Rabu, 05 Januari 2011

Meditasi

Apa itu Meditasi?

http://1.bp.blogspot.com/_Z6VamOFOpTA/S63bA8z2CLI/AAAAAAAAABk/DsN9tzILXOA/S640/peragaan+pemantapan+isian.jpg


Telah ribuan tahun manusia menggunakan teknik meditasi dalam mencapai harmoni dalam diri. Dalam praktik agama besar seperti Katolik dengan meditasi kristianiRosario nya, Islam melalui zikir dan shalat yang khusuk dengan menjernihkan pikiran dan berfokus pada Allah semata, Hindu (meditasi omkara, 'who i'm I',dll) dan budha (meditasi vipasana, koan, dll), meditasi yang disebutkan diatas lebih sebagai alat untuk meningkatan kesadaran spiritual dan bukan alat ritual semata. Meditasi dapat meningkatkan konsentrasi dan kendali diri, juga melawan stress dengan cara agar tubuh dan pikiran untuk tetap rileks dan nyaman. Sudah banyak orang yang merasakan manfaat meditasi, menyeimbangkan hubungan tubuh – mental agar tetap harmonis, mengatasi depresi, keresahan, sulit tidur, membantu mengatasi ketergantungan pada rokok, cafein, alkohol dan kebiasaan tidak baik lainya. Begitu juga ditingkat mental-emosional, ketika anda mulai menikmati meditasi dengan rajin, perasaan iri, dengki, dendam, merasa bersalah-menyesal, putus asa, kekhawatiran, tidak percaya diri, dll akan sangat sulit dirasakan. Meditasi merupakan bentuk usaha kepasrahan diri pada yang maha kuasa - meditasi untuk kesehatan tubuh, pikiran dan spiritual dan do'a.
 
Seperti halnya matahari, meditasi adalah untuk semua orang

Sekarang, meditasi sudah bukan lagi milik ekslusif para mistikus, yogi atau filsuf semata. The Beatles, Tina Turner dan Richard Gere juga melakukannya. Anda tidak perlu menjadi agama tertentu atau membutuhkan waktu banyak untuk bermeditasi – anda dapat melakukannya tidak peduli seberapa tua atau betapa sibuknya diri anda. Jadi, jika ingin menendang jauh stress anda dan meningkatkan kapasitas kehidupan anda, lakukanlah meditasi. Apapun keyakinan anda dapat melakukan meditasi.

Meditasi sebagai rumah diri yang sebenarnya

Memainkan atau medengarkan music juga dapat membawa anda kedalam keadaan meditasi. Begitu juga saat anda melukis, memasak, dll. Pada dasarnya, setiap kegiatan kreatif, dan anda sepenuhnya tercurah padanya dan mengalir dengannya, merupakan keadaan yang meditatif. Sebagai contoh jika anda seorang pelukis, dan anda sedang melukis, ditengah anda berkarya anda merasa tidak berfikir lagi, melainkan mengalir bersamanya, itulah keadaan meditatif.
Bagaimanapun juga untuk menenangkan pikiran anda selama 20 menit saja sudah cukup sulit. Pikiran anda tidak seperti tombol on/off yang tinggal dipijit, ocehan pikiran cenderung menginterupsi meditasi anda. Pikiran yang minta perhatian berseliweran terus, menganalisa dan berbicara terus hinga anda merasa sulit untuk menikmati kesadaran disini dan sekarang, hal ini menjadi penting karena realitas anda saat ini adalah disini dan sekarang. Meditasi menjadi seperti bengkel service plus tempat rekreasi bagi kendaraan tubuh & pikiran anda disetiap harinya, meditsi itu juga berarti aktifitas yang sangat menyenangkan, mudah dan banyak jalannya, yang dibutuhkan hanyalah teknik dan praktek melakukannya, Gratis!.


Kesadaran mengendalikan pikiran dan emosi
 
Kapasitas pikiran kita saat sadar adalah mampu menganalisa, memilah, merencanakan dan mengartikan diri kita sedang melakukan apa dan dimana, saat ini. Meditasi dapat mengatasi kegelisahan pikiran dengan cara menghetikan ocehan didalam pikiran, melalui proses menyadari dan membebaskan keresahan pikiran negatif (kekhawatiran, kecemasan, ketegangan, dll) dari diri anda, perasaan damai dan tentrampun akan anda peroleh secara terus-menerus setiap harinya, gratis, dimanapun dan sampai kapanpun!.

”Orang yang takut melakukan meditasi hanyalah orang yang tidak mengerti apa itu meditasi. Meditasi bertujuan untuk kesehatan tubuh dan pikiran, untuk rekreasi dan relaksasi tubuh dan pikiran, dilakukan secara sadar, fokus dan penuh kendali. Dengan cara yang efektif dan efisien melalui teknik yoga”. Setyo jojo

* Meditasi bukan berarti relaksasi saja; di dalam meditasi pikiran sepenuhnya dijaga terus untuk tetap sadar, fokus dan penuh kendali, sedangkan saat melakukan relaksasi tubuh dan pikiran anda dilepaskan untuk pasrah dan tanpa reaksi.


Keseimbangan fungsi otak, sistem saraf dan hormon

Selain mengatur seluruh sistem tubuh, otak juga merupakan pusat data, bahasa, ingatan, emosi, intelektualitas, kepribadian, berhitung, dll. Setelah usia 2 tahun otak anda tidak memiliki daya regenerasi lagi, ini berarti sel otak yang mati tidak dapat digantikan oleh sel neuron yang baru. Ribuan sel neuron yang rusak tidak dapat diperbaiki lagi setiap harinya. Setelah usia 50 tahun jumlah sel neuron tinggal setengahnya dari semula akibat degenerasi, dan mulailah terjadi perubahan fungsi otak, seperti gangguan daya ingat atau pikun, gangguan orientasi, daya tangkap, kelambanan dalam berfikir dan bergerak. Pada manusia usia lanjut akan dijumpai volume otak yang menyusut (atrofi).
Otak anda terus menerus menerima kiriman informasi dari luar tubuh melalui panca indra, dan dari dalam tubuh melalui otot, sendi, organ, dll. Otak menerima rangsangan dan melakukan perintah melalui system saraf secara terus menerus (meskipun anda sedang tidur). Didalam otak juga terdapat bagian-bagian (pusat) yang berkaitan dengana fungsi tertentu, seperti pusat pendengaran pengelihatan, bahasa, ingatan dan berhitung, dll. Sedangkan berfikir merupakan proses asosiasi antara berbagai bentuk ingatan yang tersimpan dalam berbagai pusat ingatan, proses ini merupakan dasar dari fungsi kognitif.

Pada saat anda bermeditasi, seluruh rangsangan dari luar (panca indra) diminimalisir atau diabaikan. Begitu juga pembicaraan mental (proses berfikir, emosi, dll-yang bercampur aduk)Seluruh usaha ini dapat dengan efisien mengurangi kebisingan di otak dan pikiran anda. Perasaan enjoy dan pikiran yang jernih-bugar adalah hasil dari istirahat dan pengaturan harmoni atau komposisi dari instrumen mental anda(pikiran dan emosi). untuk diminimalisir atau diabaikan. 
 
Meditasi juga dapat membantu kita untuk menyeimbangkan dan menguatkan fungsi belahan otak kanan dan kiri dengan cara sebagai berikut :
Pada sisi kiri otak ideal dengan berpikir, bicara dan menulis. Disaat kita terbangun dan dalam keadaan sibuk, pikiran dalam keadaan berfikir, otak akan aktif dengan pola gelombang otak beta. Dalam keadaan ini kita sangat rasionalis dan berfikir mengenai masa lalu dan yang akan datang. Otak bagian kanan berkenaan dengan intuisi, imajinasi dan perasaan. Disaat kita sedang merasakan sesuatu – seperti sedang menikmati musik – kita lebih sebagai penerima dibanding pemancar, pola gelombang listrik otak yang lambat ini disebut ‘alpha’. Dalam keadaan gelombang alpha, pikiran kita lebih pasif dan terbuka terhadap perasaan-perasaan kita. Kita menjadi lebih hadir di sini dan saat ini juga dibanding memikirkan masa lalu atau yang akan datang. Ini kita alami juga saat sebelum dan begitu bangun tidur (tapi tidak saat kita dalam keadaan tertidur – disaat tidur gelombang otak kita berbeda, dan lebih lambat yaitu gelombang theta atau bahkan delta).

Disaat sadar dan terbangun sebagian besar kita berada di gelombang otak beta, dan beberapa jam saja berada di gelombang alpha. Meditasi membantu meningkatkan keseimbangan ini dengan memberi lebih banyak lagi waktu untuk gelombang alpha : ini akan memberikan pengalaman menikmati dunia secara langsung dan merawat perasaan saat ini dan di sini, sebelum sensasi menjadi terinterprestasikan oleh sisi yang lainya.

Alpha
Beta
Reseptif
Aktif
Intuisi
Berfikir
Saat ini
Masa lalu dan yang akan datang
Rileks
Tegang
Memperhatikan atau being
Melakukan atau doing
Mendengarkan
Berbicara
Imajinasi
Kalkulasi
* System saraf mentransimisikan sinyal listrik. Dikategorikan dalam gelombang otak :

1. Beta – di atas 11 putaran/detik (Hz) – bangun/aktif
2. Alpha – 9-11 (Hz) – istirahat dan mededitasi dengan mata tertutup, Jika mata dibuka gelombang otak otomatis menjadi beta.
3. Theta - 4-8 hz – tidur ringan
4. Delta – dibawah 4hz- tidur dalam.



Manfaat meditasi bagi kesehatan dan kinerja tubuh
Secara klinis sudah terbukti baik bahwa bermeditasi rutin dapat meredakan migren, insomnia, sindrom iritasi perut kembung, PMS, kegelisahan dan kepanikan, menurunkan kadar hormone stress didarah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Meditasi juga dapat membantu memperbaiki irama pernafasan yang pendek dan sesak menjadi perlahan dan mendalam, kinerja seluruh sistem tubuh yang optimum, meningkatkan daya tahan tubuh, konsentrasi dan kreatifitas. Sebagai kesimpulanya banyak dokter yang akan merekombendasikan anda untuk melatih teknik relaksasi dan meditasi untuk mengatasi stress anda.
  

Beberapa manfaat meditasi lainnya, diantaranya :
1. Meningkatkan kreatifitas dan rasa percayaan diri.
2. Memantapkan keteguhan hati, mood positif, perasaan damai dan tentram.
3. Kemampuan untuk dapat fokus dan bekerja secara efisien.
4. Sebagai mental hygiene dalam mengendalikan emosi negative seperti dendam, kemarahan dan ketegangan,dll
5. Memperbaiki postur tubuh dan pikiran.
6. Memperoleh relaksasi ditubuh dan pikiran, jauh dari kelelahan dan keresahan (harmonis).
7. Saraf dan otot terasa bebas dari kaku, tegang dan terasa enteng.
8. Meningkatkan energy di tubuh dan pikiran, kendali dan kesadaran diripun terasa meningkat.
9. Tidur menjadi lebih mudah, efektif dan efisien, bangun lebih bugar.
10. Memudahkan berelasi dengan siapapun dan kapanpun secara spontan.
11. Hidup terasa lebih mengalir, spontan dan tidak memaksa, terasa lebih enjoy dan terpenuhi.
12. Dapat membantu mengatasi kebiasaan dan ketergantungan tidak baik seperti mengemil, merokok, ngopi, dll.
13. Dengan jujur anda betul-betul akan mensukuri dan menikmati hidup dan cerita kehidupanya.
14. Anda akan menjadi pemain sekaligus penonton di hidup anda.

 Sumber: cipta-sejati-sumenep.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails