Rabu, 29 September 2010

Makanan Khas dan Favorit di Surabaya


LONTONG BALAP

http://www.surya.co.id/images/lontong-balap.jpg

Lontong Balap Rajawali,
Jl. Rajawali, tepatnya di seberang Bank Eksekutif.

Lontong Balap Garuda
Jl.Kranggan (depan bioskop garuda).

Warung Lontong Balap,
Jl. Kepanjen, Depan SMPN 2 Surabaya disebelah warung sayang anak (cabang nasi bebek cak Yudi, Perak), buka mulai jam 09.00-15.00, ini patut dicoba loh.

Lontong Balap Kertajaya
Dari Jl Raya Gubeng Kertajaya masuk ke gang XV sekitar 150 an meter, tempatnya di sebelah kanan mepet dengan sungai. Bukanya siang hari sekitar pukul 10 an. Karena terlalu banyak pembeli, maka biasanya sekitar pukul 13:00 barang dagangannya sudah habis.

Lontong Balap Patua
Jl. Patua, depan STM Negeri 1, Buka tiap hari mulai pagi sampe abis. dan harganya amat sangat murah. Setelah kenyang bisa jalan2 liat ikan hias, ato mau ngelas maupun ngejahitin kain2 yg sobek.

Lontong Balap RIA,
Di Pusat Jajan Ria Surabaya.

Lontong Balap Raya Gubeng,
Jl. Raya Gubeng sampingnya Bank BNI.



KUPANG LONTONG

http://4.bp.blogspot.com/_6DZN1LeBdw0/SAxJH8KO8WI/AAAAAAAAAEM/8pkwPwuncCM/s320/kupang69.JPG

 Banyak terdapat di warung-warung atau depot Pantai Kenjeran

 

 TAHU TEK

http://farm3.static.flickr.com/2167/2071524086_862726839d.jpg

Tahu Tek Pak Ali,
Jl. Dinoyo dekat jembatan BAT seberang toko roti dan pujasera, Konon ini tahu tek yang paling enak di Surabaya. Petisnya berani, berat dan mantap. Bahkan Katon saja suka kesana. Saya agak lupa nama warungnya kalau nggak salah Tahu Tek pak Ali. 


TAHU CAMPUR

http://images.arekgresik.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/SWQaCgoKCIQAAFmEEbI1/tahucampur-lamongan.jpg?et=LaZht4YcKyjUVw6XJKRnHA&nmid=0


Depot tahu campur Cak Mat Andika
di Jalan Kalasan, Surabaya.

Depot Tahu campur Pak Hadi
di G-Walk Citraland (Food Market).

 

RUJAK CINGUR

http://4.bp.blogspot.com/_U3c1K8DX6l8/THJfQeQma0I/AAAAAAAAAMA/NJOAWHGcKXY/s320/rujak-cingur.jpg

Rujak Cingur Achmad Jais,
di Jl. Achmad Jais, sebrang kali, ruko, Uenak Banget, Gus Dur, Megawati sering pesan rujak cingur dari tempat ini. Konon rujak ini sudah sampe ke belanda segala. Harganya sekitar 40rb/porsi. Harganya emang agak "edan", tapi kalo sekali-kali kan gak apa-apa. Tukang becak yang mangkal disekitar sana nyebut tempat ini "rujak cingur geblek", mungkin karena harganya..., but you must try...


Rujak Cingur Wonocolo,
Jl. Wonocolo. P.Kulit,

Warung Rujak & Gado - Gado Buk Mariyati,
di Jalan Jolotundo. Ukuran porsi buesaarr, so kalo perutnya nggak gede - gede amat, or buat para ce, mending ngajak temen or dibungkus. Buka jam 11-an, en sekitar jam 3 udah abis. Kalo Sabtu en Minggu siang nggak usah kesana diatas jam 1, dijamin kehabisan kalo tetep nekat.

 

SEMANGGI SUROBOYO

http://4.bp.blogspot.com/_-iF-ZS12NIY/SpZSOmqdzRI/AAAAAAAAAM8/F1VKa5szGoM/s320/semanggi-suroboyo-150x150.jpghttp://www.pelesir.com/wp-content/uploads/2010/03/semanggi.jpg 
Sering dijajakan secara berkeliling oleh ibu-ibu penjual dengan cara "disunggi", mengelilingi jalan perkampungan di Surabaya.


SATE KLOPO

 http://pawonindonesia.co.cc/wp-content/uploads/2010/02/sate-klopo-300x154.jpg

Sate Kelopo Pasar Genteng,
Sate kelopo Pasar genteng, sing Dodolan Ebese' Alm. Gombloh (penyanyi)....ning dicoba...uuueeeennnaakkk.


RAWON 

http://media1.id.88db.com/DB88UploadFiles/2008/06/27/C46E3DFB-E381-4B2A-B4B5-F25703FBF6CF.jpg 

Rawon Dengkul Nguling
Jl. Kendangsari Industri 41B.

Rawon Setan,
Jl. Embong Malang.


PECEL

 http://langkahpasti.files.wordpress.com/2008/10/734685581_3902e7a1d8.jpg

 Pecel Ketabang,
Jl. Ketabang Kali belakang Plaza Sby,

Pecel Bu Kus,
di Jl.Bratang (dekat Hotel Narita), persisnya pas belokan.

Pecel Tapaksiring,
di Lapangan tenis PJKA Jl. Tapaksiring, Warung ini agak menyalahi pakem, penjualnya orang madura. Biasanya orang madura kalau berjualan makanan seperti soto daging, sate ayam dan bubur madura. Tapi ini agak lain, perlu dicoba. Rasanya khas dan nggak kalah dengan masakan orang jawa, yang katanya pemilik masakan pecel.

Pecel Pandigiling,
di Jl. Pandigiling, Kalo mau pecel yg laen daripada yg laen, langsung aja ke Pandegiling. pas di depan losmen purnama. atau tanya aja sama orang2 disitu. pasti asyiiikkk dah. pedes acik. Ssshhhh nyam...nyam... kenyang poll. abis satu porsi aja normalnya buat berdua. saranku, beli bungkus saja. lebih banyak. dagingnya uenaaaakkk..nyam..bumbunya sedep.. nyam.. lalapannya seger. nyam..nyammmm. 
Pecel Madiun,
Jln. Dharmahusada, Pecelnya enak lho!!! bumbu 'n rempeyeknya asli resep madiun punya. harganya juga pas buat kantong siapa aja. biasanya buka jam 6 sore sampai habis.

Pecel Mitra Pusura,
Di Sego Pecel di bioskop Mitra dekat Balai Pemuda Pusura, Sego pecel sing uueeennak ket jamane Bioskop Mitra Balai Pemuda Pusura durung dibongkar gawe DPRD SBY.

Pecel Lele,
di Jl. Arief Rahman Hakim, sebelah ring Selatan pintu masuk kampus ITS Surabaya, Di tempat tersebut pecel lele-nya terasa pas dan enak kalau yg meladeni cak Rosyid (sebenarnya rasa sambal-nya yg enak), asal bukan yg lainnya. Selain pecel lele ada juga bebek goreng & ayam goreng.

Rujak Cingur Achmad Jais,
di Jl. Achmad Jais, sebrang kali, ruko, Uenak Banget, Gus Dur, Megawati sering pesan rujak cingur dari tempat ini. Konon rujak ini sudah sampe ke belanda segala. Harganya sekitar 40rb/porsi. Harganya emang agak "edan", tapi kalo sekali-kali kan gak apa-apa. Tukang becak yang mangkal disekitar sana nyebut tempat ini "rujak cingur geblek", mungkin karena harganya..., but you must try...


LONTONG MI


http://img.photobucket.com/albums/v731/rifqa/Blog%20Posting/BukBerDelta-LontongMie.jpg

Banyak di jual di warung makanan yang tersebar di Surabaya.


SATE/GULE

http://ngalamkuliner.files.wordpress.com/2008/09/sate-bunul.jpg

Warung Sate P. Mat,
Jl. Bronggalan Sebelah Selatan Indomaret,

Warung Bu Umi,
Di Rungkut samping kantor kecamatan arah ke perumahan YKP,

Sate Gule Mat Bagong,
Kalo pas ke mesjid Agung di daerah Menanggal,Gayungsari dan sekitarnya.Ngga afdol kalo ngga mampir ke Warung sate dan Gule MAT BAGONG.Lokasinya persis di ruko Perumnas Menanggal (tepatnya di sebelah INDOMARET ).Bukanya dari jam 1700 -2200(bukan apa2..abis jam 22.00 dagangan udah abis,jack!)

Sate Ayam W.R. Supratman,
di Jl. W.R.Supratman, Tempat ini sate ayamnya cukup terkenal, kalo kesana jangan malem-malem bakal kehabisan. Selain sate daging juga ada sate jeroan ayam, sate telur, dll....pokoknya sip dan yg pasti halal.

Sate Daging Wak Yam,
Jl.Walikota Mustajab, Tempat ini menyediakan sate daging sapi, juga ada sate jeroan sapi, dan yang pasti sate daging sapi pake kelapa (orang surabaya bilang sate kelopo) rasanya siip banget...

Depot Ampel,
Jl. Walikota Mustajab.Sedia semua makanan dari daging Kambing, mulai Sate Kambing, Sate Rudal (harus coba yang satu ini), Kambing Bakar (hmmmm), Kambing Oven, Gule, Roti Mariyam, Nasi Kebuli, semua khas timur tengah lah pokoknya. Dijamin kalo sudah sekali kesana pasti balik lagi.

Warung Sate,
- 1.sate & gule kambing sebelah kimia farma dharmawangsa (depan rs.dr.sutomo), bukanya siang & malem.
- 2. sate & gule kambing di sekitar kantor pos pucang, bukanya malem thok
- 3. sate, tengkleng & gule kambing karmen, di jl.karangmenjangan, buka pagi-malem
- 4. sate klopo daging sapi,di jalan undaan wetan, depan dealer suzuki undaan & counter ice cream cocofrio, bukanya cuma pagi-siang.

Sate Banjar,
Sate ayam bumbunya warna merah.Untuk mencari sate yang satu ini memang beda, dalam hal rasa dan besarnya, harganya juga oke kok tempatnya ada di DELTA SARI INDAH RAYA, cari aja di depot SRI REJEKI

Gule Kikil Sepanjang,
Di Gule kikil Sepanjang dekat Mesjid Jami' Pasar Sepanjang, Gule kikil sing paling uueennak dimasak nggango kuali tanah liat, api ne se' soko kayu. bukane sore.

Sate Buntel Karangmenjangan,
Di Sate Buntel Karangmenjangan mburine Kamar mayat RS. DR. Sutomo, Kedung Tarukan Baru.

Roti Maryam Dan Kare,
Jl. KH. Mas Mansyur Ampel Kampung Seng, Suka makanan arabian yang zen dan ajib, silahkan coba ke roti maryam & kare di KH. Mas Mansyur kampung seng, buka abis Isya.

Sate Pak Yek,
Jl. Ngagel Rejo, Itu rumah, tapi kalo malam di sulap jadi rumah-warung. bukanya abis magrib, kalo malem dikit biasanya udah abis. disana menunya sih cuma nasi sate ama gule tapi kalo pingin lontong juga ada koq.

Sate Ayam GBT,
Di Pojokan Ngagel Jaya - Ngagel Jaya Tengah, tempatnya di bengkel GBT. Buka sore - malam., yang jualan sate ayam, sate brutu, sate jeroan.

Dunia Sate,
Di di dekat perumahan Bukit Mas. Tempatnya strategis banget. Di seberangnya Carrefour. Jadi kalo abis selesai belanja, laper, bisa langsung nyebrang deh.




SOTO AYAM


http://www.surya.co.id/wp-content/uploads/2009/01/soto-ayam.jpg

Soto Ayam Jl. Pahlawan,
di Jalan Pahlawan sebelah bioskop Surabaya 21.

Soto Ayam Top,
Di sebelahnya pas supermarket Tops Mulyosari (Sekarang Hero).

Soto Ayam Kertajaya,
Di jalan sebelah Gang Reog Kertajaya, Ihh gile..ternyata ada tempat makan soto yang bener-bener murah n enak di surabaya. Cobain deh pasti pada ketagihan. Udah murah, enak n koya-nya bisa ambil semau kamu.... Pokoknya gue cuma bisa ngerekomendasiin soto ayam kertajaya buat kamu-kamu yang pengen tau arti soto sesungguhnya (hehehehe). Jadi jangan bilang elo doyan soto ayam kalo belom ngerasain soto ayam kertajaya.


Soto Ayam Embong Malang,
Jl. Embong Malang, sebelah kanan jalan, seberang gedung Go skate.Rasanya sangat lain, tersedia lengkap dengan pernak-pernik soto ayam, asal mau datang lebih pagi. Siang sedikit sudah banyak yang habis. Harga terjangkau.

Soto Ayam Jalan Merak,
Di Jalan Merak sebelah kiri jalan, depan gedung HVA/PTP., Penyajiannya unik, poyah/bumbu-nya ada 2 macam. Perlu dicoba, harga sangat-sangat terjangkau.

Soto Mojopahit,
Jl. Mojopahit sebrangnya McD Darmo (bukan sebelahnya loh), masuk dikit ada warung oranye bertuliskan "Soto Ayam Adi Mirasa Lamongan",

Soto Ayam Bratang Gede,
Soto Ayam Bratang Gede pas prapatan kali bratang gede. Soto ayam murah meraih dan UUUeeeeennnak....poya ne akeh...cocok nggawe arek kos-kosan.

Soto Ayam Pak Pi'i & Es Campur,
Senin-Sabtu : depan sekolah Petra Jl.WR Supratman.
Minggu : depan Gereja Jl. Mojopahit, Sotonya enak, ayam kampung aseli. Es campurnya...nikmat sekaleee. Murah meriah tapi ditanggung puas.


Soto Ayam Pak Sadi,
Jl. Ambengan, Spesialis soto ayam... ngetop banget. Apalagi yg namanya koyah... lu bisa ambil sepuasnya.


Soto Cak Nan,
Soto yang enak en murah. Kalo Soto Pak Sadi bikin kamu nguras dompet, di sini dijamin nggak bakal sampe ninggal KTP. Bersih, poyah en jeruk nipis en sambel en kecap asin en kecap manis disediain di meja. Silakan kuras ampe abis, kalo kurang tinggal minta. Soto biasa (kagak pake jeroan).

Soto Cak Man,
Jl. Simpang Dukuh, sebelah kanan jalan. Murah meriah, nggak bikin dompet jebol. Rasanya khas. Dulu Cak Man buka warungnya di Jl. Kenari, sekarang pindah ke Simpang Dukuh.

Warung Soto Praban Pojok,
Ada di ujung jalan Praban yang menuju ke Bubutan tepatnya dipojok perempatan Jl. Gemblongan, Jl. Genteng Kali, Jl. Tunjungan dan Jl. Praban. Jadi kalau yang ke Sby setelah belanja sepatu di Jl. Praban bisa mampir disitu. Buka dari pagi sampai malam.

Soto Ayam Joni,
Jl. Sulawesi sebelum viaduct yg menuju ke Kertajaya.

Soto Penerangan,
Di Dept Penerangan AR Hakim (Depan ITATS), Jangan datang siang, Buka cuma pagi sampai siang. Koya sepuasnya. Harga standart gak sampai 5000 udah sekalian minum. Rasanya...... Tak terlupakan.

Soto Ayam Pak Djayus Manyar,
Lokasinya seberang terminal bratang, jalan kembar...

Soto Ayam Rungkut,
Di Rungkut Industri 7 deket Kantor Pajak sebrang HM Sampoerna.

Soto Ayam Hartono,
Jl. Undaan Kulon, di depan RS mata Undaan sebelahan sama penjual majalah dan mobil pos dekat pengkolan embong Purnomo.

Soto Ayam Cak Riban,
Di Genteng Besar.

Soto Cak Yasin,
Jl. Tidar, harga Rp 7.000.
 
Soto ayam (ga tau namae),
Di ujung Undaan Wetan (depan Ngemplak gang 1), dekat pengkolan undaan wetan menuju ambengan. Saya sih belon pernah coba, pernah mau mampir ga sabar nunggu yg ngantri seabrek. Setiap lewat ga peduli jam berapa mobil berjejer didekat warung ini.



SOTO DAGING/MADURA

http://images.goal2go.multiply.com/image/1/photos/upload/300x300/R2Bj4QoKCn8AADxgE2c1/Soto%20Madura%201.JPG?et=vcKD%2CnuFO8I5Ko73%2CfYE7Q&nmid=

Soto Wawan
Banyak tersebar cabang2nya di Surabaya.

Soto Daging Ketabang Kali
Berada di jalan Ketabang Kali.

Soto Madura Wachid,
Kalo mo nyari soto yg murah meriah tempatnya ada di jl.Tambah rejo sebelah barat Pasar Tambak rejo namanya Warung soto Wachid dijamin murah dan eunakkk.


AYAM GORENG

 


Ayam Bakar De Mii,
Jl. Jemur Ngawinan II no.2A. Tempat yang satu ini sich boleh dibilng home resto abis pemiliknya friendly abis. Harganya juga relatif murah bener dech.

Ayam Goreng Priangan,
Jl. Karang Menjangan seberang Sekolah Perawat Dr. Soetomo.

Ayam Bakar Wong Solo,
Jl. Mayjen Sungkono, sebrang TMP.

Ayam / Bebek Goreng / Bakar Anugerah,
Jl. Raya Dukuh Kupang, yang jualan Ayam / Bebek Goreng / Bakar.

Ayam Penyet Bu Kris,
Di Kl.Tenggilis Utara no.1, Selain di-Tenggilis,dia juga buka di manyar persis di gang depan Gramedia samsat. Tenggilis buka dari jam 10 pagi sampe 8 malem. Manyar buka dari jam 7 pagi sampe 4 sore. Pokoknya, dijamin keringetan, deh!

"OEN" Ayam Goreng Philipina & Sate Kelinci Philipina,
Jl.Kali Kepiting, 031 - 3895305, yang jualan Ayam NIRON. Katanya sih, ...Ayam NIRON, ngga lain adalah ayam goreng, asalnya Philipina, tapi bumbunya pas banget dengan lidah Indonesia, Suroboyo khususnya. Ayamnya ayam kampung. Enak pokoknya !!! Harganya per ekor Rp.30.000,00 Cobain aja, hubungin Tante OEN, untuk delivery. Sayangnya, cuma bisa delivery!

Ayam Goreng Prima,
Jl. Raya Mulyosari, yang jualan ayam goreng, babat-paru, usus, cumi-cumi. Buka cabang di Galaxy Mall juga. servicenya cepet, terutama kalo pas jajan di situ lagi gak ada orang. Harga terjangkau, apalagi kalo yang bayar lima orang, padahal yang makan cuma dua.

Ayam Goreng Suharti,
Jl. Raya Gubeng (tikungan dari pasar Keputeran, depannya jalan Sumatra), Buka setiap hari kecuali hari libur / besar.

Ayam Goreng Kayu Tangan,
Jl. Bratang Gede, Surabaya, Katanya sih, ...Rasanya khas dan empuk, bisa dimakan dengan tulangnya.

Ayam Goreng Sri Ratu,
Jl. Ngagel Jaya Selatan, tepatnya dibelakang halaman parkir supermarket Bilka.

Ayam Goreng Pak Djo,
Jl. Darmawangsa, dekat jalan Srikana. Tersedia juga gudeg jogja, opor ayam, pecel dll. Harga sangat terjangkau.

Ayam Goreng Lestari,
Jl. Baratajaya XIX/27.

Happy Suzy,
Letaknya di jalan diponegoro setelah RKZ


Ayam Goreng depan TVRI,
Katanya sih, ...tempatnya didepan tvri and alfa,tempatnya sih dipinggiran gitu tp yg makan banyak bgt,selain ayam gorengnya yg enak sambelnya juga enak banget.

Ayam Goreng Solo Asli,
Jl. Raya Nginden kearah selatan., Yang jualan ayam goreng, burung dara goreng, ceker bumbu pedas, gurame goreng, dll. Katanya sih, ...Masakannya enak terutama ceker bumbu pedasnya, tempatnya ber-AC, harga tidak terlalu mahal.


BEBEK GORENG

http://s3.amazonaws.com/files.posterous.com/ardhi/jgfiUBtKGQNJwYARDXJmIFB7enB1EQp1RzOqI2yDEe8VaCAbqWM3sU1J0qHS/bebek_goreng.jpg?AWSAccessKeyId=1C9REJR1EMRZ83Q7QRG2&Expires=1285752949&Signature=%2BTv47AuF6a3WGSBoo9Mag0geXaM%3D

Warung Bebek Goreng,
Jl. Yos Sudarso, Tempatnya di pinggir jalan. Jadi kalo pas makan sama liat mobil. Tempatnya lesehan. banyak anak nongkrong disana. Kalo tambah malam tambah rame. apalagi malam minggu.wah..gak kebagian tempat. Nggak rugi kok kalo kesitu.

Bebek Goreng depan IDI,
Di depan gedung IDI di jalan Dharmawangsa.

Bebek HT,
Jl. Karang Empat Besar, Bebeknya Oke !!! Empuk banget, kayak dipresto. Kalo datang kesitu jam 7 malam keatas, kemungkinan bagian tubuh si bebek udah nggak lengkap lagi. Maksudnya, kalo kamu suka dada or paha or jerohan, mendingan dateng agak sorean.

Bebek Goreng KM,
Jl. Karangmenjangan, Rasanya enak meresap sampai lapisan paling dalam. Dimakan dengan nasi panas dan sambal, wow.. enak tenan.

Bebek Goreng / Bakar Pajajaran,
Jl. Polisi Istimewa, Walau agak mahal untuk masalah harga, tetapi jika dilihat dari nilai kepuasan, masih termasuk murah koq. Bagi pasangan kekasih, bisa beli 1 porsi untuk berdua, jadi kelihatan lebih romantis, hahaha ... kayak pengalaman pribadi.

Warung Bebek Goreng,
Jl.Siwalankerto Timur I Sebelah kiri jalan (one way), Katanya sih, ...Bebek goreng, dengan bumbu yang enek, empuk murah lagi. Terutama bagi yang kost budgednya cocoklah buat kamu-kamu para kosters, coba deh.

Nasi Bebek Cak Yudi,
Di Perak, deket lapangan tenis belakang pom bensin Perak Utara. Yang jualan Bebek goreng dengan sambel pencitnya yang....hmmmmm. Pokoknya kalo belom ngerasain nasi bebek cak Yudi berarti blom pernah ke surabaya... Bebeknya enak, gurih...... Nasinya anget dan pulen dikasih minyak sedikit dan...sambel-pencit-mudanya yang pedes-pedes enak .......nyam...nyam.... Harganya relatif sih, soalnya rasanya enak banget. Oya...bukanya mulai sore, tapi kalo ga mau keabisan, mendingan datengnya agak sorean (jam 16.00 – 16.30an).

Bebek Goreng KDR,
Di depan Telkom JL.Kendangsari.

Bebek Goreng Papin,
Dekat pertigaan Undaan Wetan Kalianyar, Harga sedikit di atas rata-rata kaki lima 5000-7500 per potong (tapi potongannya gede-gede khok). Yang agas susah cari parkir mobil...abis persis di pertigaan. Buka jam 17.00 sampe ngak tahu kalo jam sembilan abis ya nggak dapat. tapi yang jelas nggak sampe 12.00.

Bebek Doa Ibu,
Jl. Nginden Semolo, seberang kantor kecamatan Sukolilo. Warungnya cuma tenda sederhana, menyediakan bebek, ayam, tempe penyet, pecel lele dan berbagai ikan bakar.

Bebek Goreng Barokah,
Di depan BCA Kayun - Jln. Kayun, Jualan siang doank! awas yang jual galak... kalo yang beli cowok pasti dicuekin! Kalo yang beli cewek... apalagi dandan abis pasti diduluin ... jadi rada - rada genit gitu!

Nasi Bebek Tembaan,
Di Tugu Pahlawan Surabaya. Dari arah Jl.Bubutan, terus ke kanan sampai perempatan Tugu Pahlawan, belok kekanan. Tapi harus muter balik di depan Tristar Pasar Besar, karena lokasinya juga dikanan jalan. Paling gampang lewat Jl.Jagalan, lurus Pasar Besar, setelah lampu merah itulah tempatnya. Bukanya malam hari 18.00 s/d 21.00.

Bebek CJDW,
Di Delta Permai. Deket kampus UBAYA, tenggilis mejoyo blok KH klo ga salah Trus di depannya juga ada. Tapi lupa namanya, bebeknya lebih kecil, tapi rame juga koq. Maklum deket kampus.

Bebek Goreng Sambel Pencit.
Lokasi samping ARLISA jalan Urip Sumoharjo alias Keputran

 

BAKWAN/BAKSO

http://3.bp.blogspot.com/_NY6L-0mgf-c/StrZYnoUjlI/AAAAAAAAAU8/XiqEoqSwTGY/s320/bakwan+bakso+malangOk.jpg

Bakwan Kapasari,
Di Pasar Atom / Ngagel, Bakwan dan kasarnya enak, ususnya empuk dan gurih, juga gorengannya. Dan yg lebih lagi, wuah, anaknya cuakep-cuake.


Bakwan Perak,
Kalo kamu sempet jalan - jalan di daerah Perak, cobain aja bakwan di ujung jalan ikan lumba-lumba (arah ke jalan demak), dekat pura jagadkarana,ada kasar, alus,siomay ama gorengan enuakkk BNGT, trus pake minumnya es sirsat, klo mau coba lainnya ada nasi goreng yg jual dorongan di seberangnya, namanya pak Djo,mie kuahnya enak jg lo,mereka jualnya mulai jam 18.00-22.00. coba yaa.

Bakso Pak Kus,
Tempatnya di emperan depan gereja GKI di residen Sudirman, atau dekat-dekat gereja Kristus Raja.

Bakso Pak Jo,
di Komplek Tompotika (Manyar), Bakso Pak Jo tuh enak deh... apalagi bakso uratnya sama es degan nangkanya... wah seger. Tapi jangan pas bubaran Petra, ngantri deh.

Bakso Seger,
di Depan Pasar Genteng. Bakso ini juga uenak... Gorengannya juga enak. Pesan aja bakso pakai sumsum dan tetelan. Buka malam jam 6.30. Kalau siang ada cabang lain di dekat sekolah Dapena, tapi jangan beli disitu soalnya dekat tempat sampah (bau deh..). Nah, cabang lain yang buka hanya siang ada di depat SD Aletheia di jalan tembok dukuh.

Bakso Pak Ateng,
Jl Kepanjen depan gereja, rugi dech k'lo gak cobain.

Bakso Barokah,
di sekitar Ruko Wisma Menanggal, Rasanya dijamin enak banget deh, dan yang penting bikin kenyang, apalagi pesennya komplit pake es-nya. syaik banget. dan harganya cucok buat anak muda. cobain yach. bikin ketagihan.

Bakwan Istara ( P. Sodiq ),
Jl. Panglima Sudirman (deket Wisma Tiara).

Bakso P.Sabar,
Jl. Menur sisi deketnya WAPO Airlangga, Kalo pengen bakso dengan kesan lain, dateng aja ke situ. Ada gorengan yang keras sebesar kelereng. Trus kuah yang agak bening tapi ueeanakk. Ditambah bakso kasar yang nyaman di lidah. Gak rugi deh.

Bakso Solo Jalan Nias,
Jl. Nias Deket Pertigaan Rel KA.

Bakso Kulit,
di Jalan Kedung Cowek Selatan SLTPN 15. Rasanya enak dan murah. Kulitnya bukan bentuk rambak gorengan, tapi kulit basah. Jadi, kalo pengen sensasi rasa yang lain, cobain aja kesana. Jauhan dikit khan gak pa - pa.

Bakso Kalidami,
Di kawasan Jl. Kalidami Dekat Taman Prestasi, terkenal sejak '80-an

Bakso Solo Jolotundo,
Jl. Jolotundo. Rasanya enak,gurih, racikan bumbunya pas banget!

Bakso Unyil,
Jl. Kanginan (depannya rumah yang pagarnya hijau), Bakso enak, pentolnya besar-besar, gorengnya renyah, kuahnya lezat. minumanya macem-macem ada es jeruk, es degan, es teh, dll. buka mulai jam 12 siang sampe sore jam 5. Dijamin halal.

Bakso Bu Etik SMA 2,
Jl. Wijaya Kusuma depan lapangan basket SMA 2 persis.Bakso yg dijual di tempat itu enak banget. Lengkap sama jerohan buat yg doyan. Tapi mesti inget, minuman yg tersedia cuma minuman botol aja. Bukanya dari jam 09 pagi sampe sore ( tergantung abisnya ). Tapi kalo jadwal sekolah libur dia ikutan libur juga.

Bakso Pak San (SMP STELMA),
Jl.Tembaan SMP STELMA samping.

Bakso Anda,
Jl. Gayungan PTT. Bakso Anda, basone arek Gayungsari dan sekitare....buka cabang di Medokan Ayu Rungkut deket Kampus UPN. Gado-gadonya juga enak.

Baso Citra Ngagel,
Warung tenda di dekat kampus UBAYA Ngagel, tepatnya mungkin di perempatan Jl. Ngagel Wasana 1 dan Jl. Ngagel Jaya Tengah, sejalan dengan kampus STTS.

Bakso Taman Bungkul,
Tempatnya ada di Taman Bungkul pake gerobak gitu tempatnya rame bgt, baksonya gede rasanya dijamin enak deh.

Bakwan Jagalan
Bakwan Jagalan, tempatnya kira-kira 150 meter dari jembatan kali peneleh..kalo terus ke tugu pahlawan kalo kekiri ke jalan peneleh..tempatnya dari Jl.Jagalan di sebelah kiri jalan..kalo kurang jelas tanya sama orang disana..pasti tahu..tempatnya ramai.

Bakso SMP 6,
Jl. Jawa (Depannya SMP 6), Busyet nih bakwan enak banget ada tambahan kriwil-kriwilnya gorengan..'n ambilnya boleh sepuasnya, esnya juga macem-macem...harganya ga mahal,lagian buat alumni SMP 6 pasti bisa reuni,..soalnya anak lama banyak yg sering nongkrong.

Bakwan 'Santun',
Jl. Rungkut Asri, arah dari kantor kecamatan Rungkut menuju ke pertokoan Yakaya, sebelah kiri jalan.

Bakwan Dempo,
Jl. Dempo, Ada dua tempat, bersebelahan. Dua-duanya enak. Satu lagi di HR Muhammad di ruko sebelah Bank Danamon.

Bakwan Petra Manyar,
di Dekat sekolah Petra Manyar.



MI PANGSIT

http://nasigorengjawa.com/english/images/stories/menu/pangsit-mi-bakso-kraton.jpg

Mie Pangsit Palapa,
Di depannya toko swalayan Palapa Jl. Adityawarman dan agak kekiri (Kutai) Meskipun kecil dan sederhana, tetapi makananya enak lho (yg paling terkenal mie pangsitnya) dan bersih kok.

Mie Jembatan Merah,
Di Pojokan Jembatan Merah (Depan JMP) + JMP lt. 4 (Sebelah KFC), Mie kuah dengan aneka ragam lauk pilihan menanti di situ. Warung boleh di pinggir jalan, tapi pengunjungnya rata - rata bermobil. Dengan pilihan lauk ayam, daging sapi, babat, urat, dan pangsit, pasti bikin kamu ketagihan. Harganya nggak mahal - mahal banget. Seporsi rata - rata enam ribu. Jangan tertipu. Mie Jembatan Merah tidak buka cabang selain yang aku sebutkan diatas.

Pangsit Mie,
Jl. Jimerto Surabaya, Bentuk tempat jualannya seperti kaki lima, tepat di sebelah kantor dinas walikota madya Surabaya. Jam sembilan pagi udah buka, tapi sayangnya jam dua belas aja udah habis mie-nya, karena saking larisnya.

Bakmi Keriting Manalagi,
Jl. Kapas Krampung kalau dari arah kota setelah stadiun ketemu pasar kapas krampung nah dia satu deret dengan pasar tapi agak diujung hampir sampai yang mau belok kearah kenjeran. Makanannya: Bakmi Keriting Siantar, tersedia yang halal maupun yang tidak, enaknya jangan dibilang lagi deh.

Pangsit Kutisari,
Di pertigaan kutisari di depan telkom, sebelah kantor pos, Kalo belom laper jangan berani-berani maem mie disana, sebab selain enak juga porsinya itu lho yang Walaupun harganya relatif lebih mahal dibandingkan makanan sejenis sekelas PK5 yang ada di surabaya, tapi kualitas dan kuantitas mie disana....BOLEH JAMIN.

Mie Ayam Pengampon,
Di depan kampung Pengampon Gg. VI, Katanya sih, ...Mie-nya luar biasa, dijamin tidak membuat kembung orang yang punya penyakit maag. Jam buka dari jam 08.00 sampai jam 15.00.

Pangsit Mie Rungkut Mapan,
Di seberang Mesjid di Griya Mapan Sentosa dekat YAKAYA-SUPERINDO. Tiap hari rame apalagi hari sabtu malam...tapi saya lupa ada hari tertentu dia tutup.

Depot Kanaan,
Jl. Tenggilis Mejoyo K-1 Surabaya.

Pangsit Mie Gajahmada,
Di pelataran parkir bioskop purnama di seberang hotel Pinang Inn.

Mi Kocok Bandung,
Di jalan Ondomohen, satu deret dengan sate klopo yang ada di Ondomohen. Menunya cuma satu yaitu mie Kocok. Isinya Mie, Kikil, cambah, kacang, dan kuah nya rasa jeruk nipisnya kerasa banget. Harga per porsi mi kocok Rp 6.000.


GADO-GADO


http://agilboy.blog.uns.ac.id/files/2010/06/800px-gado_gado2.jpg

Gado - Gado Dan Tahu Campur Cak Ronny,
Jl. Bogowonto,depannya SMP Hang Tuah I, Bukanya senin-sabtu jam 10-15 wib, Gado-gadonya juga ok.

Gado-gado Arjuno,
Yg ini pasti temen2 udah pada tau. abis udah terkenal sich. yg belum tau cari aja di jalan Arjuna yg agak deket sama pertigaan kedungdoro. ada depot kecil yg jualan gado-gado. bumbunya itu men, bikin air liur menetes. gado2 arjuna kan paling dikenal bumbunya yg sedap itu. cuma sayang... harganya cukup mahal. tapi mending bungkus deh, biar dapet lebih banyak.


SIOMAY/BATAGOR

http://1.bp.blogspot.com/_nTeKbEaH0BE/TDLxn15RKOI/AAAAAAAAAAU/aM1Y7S2hxoc/s1600/Siomay+copy.jpg

Siomay / Batagor Budi Mulia,
Dulu di Jl.Gubeng depan RS.Budi Mulia, yang jualan sich asli sunda. tapi sore hari aja datengnya atau pas abis maghrib. abis rame banget sich. Sekarang masih di trace pindah ke mana.


http://blog.unsri.ac.id/userfiles/batagor.jpg

Batagor Dinar,
Jl. Majapahit seberang jalan Doho, tepat di sebelah kanan pintu gerbang belakang SMUK St. Louis I, yang jualan batagor,siomay,bubur ayam asli Bandung.

Batagor Nginden Intan,
Jl. Nginden Intan Raya, buka-nya sore hari, selain batagor juga dijual bermacam-macam makanan yang lain.

Batagor Manyar,
Jl. Raya Manyar (depan Ruko Manyar Jaya), Kalo mo kebagian batagor lengkap, datang aja sekitar jam 6:00 malam, soalnya diatas itu pasti ngantri... tapi, tetap kebagian kawan.

Batagor Klampis Ngasem Raya,
Jl. Klampis Ngasem Raya No. 63, Yang jual lucu dan edan, dan yang pasti baksonya enak banget.

Batagor, Siomay, Pempek,
Jl. Ngagel deketnya makam pahlawan.

 

BUBUR AYAM

http://www.jajanan.com/files/image/bubur-pemda_0.jpg

Bubur Ayam depan dokter gigi Taman Surya,
Di Taman Surya, Buburnya enak, en cuman buka saban hari Minggu. Jadi kalo abis jalan - jalan pagi or olahraga di Taman Surya, kalian bisa mampir disana. Cuma 2500 seporsi. Nggak cuman bubur, rawon juga ada.

Bubur Ayam Manyar,
Jl. Manyar depan terminal Bratang.

Bubur Ayam Surya,
Cabangnya banyak di beberapa sudut kota Surabaya

Bubur Ayam 55,
Di daerah Manyar. Deket sama Bonnet dan tempat kursus inggris Tiora.

 
 


NASI GORENG/MI GORENG

http://angkringanyogya.com/wp-content/uploads/2010/03/mi-goreng-jawa.jpg
http://blog.its.ac.id/nisyyah09mhsisitsacid/files/2009/12/food-bali.jpg

Depot Aroma,
Jl. Raya Tenggilis sebelahnya persewaan buku Luki / seberangnya Mustika Ratu.

Nasi Goreng Ondomohen,
Jl.Ondomohen terusannya jalan Walikota Mustajab.

Nasgor TP,
Jl Basuki Rahmat surabaya, Nasi goreng pake tepung. Tunjungan Plasa lantai emperan jam 10.00 malem ke atas sampai pagi lagi.

Warung Pak Djo,
Di sebelah kampus Ubaya Tenggilis.

