Rabu, 06 Agustus 2014

Keunikan Petani Garam di Desa Jono Kabupaten Grobogan



Biasanya tambak garam ada di tepi pantai, tetapi di desa Jono, Tawangharjo, Grobogan ini lokasi tambak garam seluas 120 hektare itu jauh dari pantai dan hanya mengandalkan air sumur asin yang berada di tengah daratan yang tandus dan gersang. Cukup unik karena dibuat dari bahan baku air yang muncul dari perut bumi. Karena keunikan tersebut perlu kita pertahankan dan lestarikan. Garam yang dibuat di Desa Jono itu barangkali satu-satunya yang ada di Indonesia bahkan di dunia. Di desa Jono ini dan di kawasan Bledug Kuwu sumber airnya memang rasanya asin mirip air laut.

Bahkan kualitas garamnya pun jauh lebih baik dibandingkan garam air laut. Namun, garam itu kurang diminati karena warnanya kecokelat-cokelatan. Tapi harga garam produksi Desa Jono jauh lebih mahal. Sebab tanpa diberi zat yodium garam ini sudah mengandung iodium hingga 8 persen. Di desa ini hanya ada 7 sumur yang bisa dimanfaatkan. Tujuh sumur ini konon merupakan peninggalan Joko Linglung, putra Ajisaka, tokoh legenda Jawa.

Garam yang dihasilkan pada lembah Jono sebenarnya memiliki kadar iodium yang lebih tinggi daripada garam laut yang dihasilkan di pantai. Di masa lalu, Desa Jono memiliki catatan masa keemasan yakni menjadi satu-satunya produsen garam di Indonesia.  Pada masa itu produksi garam laut masih belum dapat dilakukan dan hanya petani-petani  di Jono yang dapat memproduksi garam. Maka, tidaklah mengherankan jika pada masa tersebut banyak petani garam di Jono menjadi saudagar-saudagar yang kaya.  Namun setelah tahun 1970-an, garam laut akhirnya berhasil diproduksi sehingga ketergantungan terhadap komoditas garam dan bleng di Jono semakin berkurang.

Sekitar tahun 1950, jumlah pengusaha garam di Desa Jono ada ratusan orang dengan produksi hampir 5.000 ton pertahun. Namun, saat ini pembuat garam itu hanya tinggal 50 orang dengan produksi sekitar 100 ton pertahun. Kondisi ini lantaran masalah pemasaran yang masih kalah dengan garam air laut karena terbatasnya hasil produksi. Selain itu, masih dilakukannya produksi dengan tradisional juga menjadikan garam itu baru dihasilkan dalam dalam jangka waktu cukup lama.

Darimana asal garamnya? Semula lembah Jono adalah perairan laut, terletak di antara pegunungan Kendeng dan pegunungan Rembang. Karena adanya proses sedimentasi dari Pegunungan Kendeng dan Pegunungan Rembang, maka lama kelamaan menjadi dangkal dan terbentuk rawa (ditumbuhi tumbuhan rawa). Proses sedimentasi terus berlanjut sehingga daerah tersebut menjadi kering dan tumbuhan rawa mati. Sisa-sisa tumbuhan rawa yang mati diendapkan oleh sedimen kemudian membentuk gas metana. Selain itu sisa-sisa tumbuhan yang bercampur air laut dan tertutup oleh material sedimen kemudian menjadi lumpur. Maka tidaklah mengherankan apabila pada daerah Jono dapat ditemukan jebakan-jebakan air payau, lumpur, serta semburan gas metana di beberapa lokasi. Gas metana ini sangat berbahaya karena mudah terbakar, sehingga biasanya pada lubang di mana gas tersebut keluar pasti akan dibakar supaya gas tersebut tidak membahayakan warga setempat.

13 komentar:

  1. Sebuah perjuangan, seperti halnya pen jual jilbab yang setia menunggu pembeli setiap harinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedikit berbagi pengalaman siapa tau bermanfaat
      Sudah berkali-kali saya mencari tempat yang menyediakan pesugihan, mungkin lebihdari 15 kali saya mencari paranormal mulai dari daerah jawa Garut, Sukabumi, cirebon, semarang, hingga pernah sampai ke bali , namun tidak satupun berhasil, suatu hari saya sedang iseng buka-buka internet dan menemukan website ustad.hakim http://pesugihan-islami88.blogspot.co.id sebenarnya saya ragu-ragu jangan sampai sama dengan yang lainnya tidak ada hasil juga, saya coba konsultasikan dan bertanya meminta petunjuk pesugihan apa yang bagus dan cepat untuk saya, nasehatnya pada saya hanya di suruh YAKIN dan melaksanakan apa yang di sampaikan pak.ustad, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya tunggu-tunggu tidak mengecewakan, yang di janjikan cair keesokan harinya, kini saya sudah melunasi hutang-hutang saya dan saat ini saya sudah memiliki usaha sendiri di jakarta, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi ustad.hakim bawazier di 085210335409 Toh tidak langsung datang ke jawa timur juga bisa, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi ustad.hakim bawazier agar di berikan arahan

      Hapus
  2. makasih yah atas informasinya, jangan lupa kunjungi blog aku juga.
    QUEENXXX92

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat bermanfaat gan..
    trimakasih.. sukses selalu...

    BalasHapus
  4. Kunjungi toko barang pernak-pernik islam di tokopondok.com

    BalasHapus
  5. kunjungi http://tokopondok.com/

    BalasHapus
  6. Bagus sekali Gan,Terima Kasih Infonya
    Ditunggu Artikel Selanjutnya gan, Terus berkarya ^_^

    Agen Poker Online
    PokerV Online
    Poker uang Asli
    Kontes SEO July 2016

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails