Sejak bergulirnya reformasi di Indonesia selama 10 tahun, belum  tampak arah dari perubahan menuju keadaan yang lebih baik. Salah satu  penyebabnya adalah korupsi yang marak dilakukan kalangan legislatif,  eksekutif, penegak hukum, dan birokrasi mulai dari pusat hingga daerah.  
Tipologi korupsi  
Definisi yang paling populer dan sederhana mengenai korupsi adalah  definisi yang digunakan Bank Dunia yakni penyalahgunaan  kekuasaan/kewenangan yang dimiliki birokrasi pemerintah untuk  kepentingan pribadi. Dari definisi ini, bukan berarti korupsi tidak ada  dalam aktivitas sektor swasta (contohnya, dalam hal perolehan input dan  bahkan dalam proses perekrutan personel). Korupsi juga hadir dalam  aktivitas-aktivitas bisnis/usaha yang diregulasi pemerintah.  Penyalahgunaan wewenang yang dilakukan aparatur pemerintah tidak selalu  untuk kepentingan pribadi, tetapi juga kerap terjadi untuk kepentingan  kelompok, keluarga, suku dan lain-lain.  
Jika dilihat dari tipologinya, ada dua tipe tindak korupsi yang  biasanya terjadi di birokrasi pemerintahan yakni korupsi yang kasatmata  dan korupsi yang tersembunyi. Korupsi tipe pertama yakni korupsi yang  skalanya dan signifikansinya kecil, misalnya pungutan liar yang  dilakukan aparat pemerintah dengan alasan untuk mencari tambahan  pendapatan. Sedangkan korupsi tersembunyi, skala dan signifikansinya  sudah sistemik dan besar.  
Tindak korupsi yang sistemik ini sudah masuk sangat jauh dan  berpotensi merusak operasionalisasi negara. Korupsi jenis ini memainkan  peran penting akan penguasaan segelintir elite atas negara saat proses  formulasi kebijakan dibuat hanya untuk menguntungkan segelintir elite  tertentu. Adanya tindak korupsi dalam konteks ini sering merupakan suatu  manifestasi dari kurangnya penghormatan terhadap aturan main atau hukum  yang mengatur hubungan interaksi baik oleh si pelaku tindak korupsi  (masyarakat, swasta, dan aparat pemerintah) dengan oknum/institusi yang  dikorupsi (oknum pemerintah yang menerima suap dan melakukan  penyelewengan dan pejabat pemegang kekuasaan resmi di institusi  tersebut).  
Korupsi dan kemiskinan  
Studi yang dilakukan Mauro (1995) dan Burki dan Perry (1998)  mengungkapkan bahwa korupsi akan mengurangi dan menghambat pertumbuhan  ekonomi karena menurunnya investasi yang dilakukan sektor swasta.  Sementara itu, Kaufman et al (1999) menemukan pula bahwa korupsi  menyebabkan terbatasnya dan turunnya manfaat pembangunan sebagaimana  terlihat dari ukuran pendapatan per kapita, kematian bayi, dan tingkat  melek huruf.  
Korupsi dapat memengaruhi ketimpangan pendapatan dan kemiskinan  melalui berbagai saluran termasuk pertumbuhan ekonomi secara  keseluruhan. Korupsi juga berdampak pada ketimpangan?ketimpangan dalam  hal kepemilikan aset, pembentukan human capital, pendidikan serta  ketidakpastian dalam akumulasi faktor produksi.  
Tingkat korupsi yang tinggi dapat menyebabkan kemiskinan setidaknya  untuk dua alasan. Pertama, bukti empiris menunjukkan bahwa tingkat  pertumbuhan ekonomi yang tinggi berkaitan dengan tingkat pengurangan  kemiskinan yang tinggi pula (Ravallion dan Chen, 1997). Oleh karena itu,  korupsi akan memperlambat laju pengurangan kemiskinan karena korupsi  akan menghambat laju pertumbuhan ekonomi. Kedua, ketimpangan pendapatan  akan berefek buruk terhadap pertumbuhan ekonomi (Alesina dan Rodrik  1994; Persson dan Tabellini, 1994). Korupsi juga dapat menyebabkan  penghindaran terhadap pajak, administrasi pajak yang lemah, dan  pemberian privilese yang cenderung berlebih terhadap kelompok masyarakat  makmur yang memiliki akses kepada kekuasaan. Korupsi juga dapat  memengaruhi sasaran program?program sosial kepada masyarakat yang  benar?benar membutuhkan.  
Jika menilik langkah KPK akhir?akhir ini yang mulai intensif dalam  memburu para koruptor, upaya ini layak diacungi jempol. Tetapi yang  lebih terpenting lagi adalah penegakan hukum yang optimal. Perlu juga  disadari bersama bahwa korupsi merupakan bencana nasional yang perlu  sesegera mungkin ditanggulangi.  
Oleh Teddy Lesmana, Peneliti pada Pusat Penelitian Ekonomi LIPI 
Sumber: Media Indonesia Online 
www.mediaindonesia.com
 
Rabu, 15 Desember 2010
Korupsi dan Kemiskinan Rakyat
| 
 | 
Fakta Jagat Raya yang Menakjubkan
1. Venus, Sang Dewi Cinta, adalah planet yang  paling terang di tata surya kita.

2. Meskipun berukuran dan mempunyai gaya  gravitasi yang sama dengan Planet Bumi, Atmosfer Venus penuh dengan asam  sulfur yang mematikan.

3. Tertutupi oleh lapisan tipis batu-batuan,  Merkurius adalah sebuah bola besar yang terbuat dari besi dan mempunyai  gaya tarik yang kuat untuk planet seukurannya.

4. Magnet yang paling kuat di jagad raya  adalah Magnetar, suatu bintang neutron yang langka. Sampai saat ini baru  ditemukan 10 penemuan Magnetar.

5. Matahari kita sangat jauh jaraknya sehingga  jika bahan bakarnya telah habis, kita tidak akan menyadarinya sampai 8  menit kemudian.

6. Planet Merah, Mars, tidak mempunyai lapisan  ozon dan tidak memiliki pelindung apapun terhadap sinar ultra violet.  Hal ini membuatnya tidak dapat ditinggali oleh manusia.

7. Dengan meneliti meteorit-meteorit yang  ditemukan di Bumi, kita dapat mengetahui bahwa umur Planet Bumi adalah  4,6 milyar tahun.

8. Planet Jupiter berputar pada porosnya  (berotasi) dengan kecepatan yang menakjubkan sehingga menimbulkan angin  dengan kecepatan ratusan mil per jam di atmosfernya. Kayak gasing gan  !!! (bumi kita kan berotasi 24 jam jadi siang 12 jam malam 12 jam, kalau  jupiter siang malamnya gimana tuh?)

9. Planet Saturnus adalah sebuah bola raksasa  yang terbuat dari gas, sehingga planet ini dapat mengapung di atas air.

Laptop Consep Dengan Desain Futuristik
10 Laptop Desain Futuristik, teknologi  terlalu cepat berubah Laptop yang kita punya sekarang setahun lagi akan  keliatan katro dibanding keluaran yang baru tul nggak dan produsen harus  selalu mengikuti tren yang lebih modern dimasa depan.
Di bawah ini adalah 10 Laptop Desain Konsep Futuristik
1. Canova Dual  Screen LaptopDi bawah ini adalah 10 Laptop Desain Konsep Futuristik

Canova Dual  Screen Laptop memiliki dua layar, multi layar sentuh dan sangat mudah  digunakan.Tidak hanya bisa digunakan untuk menangani tugas-tugas  komputasi anda sehari-hari tetapi juga dapat digunakan untuk membaca  artikel di laptop dll.
2. Vaio Zoom

Zoom vaio notebook ini memiliki layar kaca yang holographic yang transparan.
3. DesCom

DesCom pada dasarnya two in one konsep laptop yang seamlessly terintegrasi di dalam meja.
4. MacTab

MacTab keyboard nirkabel yang tipis.
5. LG Ecological Laptop Konsep

LG konsep ekologi laptop menggunakan bahan bakar sel baterai dan fitur teknologi layar organik (OLED), ini menerima Penghargaan terbaik Red Dot untuk konsep desain.
6. Laptop Compenion Konsep

Compenion konsep laptop oleh Felix Schmidberger terdiri dari dua layar OLED geser, yang salah satunya dapat digunakan sebagai keyboard.
7. Samsung Amoled Konsep

AMOLED konsep notebook dari Samsung memiliki desain yang unik yang tipis dan licin dan keyboard sentuh yang sensitif.
8. Konsep Laptop traveller

Traveller konsep laptop adalah sistem navigasi GPS untuk pedestrians dengan penyimpanan internal untuk menyimpan foto atau data dan built-in fungsi geotag sehingga Anda selalu tahu di mana Anda mengambil foto.
9. Canvas Laptop Konsep

Canvas adalah futuristik konsep laptop yang digunakan untuk memberikan kualitas yang lebih baik bagi para desainer dengan fitur touchscreen yang sangat tipis.
10. Macbook 0801

Macbook 0801 konsep laptop oleh Isamu Sanada seperti versi hitamnya Macbook Air. Laptop ni memiliki sebuah keyboard ultra tipis dan desain yang sangat licin.
Terusan Panama, Kapal Raksasa Diangkat Mendaki Bukit
Terusan Panama adalah terusan yang  memotong tanah genting Panama sepanjang 82 km, memotong Amerika Utara  dan Amerika Selatan serta menghubungkan Samudra Pasifik dan Atlantik.  Terusan ini memotong waktu tempuh kapal laut karena tidak perlu memutar  lewat ujung selatan Amerika Selatan.

Karena membelah dataran  tinggi, kapal yang lewat kanal ini seperti naik turun gunung. Untuk itu  kapal harus melewati tiga kolam dam. Di mana kapal diangkat sampai  setinggi 26 m di atas permukaan laut dan pada dam terakhir kembali  diturunkan. Jalan pintas sepanjang 82 km itu dilewati hanya dalam waktu 8  jam. 14.000 kapal per tahun.
Di terusan panama terdapat 3 Lock, yaitu  Gatun Locks, Pedro Miguel Locks dan Miraflores Locks. Kapal yang datang  dari arah Samudera Atlantik akan melewati Gatun Locks dan kapal diangkat  85 feet (26 meter) ke permukaan danau Gatun, kemudian kapal terus  melintasi danau Gatun hingga jarak 23 Mil (37 Km) sebelum kemudian masuk  Gaillard (Culebra).
Nah setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik)
Dan total jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.
Nah setelah melewati Gaillard Cut ini kapal kemudian akan berlayar menuju pedro miguel Locks ( panjang gaillard Cut sendiri adalah 8 Mil atau 13 Km ). Sesampai di Pedro Miguel Locks, nah pada Locks ini ketinggian air akan berubah lebih rendah yaitu sekitar 30 feet atau 9 m yang kemudian kapal di arahkan berlayar menuju Danau Miraflores (danau ini lebih kecil ketimbang danau Gatun pada locks pertama tadi) yang akhirnya akan bertemu Locks terakhir yaitu Miraflores Locks dan kapal akan kembali di turunkan ke sea level yang lalu kemudian kapal akan kembali berlayar bebas ke laut lepas ( Samudera Pacifik)
Dan total jarak tempuh dari gatun locks ke miraflorest mencapai 80 Km atau 50 Mil.kapal kapal sendiri akan di tarik oleh semacam kereta dari sisi sisi kanal pada saat akan memasuki Locks untuk menjaga posisinya.
Tahun  2007 lalu, Terusan Panama mulai diperluas. walau masing-masing dam  panjangnya 305 m, lebar 33,5 m, suatu ukuran raksasa bagi kebutuhan di
tahun 1914. Tapi ini sudah tidak cocok lagi buat kapal-kapal tanker raksasa maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar AS masa kini.
Kapal pesiar “Queen Elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, di kedua sisi badan kapal itu masing-masing hanya tinggal selisih 75 cm dari dinding dam.
Sedangkan kapal tempur AS “New Jersey” hanya menyisakan ruang tidak sampai 25 cm di kedua sisinya!
Tentu saja ini membuat kecut para pemandu kapal, yang harus berada di atas kapal saat pengontrol lokomotif kecil yang menarik kapal-kapal itu memasuki dam lewat rel baja.
tahun 1914. Tapi ini sudah tidak cocok lagi buat kapal-kapal tanker raksasa maupun kapal-kapal induk atau pengangkut pesawat terbesar AS masa kini.
Kapal pesiar “Queen Elizabeth 2″ misalnya, saat melewati kanal, di kedua sisi badan kapal itu masing-masing hanya tinggal selisih 75 cm dari dinding dam.
Sedangkan kapal tempur AS “New Jersey” hanya menyisakan ruang tidak sampai 25 cm di kedua sisinya!
Tentu saja ini membuat kecut para pemandu kapal, yang harus berada di atas kapal saat pengontrol lokomotif kecil yang menarik kapal-kapal itu memasuki dam lewat rel baja.