Nasi Goreng Pattaya,
Di Keputih (Arif Rahman Hakim) sebelah Sakinah, Warungnya jualan makanan ala Thailand. yg paling enak NasGor Pattaya. Nasgornya DIBUNGKUS ma telur dadar. penasaran kan? coba aja cicipin, pasti ketagihan.

Depot Anda,
Di daerah Ketintang pojokan abisnya rel kereta api disebelah kanan jalan.

Nasi Ayam Cak Jo,
Jl. Embong Belimbing... abis ketemu restoran ria trus belok kiri.. itu bagian pusat makanan.

Cak To "Mie",
Jl.Kayoon dan jl.Kombes.M.Duryat

Warung Nasgor Dharmahusada
di Belakang POM Bensin Perempatan (ex. Bunderan) Dharmahusada-Kertajaya,

Mie Remaja,
di jl A Yani, daerah Injoko pertigaan jalan masuk mau ke gayung. nah di pojokan jalan itulah letaknya. yang dijual macem2 masakan cina muslim.

 

NASI UDUK

http://24.media.tumblr.com/tumblr_l6p5l69m0Y1qc9bk9o1_500.jpg

Nasi Uduk Remaja,
Jl. May. Sungkono buka cabang di Manyar (depan Bonnet).

Nasi Uduk A. Yani,
Di depan jalan raya A. Yani berdekatan dengan persewaan vcd, tampatnya itu kalo siang buat bengkel mobil sebelum belokan Injoko.

Nasi Uduk Kebon Kacang,
Di HR Muhammad, yang jualan Nasi Uduk, ayam goreng, empal goreng, babat n jerohan lain2, udang dll.

 

SOTO/SOP


http://www.surya.co.id/images/sup-kaki-kambing-foto-by-pgfc.jpg 

Soto Banjar Pal Satu,
Jl. Kedungdoro sebelah kanan jalan. Kalo ke sana harus bawa uang receh abis banyak pengamen.

Warung Coto Makassar,
Jl. Slamet, Cukup lezat en nikmat. Cuman sayangnya coto-nya kagak dikasih bumbu tambahan, kayak kecap asin, jeruk nipis, dan sejenisnya. Jadi, kita harus nambahin sendiri bahan - bahan itu yang disediain di meja.

Depot Sari,
Jl. Kembang Jepun ujung jembatan merah sebelah kanan jalan, Sop buntut-nya sangat spesial, sangat cocok untuk yang punya ataupun yang tidak punya gigi.

Sop Kaki Sapi Jemursari,
Di Raya Jemursari, Raya Jemursari kaki lima, depan klinik Jemursari Empat. Sop kaki sapi ini khas betawi. Makannya ditaburi emping dan bawang merah goreng plus pake acar. Macam isinya ada daging, sumsum, babat. Enggak begitu eneg, juga gurih dan enak. Sayangnya nasi putihnya terlalu keras, buat saya nih. Enak disantap pas panas buanget! Coba! 

Sop Kaki Kambing "Bang Oya",
Tempatnya di Jl. Kedungdoro depan Bank Mega. Disitu gak hanya sop kaki kambing tapi ada juga sop kaki sapinya...... jadi yg gak suka kambing bisa menikmati juga, gak kalah enaknya kok.... 

Sop Kaki Sapi Cak Munir,
Di Raya Kupang Indah lurusannya Hotel Sommerset (dulu Hotel Mercure), Memang sih, cuman warung tenda, tapi rasanya enak n kita bisa milih isi sopnya, mau daging, jerohan, kikil, sumsum dll. Sate kambingnya juga enak, empuk. Bukanya habis maghrib sampe habis. Tapi biasanya jam 21.00 juga udah habis.

Soto Bangkong,
Di sebelah Gramedia Manyar

Soto Joglo,
Jl. Dharmahusada, Alfamart harga Rp 6.000

Doa Para Nabi



Di bawah ini kami sajikan beberapa contoh pilihan doa yang pernah dicontohkan oleh para Nabi dan Rassul:

                        Doa Nabi Adam
“ Robbana dholamna anfusana wailam tagfirlana watarhamana lana kunnana minal khosirin “
Artinya: Ya Allah , kami telah mendholimi pada diri kami sendiri, jika tidak engkau ampuni kami dan merahmati kami tentulah kami menjadi orang yang rugi.


Doa Nabi Nuh
“ Robbi inni audzubika an as alaka maa laisalli bihi ilmun wa illam tagfirli watarhamni akum minal khosirin “ (Hud; 47)
Artinya: Ya Tuhanku sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari sesuatu yang aku tidak mengetahui hakekatnya, dan sekiranya tidak Engkau ampuni dan belas kasih niscaya aku termasuk orang – orang yang merugi.


Doa Nabi Ibrahim
“ Robbana taqobal minna innaka anta sami’ul alim wa tub alaina innaka antat tawwaburrokhim “ (Al Baqarah; 128-129)
Artinya: Ya Tuhan kami terimalah amalan kami sesungguhnya Engkau maha mendengar dan Mengetahui, dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau penerima taubat lagi Maha Penyayang.

“ Robbi ja alni muqimas sholati wa min dzuriyyati, robbana wa taqobal doa, Robbannagh firli wa li wa li dayya wa li jamiil mukminina yauma yaqumul hisab “ (Ibrahim ; 40 -41)
Artinya: Ya Tuhanku jadikanlah aku dan anak cucuku orang – orang yang tetap mendirikan sholat, ya Tuhanku perkenankanlah doaku , ya Tuhanku beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan seluruh orang mukmin, pada hari terjadinya hisab.


Doa Nabi Yunnus
“ Lailaha illa anta subhanaka inni kuntum minadh dholimin “ (Al Anbiya;87)
Artinya: Tidak ada Tuhan Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau sesungguhnya aku orang yang dholim.


 Doa Nabi Zakariya
“ Robbi latadzarni wa anta choirul warisin “ (An Biya ; 89)
Artinya: Ya Allah janganlah Engkau membiarkan aku hidup seorang diri, sesungguhnya engkau pemberi waris yang paling baik.

“ Robbi habli miladunka duriyattan, thoyibatan innaka sami’ud du’a “ (Ali Imron;28)
Artinya: Ya Tuhan berilah aku seorang anak yang baik dari sisiMu, sesungguhnya Engkau maha pendengar Doa.


 Doa Nabi Musa
“ Robis shrohli shodri wa ya shirli amri wah lul uqdatam mil lissani yah khohu khouli “ (At Thoha )
Artinya: Ya Tuhanku lapangkanlah dadaku, dan lancarkanlah lidahku serta mudahkanlah urusanku. 

“ Robbi inni dholamtu nafsi fa firlhi “ (Al Qhosos ; 16)
Artinya: Ya Allah aku menganiaya diri sendiri, ampunilah aku.

“ Robbi Naj jini minal qumid dholimin “
Artinya: Ya Tuhan lepaskanlah aku dari kaum yang dholim.

“ Robbi ini lima anzalta illayya min khoirin faqir “ (Al Qhosos; 24)
Artinya: Ya Tuhanku sesungguhnya aku memerlukan sesuatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.

“ Robbi firli wa li akhi wa adkhilna fi rohmatika, ya arhamar rokhimin “
Artinya: Ya Tuhanku ampunilah aku dan saudaraku dan masukkanlah kami ke dalam rahmatMu, dan Engkau Maha Penyayang diantara yang menyayangi.


Doa Nabi Isa
“ Robbana anzil alaina ma idatam minas samai taqunu lana idzal li awalina, wa akhirina, wa ayyatam minka war zukna wa anta khoiru roziqin “ ( Al Maidah ; 114)
Artinya: Ya Tuhanku turunkanlah pada kami hidangan dari langit, yang turunnya akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang – orang yang bersama kami dan yang datang sesudah kami, menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rejeki dan Engkaulah pemberi rejeki yang paling baik.


Doa Nabi Syuaib
“ Robbana taf bainana, wa baina kaumina bil haqqi , wa anta khoirul fatihin “ (Al Araf; 89)
Artinya: Berilah keputusan diantara kami dan kaum kami dengan adil, Engkaulah pemberi keputusan yang sebaik – baiknya.


Doa Nabi Ayyub
            “ Robbi inni masyaniyad durru wa anta arhamur rohimin “
Artinya: Bahwasanya aku telah ditimpa bencana, Engkaulah Tuhan yang paling penyayang diantara penyayang.


Doa Nabi Sulaiman
“ Robbi auzidni an askhuro ni’matakallati an amta allaya wa ala wa li dayya wa an a’mala sholikhan tardhohu wa ad khilni birrohmatika fi ibadikas sholikhin “ (An Naml; 19)
Artinya: Ya Tuhan kami berilah aku ilham untuk selalu mensyukuri nikmatmu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku, dan kepada kedua ibu bapakku dan mengerjakan amal sholeh yang Engkau ridloi, dan masukkanlah aku dengan rahmatMu kedalam golongan hamba-hambMu yang Sholeh.
  

Doa Nabi Luth
“ Robbi naj jini wa ahli mimma ya’malun “
Artinya: Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari perbuatan yang mereka kerjakan.

“ Robbin surni alal kaumil mufsidin “ (Assyu'araa ; 169)
Artinya: Ya Tuhanku tolonglah aku dari kaum yang berbuat kerusakan.


Doa Nabi Yusuf
“ Fatiros samawati wal ardli anta fiddunya wal akhiro tawwaffani musliman wa al hiqni bissholihin “ (Yusuf ; 101)
Artinya: Wahai pencipta langit dan bumi Engkaulah pelindungku di dunia dan akhirat wafatkanlah aku dalam keadaan pasrah (islam), dan masukkanlah aku dengan orang – orang sholeh.


Doa Nabi Muhammad
“ Robbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hassanah wa qina adza bannar “ (Hadist)
Artinya: Ya Tuhanku berikanlah aku kebaikan di dunia dan akhirat, dan jauhkanlah aku dari api neraka.

“ Robbana latuzig qullubana ba’daidz haddaitana wahabblana miladunka, rohmatan innaka antal wahab” (Ali Imron) 
Artinya: Ya Tuhanku janganlah Engkau palingkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk, dan berilah kami rahmat, sesungguhnya Engkau adalah dzat yang banyak pemberiannya.

Kota Solo dan Wisata Kulinernya yang Khas




Berbagai makanan khas dan wuenak yang ada di Solo rasanya pantas untuk menjadikan kota ini sebagi kota tujuan wisata Kuliner terbaik. Berikut merupakan sebagian dari kekayaan koleksi kuliner yang ada di Solo dan amat sangat layak untuk dicoba pastinya.
Solo memang surga dari wisata kuliner….


Nasi Liwet
http://wisatasolo.netne.net/gmb/nasi%20liwet.jpg


Nasi Liwet mungkin adalah makanan khas Kota Solo yang paling terkenal, bahkan nasi liwet sudah masuk menjadi menu di hotel-hotel berbintang di kota-kota besar di Indonesia.
Di Solo sendiri Nasi Liwet sudah sangat membumi, hingga setiap saat dan hampir dimanapun, anda akan dapat menemukan Nasi Liwet dengan mudah. Mulai dari Nasi Liwet yang paling terkenal di Solo, Nasi Liwet Wongso Lemu yang berlokasi di Keprabon (Jalan Teuku Umar) dan Nasi Liwet Yu Sani yang berlokasi di kawasan Solo Baru yang berjualan di malam hari hingga para mBakyu yang berjualan di pagi hari dengan berkeliling diperumahan.
Pada dasarnya Nasi liwet adalah beras yang dimasak dengan santan dan kaldu ayam sehingga hasil akhirnya membuat nasi terasa gurih, beraroma dan lezat. Kemudian, nasi tersebut dicampur dengan sayuran jipang (labu siam) yang dimasak pedas, telur pindang rebus, daging ayam yang disuwir, kumut (terbuat dari kuah santan yang dikentalkan). Sering juga ditambah dengan usus ayam, hati/ampela yang direbus, bacem tahu tempe atau rambak kulit sapi sebagai pelengkap. Penyajiannya pun tidak menggunakan piring, tetapi dengan daun pisang yang dipincuk.


Jenang / Bubur Lemu




http://img2.kapanlagi.com/cityguide/images/content/e9ec9b7fe9e2e2a104053a6541fe7750.jpg

Jenang lemu adalah bubur yang tidak kalah gurih dari nasi liwet, hanya saja memang tidak berupa nasi melainkan bubur. 


Timlo Solo
http://3.bp.blogspot.com/_eQXclM58g3A/RgHWLaJKzpI/AAAAAAAAA-g/GlbeLx2veKw/s320/timlo%2Bsolo%2Bclosed%2Bok.jpg

Timlo merupakan salah satu makanan khas di Kota Solo. Berbeda dengan makanan sejenis yang dimiliki daerah lain, Timlo Solo tidak mempergunakan soun dan jamur merang.
Untuk menikmati rasa Timlo yang khas Solo, anda harus datang ke Timlo Sastro di daerah Balong Pasar Gede atau di cabangnya di Pasar m’Beling dan Timlo Solo di Jl. Urip Sumoharjo. Tempat ini benar-benar jagonya timlo. Timlo Solo adalah hidangan berkuah bening yang berisi ’sosis’ daging ayam yang dipotong-potong, potongan telur pindang, hati dan ampela ayam.
Timlo Sastro mempunyai cara menghitung pesanan yang unik, pesanan tidak dicatat di atas kertas, melainkan ditulis di atas papan tulis kecil (Sabak) dan baru kemudian harganya dijumlah. Semangkuk Timlo komplit dapat dinikmati hanya dengan mengeluarkan uang Rp 9.000 ,-
Semangkuk Timlo panas, dimakan bersama nasi putih yang ditaburi bawang goreng dan ditemani segelas es jeruk pasti akan membuat anda ingin kembali berulang kali.


Sate Buntel

Sate Buntel adalah sate kambing khas Kota Solo yang lain dari pada yang lain. Sate Buntel adalah sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang, diberi bumbu bawang dan merica dan kemudian di-buntel (dibungkus) dengan lemak kambing. Sate kambing saja sudah enak, apalagi kalau daging kambingnya dicincang dan dibungkus dengan lemak sebelum dibakar hingga matang di atas bara dan dimakan bersama saus kecap, irisan cabe rawit yang diuleg kasar, bawang merah, irisan kol dan tomat. Lebih nikmat lagi dinikmati bersama acar ketimun.

Salah satu warung makan penyedia Sate Buntel yang paling terkenal di Solo adalah warung Sate Kambing Tambak Segaran, Jalan Sutan Syahrir No 39 (Widuran) yang telah berjualan sejak tahun 1948. Kesuksesan warung sate ini mendorong munculnya banyak warung sate buntel lainnya.
Jika anda penggemar wisata kuliner dan sedang memesan satu porsi sate buntel, perlu diketahui bahwa satu porsi sate buntel tidak berisi 10 tusuk sate seperti sate biasanya. Kenapa? karena ukuran sate buntel ini besar dan satu porsi sate biasanya sudah cukup banyak untuk dimakan berdua. Tetapi ada baiknya anda pastikan dulu besar satenya sebelum memesan, agar tidak kelebihan ataupun kekurangan.
Selain sate buntel yang mak nyos tadi, di warung sate Tambak Segaran sangat direkomendasikan untuk mencoba sate kikil kambing yang dijamin empuk dan akan membuat anda ketagihan dan juga Gule Sumsum yang nikmat, bayangkan betapa nikmat menghirup kuah gule sembari menyedot sumsum dari tulang.


Pecel 'nDeso

Pecel n’Deso adalah nasi pecel yang nasinya berasal dari beras merah, jenis beras yang kini sulit didapat. Pecelnya, berisikan dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi dan kacang panjang. Sambalnya ada dua pilihan, sambal kacang seperti pecel pada umumnya atau sambal wijen yang memiliki dua pilihan, wijen putih atau hitam. Lauk yang bisa anda pilih disini ada: belut goreng, wader pari yang digoreng tanpa tepung, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng.


Tongseng

mbok galak 
Yang terkeanl adalah Warung Tongseng Mbok Galak. Lokasinya di Jl.mangunkarkoro no 122 Sumber-Solo.
Makanan bahan dasar kambing dengan paduan aroma bumbu-bumb jawa sangat kental sekali, jahe merica dan di padu dengan daging yg lembut,membuat satu gigitan pada sesendok cukup dua kali kunyah langsung masuk perut. Dagingnya empuk, lembut dan kuahnya sungguh kental dan lagi,bau amis kambing menjadi hilang. Ditambah acar membuat setiap sendok yg kita makan punya kenikmatan tiadara tara.
Harganya 35rb untuk 2 porsi.


Tengkleng

Tengkleng merupakan salah satu makanan “wajib” bagi pemburu kuliner kota Solo. Gule kambing mungkin merupakan contoh yang paling dekat untuk menggambarkan cita-rasa Tengkleng bagi mereka yang belum pernah menikmatinya. Yang membedakan tentu saja adalah rasa dan kuahnya. Kuah Gule menggunakan santan kelapa, sementara Tengkleng tidak memakai santan. Jadi lumayan, sumber kolesterolnya berkurang satu!
Selain itu isi Tengkleng adalah tulang-belulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Sebagai lauk pelengkap, diberi sate daging, sate usus, sate jeroan, otak dan bagian organ kambing lainnya yang ikut digulai bersama tulang-tulang, seperti mata, pipi, kuping, dan kandungan (klepon).
Kenikmatan makan Tengkleng akan terasa ketika kita menggerogoti sedikit daging yang tersisa dari tulangnya atau mengisap-isap isi sumsum tulang.
Anda dapat menikmati tengkleng di Pasar Klewer, di sana ada Ibu Ediyem yang berjualan di lapaknya yang sederhana di samping Gapura Pasar Klewer atau ke warung tengkleng Yu Tentrem di Jl. Letjen Sutoyo, Bibis. Biasanya pembeli duduk di atas bangku kayu berdesak-desakan lalu makan dengan lahap menikmati nasi tengkleng yang disajikan. Karena rasanya yang khas, masakan tengklengnya Ibu Ediyem maupun Yu Tentrem sering dipesan pejabat yang mengadakan acara kantor maupun keluarga.


Sate Kere

Seperti halnya soto, hidangan sate sebenarnya bukan makanan khas Solo. Tapi untuk sate enak yang satu ini memang khas Solo. Wajib hukumnya bagi anda untuk mampiri ke warung Sate Kere saat ke Solo. Salah satu warung Sate Kere yang terkenal adalah Warung Yu Rebi di daerah Penumping dekat Stadion Sriwedari (yang ini harganya jauh dari kere) atau di depan TK Marsudirini (hanya ada pagi sampai siang, yang ini harganya lebih murah).
Disebut sate kere karena di warung Sate Kere anda akan dapat menjumpai sate tempe gembus (tempe yang dibuat dari ampas kedele sisa pembuatan tahu), disamping daging dan jeroan sapi. Namun, biasanya tempe gembus-nya lebih dominan. Karena itu, makanan tersebut kemudian disebut sate kere (satenya orang miskin). Jadi bagi orang yang mengidap penyakit darah tinggi, tak usah menghindar warung ini. Asalkan anda tidak memesan sate jeroan seperti paru, limpa, hati, iso, torpedo, ginjal, babat, iso daging sapi.
Bumbu perendam tempe embus sama dengan bumbu rendaman bahan jeroan. Sedangkan bumbu untuk menyantapnya adalah sambal kacang, dengan kacang yang tidak begitu banyak sehingga terasa lebih ringan. Dalam sehari warung sate Yu Rebi mampu menghabiskan 30 sampai 50 kg daging dan jeroan. Tak heran, karena pelanggannya bukan berasal dari Solo saja, melainkan dari kota-kota sekitar Solo.


Gudeg Ceker




Pengalaman wisata kuliner di Gudeg Ceker Bu Kusno Margoyudan di Jl. Wolter Monginsidi, Solo benar-benar pengalaman menarik. Bukan hanya karena jam bukanya yang ajaib (Gudeg ini baru buka jam 02:00 dini hari), tapi juga dari banyak dan beraneka ragamnya pembeli mulai dari bapak-bapak penarik becak, hingga pejabat dan wisatawan dari daerah lain. Mereka semua tidak berebutan dan marah-marah minta dilayani. Benar-benar pengalaman yang unik, seakan semua orang paham apa yang mereka inginkan sehingga bersikap baik untuk mendapatkannya. Semua itu terjadi hanya untuk satu alasan: Gudeg Ceker.
Di tempat ini, ceker (kaki ayam) menjadi hidangan sampingan yang dihidangkan bersama dengan gudeg. Ceker dimasak secara gudeg kering dan biasanya setiap pengunjung bisa menghabiskan 10 hingga 20 ceker sekali makan. Jangan heran, ceker yang disajikan disini lunak dan lezat.
Selain dimakan bersama dengan nasi gudeg, pengunjung bisa juga memesan ceker sebagai hidangan sampingan dari bubur. Nah kalau dimakan dengan bubur, maka akan lebih nikmat kalau disiram dengan kuah sambal goreng krecek. Cocok sekali untuk sarapan dipukul 04:00 pagi!


Tahu Kupat
kupat-tahu

Ketika pertama kali mencoba makanan khas Solo yang satu ini, anda mungkin akan teringat dengan Tahu Gimbal, makanan khas Semarang. Ya, kedua makanan ini memang mirip.
Satu porsi makanan khas ini terdiri dari ketupat, mi basah, taoge, tahu goreng, bakwan gimbal yang dipotong-potong dan kacang goreng yang disiram dengan bumbu kecap manis encer dengan rasa bawang yang cukup terasa. Disamping campuran standard di atas, anda dapat juga menambahkan isi tahu kupat anda dengan telur dadar.
Warung tahu kupat yang terkenal dan ramai dikunjungi di Solo dapat anda jumpai di Jl. Gajah Mada no 95 (di depan Masjid Solihin) atau di depan Pasar Kadipolo.


Bakmi Toprak

Nama makanan khas Solo satu ini mungkin akan mengingatkan anda dengan Ketoprak yang ada di Jakarta, tapi setelah dihidangkan ternyata jauh sekali perbedaanya. Jika Ketoprak versi Jakarta menggunakan sambal kacang, Toprak Solo berkuah bening.
Sebagai salah satu makanan khas Solo. Jajanan enak ini banyak ditemui di pelosok kota Bengawan. Tapi jangan bilang sudah mencicipi Mi Toprak kalau belum mampir ke Warung Toprak Kartopuran di Jl. Kartopuran.
Jam 11 siang warung Mi Toprak Kartopuran baru melayani pembeli. Biar begitu setengah jam sebelumnya pembeli sudah mulai antre.
Komposisi Mi Toprak terdiri dari mi kuning, potongan kol, tahu goreng, telur, tempe goreng, dan sosis solo. Lalu disiram dengan kuah kaldu dan irisan tetelan daging sapi, serta taburan bawang goreng plus seledri. Untuk pelengkap, kita bisa menambah karak (kerupuk nasi). Rasanya pas dimakan di waktu brunch karena tidak terlalu mengenyangkan, tapi cukup mengganjal perut sambil menunggu makan siang.


Sambel Tumpang

GB

Satu lagi makanan khas dari Solo yang langka dan sekarang makin sukar ditemui, namanya nasi Sambel Tumpang.
Sesuai dengan namanya nasi ini terdiri dari nasi putih yang ditumpangi aneka sayuran rebus seperti bayam, taoge, dan kacang panjang lalu disiram dengan kuah kental. Kuah kental ini dibuat dari campuran santan dan tempe semangit yang dihaluskan. Biasanya di dalam kuah kental tumpang ini ada tahu putih, telor rebus dan krecek. Sajian khas Solo ini paling enak dinikmati untuk sarapan. Maka, penjual nasi tumpang di pasar-pasar tradisional biasanya ada pada pagi hari saja.
Selain ditemukan di pasar tradisional, penjual nasi tumpang masih bisa dijumpai di sekitar Lapangan Manahan. Apalagi di hari Minggu saat banyak orang berolahraga pagi, jajanan Nasi sambel Tumpang dijadikan salah satu pilihan sarapan. Selain dinikmati dengan nasi putih, Sambel Tumpang sama enaknya kalau disiramkan di atas bubur nasi yang masih panas. Nah, yang ini namanya menjadi Bubur Tumpang.

Gule Goreng

Gule Goreng Pak Samin

Di Kota Solo ada cara lain untuk menikmati gule kambing, selain dibuat tongseng, di Solo ada yang namanya Gul-Gor (Gule Goreng). Gule Goreng adalah gule kambing yang berkuah santan kental, dimasak di atas anglo arang sampai kering. Anda bisa bayangkan betapa empuknya daging dan jeroan yang telah dimasak sampai kering tersebut. Menikmati Gul Gor, dengan nasi panas, kol, tomat dan bawang merah pasti akan membuat anda ketagihan.
Ingin menikmati makanan satu ini, datang saja ke Jl. Diponegoro di sebelah eks gedung bioskop Deddy Theatre.


Wedangan
 

Jika Jogja terkenal dengan angkringan maka Solo terkenal dengan Wedangan-nya. Wedangan dapat dijumpai hampir ditiap sudut Kota Solo, karena memang wedangan merupakan salah satu tempat bersosialisasi masyarakat Kota Solo.
Di atas meja, nasi yang sudah dibungkus kecil-kecil dan berbagai lauk-pauk sudah terhidang dan memberi keleluasaan kepada pengunjung untuk mencomot sesukanya. Lauk pauk yang sudah tersedia di meja biasanya adalah sate kerang, sate kikil, sate telur puyuh, tahu tempe goreng maupun bacem. Tetapi anda bisa juga memesan lauk yang harus digoreng dulu seperti ayam dan ikan.
Di tempat wedangan seperti ini semua orang bergaul akrab. Tak jarang pertemuan antar teman dilangsungkan di warung Wedangan sambil meminum teh hangat, kopi atau wedang jahe yang menghangatkan. Setalah selesai makan, tinggal laporkan apa yang anda makan kepada pemilik warung. Dengan sigap mereka akan menghitung semuanya.


Sosis Solo



Sosis Solo bukanlah sosis yang biasa kita kenal. Pertama kali melihat pasti merasa aneh , tapi jangan salah, begitu mencoba pastinya hilang semua protes dan perasaan aneh, daging yang digulung telur ini memang sosis yang benar-benar khas dan wenak dari Solo. 



Serabi Notosuman 


Serabi Notosuman merupakan salah satu oleh-oleh wajib Kota Solo. Benar-benar rugi kalau anda sudah berkunjung ke Kota Solo, tetapi tidak sempat mencoba kelezatan Serabi Notosuman.
Serabi Notosuman yang legendaris ini telah berdiri sejak tahun 1923 di Jalan Moh. Yamin dan sekarang ini sudah dijalankan oleh generasi yang ke empat (4). Walau sudah lama berdiri, resep yang dipergunakan masih sama dan dimasak dengan cara yang juga sama.
Serabi Notosuman tidak berbentuk sama seperti serabi yang biasa kita temukan di Bandung. Serabi asli Solo ini tidak dimakan bersama kuah santan yang manis, karena rasanya sendiri sudah manis dan gurih. Serabi Notosuman terbuat dari adonan tepung beras, santan, gula pasir, dan berbentuk bulat seperti apem dengan dengan kerak di sekelilingnya yang kering dan renyah.
Selain serabi polos (tanpa topping apapun), anda juga dapat memesan serabi dengan taburan cokelat di atasnya. Tapi jenis yang satu ini kurang cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena lebih cepat basi.
Demikian terkenalnya serabi Notosuman sehingga sudah menjadi semacam merek generik. Walaupun tidak mempunyai hubungan langsung dengan keluarga pengusaha serabi Notosuman, namun banyak pedagang serabi sering menambahkan kata Notosuman di kios atau gerobak tempat berjualan serabi mereka. Tetapi jangan salah, meskipun tidak sekhas serabi Notosuman yang manis dan gurih, namun serabi yang dijual di beberapa tempat di Kota Solo juga tak kalah enaknya apalagi dengan topping yang lebih beragam.



