Rabu, 05 Januari 2011

Cipta Sejati

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEji1X9-lTNyKf2lYDMi4ibeRw89YobKvScCZKv_EraPg7_oSBLbjjoRCIsXmabKyCYVCNhjuRGdXe3jct-CyGdiybawhrnLQJhzHg7PuFacPzlOT-vpIdAj4S9epkpORJ5qLKpYXPas1TU/s400/cs+copy.png

 

Sejarah

Pada akhir tahun 1995 telah berdiri beberapa organisasi dibeberapa tempat di Indonesia yang diantaranya Seni Bela Diri Silat Cipta Sejati (Kudus), Seni Bela Diri Silat Chakra Satya (Surabaya), Lembaga Seni Bela Diri Silat Chakta Sakti (Jember), Institut Seni Bela Diri Silat Chakra Sakti (Banjarmasin, Batola, Palangkaraya, Sampit, Kota Waringin Barat), dan beberapa kota di Jawa timur seperti Nganjuk, Lamongan Tuban dan Sumenep (Madura). 

Karena beberapa organisasi perguruan tersebut merupakan satu aliran, maka pada tanggal 30 - 31 Agustus 1996, beberap perkumpulan pencak silat tersebut sepakat untuk mengadakan musyawarah bersama secara nasional yang selanjutnya disebut Musyawarah Nasional. Dalam Munas I tersebut mereka menyusun AD/ART, penyeragaman nama dan gerakan jurus, serta menetapkan nama perguruan dan lambang perguruan. Hasil dari Munas tersebut telah disepakati dan menetapkan nama perguruannya yaitu Institut Seni Bela Diri Silat CIPTA SEJATI.

 

[kegiat1.jpg]


“Cipta Sejati” adalah Institut Seni Bela Diri Silat yang mengajarkan “tenaga dalam”, juga dikenal dengan istilah Prana atau Chi (Ki). Di antara manfaat terpenting bagi peserta latih adalah dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan, pengobatan diri sendiri dan orang lain (bidang kesehatan). Kewaskitaan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem gangguan dalam kehidupan baik secara nyata (fisik) maupun non fisik (gaib). Namun keilmuan Cipta Sejati bersifat pasif (defensif), dalam arti dapat bekerja pada saat terdesak (darurat) saja, yaitu saat ingin membela diri. Tidak dapat digunakan untuk menyerang. Setiap siswa dibimbing secara moral, sehingga untuk dapat naik tingkat dituntut untuk mengamalkan dan mengembangkan ilmu Cipta Sejati dalam kebaikan. 

Nilai-nilai ajaran Islam menjadi landasan pendekatan, pemahaman dan pengembangan keilmuan Cipta Sejati. 
Setiap anggta Cipta Sejati sangat tidak dianjurkan berhubungan dengan makhluk astral (jin). Latihan yang dilakukan adalah senam, senam pernafasan, gerakan jurus silat, konsentrasi / pemusatan dan pemanfaatan tenaga dalam / prana. 

“Cipta Sejati” yang berpusat di Banjarmasin, sesungguhnya telah mulai hadir dan berkegiatan di kota Medan dan sekitarnya sejak tahun 1998.


Sifat

Keilmuan Cipta Sejati bersifat pasif (defensif). Hal ini mempunyai arti bahwa, ilmu Cipta Sejati dapat bekerja hanya pada saat terdesak (darurat) saja, yaitu pada saat ingin membela diri. Jadi tidak dapat mendahului menyerang lawan. Hal ini menguntungkan dari satu sisi karena dapat mencegah pemegang ilmu berbuat semena-mena dengan ilmu yang dimilikinya.

Peragaan

Syarat


Dalam Cipta Sejati ada empat pantangan ketentuan yang tidak boleh dilanggar secara mutlak, yaitu:
1. Tidak boleh melawan (durhaka) kepada kedua orang tua.
2. Tidak boleh merusak pagar ayu.
3. Tidak boleh makan daging babi
4. Tidak boleh mabuk (minum minuman keras) .
Dan satu larangan sebagai pelengkap, yaitu tidak boleh sombong. Seseorang yang ingin menjadi anggota Cipta Sejati dipersyaratkan untuk dapat menyetujui empat pantangan dan satu larangan tersebut. Kemudian akan diperkenalkan dan menguasai 10 jurus dasar Cipta Sejati.

Latihan Dinas Batukurung

 

Manfaat

Cipta Sejati dapat digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan / pengobatan diri sendiri dan orang lain (bidang kesehatan), Kewaskitaan dan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem / gangguan dalam kehidupan,baik secara nyata (fisik) maupun non fisik (gaib). Karena Cipta Sejati seperti energi pelindung yang dapat memahami kebutuhan kita,sehingga akan bekerja setiap kali  dibutuhkan. Setiap siswa di Cipta Sejati dibimbing secara moral, sehingga untuk dapat naik ketingkat yang lebih tinggi dituntut untuk mengamalkan dan mengembangkan ilmunya dalam kebaikan. Secara tidak langsung hal ini mendidik anggotanya untuk tetap dalam kebaikan dan semakin mendalami nilai – nilai ajaran agama Islam.

24 komentar:

  1. Salam Sikap Sejati...saya anggota CS dari Banjarmasin sabuk putih, gmn cara melatih emosi, karena waktu saya maju untuk memukul tetapi pukulan saya tetap masuk,,,? mohon pencerahannya...trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. assalam... abang numpang nanya, kalo mao bergabung dengan CS banjarmasin dimana? trims. wss

      Hapus
    2. Saya dulu pernah memukul kencang orang yg punya tenaga dalam. Namun juga tembus. Diakibatkan control diri saya saat menyerang tidak dengan emosi dan niat jahat. Walaupun pukulannya kencang. Karna sifat tenaga dalam defense menurut saya ber energi positif. Dan akan menolak atau mementalkan apabila ada energi negatif. Mohon maaf klo salah.

      Hapus
  2. bisa langsung konsultasi dg pelatih setempat, akan lebih bagus. thanks
    salam sikap sejati...

    BalasHapus
  3. apabila kita melanggar salah satu pantangan apa cs kita rusak,apabila iya bagaimana kita mengembalikannya? Thanx

    BalasHapus
  4. baca amalan yang rutin. baca yasin setiap malam jum'at dengan sikap. jangan lupa sholat 5 waktunya

    BalasHapus
  5. habib muhammad kafi15 Maret 2013 pukul 20.18

    yasinnya jangan lupa
    n kalau sabuk hijau ke atas baca yasin fadillah

    BalasHapus
  6. sebener x boleh gk sih klok selain anak cs tpi belajar ilmu cs

    BalasHapus
  7. Mohon maaf sebelumnya, saya anggota CS pemula dari sidoarjo mau nanya ni mas. Latihan apa saja yang harus di lakukan jika ingin membuka mata batin? terima kasih.

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum,saya anggota cipta sejati dan sekarang tinggal di surabaya,pengen gabung di kota surabaya gimana

    BalasHapus
  9. Cara mengaktifkan lagi gimana amalan tuk sabuk kuning,saya anggota cipta sejati kota situbondo jawa timur

    BalasHapus
  10. Cara mengaktifkan lagi gimana amalan tuk sabuk kuning,saya anggota cipta sejati kota situbondo jawa timur

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum,saya anggota cipta sejati dan sekarang tinggal di surabaya,pengen gabung di kota surabaya gimana

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum,saya anggota cipta sejati dan sekarang tinggal di surabaya,pengen gabung di kota surabaya gimana

    BalasHapus
  13. Salm cs.aq anggota ranting sukamara .

    BalasHapus
  14. Saya sabuk biru.....sy ibu rumah tangga yg punyak balita jdi tdk bs latihan.....saya sering baca yasin3x dan belajar fokus....pernapasan jg untuk menambah tenaga dalam.bagaimana caranya untuk bs telepati dan menangkis dan menyerang orang yg menggangu dan memukul saya dengan tusukan tusukan di tubuh saya dan di jantung saya.....mohon bimbingannya....

    BalasHapus
  15. Saya sabuk biru.....sy ibu rumah tangga yg punyak balita jdi tdk bs latihan.....saya sering baca yasin3x dan belajar fokus....pernapasan jg untuk menambah tenaga dalam.bagaimana caranya untuk bs telepati dan menangkis dan menyerang orang yg menggangu dan memukul saya dengan tusukan tusukan di tubuh saya dan di jantung saya.....mohon bimbingannya....

    BalasHapus
  16. Maaf. Kalau non muslim boleh gabung CS gk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh. dengan syarat memiliki agama yang disahkan oleh Negara

      Hapus
  17. Maaf. Kalau non muslim boleh gabung CS gk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh. dengan syarat memiliki agama yang disahkan oleh Negara

      Hapus
  18. Salam sejati
    Izin jika berkenan saya ingin bergabung posisi di Palembang

    BalasHapus
  19. Bang gimana bang cara memempin yg benar

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails