Kamis, 06 Januari 2011

Awas, Facebook Palsu Hadir di Indonesia

Tampilan Facebook gadungan ini mirip aslinya, termasuk sarana registrasi pengguna baru.

 
Facebook merupakan situs jejaring sosial terlaris di Indonesia. Bahkan menurut data Alexa, Facebook merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet di tanah air, di atas Google, Yahoo, Blogger, ataupun YouTube.

Tingginya popularitas Facebook ternyata telah dimanfaatkan oleh penjahat dunia maya, atau istilah kerennya cyber criminal. Mereka telah membangun situs Facebook versi Indonesia yang bertujuan untuk penipuan (phising). Pengguna yang terjebak akan secara sengaja menyerahkan informasi username dan password akun Facebook mereka ke kriminal tersebut.

“Jika dilihat sekilas, tampilan situs Facebook gadungan ini memang mirip aslinya, termasuk ketersediaan sarana registrasi bagi pengguna baru. Begitu pun dengan icon, gambar, judul halaman dan elemen lain yang lazim dijumpai pada laman utama Facebook ketika baru dibuka,” kata Brama Setyadi, seorang praktisi teknologi pada VIVAnews, 26 Oktober 2009.

“Satu-satunya yang membuat laman ini berbeda adalah alamatnya, yakni http://facabook.co.tv/indonesia,” ucap Brama yang awalnya mendapatkan pesan phising tersebut di inboks akun Facebook-nya.

Pada laman Facebook asli, Brama menyebutkan, data login yang dimasukkan pengguna akan dikirim menggunakan metode POST ke file login.php di alamat ‘https://login.facebook.com’.

“Sekadar info, HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol yang digunakan untuk mengamankan jalur pengiriman data dengan memanfaatkan enkripsi,” kata Brama. “Sementara Facebook palsu mengirimkan data login ke file src-login.php di alamat http://facabook.co.tv,” ucapnya.


Tampilan situs Facebook asli


Tampilan situs Facebook palsu

“Dari sini sebenarnya dapat diketahui bahwa sebenarnya si pembuat laman sama sekali tidak mengirimkan data untuk keperluan otentikasi, melainkan hanya merekam data login ke dalam database miliknya,” ucap Brama.

Menurut laporan beberapa korban, informasi tentang Facebook palsu ini didapat lewat fasilitas message Facebook, meskipun si phiser tidak masuk ke dalam daftar teman. Isi beritanya kurang lebih mengharuskan si calon korban untuk melakukan login ke facebook dengan segera karena sistem administrasi Facebook sedang dalam tahap seleksi pengguna aktif. Sembari melampirkan alamat palsu di atas, phiser juga menyuruh meneruskan pesan yang dibuatnya kepada 15 pengguna Facebook lain.

Lalu apa yang terjadi jika pengguna memasukkan informasi kredensial ke laman ini? Setelah merekam data login si pembuat akan langsung mengalihkan laman ke alamat login Facebook yang asli. Seakan-akan pengguna telah salah atau belum memasukkan informasi login.

“Anda yang telah terlanjur memasukkan informasi login di situs tersebut, ada baiknya segera mengubah password Facebook yang Anda punya,” ucap Brama.

Sumber: VIVAnews 

Facebook, Situs Terbesar Ketiga di Dunia



Situs Facebook kini merupakan situs ketiga terbesar di dunia. Mereka mengambil posisi ketiga tersebut dari Yahoo, menurut comScore.


Facebook menarik 648 juta pengunjung dari seluruh dunia pada bulan November 2010, jika dibandingkan dengan Yahoo yang hanya mampu menarik 630 juta pengunjung. Di posisi kedua ditempati oleh Microsoft dengan 869 juta pengunjung, lalu posisi pertama diduduki oleh Google dengan 970 juta pengunjung.
Seperti yang dikutip dari TechCrunch, Sabtu (25/12/2010), Facebook menjadi website ke empat terbesar di dunia sejak 18 bulan yang lalu, dan dengan cepat melewati Yahoo dalam kategori page view.

Facebook baru-baru ini juga kalahkan Yahoo, dan menjadi situs video kedua terbesar di AS, dan juga kedua terbesar untuk trafik (sesudah Google). Tidak mengherankan kalau Carol Bartz, CEO dari Yahoo, melihat Facebook sebagai kompetitor terbesar mereka, bukan Google.

Meskipun begitu, di AS Yahoo masih menduduki urutan pertama untuk kategori jumlah total pengunjung bulanan (181 juta pengunjung), sementara Facebook berada di posisi ke empat (152 juta pengunjung).

Google Akan Merilis Fitur Social Search

google-social-search1
Mesin pencari Google meghadirkan fitur baru yang diberi nama Google Social Search.


Penambahan fitur ini diharapkan semakin banyak pengguna internet yang menggunakan mesin pencari Google.
Persaingan bagi perusahaan pembuat mesin pencari (search Engine) terbilang cukup ketat. Hal ini membuat Google tidak ingin kalah bersaing dengan mesin pencari lain yang menghadirkan fitur-fitur menarik. Untuk itu, Google juga ikut melirik situs jejaring yang saat ini menjadi primadona bagi para penggunanya.

Google menghadirkan fitur terbaru pada mesin pencarinya yang diberi sebutan Google Social Search. Fitur ini adalah hasil dari kerjasama Google dengan beberapa situs jejearing sosial yang banyak tersebar di dunia maya.

Google Social Search ini akan mengkombinasikan pencarian dari blog teman, Flickr, Twitter, FriendFeed dan berbagai situs sosial lain. Dengan catatan, selama ada teman yang menghubungkan akun mereka ke profil Google.