Intip
 
http://www.rumahbatiksolo.com/gambar/articlegambar00021besar.jpg

Intip merupakan salah satu oleh-oleh Solo yang sudah dikenal. Intip adalah kerak nasi yang dijemur sampai kering kemudian digoreng dalam minyak yang panas. Setelah itu tinggal dibungkus dengan tambahan garam atau gula merah. Rasanya sangat khas dan gurih walaupun tanpa MSG. Rasa gurih disebabkan karena sari dari nasi mengumpul di kerak nasi yang ada di dasar periuk, akibatnya rasanya gurih.
Intip Solo sangat murah untuk ukuran makanan kecil atau snack. Intip Solo terdiri dari 2 macam yaitu intip asli dan intip buatan. Intip Asli adalah intip yang dihasilkan oleh periuk nasi biasa, yang biasa dihasilkan oleh kebanyakan rumah tangga. Bentuknya tidak rapi, mudah pecah/terbelah, tanpa ada bumbu tetapi rasanya gurih sekali. Intip buatan dihasilkan oleh industri makanan yang memang ingin menghasilkan intip dalam partai besar, intip dibentuk mirip dasar periuk, bentuk bulat rapi, tidak mudah pecah/terbelah, kemungkinan ditambah bumbu bawang, trasi atau MSG, rasa gurih tapi tidak segurih intip asli.
Intip buatan sering ditemui di toko oleh-oleh di Pasar Klewer, dekat Pasar Jongke, toko oleh2 dekat Pasar Singosaren dan didepan toko roti Orion. Sedangkan intip asli dapat ditemukan di antara Kraton Mangkunegaraan ke Pasar Legi Solo.


Roti Kecik Ganep


Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata ‘Kecik’? Pasti sebagian akan teringat pada biji sawo. Tapi Kecik yang satu ini adalah nama roti kering khas Solo, Roti Kecik.
Roti kecik adalah sejenis roti kering yang berbentuk stick sebesar jari anak kecil, tapi saat ini terdapat bentuk-bentuk lain seperti cincin atau bulat-bulat kecil. Nama perusahaan yang memproduksi roti ini adalah Perusahaan Roti Ganep, yang berdiri pada tahun 1881, terletak di Jalan Sutan Syahrir 176 Tambaksegaran, Solo. Nama Ganep diberikan oleh Sinuhun Paku Buwono X, penguasa Kasunanan Surakarta pada saat itu.
Roti berbahan baku tepung ketan dan beraroma kayu manis ini disukai banyak orang karena rasanya enak, khas dan tahan lama.

Makanan tersebut sangat cocok untuk menemani acara santai keluarga. Roti Kecik selain dijual di toko dan gerai oleh-oleh khas Solo, juga dijajakan orang menggunakan motor, sepeda, becak, dan gerobak. Di jalan-jalan kampung Kota Solo dan sekitarnya, setiap hari selalu bisa dijumpai penjual Roti Kecik yang menawarkan dagangan.


Dawet Telasih Pasar Gede 

http://images.detik.com/content/2009/12/01/289/sldawettelasihbsr.jpg

Menikmati Dawet di cuaca panas memang enak sekali. Bertempat di dalam Pasar Gede Hardjonagoro, dawet ayu / telasih pas untuk dinikmati di siang hari, setelah puas berkeliling Kota Solo saat udara sedang panas-panasnya.
Ada beberapa penjual dawet ayu di Pasar Gede dan tempat berjualannyapun berdekatan. Pilih sesuai selera anda atau kalau mau coba saja semuanya.
Dawet Ayu / Telasih Pasar Gede berbeda dari dawet atau cendol kebanyakan. Disajikan dalam mangkuk-mangkuk kecil mungil, dawet ini berisikan cendol dari tepung beras atau disebut pula sebagai onggok, ketan hitam dan selasih yang disiram dengan sirup dari gula kelapa yang berwarna putih bening dan tidak kecoklatan seperti cendol yang biasa.


Gempol Plered 


Salah satu penjual Gempol Plered yang masih bisa ditemui ada di depan Toko Abon Varia, di kawasan Coyudan (bentuk simbiosis mutualisme). Ibu penjualnya berjualan di trotoar, sebenarnya dilarang dan melanggar hak pejalan kaki, tapi karena yang dijual enak dan langka, maka pelanggarannya kita kesampingkan dulu.
Minuman unik dan langka ini terdiri dari bulatan-bulatan tepung beras seukuran ibu jari orang dewasa. Bulatan ini lantas diguyur dengan kuah santan, dan dikucuri gula kelapa cair.


Susu Murni

http://kasmaji81.files.wordpress.com/2009/01/shijack1.jpg

 http://www.cc.cc/img/product/2009/200905/20090504/189499_0_Susu_Sapi_Murni_Dan_Segar.jpg


Ada banyak sekali tenda penjual susu sapi murni di Kota Solo, yang buka pada jam yang sama di malam hari. Selain susu sapi murni tanpa campuran apapun, pengunjung bisa memesan susu sapi murni dengan campuran syrup, cokelat, madu, jahe hingga telur (ayam kampung maupun bebek). Anda bisa juga meminta kepala susu kepada penjualnya jika kebetulan belum habis. Susu bisa disajikan panas ataupun dingin, tergantung permintaan!
Sambil menikmati segelas susu murni, di warung susu murni anda dapat dengan leluasa menikmati makanan ringan yang disediakan di atas meja, seperti sate kikil, nasi kucing, sate kerang hingga sosis solo.
Salah satu warung susu murni yang paling ngetop dan ramai sak Solo adalah warung susu murni ShiJack di daerah Lodji wetan di Jl. Kapten Mulyadi.


Lento



Lento adalah makanan ringan yang terbuat dari ketela pohon yang diparut, diberi bumbu dan kacang untuk kemudian digoreng.


Jahe Gepuk



Minuman jahe hangat yang dibuat dari jahe bakar yang kemudian dikupas dan digepuk / dipukul. Jahe yang sudah digepuk kemudian dicampur air yang sudah dicampur gula jawa. Dapat ditemui di Purwosari, yaitu jahe gepuk pak No.


Selat Solo


Kebanyakan orang Solo lebih menyukai menyantap sesuatu yang berkuah sebagaimana kebiasaan mereka sehari-hari makan masakan berkuah. Salah satu bentuk percampuran masakan berkuah asal Barat dengan selera lidah lokal dan menjadi makanan khas di Kota Solo adalah Selat Segar Solo. Makanan ini sering dijadikan hidangan pada saat kondangan, tidak hanya di Solo tapi juga sampai di kota-kota lain.
Racikan Selat solo merupakan adaptasi dari salad yang terdiri dari daging yang diiris tipis, ditambah rebusan buncis, kentang, wortel, telur rebus, dan mayones, kemudian disiram kuah kecap encer.
Warung atau rumah makan yang paling direkomendasikan ketika anda ingin mencicipi Selat Solo adalah Warung Selat m’Bak Lies di Serengan dan Rumah Makan Kusuma Sari di Jalan Slamet Riyadi.


Wedang Ronde


Wedang ronde dibuat dari campuran kolang kaling , “ronde” , kacang yang di-sangrai dan kuah jahe. Sangat pas dinikmati pada malam hari atau cuaca dingin.


Bestik Solo


Terdiri dari campuran potongan wortel , kentang , selada , tomat dan daging atau lidah dicampur kuah yang nikmat. Yang paling terkenal adalah bestik lidah, yaitu lidah sapi dicampur telur dibentuk mirip dadar gulung.


Soto Kwali

http://3.bp.blogspot.com/_kIJPhgaI1A0/THdnTFJxOXI/AAAAAAAACkE/5IAn6gNsN6c/s1600/Fokus+-+Soto+Kwali.jpg

 Soto Kwali merupakan soto yang dimasak menggunakan kwali besar, dengan dimasak menggunakan kwali maka “percaya nggak percaya” akan menimbulkan rasa yang lebih wenak daripada soto biasa. Salah satu yang terkenal adalah soto Triwindu yang terletak di pasar antik Triwindu.


Brambang Asem
 

http://alonrider.files.wordpress.com/2009/10/brambang_asem_solo-1.jpg?w=450&h=337

Brambang Asem terdiri dari rebusan daun ketela pohon yang dicampur tempe gembus (terbuat dari ampas tahu). Yang membuat spesial bagi lidah adalah rasa pedas yang unik dan luarrrr biasa . Bumbu / sambalnya merupakan gabungan dari bawang / berambang , asem Jawa , cabe rawit , gula Jawa dan sedikit garam.


Cabuk Rambak


Isi dari hidangan ini sekilas tampak sederhana. Banyak ketupat yang diiris tipis-tipis dan diberi bumbu diatas setiap potongan ketupatnya kemudian di tambah karak sebagai pelengkap. Namun jangan terkejut bila setelah mencicipinya anda menjadi ketagihan.


Kue Moho

http://2.bp.blogspot.com/_MfhZINqe2EA/SeHoi08PE2I/AAAAAAAAAH8/tIqLL8_IZwM/s400/Foto014.jpg

Kue yang berisi tape dan dimasak dengan cara dikukus.


Sate Landak
http://melayuonline.com/pict/p4a0e3291ed6a4.jpg


Terletak di sekitar kawasan wisata Tawangmangu, tepatnya di pinggir Jalan Raya Tawangmangu Kilometer 2, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, terdapat sebuah rumah makan yang memiliki menu khas, yakni sate landak.
Awalnya, Sukatno, sang pemilik warung, tidak menjadikan daging landak sebagai menu makanan khas yang ditawarkan kepada para wisatawan. Ia bersama keluarganya menyantap sendiri daging landak yang kerap kali tertangkap dalam kandang jebakan di kebun salak miliknya. Landak memang merupakan hewan pengerat yang kerapkali merusak tanaman di kebun.
Related Posts with Thumbnails