. Malaysia



Stasiun kereta di Malaysia sebenarnya adalah stasiun kereta yang cukup tua, pambangunan stasiun in ipun baru selesai pada tahun 1920, jadi jangan heran jika bentuk konstruksi bangunan ini sangat bergaya kekuno-kuno-an.

Tapi jangan salah, walaupun gayanya kuno, stasiun kereta ini tetap nampak elegan. Hal ini karena memang konstruksi bangunan ini memadukan gaya barat dan melayu, sehingga kesan kuno yang tampak justru makin menambah nilai historis dan budayanya, Bahkan beberapa orang justru menilai bahwa stasiun ini lebih cocok bila disebut dengan kastil.


3. North Park Cable Way, Austria



North Park cable way adalah salah satu stasiun terbesar di Austria yang terletak di Kota Innsbruck. Konstruksi arsitektur bangunan North Park Cable Way ini dirancang oleh studio arsitek Zaha Hadid.

Walaupun Atap bangunan stasiun ini dibuat seperti bentuk gelombang yang abstrak, namun justru atap inilah yang menambah kesan futuristik tasiun kereta ini.


4. La Gare de Strasbourg, Perancis



Stasiun kereta La Gare de Strasbourg pertama kalinya dirancang pada tahun 1883 oleh seorang arsitek asal Berlin bernama Johann Jacobsthal, kemudian direnovasi lagi pada tahun 2007.

Dalam renovasi ini, ditambahkan rangka kaca serta 120 meter konstruksi kaca di bagian luar, sehingga stasiun ini nampak bagaikan permata yang bersinar bila diterpa oleh sinar matahari.


5. Stasiun Kanazawa, Jepang



arsitektur pertama yang akan dilihat oleh pengunjung di stasiun ini adalah sebuah gerbang besar dengahn tinggi 14 meter layaknya gerbang tradisional ala Jepang, sedangkan di dalam stasiun, arsitektur yang paling mengesankan adalah Kubah yang mencakup bagian yang menghubungkan bagian timur dan barat terdiri dari 3.000 panel kaca. Stasiun ini juga dikenal sebagai stasiun yang memadukan gaya tradisional berbasis kayu dengan arsitektur modern berbasis logam.



6. Southern Cross Station, Australia


Add caption

The Southern Cross Station adalah stasiun kereta yang terletak di Melbourne. Sebagai salah satu stasiun kereta paling vital di Australia, maka tak heran jika arsitektur bangunan stasiun ini sangat mengesankan.

Fitur yang paling menarik dari bangunan ini adalah atap bergelombang. bahkan saking mengesankanya, Stasiun ini sampai dianugerahi Lubetkin Prize oleh the Royal Institute of British Architects, yaitu sebuah penghargaan untuk bangunan baru berarsitektur tinggi yang terletak di luar uni eropa.


7. Estacion de Atocha, Spanyol



pernahkah kalian melihat hutan di dalam stasiun, jika belum pernah, silahkan kalian mengunjungi Estacion de Atocha di Spanyol. Keran memang di dalam stasiun ini dibuat sebuah miniatur taman yang menyerupai hutan rimba untuk menambah kesan alam di stasiun ini. Stasiun ini awalnya dibuat pada tahun 1851, kemudian pada tahun 1992, mulailah ditambahkan hutan mini seluas 4.000 meter karya Rafael Moneo.


8. Chatrapati Shivaji Terminus, India



Stasiun ini terletak di kota Mumbai dan merupakan salah satu stasiun tersibuk di India. Chatrapati Shivaji Terminus dirancang oleh Frederick William Stevens, seorang arsitek Inggris.

Nilai arsitektur tinggi yang ada di dalam stasiun ini adalah adanya pembauran dua model arsitektur yaitu antara model gothic barat dengan model india tradisional, sehingga dinilai mem punyai nilai lebih bagi dunia arsitektur abad ke-19an. Pada tahun 2004 stasiun ini ditulis di daftar situs Warisan Dunia sebagai salah satu bengunan warisan dunia.



9. Antwerpen Central Station, Belgia


Stasiun ini dibangun antara tahun 1895 sampai 1905. Kereta Api Katedral. Stasiun kereta ini mempunyai bentuk bangunan yang unik, yaitu seperti gereja dengan kubah besar di atapnya, serta kubah kecil di sisi-sisi pojok bagian atas bangunan, oleh karena itu maka tek heran jika masyarakat luas lebih sering menyebut stasiun ini sebagai stasiun kereta Katedral.


10. St Pancras Station, Inggris



Stasiun kereta ini terletak di London Inggris dan dibangun antara tahun 1864 sampai 1868. Arsitektur bangunan ini sangat mengesankan, Sesuai dengan tahun pembuatanya. Bangunan ini mempunyai suasana kuno yang sangat kental, dengan arsitektur khas Britania serta dipadukan dengan gaya Gothik terang.

Di stasiun ini juga terdapat dua patung setinggi 9 meter yang terbuat dari perunggu. Di stasiun ini pulalah ada bar sampanye terpanjang du dunia.