Untuk menggunakan fitur terbaru Google ini pun terbilang cukup mudah, Anda bisa menemukannya di dalam Google Labs dan kemudian lakukan pencarian seperti biasa. Maka Anda akan langsung disuguhkan oleh hasil pencarian yang dilakukan Google Sosial Search. Fitur baru Google ini juga akan menampilkan hasil pencarian yang relevan dari lingkaran sosial pengguna pada bagian bawah halaman hasil pencarian yang berisi foto perjalanan, tulisan blog, status terkini ataupun informasi lain yang berkaitan dengan teman pengguna.

Meski fitur ini masih dalam masa percobaan, namun Google Social Search sudah didemonstrasikan oleh Marissa Mayer, salah satu wakil presiden Google pada acara Web 2.0 Summit beberapa waktu lalu. Sepertinya dalam waktu dekat, fitur Google Social Search sudah siap dilaunching.

10 Gadget Pilihan yang Akan Diluncurkan Tahun 2011


Tahun ini merupakan tahun yang menyenangkan bagi penggemar teknologi. 
Namun ada beberapa petunjuk gadget keren lainnya pada 2011. Apa saja ?
1. Nintendo 3DS
http://rumahteknologi.com/wp-content/uploads/2010/03/Nintendo-3ds2.jpg
 
Nintendo mengumumkan pemutar game portabel generasi selanjutnya dalam kovensi E3, Mei 2010. Gadget berlayar 3D ini akan dilengkapi koneksi Wi-FI dan kamera untuk mengambil gambar 3D. Gadget ini dibandrol US$ 300 atau sekitar Rp 2,7 juta.
 
2. PlayBook RIM
http://static.businessinsider.com/image/4ca106617f8b9a5354760400/blackberry-playbook.jpg
 
Research In Motion (RIM) akhirnya menjawab tantangan iPad dengan meluncurkan sebuah tablet baru. Gadget ini dijadwalkan rilis pada awal 2011. Tablet ini nantinya akan dibandrol seharga US$ 400 atau sekitar Rp 3,6 juta. RIM juga telah memamerkan tablet ini dalam video komersialnya.
 
3. Tablet Android Motorola
http://www.jdmag.com/wp-content/uploads/2009/12/archos_android_tablet-350x231.jpg
Bos Android Google memamerkan tablet Motorola yang menggunakan Android 2.3 saat di konferensi Dive Into Mobie beberapa waktu lalu. Foto bocoran baru-baru ini menunjukkan rencana data akan dipegang oleh provider Verizon.
 
4. Google Social
google-social-search1
 
Google memiliki sebuah proyek rahasia untuk melawan Facebook. Akankah raksasa mesin pencari ini menumbangkan dominasi Mark Zuckerberg dan kawan-kawan pada 2011?
 
5. Sony PSP Phone
http://www.cellaz.com/photos/news/gal/1985/sony-psp-phone-concept-2.jpg
 
Gadget ini mungkin terlalu lambat, namun gadget ini merupakan kesempatan terakhir Sony menjawab tantangan iPhone. Gadget ini diharapkan rilis tahun depan.
 
6. Tablet Palm HP
 http://www.hpslate.org/wp-content/uploads/2010/08/HP_webOS_tablet_slate.jpeg
Sejak HP membeli Palm, perusahaan ini menjanjikan WebOS Palm untuk membunuh tablet baru. Menurut kabar, tablet baru ini memiliki kode nama Topaz, dan akan rilis tengah tahun mendatang.
 
7. iPhone Verizon
http://verizonvoyager.org/wp-content/uploads/2009/04/myphone.jpg
Jika diberi kesempatan, 23% pengguna iPhone di Amerika Serikat (AS) akan berpindah pada Verizon. Menurut rumor, iPhone Verizon akan rilis pada Maret 2011.
 
8. iPad 2
http://djandie.files.wordpress.com/2010/12/apple-ipad-2.jpg
 
Outlet Taiwan DigiTimes melaporkan Apple akan menjual enam juta iPad 2 tiap bulan saat mereka mulai mengapalkannya pada musim semi 2011. Peningkatan yang terdapat pada tablet ini adalah kamera depan dan belakang, Facetime, dan harga yang lebih murah.
 
9. Notebook Chrome
http://1.bp.blogspot.com/_itjr6CwuYYQ/TQBhkrWUVXI/AAAAAAAACaI/t6A7oBTPhxc/s320/Notebook%2BChrome%2BOS.jpg
OS Chrome Google akan dikapalkan pada notebook Acer dan Samsung tengah tahun mendatang. Sementara versi OS ini pada hardware prototip Google tak menawan, mungkin pada pengapalan asli, hardware ini akan lebih elegan, fungsional dan murah.
 
10. Macs Peak Light
http://static.businessinsider.com/image/4bc470787f8b9a8979270000-400-300/new-macs-with-light-peak.jpg
Data kecepatan tinggi sangat masuk akal bagi Mac karena pengguna Mac Apple memiliki file multimedia yang besar. Namun, beberapa tahun lalu Apple menghilangkan fitur ini dan menggantinya dengan sesuatu yang lebih cepat. Teknologi baru ini disebut Peak Light, dengan kecepatan transfer 10Gbps. Menurut teori, kecepatan ini cukup untuk mentransfer film Blu-Ray dalam 30 detik.
 

CSL Tablet Android Tyoe Handroid Pad seri MI700


Era tablet PC dengan OS Android semakin benar-benar tak terelakkan. Sabtu (30 Oktober) silam, Samsung Galaxy Tablet resmi dijual dan mendapat respon luar biasa. Senin (1 November) CSL yang selama ini kita kenal mengusung sub brand Blueberry pun merilis tablet Android bernama Handroid Pad seri MI700.
Hal ini sekaligus mentahbiskan CSL sebagai brand lokal (meskipun headquarter-nya di Malaysia) pertama yang merilis tablet Android. Tak tanggung-tanggung, tablet berukuran 7 inci yang ditawarkan. Ini sama dengan ukuran Galaxy Tablet. 
"Pasar aplikasi Android menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan. Tim Android developer menyatakan telah menembus angka 100.000 aplikasi. Selain itu prospek pertumbuhan pasar tablet PC maupun ponsel semakin positif. Hal inilah yang melatarbelakangi diluncurkannya Handroid Pad CSL MI700," ujar Edmundus Leonard, GM  Sales & Marketing CSL Blueberry.
Untuk melakukan penjualan, CSL Blueberry menggandeng operator 3 sebagai mitra bundlingdengan perangkat tersebut."Kami menyambut gembira kerjasama dengan Tri dan CSL Blueberry yang memadukan antara layanan data dari Tri dengan tablet telepon berteknologi tinggi dari CSL Blueberry," ujar Surresh Reddy, Chief Marketing Officer Tri.
Leonard menambahkan bahwa tablet ini sekelas dengan tablet Android lain yang berada di kisaran Rp 6 jutaan.Dari segi desain memang sangat menarik. Dimensinya 179,4 x110 x 11,5 mm yang dibalut oleh material stainless steel memadukan dua warna, hitam dan putih. Sebuah kamera 3,2 MP menyembul di punggung untuk kebutuhan pemotretan.
Tablet yang menggunakan prosesor Qualcomm seri MSM 7227 ini telah memakai OS Android versi 2.2 alias Froyo. Sementara memorinya 512 MB ROM dan 512 MB RAM, plus cadangan memori eksternal microSD yang diklaim sanggup menelan data sampai 16 GB.
Memakai jaringan GSM dan UMTS pada frekuensi 900/1900/2100 MHz. Juga alternatif memakai jaringan Wi-Fi untuk koneksi nirkabel. Seperti pula layar pada tablet sejenis, MI700 telah menggunakan teknologi kapasitif dengan resolusi 400 x 800 pixel. Namun kerapatan warnanya masih memakai 65 ribu warna.
Fasilitas audio sanggup membaca berbagai format seperti AAC LC/LTP, HE-AACv1 (AAC+), HE-ACCv2 (enhanced AAC+), AMR-NB, MP3, MIDI, Ogg Vorbis, hingga PCM/WAVE.Yang cukup unggul adalah kapasitas baterainya yang cukup besar, yaitu sebesar 3.240 mAH jenis lithium polymer.  
Perannya tidak hanya untuk kebutuhan akses internet (browsing, unduh aplikasi, chatting, social networking, dll), tapi juga telefoni (tentu disarankan menggunakan handsfree), pun sebagai router Wi-Fi layaknya Mi-Fi yang pernah kami tulis beberapa minggu lalu. Dengan begitu, tablet yang memiliki fasilitas G-Sensor ini dapat berfungsi selayaknya sebuah hotspot, namun tentu dengan jumlah perangkat yang terhubung terbatas. 
Handroid Pad CSL MI700 tampaknya jadi penantang tersendiri. Leonardo menyebutkan angka Rp 3.999.000,- sebagai harga. "Kami ingin menghadirkan solusi telematika yang terintegrasi dalam satu perangkat, tentunya dengan harga yang sangat terjangkau bagi masyarakat Indonesia," tutupnya. 
Nah! Persaingan di babak awal ini sudah mengacu pada faktor harga. Siapa lagi akan menyusul?
 

All-in-One Android Tablet PC




Satu lagi pesaing berat dari iPad, kali ini datang dari Samsung, yaitu Samsung Galaxy Tab. Galaxy series memang dikenal sebagai lini smartphone Samsung yang menggunakan OS buatan Google, Android. Tapi tidak hanya smartphone saja ternyata, tapi juga ada Tablet PC yang ikut meramaikan keluarga Galaxy. Galaxy Tab keluaran Samsung ini memang sangat lengkap, karena selain mengusung fitur multimedia, juga dibekali dengan dual kamera dan fitur teleponi. Dan beberapa fitur tersebut tidak dimiliki oleh iPad sehingga menambah nilai jual Tablet ini.


 

Dengan layar sentuh kapasitif 7 inci, membuat tablet ini lebih mungil dan pas dalam genggaman tangan dibandingkan iPad. Selain itu, Galaxy Tab ini sudah mengusung Android 2.2 terbaru, Froyo. Yang artinya, browsernya sudah support Flash dan HTML5. Ini juga merupakan poin unggulan di atas iPad karena iPad tidak support Flash. 

Dengan dukungan konektivitas HSPA (High-speed Packet Access) ktia dapat surfing dengan perangkat ini dengan kecepatan tinggi. Selain  itu, Galaxy Tab memiliki 2 buah kamera, kamera utama 3,2MP dan secondary kamera 1,3MP


          

Pilih mana, iPad, Blackberry Playbook, atau Samsung Galaxy Tab?


Sumber: alvin2020.wordpress.com

Kelebihan OS Android






Mungkin sudah banyak dari Anda yang sudah mendengar tentang Android, tapi apakah Anda tahu apa itu OS Android dan juga kelebihannya dari OS yang lainnya seperti Symbian. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat dibawah ini untuk lebih jelasnya agar anda mengerti bukan hanya sebagai pengguna tapi juga belajar dari dalamnya.

Sebenarnya Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri dan untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak (mobile device). Hal ini memungkinkan para pengembang menulis kode terkelola (managed code) dalam bahasa pemrograman Java, mengontrol peranti via perpustakaan Java yang dikembangkan Google.

Seperti yang sudah kita ketahui banyak sekali merek handphone yang sudah mengasung Android sebagai OS nya, contohnya saja Samsung, HTC, dan masih banyak lagi. Tapi Dari sekian banyak merek handphone yang sudah menggunakan OS Android, hanya Nokia saja yang tidak menggunakannya, dan sekarang masih bertahan dengan OS Symbiannya.

Mengapa handphone sekarang menggunakan OS Android sebagai Operasi Sistemnya? Jawabannya adalah memiliki biaya lisensi lebih murah dan sifatnya yang semi open source. Tidak hanya itu, Android tentunya akan support dengan berbagai layanan dari Google. Anda pasti sudah tahu tentang Google kan? Google adalah sebuah Search Engine yang paling banyak digunakan orang untuk saat ini.

Tidak hanya murah, tapi Android mempunyai sifat yang Fleksibel. Tidak hanya handphone saja yang menggunakan Android, tapi sekarang sudah menjalar hingga ke Netbook. Sebagai contohnya saja Netbook Acer yang sudah menggunakannya.

Perkiraan kami adalah sepertinya Google sudah mempunyai Planing untuk menguasai dunia pasaran dan mungkin akan ada produk baru yang akan dikembangkan oleh Google. Kelebihan lain dari OS Android adalah karena pengembangannya bisa dibilang GRATIS, maka aplikasinya pun rata-rata GRATIS, sehingga tidak perlu bayar untuk mendownload ataupun menginstal aplikasi Android. Dan pemakaian dari OS Androidpun terbilang mudah jika dibandingkan dengan OS lainnya.

Namun jangan terlalu membanggakan dengan OS Android, sebab OS ini mempunyai beberapa kelemahan diantaranya karena OS Android ini terbilang baru, maka belum banyak aplikasi yang tersedia untuk Android. Namun Setelah anda lihat sekarang, banyak sekali aplikasi untuk Android dan mungkin akan lebih banyak lagi untuk kedepannya.

Sumber: gudangtekno.com

Perkembangan OS Android

6 Versi OS Android

1. Android v1.1
a. Dirilis pada tanggal 9 Februari 2009.
b. User interface
c. Aplikasi standart alarm, olah pesan.
 
 
2. Android v1.5 (Cupcake)
Merupakan pengembangan dari versi 1.1, interface Android lebih dipercantik dan penambahan efek-efek animasi. Inovasi lebih ke segi multimedia.
a. Cupcake dirilis pada tanggal 30 April 2009
b. Mampu merekam dan memutar video
c. Dapat mengunggah foto ke Picasa dan video ke Youtube (Picasa dan Youtube merupakan “produk” Google)
d. Dilengkapi soft keypad dengan fitur autocomplete
e. Mendukung penggunaan Bluetooth A2DP
f. Ada widget baru dan mengikuti pola pada desktop
g. Terdapat tambahan pilihan copas pada internet berbasis web page





3. Android v1.6 (Donut)
Pada Android v 1.6 banyak terobosan baru di sistem jaringan dan konektivitas.
a. Dirilis pada 15 September 2009
b. Pengintegrasian antara kamera, kamera video, dan galeri foto
c. Penambahan fungsi seleksi multi untuk foto pada fitur galeri
d. Peningkatan fitur voice search dan pengembangan voice dial
e. Pengembangan fitur pencarian untuk bookmark, kontak dan halaman web plus kecepatan pencarian
f. Peningkatan teknologi jaringan CDMG (EVDO), Wifi, gesture dan mesin text to speech
g. Mendukung layar dengan resolusi WVGA
h. Pengayaan aplikasi Android Market



4. Android v2.0/2.1 (Éclair)
Berisi ini banyak mengalami pembaruan dari segi optimasi hardware dan juga segi perangkat lunaknya.
a. Dirilis pada 3 Desember 2009
b. Penggunaan browser baru dan mendukung HTML5
c. Google Maps 3.1.2
d. Microsoft Exchange
e. Kamera dengan flash dan zoom digital
f. Pengembangan MotionEvent dari tracking multi-touch untuk event
g. Keyboard virtual
h. Bluetooth v2.1
i. Kecepatan hardware dioptimalkan
j. Rasio B/W pada background lebih tinggi dan mendukung image beresolusi tinggi






5. Android v2.2 (FROYO)
Android Versi 2.2 (FROYO) merupakan versi penyempurnaan dari Android Versi 2.0 Éclair.
a. Dirilis pada 20 Mei 2010, perbaikan 20 Juni 2010
b. Kinerja hardware lebih cepat.
c. Bisa instalasi aplikasi ke memori eksternal.
d. Dukungan Adobe Flash 10.1
e. Fitur WiFi bisa dibuat hospot.
f. Fungsi update otomatis di Android Market sudah ada.




6. Android v3.0 (GINGERBREAD)


Versi android ini belum dirilis, diperkirakan pada bulan Oktober 2010.
a. adanya penambahan toko musik online di Market.
b. Perubahan user interface.
c. mendukung tingkat resolusi yang lebih besar.
d. Peningkatan fungsi Copy-Paste.
e. Tidak semua hp bisa diupgrade ke versi 3.0 ini, Spesifikasi minimum agar bisa diupgrade ke versi gingerbread adalah: Kapasitas CPU 1 GHZ, RAM 512 MB, diagonal layar minimal 3,5 inchi.




Setelah Anda mengenal apa itu hp Android dan sekarang 6 Versi OS Android. Akhirnya Anda bisa membedakan antara versi Android yang satu dengan yang lain. Mengenal versi Android sangat penting terutama bagi Anda yang ingin membeli hp Android. Semoga bermanfaat.

OS Android dan Sejarahnya

Sistem Operasi Android




Artikel ini saya buat, memenuhi permintaan teman saya di facebook, mengenai Sistem Opersi Android. Untuk yang sudah mengenal Android hal ini adalah hal yang sangat biasa. Tapi bagi yang baru kenal, sulis sekali untuk memahaminya….!!! pertanyaannya adalah Apa yang di maksut dengan Sistem Operasi Android.
saya sedikit kutip dari Wikipedia Indonesia.

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler atau bisa dibilang HP yang berbasis Linux. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam program (Opensource). Awalnya, Google Inc. yang membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Fitur-fitur Sistem Operasi Android antara lain




Fitur yang tersedia di Android adalah:
* Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
* Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
* Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
* SQLite: untuk penyimpanan data.
* Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
* GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
* Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Untuk perkenalan sepertinya cukup disini, Pengertian Andorid dan Fitur Android. Setelah ini kita akan bahas, Sejarah dan Keunggulan Andorid.

Sejarah Android




Sejarah Android
Pada bulan Juli 2000, Google mulai bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, nama-nama pendiri yang bekerja di google antara lain: Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler saja. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bekerja untuk menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.


Awal Perkembangan Android


Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar muncul yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan sudah tersedia di pasaran pada tanggal 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug (celah atau kelemahan) dan penambahan fitur-fitur baru.

Telepon seluler atau HP pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

di lihat dari pembehasan di atas perkembangan android sangatlah pesat, belum lama bermunculan sekarang sudah meledak sistem oprerasi ini. Apa keunggulan dari sistem operasi ini. Keunggulannya hanya satu This is open Source, jadi banyak orang yang berusaha mengembangkannya.

Wikipedia Indonesia
Sumber: www.nurmanto.com 

 

ePad dengan OS Android

http://3.bp.blogspot.com/_aiIvXPHQc0M/TLFd2-lEAoI/AAAAAAAAACQ/MxTQzfrIFPI/s320/ePad-7-Android-Tablet.jpg
 ePad Android, Perangkat handset yang biasanya dinamakan Tablet PC ini fungsinya sama seperti iPad yang diproduksi oleh perusahaan Apple, cuma yang membedakan adalah sistem operasi yang dipakai oleh ePad adalah Google Android v2.1. Dioperasikan dengan fungsi penuh layar sentuh 7, 8 atau 10 inchi yang sangat mudah dioperasikan.

ePad berisi aplikasi umum untuk kebutuhkan hiburan (foto, musik dan video player) dan internet, karena sudah dilengkapi aplikasi-aplikasi pendukung seperti internet browser dan email. Selain itu, ePad sudah dilengkapi perangkat jaringan seperti LAN 10/100 dan WiFi (WLAN) juga terintegrasi pembaca kartu memory Micro SD sampai dengan 8GB dan 2 (dua) kanal USB eksternal serta web camera. Tablet PC ini dapat mendukung koneksi internet broadband lewat modem GSM 3G (tipe tertentu) melalui koneksi USB-nya.

7", 8" atau 10" TFT LCD with Full-Size Touch Operation, Interactive menus (Icons, Sliding Menu), Internet Applications (Internet Browser, Mail, Online Map), Multimedia Player (Music Player, Video Player, Picture Slide Show), Built in WLAN, External 10/100 LAN and USB Port, Built in Microphone and Speaker, Web Camera (Photo Snapshot and Video Camcorder), Support Gravity Sensor, External RJ45 and 2x USB Port (Included), Rechargeable Lithium Ion.
http://i1217.photobucket.com/albums/dd396/setiadi1982/7.jpg


Spesifikasi epad Tablet PC :
- CPU ARM 9 platfrom, VIA WM8505
- Operating System Google Android v2.1
- LCD Screen 7", 8" atau 10" TFT LCD Touch Screen (800 x 480 Pixels Resolution)
- System Memory 256 MB
- Storage Device 2GB Flash HDD (Standard; Optional up to 8GB)
- Web Camera 1.3 Mega Pixel Camera
- Sound Engine Built-in Stereo Speaker, Microphone In & 3.5mm Headphone Out
- LAN 10/100M Ethernet (RJ-45 External, Include)
- WLAN IEEE 802.11b/g
- Touch Operation Full-Size Touch Operation, Sliding Menus, Icons
- Memory Card Port Micro SD (TF) Up to 8GB ((512MB ~ 8GB)
- AC Power Adaptor 180~240V Input, 9V DC Output, 1.5A
- Battery Built-In Rechargeable Lithium Ion Battery (2400mAH)
- Include Application Youtube, Multimedia Player, Email, File Browser, App Market
- Video Feature Available (3GP Format)
- Picture Feature Available, Slide Show Available (JPG, BMP, GIF Format)
- Music Feature Available (WMA/MP3 Format)
- Other Features Calendar, PhoneBook, Online Maps, Alarm Clock, Magic Album
- Dimension (WHD) 198(W) x 127.35(H) x 16(D) mm
- Weight 403 gram (Android), 18 gram (External LAN & USB)


12 Komputer Tablet Saingan iPad

Ini Dia 12 Komputer Tablet Saingan iPad

 Playbook lebih kecil dan lebih ringan dibanding iPad buatan Apple.

Penyedia informasi teknologi, IT Business Edge, memaparkan dan mengupas mengenai 12 komputer tablet terbaru yang akan menjadi pesaing utama iPad Apple di pasar.

Dalam slide show-nya IT Business Edge mengatakan, pasar tablet berkembang cepat dengan banyak tablet baru yang kompetitif yang dikenalkan kepada publik, dan yang membedakan adalah konsumen, jaringan nirkabel, dan kualitas perangkat itu sendiri.

Lalu, apa saja 12 tablet yang kemungkinan akan mengguncang prestasi pasar iPad kedepan?

1. Samsung Galaxy Tab

http://www.beritateknologi.com/wp-content/uploads/2010/09/tablet-samsung-galaxy-tab.jpg
Galaxy Tab diperkenalkan pada konferensi IFA di Berlin, sebuah tablet Android 7-inci dari Samsung.

Galaxy Tab dioperasikan dengan sistem operasi Android 2.2, berisi prosesor ARM, fitur layar AMOLED, memiliki resolusi layar 1024x600, dilengkapi pre-instal Flash Player, Google Maps, JavaScript 1.5, dan Bluetooth serta Swype.


2. BlackBerry Playbook

http://www.wayantulus.com/wp-content/uploads/2010/10/BlackBerry-Playbook-Tablet.jpg

Quanta Computer yang ditugasi sebagai pembuat Playbook oleh produsen BlackBerry, Research in Motion (RIM).
Tablet yang dilaporkan akan dijual seharga 499 dolar ini akan memiliki koneksi Wi-Fi, teknologi Bluetooth dan memiliki kamera menghadap ke depan dan belakang.
Playbook tidak akan memiliki konektivitas seluler dan akan berfungsi sebagai perangkat pelengkap untuk smartphone BlackBerry. Tablet ini tidak akan menggunakan OS BlackBerry 6, tapi dengan sistem operasi QNX yang sudah dikembangkan.


3. Cisco Cius

http://technomobile.files.wordpress.com/2010/07/cisco-cius.jpg

Cisco Cius, disebut sebagai kolaborasi ponsel dan tablet bisnis yang mengintegrasikan virtual desktop dengan akses penuh kolaborasi aplikasi komunikasi dan Cisco.
Tablet bersistem operasi Android ini akan memiliki layar 7-inci, dijalankan pada prosesor Intel Atom dan fitur kamera menghadap kedepan dan belakang untuk videoconference.
Perangkat ini mendukung untuk koneksi Wi-Fi dan 3G, menawarkan 32 gigabyte Flash, dan harga kurang dari 1.000 dolar.


4. Dell Streak

http://www.letsgodigital.org/images/artikelen/199/dell-streak_tablet.jpg
Pertama tersedia di Eropa, Streak Dell adalah smartphone/hibrida tablet yang ditawarkan melalui penyedia jaringan, AT & T, di Amerika Serikat.
Dilengkapi dengan layar sentuh WVGA 5-inci dan sistem operasi Android 1.6, Streak Dell telah cukup menggoyangkan ruang antara kategori smartphone dan tablet meski belum ada yagn tahu akan baik berhasil atau gagal.


5. HP Slate 500

http://www.beritateknologi.com/wp-content/uploads/2010/10/HP-Slate-500-Tablet-PC-for-Business-and-Enterprise-stand.jpg
Tablet buatan Hewlett Packard (HP), Slate 500, akan menarget pengguna perusahaan. Meskipun sedikit yang diketahui tentang perangkat ini, telah dikonfirmasi bahwa tablet itu akan dijalankan dengan sistem operasi Windows 7 dan target pasar yang sama dengan Cius Cisco.


6. Toshiba Folio 100

 http://www.shoppingblog.com/pics/toshiba_folio_100_tablet.jpg



Toshiba telah merilis dua tablet edisi terbatas, dual layar, Libretto W100 dan Libreto W105, namun semua mata tertuju pada tablet Android terbarunya.
Folio 100 diperkenalkan disela IFA 2010 di Berlin. Perangkat ini memiliki layar 10.1-inci, dijalankan dengan Android 2,2 dan prosesor Nvidia Tegra 2.
Folio 100 juga didukung 16GB memori, mendukung Bluetooth 2.1, dilengkapi dengan output HDMI, dua port USB, SD slot kartu memori, dan konektivitas nirkabel 802.11 b/g/n serta 3G data.


7. HP PalmPad

http://gizfactory.com/uploads/HP-PalmPad640x423.jpg


Tablet ini salah satu produk dari hasil akuisisi Palm oleh HP. Tablet yang semula direncakan akan bersistem operasi Android buatan Google ini peluncurannya ke pasar ditunda.
HP justru sedang fokus untuk menggunakan platform WebOS Palm dan akan memasarkan tablet ini pada awal 2011.
Dilihat bentuknya, PalmPad sepertinya dibuat benar-benar untuk menyaingi iPad Apple dan merebut konsumennya.


8. LG Optimus

http://techpinger.com/wp-content/uploads/2010/08/lg_optimus_android_tablet.jpg

Sebelum akhir 2010, LG berencana memasarkan tablet ini. Perangkat akan dijalankan dengan sistem operasi Android.
LG yakin produknya itu lebih baik dari iPad dengan perangkat yang akan lebih produktif. Perusahaan juga berencana untuk merilis tablet ber-OS Windows 7, UX10, di masa mendatang.


9. Acer Tablet

 http://4.bp.blogspot.com/_vwuLjslQGek/S3_7G_-TT5I/AAAAAAAAHf4/YWMbe-7pc4M/s800/Aspire+1420P+Convertible+Tablet+Notebook+Features,+specs,+prices,+images,+stills,+touchscreen+notebook.jpg

Acer mengenalkan tablet layar sentuh 7-inci dalam sebuah presentasi di China bulan Mei lalu. Tidak seperti kebanyakan tablet, perangkat ini dilengkapi fitur keypad QWERTY.
Dalam presentasi, tidak diketahui tablet ini dijakankan dengan OS Android versi berapa.


10. Microsoft Windows 7 Tablet

 http://image.made-in-china.com/4f0j00yentUiwIbDzf/10-1-Inch-Tablet-PC-OS-Microsoft-Windows-7-Multi-Language-Version-.jpg

CEO Microsoft Steve Ballmer mengatakan bahwa produk itu dipersiapkan untuk mengambil pasar iPad Apple.
Meskipun posisi tablet Microsoft dikritik banyak orang, termasuk Rob Enderle dari IT Business Edge, Microsoft tetap bekerjasama dengan Intel dan pembuat komputer lainnya untuk mengoptimalkan tablet itu.



11. OpenTablet 7

http://www.linuxfordevices.com/images/stories/openpeak_opentablet7.jpg
Perusahaan pendesain, pembuat, dan pengembang sistem komunikasi, OpenPeak, sedang mengembangkan perangkat multimedia layar sentuh yang juga dapat digunakan untuk panggilan telepon.
OpenTablet 7, tablet berbasis Flash ini akan membedakan diri dengan penggunaan perangkat lunak manajemen energi OpenPeak. Didukung oleh beberapa, termasuk Intel Capital dan GE, OpenPeak dijamin dengan 52 juta dolar dalam investasi baru.


12. Google/Verizon Tablet

http://www.iccellphone.com/wp-content/uploads/2010/05/google-tablet.jpg

Raksasa Internet, Google, bersama perusahaan telekomunikasi Verizon sedang mengembangkan tablet yang lagi-lagi untuk menyaingi iPad. HTC dan Motorola telah dikabarkan akan menjadi produsen perangkat itu.
Rincian mengenai perangkat itu sangat jarang, bahkan tidak diketahui apakah akan dijalankan dengan OS Android atau Chrome.
Spekulasi menyebutkan bahwa perangkat ini memiliki layar multi-sentuh 10-inci dan beresolosi 1280x720 pixel, berbasis platform Tegra Nvidia, 2 GB RAM, dilengkapi solid-state drive 32GB, konektivitas 3G/Bluetooth/WiFi, GPS, juga webcam.




Dengan segala kelebihan dan kekurangannya, apakah selusin tablet itu mampu menyaingi atau menggeser iPad Apple? Kita tunggu.

Sumber: republika.co.id

Apple Siapkan 3 Versi iPad di 2011

Apple Siapkan Tiga Versi iPad di 2011

iPad

Apple berencana untuk mengeluarkan tiga versi komputer tablet iPad 2 besutan-nya pada tahun depan, seperti dilaporkan oleh Digitimes yang mengutip sumber yang enggan disebutkan namanya.

Perusahaan itu akan memulai produksi massalnya bulan Januari untuk peluncuran pada akhir kuartal pertama atau awal kuartal kedua.

Digitimes yang terbit di Taiwan memfokuskan diri pada pelaporan tentang industri teknologi Asia, tempat iPad diproduksi.

Rumor yang beredar menyebut iPad generasi punya pilihan yang makin luas untuk konektivitas internet nirkabel dan menyempurnakan komponen anti smudge (gores) dan anti reflective screen.

Digitimes melaporkan bahwa Apple diperkirakan akan mengapalkan 40 juta unit dari iPad 2 di tahun 2011. Target iPad 2 menguasai antara 65 hingga 75 persen dari pasar tablet PC dunia.

Berita itu secara luas diangkat secara online, tetapi Apple menolak untuk berkomentar.

Pekan lalu, Website asal Jepang, Kanteidan Blog melaporkan bahwa iPad baru itu akan berukuran sedikit lebih kecil, meski layarnya masih memiliki ukuran yang sama. Bagian belakang dari iPad 2 juga diperkirakan akan berbentuk datar, serupa dengan penampilan iphone 4.

Blog itu juga melaporkan bahwa versi baru iPad itu punya kamera di depan dan di belakang serta pengeras suara "wide range" di sisi kanan bawah.

Sumber: republika.co.id

Perang Gagdet 2011 : Google vs Apple?

Perang Gagdet 2011 : Google vs Apple?

Apple vs Google Android
 
  Ponsel Google Android vs Apple iPhone

Awal 2011 sangat tepat untuk memulai kasak-kusuk seputar persaingan pembesut ponsel tahun depan. Tahun lalu, vendor asal benua Amerika, Blackberry dan Apple, begitu digdaya. Sementara vendor asal negeri gingseng seperti Samsung dan LG terlihat menebar ancaman. Sedangkan perusahaan patungan Jepang dan Swedia, Sony Ericsson dan beberapa pemain lama, meski sudah melakukan revolusi cepat guna mengejar ketertinggalan dari lawan-lawan mereka, masih dinilai kurang menggigit

Salah satu nama lama itu, Nokia,  merilis sejumlah produk unggulan cukup menggoda. Vendor asal Finlandia yang biasa bermain dalam level menengah atas, terganggu konsentrasinya untuk menggarap ponsel kelas bawah. Tekanan kompetitor yang kian menghebat terutama ponsel buatan China memaksa Nokia merilis ponsel Nokia C3 dan X5.  Hasilnya memang sangat baik, tapi tetap tidak memoles kedudukan Nokia lebih moncer dalam persaingan ponsel murah meriah.