Rencana Perluasan




Secara kongkrit, perluasan terusan Panama  akan dibarengi dengan pembangunan dua pintu air ekstra lebar, yaitu pada  awal dan akhir terusan. Terusan Panama juga akan diperluas dan  diperdalam di beberapa tempat. Proyek ini akan makan waktu paling  sedikit delapan tahun dan biayanya mencapai lebih dari USD 5 milyar.
Sebuah Desa di India Dengan 250 Pasang Kembar
Para Dokter berusaha  untuk mengungkap mistery di salah satu desa di India dengan 250 pasang  bayi kembar yang lahir hanya dari populasi penduduk yang hanya 2.000  keluarga.Fenomena ini hampir enam kali lebih banyak kembar lahir  daripada rata-rata global di desa terpencil Kodinhi, di Kerala, India

Pada tahun 2008 saja 15 pasang kembar yang  lahir di desa ini belumtermasuk 300 kembar yang lain dan tahun ini  diperkirakan jumlahnya akan meningkat lagi.

Dalam  lima tahun terakhir saja hingga 60 pasang kembar telah lahir, dengan  laju peningkatan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Dokter setempat dan pengamat orang kembar  Dr Krishnan Sribiju telah mempelajari keajaiban medis di Kodinhi selama  dua tahun. Meskipun kembar 250 telah resmi terdaftar di desa ini, Dr  Sribiju percaya bahwa angka itu akan terus bertambahjauh lebih tinggi.  "Menurut saya pendapat medis ada sekitar 300-350 kembar dalam  batas-batas desa Kodinhi," katanya.




Menurut penduduk desa, fenomena kembar  baru mulai terjadi tiga generasi yang lalu. dr Sribiju berkata  "Berdasarkan pengetahuan saya keanehan medis ini sudah dimulai sejak 60  hingga 70 tahun yang lalu."
"Tanpa test analisis biokimia yang lebih rinci aku tidak bisa mengatakan dengan pasti apa alasan kembaran itu, tapi saya merasa bahwa hal itu ada hubungannya dengan pola makan dan minum penduduk desa ini".
"Tanpa test analisis biokimia yang lebih rinci aku tidak bisa mengatakan dengan pasti apa alasan kembaran itu, tapi saya merasa bahwa hal itu ada hubungannya dengan pola makan dan minum penduduk desa ini".
Aston Martin 77 Mobil Termahal di Dunia?
Mobil-mobil ini super mewah, digilai  di seluruh dunia, cepat, dan juga yang termahal di dunia. Inilah mobil  termahal di dunia yang bisa Anda miliki saat ini, Aston Martin. Meski  hanya segelintir orang yang bisa memilikinya, setidaknya kita masih bisa  bermimpi untuk memilikinya juga.
Aston Martin One 77: $1,500,000
Tahta termahal di dunia dihuni Raja baru dengan logo  Aston Martin. Aston Martin 77 yang akan segera resmi diluncurkan dalam  waktu dekat dijual dengan harga US $1,5 Juta dollar (15 milyar lebih)  dan hanya diproduksi sebanyak 77 buah dan maaf, sudah sold-out!
Mesinnya berkonfigurasi V12 mampu membawa Aston Martin  77 melesat hingga kecepatan 97 km/jam dalam waktu 3,5 detik dengan  kecepatan maksimum dibatasi pada 320 km/jam.
Dengan harga segitu di tempat asalnya, mobil ini bisa  berharga lebih dari 20 milyar jika diboyong ke sini. Kalo di sini memang  sudah ada yang pesan satu, boleh dong test drive...
Sebenarnya pemegang rekor mobil termahal di dunia tahun ini adalah Ferrari 250GT tahun 1961 yang terjual dengan harga US $11 juta dollar. Tapi mobil ini tergolong mobil sport klasik yang diproduksi sekian puluh tahun yang lalu dan memiliki sejarah tersendiri yang membuatnya sangat mahal.
Sebenarnya pemegang rekor mobil termahal di dunia tahun ini adalah Ferrari 250GT tahun 1961 yang terjual dengan harga US $11 juta dollar. Tapi mobil ini tergolong mobil sport klasik yang diproduksi sekian puluh tahun yang lalu dan memiliki sejarah tersendiri yang membuatnya sangat mahal.
Kesaksian Pribumi Letusan Krakatau Dalam Sebuah Syair
 
 Orang banyak nyatalah tentu, Bilangan lebih daripada seribu, Mati sekalian orangnya itu, Ditimpa lumpur, api, dan abu. 
Pulau  Sebuku dikata orang, Ada seribu lebih dan kurang, Orangnya  habis nyatalah terang, Tiadalah hidup barang seorang. 
Rupanya mayat tidak  dikatakan, Hamba melihat rasanya pingsan, Apalah lagi  yang punya badan, Harapkan rahmat Allah balaskan.
Halaman penutup Syair  Lampung Karam, yang ditulis Muhammad Saleh, tentang kesaksian  meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883. Letusan gunung tersebut  menimbulkan tsunami dan gelombang laut setinggi 40 meter, serta  mengakibatkan setidaknya 36.000 orang tewas.
Berita  ditemukannya satu-satunya sumber pribumi tertulis yang memuat kesaksian  mengenai letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883 mengejutkan banyak  orang. Dalam tempo 48 jam, berita yang dimuat pertama kali di Kompas  online (www.kompas.com) itu diunduh sekitar 14.000 orang dari  berbagai belahan dunia. Kemudian berita itu dikutip berbagai media.
Menariknya, tidak hanya ditemukan 125  tahun setelah gunung tersebut meletus, tetapi ditemukan terpisah-pisah  dalam bentuk naskah kuno yang tersimpan di enam negara, yakni Inggris,  Belanda, Jerman, Rusia, Malaysia, dan Indonesia.
Adalah ahli filologi dan dosen/peneliti di  Leiden University, Suryadi, yang mengungkapkan semua itu setelah  melakukan penelitian komprehensif selama lebih kurang dua tahun. Setelah  ia alih aksarakan naskah kuno tersebut, ternyata catatan saksi mata  dalam bentuk syair itu mengungkapkan banyak hal secara humanis, bagai  laporan seorang jurnalis.
”Laporan  orang asing yang selama ini ada tentang letusan Gunung Krakatau tahun  1883 itu lebih menekankan aspek geologisnya. Letusan itu menewaskan  lebih dari 36.000 orang. Adapun laporan Muhammad Saleh lebih pada aspek  humanis, kemanusiaan, akibat letusan itu,” kata Suryadi yang sebelumnya  juga menemukan bagian sejarah Dinasti Kerajaan Gowa yang hilang.
Kesaksian langka
Jauh sebelum peneliti asing menulis tentang  meletusnya Gunung Krakatau (Krakatoa, Carcata) tanggal 26, 27, dan 28  Agustus 1883, seorang pribumi telah menuliskan kesaksian yang amat  langka dan menarik, tiga bulan pascameletusnya Krakatau, melalui Syair  Lampung Karam yang tiga bait di antaranya telah dikutipkan di atas.
Menurut Suryadi, kajian-kajian ilmiah dan  bibliografi mengenai Krakatau hampir-hampir luput mencantumkan  satu-satunya sumber pribumi tertulis yang mencatat kesaksian mengenai  letusan Krakatau pada tahun 1883 itu. ”Dua tahun penelitian saya  menemukan satu-satunya kesaksian pribumi dalam bentuk tertulis,”  katanya.
Sebelum meletus tanggal 26,  27, dan 28 Agustus 1883, Gunung Krakatau telah batuk-batuk sejak 20 Mei  1883. Letusan dahsyat Krakatau menimbulkan awan panas setinggi 70  kilometer, tsunami setinggi 40 meter, dan menewaskan sekitar 36.000  orang.
Sebelum meletus pada 1883  Gunung Krakatau di Selat Sunda pernah meletus sekitar tahun 1680.  Letusan itu memunculkan tiga pulau yang saling berdekatan, Pulau  Sertung, Pulau Rakata Kecil, dan Pulau Rakata.
Suryadi menjelaskan, selama ini yang menjadi bacaan tentang  letusan Gunung Krakatau adalah laporan penelitian lengkap GJ Symons dkk,  The Eruption of Krakatoa and Subsequent Phenomena: Report of the  Krakatoa Committee of the Royal Society (London, 1888).
Adapun sumber tertulis pribumi terbit di  Singapura dalam bentuk cetak batu (litography) tahun 1883/1884.  Kolofonnya mencatat 1301 H (November 1883-Oktober 1884). Edisi pertama  ini berjudul Syair Negeri Lampung yang Dinaiki oleh Air dan Hujan Abu  (42 halaman).
”Tak lama kemudian  muncul edisi kedua syair ini dengan judul Inilah Syair Lampung Dinaiki  Air Laut (42 halaman). Edisi kedua ini juga diterbitkan di Singapura  pada 2 Safar 1302 H (21 November 1884),” paparnya.
Edisi ketiga berjudul Syair Lampung dan  Anyer dan Tanjung Karang Naik Air Laut (49 halaman) yang diterbitkan  oleh Haji Said. Edisi ketiga ini juga diterbitkan di Singapura,  bertarikh 27 Rabiulawal 1301 H (3 Januari 1886). Dalam beberapa iklan,  edisi ketiga ini disebut Syair Negeri Anyer Tenggelam.
”Edisi keempat syair ini, edisi terakhir  sejauh yang saya ketahui, berjudul Inilah Syair Lampung Karam Adanya (36  halaman). Edisi keempat ini juga diterbitkan di Singapura, bertarikh 10  Safar 1306 Hijriah (16 Oktober 1888),” ungkap Suryadi, yang puluhan  hasil penelitiannya telah dimuat di berbagai jurnal internasional.
Terdapat variasi
Menurut Suryadi, khusus teks keempat edisi  syair itu ditulis dalam bahasa Melayu dan memakai aksara Arab-Melayu  (Jawi). Dari perbandingan teks yang ia lakukan terdapat variasi yang  cukup signifikan antara masing-masing edisi. Ini mengindikasikan  pengaruh kelisanan yang masih kuat dalam tradisi keberaksaraan yang  mulai tumbuh di Nusantara pada paruh kedua abad ke-19.
Suryadi yang berhasil mengidentifikasi  tempat penyimpanan eksemplar seluruh edisi Syair Lampung Karam yang  masih ada di dunia sampai saat ini menyebutkan, Syair Lampung Karam  ditulis Muhammad Saleh. Ia mengaku menulis syair itu di Kampung  Bangkahulu (kemudian bernama Bencoolen Street) di Singapura.
”Muhammad Saleh mengaku berada di Tanjung  Karang ketika letusan Krakatau terjadi dan menyaksikan akibat bencana  alam yang hebat itu dengan mata kepalanya sendiri. Sangat mungkin si  penulis syair itu adalah seorang korban letusan Krakatau yang pergi  mengungsi ke Singapura dan membawa kenangan menakutkan tentang bencana  alam yang mahadahsyat itu,” katanya.
Revitalisasi
Suryadi berpendapat, Syair Lampung Karam  dapat dikategorikan sebagai ”syair kewartawanan” karena lebih kuat  menonjolkan nuansa jurnalistik. Dalam Syair Lampung Karam yang  panjangnya 38 halaman dan 374 bait itu, Muhammad Saleh secara dramatis  menggambarkan bencana hebat yang menyusul letusan Gunung Krakatau pada  tahun 1883.
Ia menceritakan  kehancuran desa-desa dan kematian massal akibat letusan itu.  Daerah-daerah seperti Bumi, Kitambang, Talang, Kupang, Lampasing,  Umbulbatu, Benawang, Badak, Limau, Lutung, Gunung Basa, Gunung Sari,  Minanga, Kuala, Rajabasa, Tanjung Karang, juga Pulau Sebesi, Sebuku, dan  Merak luluh lantak dilanda tsunami, lumpur, serta hujan abu dan batu.
Pengarang menceritakan betapa dalam  keadaan yang memilukan dan kacau-balau itu orang masih mau saling  menolong satu sama lain. Namun, tak sedikit pula yang mengambil  kesempatan untuk memperkaya diri sendiri dengan mengambil harta benda  dan uang orang lain yang ditimpa musibah.
Selain menelusuri edisi-edisi terbitan Syair Lampung Karam  yang masih tersisa di dunia sampai sekarang, penelitian Suryadi juga  menyajikan transliterasi (alih aksara) teks syair ini dalam aksara  Latin.
”Saya berharap Syair Lampung  Karam dapat dibaca oleh pembaca masa kini yang tidak bisa lagi membaca  aksara Arab-Melayu (Jawi). Lebih jauh, saya ingin juga membandingkan  pandangan penulis pribumi (satu-satunya itu) dengan penulis asing  (Belanda/Eropa) terhadap letusan Gunung Krakatau,” tutur Suryadi.
Peneliti dan dosen Leiden University ini  menambahkan, teks syair ini bisa direvitalisasi untuk berbagai  kepentingan, misalnya di bidang akademik, budaya, dan pariwisata. Salah  satunya adalah kemungkinan untuk mengemaskinikan teks Syair Lampung  Karam itu dalam rangka agenda tahunan Festival Krakatau. Juga dapat  direvitalisasi dan diperkenalkan untuk memperkaya dimensi kesejarahan  dan penggalian khazanah budaya dan sastra daerah Lampung. 
Langganan:
Komentar (Atom)
 
 