Sumber http://blogkempul.blogspot.com

10 Gunung dengan Pendakian yang Paling Menantang

Bagi anda yang hobi manjat-manjat gunung, hati hati saja dengan pendakian 10 gunung di bawah ini. 10 gunung-gunung apakah tersebut, mari bisa kita lihat di bawah ini :


1. Annapurna, Central Nepal (26,545 ft.)



Gunung ini gunung tertinggi ke-10 di dunia. 130 pendaki sudah pernah mendaki sampai ke puncaknya yang rawan longsor. Tapi 53 pendaki sudah tewas saat mencobanya, membuat tingkat kematian di Annapurna mencapai 41% atau yang tertinggi di dunia.


2. Nanga Parbat, Kashmir (26,657 ft.)



Sering dijuluki "The Man Eater", gunung dengan sisi tajam di Kashmir ini terdiri atas batuan dan salju. Puncaknya ke-9 tertinggi di dunia, sedangkan sisi selatannya merupakan the tallest mountain face on the planet. Nanga Parbat telah memakan korban 31 jiwa sebelum berhasil didaki sampai ke puncak oleh Herman Buhl in 1953.



3. Siula Grande, Peruvian Andes (20,814 ft.)

Tahun 1985, duet Joe Simpson and Simon Yates, yang pendakiannya diabadikan dalam buku dan film Touching the Void, berusaha memanjat sisi barat Siula Grande: sebuah pendakian vertikal yang belum pernah terselesaikan.



Mereka sampai ke puncak, tapi Simpson jatuh saat turun dan kakinya patah. Yates berusaha menurunkan Simpson memakai tali namun kemudian tidak bisa melihatnya karena terhalang tebing. Setelah sejam berlalu, Yates memotong talinya. Ajaibnya, Simpson berhasil selamat meski jatuh 30 meter ke dalam celah salju.

Dia bertahan hidup 3 hari dengan makan salju dan merayap selama lima mil kembali kemahnya. Simpson tiba di saat Yates baru saja akan meninggalkan kemah karena menganggapnya sudah meninggal.


4. K2, perbatasan Pakistan dan China (28,251 ft.)

Gunung tertinggi kedua di dunia, dikabarnya berisiko bagi pendaki perempuan. Perempuan pertama yang mencapai puncaknya adalah Wanda Rutkiewicz pada June 1986. Dalam 18 tahun selanjutnya, semua lima pendaki perempuan yang mencapai puncaknya telah tewas.



Tiga tewas saat turun dari K2, dua tewas di gunung di dekatnya. Rutkiewicz juga tewas di gunung di dekatnya yakni Kangchenjunga tahun 1992. Kutukan ini akhirnya terpecahkan tahun 2004 oleh Edurne Pasaban, pendaki perempuan berusia 31 tahun dari Spanyol yang masih tetap hidup sampai sekarang.


5. Kangchenjunga, perbatasan India dan Nepal (28,169 ft.)



Tahun 1999, sebuah novel terbaru James Bond memuat petualangan agen ini di gunung tersebut. Gunung ini terkenal oleh longsor saljunya dan hawa dingin sehingga menjadi termasuk gunung mematikan.


6. The Matterhorn, perbatasan Swiss dan Italy (14,691 ft.)



Di zaman sekarang, bahaya paling besar di Matterhorn lebih karena popularitasnya. Para turis yang bersemangat sering membuat batu-batu runtuh dan menimpa para pemanjat di bawahnya.

7. Everest, perbatasan Nepal dan China (29,029 ft.)


Kalau melihat ketinggiannya, mungkin langsung dianggap gunung paling mematikan. Tapi ternyata Everest hanya memiliki tingkat kematian 9% padahal banyak yang mencoba memanjatnya setiap tahun.


8. Mt.Washington, New Hampshire (6,288 ft)



Terkenal oleh cuaca yang gampang berubah, angin kencang dan hujan es sehingga telah menewaskan 100 pendaki. Bahkan pernah mencatat rekor angin paling kencang yang berkecepatan 231 mil per jam.


9. Denali, Alaska (20,320 ft.)



Gunung ini sering dilanda gempabumi. Kombinasi ketinggian dan garis lintangnya membuat pendaki gampang sakit. Kadar oksigen di Denali jauh lebih rendah dibanding gunung yang ada di khatulistiwa.


10. Mt.Fuji, Japan (12,388 ft.)

Terkadang gunung yang rendah pun sering mematikan. Di kaki gunung Fuji ada kawasan yang disebut Lautan Pohon (Sea of Trees), sebuah kawasan penuh pohon pinus dan lainnya yang merupakan satu-satunya area yang tidak dilanda aliran lahar dalam letusan besar tahun 1707.



Di Jepang, hutan itu juga disebut Aokigahara, dan sering dianggap sebagai tempat ideal untuk mati. Banyak kabar tentang kejadian aneh di sini, warga setempat menceritakan soal daerah bermagnet yang bisa membingungkan orang. Sementara populasi hutannya banyak dihuni ular, anjing liar dan kadang-kadang penampakan hantu.

Sumber: http://tinyurl.com