Kesulitan yang sama juga dialami Sony Ericsson. SE secara lengkap merilis produknya mulai dari kelas rendah hingga kelas canggih. Sayangnya, lagi-lagi SE harus menelan pil pahit. Khusus ponsel kategori Qwerty misalnya, SE Aspen masih kalah mentereng dengan Nokia E72 ataupun Samsung B3740.

SE boleh dibilang terlambat ketika vendor lain berlomba-lomba masuk dalam pasar qwerty yang sudah lebih dulu didominasi produk Research In Motion (RIM), Kanada. Bagi SE ini tentu tamparan keras. Walhasil SE mulai kembali fokus pada ponsel musik yang selama ini menjadi andalan. Dari situ munculah garapan baru ponsel musik, Zylo, Spiro dan Yendo.

Tapi menu utama masih mengerucut pada Blackberry, Google dan Apple. Khusus Blackberry, memang harus diakui ponsel buatan Kanada itu telah memiliki penggemar istimewa. Blackberry dibilang sukses dengan Onyx atau Storm versi baru. Kelemahan mereka adalah ketiadaan inovasi teknologi dan tren. " BlackBerry tentu saja memiliki penggemar tersendiri. Tapi dalam hal inovasi dan trend, Google dan Apple tampaknya memimpin," papar Shane Richmond, kepala redaksi teknologi harian Inggris, The Telegraph, pekan lalu.

Ketika Blackberry gugur, maka kandidat terpopuler 2011 hanya menyisakan dua pemain yakni Apple dan Google. Shane menilai kedua vendor ponsel utama dunia itu memiliki kekuatan istimewa yang membuat konsumenya tetap bertahan. Google diperkuat dengan sistem operasi Android yang terbuka dan fleksibel. Artinya, Google mampu berafiliasi dengan piranti kompetitor seperti Samsung, LG, SE dan Motorola.

Sementara Apple sudah pasti dengan kekuatan teknologi layar sentuh yang membuat iri pesaingnya. Iphone 4G, iPod Touch dan iPad tetap menjadi komposisi andalan.

iPad saja, menurut versi Yahoo, merupakan gadget paling dicari ditahun 2010. Namun, untuk popularitas dari mesin pencari, iPhone tetap mengungguli saudaranya. Sementara, PC Magazine menuliskan iPad mungkin merupakan hadiah yang paling didambakan meski tidak masuk kategori paling ingin dibeli.

Melihat kondisi itu, diramalkan Apple dan Google akan menjadi aktor utama gadget di tahun 2011. Apple terus akan mengalami peningkatan penjualan. Sedangkan Google kian populer lantaran sistem operasi mereka mampu menerobos segala kelas ponsel mulai dari yang paling murah hingga level atas. Persaingan kedua nama itu pada tahun 2011 sangat menarik untuk ditunggu. Apakah Google si anak kemarin sore mampu meladeni Apple? Tunggu saja.

Sumber: republika.co.id

Komputer Tablet 200 Dolar AS, Mau?

   
Komputer Tablet 200 Dolar AS, Mau?
Tablet AOC


Komputer tablet, rupanya tengah booming. Vendor ramai-ramai merilis produk ini. Salah satunya AOC. Konon tablet berdiameter 8 inci produk AOC akan dilepas di pasar dengan harga 200 dolar AS.

Seperti dikutip engadget, produk AOC ini bekerja dengan sistem operasi Android 2.1. Tablet dengan dua desktop ini memiliki layar dengan resolusi 800x600 piksel. Memori internalnya 4 GB. Bila ingin lebih banyak lagi bisa memanfaatkan memori internal.

Untuk koneksi, terdapat wifi 802.11b/g. Memiliki spiker terintegrasi, untuk menikmati musik juga bisa menggunakan headset. Terdapat port headset 3.5 milimeter.

Sesuai dengan harganya, memang tak ada yang istimewa di tablet ini.

Sumber: republika.co.id

Toshiba Luncurkan Penantang iPad

Toshiba Luncurkan Penantang iPad
 Toshiba Tablet

Toshiba mulai masuk ke pasar komputer tablet, dengan menawarkan tablet berlayar 10 inci yang dikatakan sebanding dengan Apple iPad dalam segi harga.

Reuters melaporkan, Toshiba Tablet akan tersedia awal 2011. Perangkat itu menjalankan sistem operasi Android terbaru, Honeycomb.

Sama halnya dengan komputer tablet berlayar sentuh lain, produk itu memainkan video HD (high definition) dan dirancang untuk berselancar di dunia maya dan buku elektronik.

Produk itu memiliki berat 0.7 kilogram dan menggunakan prosesor Nvidia Tegra 2, terkoneksi Internet dengan Wi-Fi, tetapi tidak dilengkapi kemampuan koneksi jaringan ponsel berkecepatan tinggi. Fitur kamera di depan dan belakang, dan akan memiliki akses pada toko aplikasi.

Harga produk keluaran Toshiba itu bersaing dengan iPad. Produk itu dijual mulai harga 499 dolar, meskipun perusahaan asal Jepang itu menolak menjelaskan lebih lanjut.

Jeff Barney, general manager of digital product untuk Toshiba Amerika, menjelaskan bahwa tablet itu merupakan yang pertama di perusahaan itu.
"Kami akan merangkul kategori ini, dan kami akan mengembangkan keluarga tablet," kata Barney kepada Reuters.

Sumber: republika.co.id
Related Posts with Thumbnails