Rabu, 05 Januari 2011

Tenaga Dalam

Peragaan

 

Apakah Tenaga Dalam Itu?

Sebetulnya setiap manusia memiliki tenaga dalam. Manusia memiliki unsur kimia tubuh iaitu ATP yang dapat berubah menjadi energi melalui proses metabolisme tubuh. Energi yang dihasilkannya sangat melimpah ruah, bahkan menjadi kekuatan yang luar biasa apabila manusia biasa sedang dalam keadaan tertentu misalnya panik, tidur jalan, trance, atau terhipnotis.ATP juga berfungsi sebagai energi cadangan, misal setelah lelah berolahraga, dengan beristirehat sejenak maka tenaga akan pulih kembali. Energi yang dihasilkan oleh ATP dalam kehidupan sehari-hari hanya berfungsi sebanyak 2,5% saja yang telah cukup untuk menghasilkan panas tubuh, proses metabolisme, mengaktifkan kimia tubuh, menjalankan alat pencernaan, dan aktiviti organ tubuh lainnya. Sedangkan yang 97,5% lainnya masih tersimpan sebagai energi cadangan. 
 
Dengan latihan yang tekun, murid akan dapat membangkitkan, mengendalikan, dan memanfaatkan energi yang tersimpan tersebut untuk berbagai macam keperluan. Contoh disamping adalah bagaimana memanfaatkan tenaga dalam untuk menghancurkan batu tebing yang keras. 
 
Bagaimana proses udara merangsang tenaga dalam? Ketika udara dihisap secara normal, oksigen hanya digunakan sebatas membantu lancarnya peredaran tubuh, melancarkan metabolisme tubuh, dan menbekal otak dengan kadar yang cukup. Selain itu juga merangsang energi untuk menghidupkan aktiviti tubuh, dalam batasan yang sangat sedikit, hanya cukup untuk menggerakan tubuh secara normal. Dan untuk membangkitan energi cadangan (tenaga dalam) diperlukan oksigen yang banyak dan efektif. Satu-satunya jalan adalah dengan mengubah taktik pernafasan biasa menjadi pernafasan yang khusus, iaitu dengan mengoptimalkan oksigen yang masuk jangan sampai banyak yang terbuang, sedangkan untuk bagian lain harus seimbang. Untuk membangkitkan energi tersebut secara cepat, oksigen harus diputarkan keseluruh tubuh secara cepat pula, sedangkan sisa pembakaran (CO2) harus dibuang secara cepat. Apabila tenaga dalam telah bangkit, akan terasa berupa hawa panas atau dingin sesuai dengan cara berlatih. Wajar bila orang yang memiliki tenaga dalam yang besar, tubuhnya akan kuat dan boleh jadi kebal terhadap segala jenis benturan, senjata, penyakit dan segala gangguan medis dan non-medis, hal ini terjadi dengan adanya energi yang lebih pada tubuh seseorang, sel-sel tubuhnya akan semakin padat dan searah, sehingga membuat tubuh menjadi padat. 
 
 
INTI UDARA
 
Inti dari latihan pernafasan adalah menarik energi yg ada di alam semesta ini sebanyak-banyak ke dalam tubuh kita agar boleh dimanfaatkan secara optimal. Teknik pernafasan yang dimaksud disini adalah sebenarnya sasarannya adalah menghimpun inti udara, atau yg sering disebut prana, Ki kata orang Jepang, Chi kata orang China. Inti hawa atau prana ini bersatu dengan oksigen dan banyak sekali terdapat disekitar kita. Diantaranya ada yg disebut prana Matahari, adalah prana yg berasal dari sinar matahari. Prana ini menyegarkan seluruh tubuh dan memberikan kesihatan yg baik. 
 
Prana ini boleh kita peroleh dgn menyerap cahaya atau berjemur di sinar matahari. Prana Udara adalah prana yg terkandung di dalam udara atau butir-butir vitalitas udara. Prana udara diserap oleh tubuh dengan cara bernafas. Prana Bumi, prana yg terkandung di dalam bumi, prana ini diserap oleh tubuh melalui telappak kaki. Berjalan dengan tanpa alas kaki akan memperbanyak menyerap prana bumi ke tubuh. Pohon, beberapa pohon tertentu (seperti pohon yg rendang dan besar serta subur) memancarkan sebagian besar kelebihan prananya. Orang yg kepenatan bila beristirahat dibawah pohon akan cepat segar kembali. 
 
 
ILMU PERNAFASAN
 
Ilmu pernafasan memiliki pengaruh luar biasa terhadap kesihatan. Dengan mengolah pernafasan secara tepat dan rutin maka berbagai macam penyakit dapat diubati dengan sangat cepat. Pernafasan yang dalam selama 60 detik dapat merilekskan jiwa dan raga dan memompakan O2 (oksigen) untuk mempertahankan energi ke otak dan otot-otot kita. Menurut alhli fisiologi jiwa dan raga ; sebagian besar dari kita melakukan pernafasan dangkal lewat otot dada dgn tidak terjadi pernafasan secara mendalam dan efisien di dalam paru yg menyebabkan terjadinya pertukaran antara O2 yg masuk dan CO2 (karbon dioksida) yg keluar. Saat menarik dan menghembuskan nafas mendalam dari perut akan terjadi aliran darah yg mengandung O2 lewat sistem kardiovaskular untuk meningkatkan fungsi jantung dan paru dan mengantarkan tambahan nutrien untuk otot-otot yg bekerja. 
 
Berbagai penyakit fisik yang sudah terbukti dapat diubati dalam waktu sangat cepat melalui latihan pernafasan ini antara lain penyakit asthma, alergi, gastrik, darah tinggi, darah rendah, jantung, kolesterol tinggi, kencing manis (diabetes mellitus), gula, kencing batu, ginjal, lever, ambeien, sinuitis, migrain, vertigo, lemah syahwat, sering masuk angin, pegal-linu, cepat lelah, cepat tersinggung, mudah marah, dan berbagai penyakit fisik lainnya.
 
Disamping itu dengan mengikuti latihan pernafasan yang rutin, emosi menjadi lebih terkendali, sehingga orang yang pemarah maupun yang mudah tersinggung akan menjadi lebih sabar. Demikian juga penyakit Stress akan hilang dan berubah menjadi rasa percaya diri dan bahagia.
 
Sedangkan bagi yang sudah sihat, dengan mengikuti latihan pernafasan akan meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan produktivitas kerja. Bahkan dengan mengikuti latihan pernafasan ini, kita akan terbebas dari kebiasaan dan ketergantungan memakai ubat-ubatan. 
 
Bila kita sudah mampu mengoptimalkan teknik pernafasan ini, kita akan mempunyai kemampuan yang Luar Biasa, iaitu mampu menyalurkan tenaga / tenaga dalam / energi / hawa murni dari tubuh kita ke orang lain. Sehingga kita dapat mengubati orang lain dari jarak jauh tanpa menyentuhnya.

Sumber: cipta-sejati-sumnenep.com 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails