Rabu, 19 Januari 2011

Mengatasi Rumah yang Bersuhu Panas Tanpa AC


Quantcast

Desain karya Probo Hindarto, astudio.
 

Bangunan yang sejuk tanpa AC.
Sebagai orang yang tinggal di daerah beriklim tropis seperti Indonesia, kita perlu memperhatikan desain bangunan yang selaras dengan iklim. Iklim berdampak sangat banyak untuk bangunan, terutama karena iklim tropis memiliki karakter-karakter khusus yang harus diperhatikan agar bangunan (misalnya rumah) menjadi nyaman. Tingkat kenyamanan berada dalam rumah dipengaruhi oleh berbagai hal seperti suhu, kelembaban, sinar matahari, dan sebagainya.


Suhu ruangan terasa nyaman. Melalui pengalaman pribadi saya, temperatur yang paling nyaman berkisar antara 28-30 derajat Celcius. Tingkat kenyamanan ini sangat mungkin bervariasi antara satu orang dengan yang lain. Istilah yang banyak digunakan adalah ‘room temperature’ atau temperatur ruangan merujuk pada temperatur paling nyaman yang bisa didapatkan dalam sebuah ruangan. 
 
Siklus air turut mempengaruhi suhu udara disekitar bangunan/ rumah
(sumber gambar: Heinz Frick, Membangun, menghuni, membentuk)



Pada daerah-daerah tertentu di Indonesia terutama kota-kota yang dekat dengan pantai, iklim yang dirasakan merupakan iklim tropis basah yang panas, hal ini karena uap air cukup banyak di daerah pesisir. Kota-kota yang berkarakter iklim semacam ini misalnya Jakarta, Surabaya, Semarang, Yogyakarta. Karakter iklim ini mengandung uap air yang mengikat panas (lihat efek rumah kaca).


Karakter iklim tropis di daerah pegunungan juga masih didukung oleh banyaknya uap air karena pada dasarnya tanaman juga mengikat air dan mendinginkan udara. Karakter iklim pegunungan merupakan iklim basah dan cenderung dingin sekitar 23-26 derajat Celcius. Contoh daerah yang semacam ini seperti Bogor, Bandung, dan Malang.


Kelebihan letak geografis Indonesia dan kondisi alamnya secara umum lebih banyak laut daripada daratannya menjadikan suplai uap air relatif konstan dan mempertahankan suhu udara dengan lebih baik. Perbedaan suhu tidak terlalu besar sehingga bangunan tidak harus didesain untuk mengatasi iklim yang ekstrim seperti negeri 4 musim. Beberapa karakter iklim perlu diperhatikan untuk mencapai tingkat kenyamanan suhu yang baik dalam bangunan.


Pencemaran udara di kota membentuk kanopi kabut polusi yang berpengaruh pada suhu kota, 
kelembaban, serta kualitas udara. (sumber: Heinz Frick: Membangun, membentuk, menghuni)


Panas Matahari dari pagi hingga sore merupakan faktor utama dari pembentuk iklim tropis, dengan sinar yang konstan dari pagi hingga sore, maka temperatur udara menjadi bisa diprediksi demikian pula dengan arah pergerakannya. Banyak orang merasa perlu mempertimbangkan secara khusus bila memiliki lahan menghadap ke barat karena cahaya dari arah barat seringkali panas dan tidak nyaman. Kondisi ini diakibatkan oleh berkumpulnya panas matahari dalam bangunan pada siang hari dan pada sore hari ditambahkan dengan sinar matahari langsung menghadap wajah bangunan. Biasanya wajah bangunan (tampak muka) merupakan bagian yang banyak dibuka dengan jendela dan pintu sehingga tak ayal hubungannya adalah dengan masuknya banyak sinar matahari.


Pergerakan udara atau angin juga layak mendapatkan perhatian utama, bila kita tidak berencana menggunakan AC. Pergerakan udara yang paling tepat adalah pergerakan udara silang, yaitu bila ada dua bukaan udara atau lebih seperti jendela dan ventilasi untuk mengalirkan udara dalam ruangan.


Secara tradisional banyak penyelesaian ditawarkan oleh leluhur kita untuk mengatasi panas matahari dengan
- membuat atap yang seperti payung,
- material bangunan yang dapat mendinginkan udara,
- menanam banyak pohon,
- memelihara tumbuhan disekitar rumah,
- memperbanyak dan memberdayakan area taman baik taman depan, samping, dalam, atau belakang.

- membuat bukaan-bukaan udara yang cukup untuk pergerakan udara,
- dan sebagainya. 

Karakter bangunan yang sesuai iklim untuk daerah Indonesia bisa dilihat dengan mudah pada jenis karakter bangunan yang ‘berhasil’ secara turun temurun di-getok-tular-kan secara tradisional. Atap yang seperti payung menghindarkan dari panas dan hujan sehingga kita merasa nyaman. Payung disini secara harfiah benar-benar seperti payung yang digunakan saat hujan dan panas. 





Desain karya Probo Hindarto, astudio. Dalam desain ini saya mencoba membuat alternatif bila sebuah rumah tidak memiliki lahan cukup untuk menanam pohon, bisa menggunakan pergola dan rak-rak tanaman semisal hidroponik untuk menanam tanaman dan menyejukkan udara rumah.


Material bangunan banyak yang memiliki kemampuan mendinginkan udara yang terlalu panas seperti atap ijuk atau susunan bilah bambu yang bisa menahan panas dan karena memiliki bagian-bagian terpisah maka bisa dialiri udara dimana angin ini membawa panas dari bagian tekstur material tersebut. Hal ini bisa kita adopsi dalam desain bangunan dengan memakai material ‘bertekstur’ seperti ijuk, ilalang, potongan-potongan bambu, sirap, dan sebagainya. Material lain yang mudah didapatkan dan diproduksi secara lokal adalah genteng tanah liat dimana genteng ini murah dan semakin banyak yang memproduksi secara lebih baik, lebih kuat dan tahan lama. Genteng tanah liat juga terlihat sangat alami dibandingkan dengan genteng lembaran seperti asbes atau baja.

Jenis atap dak beton semakin banyak digunakan oleh masyarakat kita, memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dak beton mudah dibuat dengan material pasir, semen dan besi dan bisa dikerjakan oleh tukang lokal. Kesan kuat dan modern seringkali menjadi alasan untuk menggunakan dak beton sebagai atap. Hanya dak beton memiliki kekurangan bila bocor, dan tidak ramah lingkungan karena panas baik memantulkan panas kembali ke angkasa, serta menyebabkan ruang dibawahnya menjadi panas juga. Banyak arsitek menyiasatinya dengan membuat taman diatas atap dak beton atau membuat kolam diatas dak, meskipun ini berarti penambahan biaya pembangunan.



Material lain bisa ‘mendinginkan’ bangunan diaplikasikan pada dinding berupa penambahan lapisan ‘secondary skin’ pada bangunan. Anda bisa melihat tulisan saya tentang secondary skin di web astudio ini. Pada tingkatan paling sederhana, secondary skin bisa dibuat dari tanaman rambat dimana kita menanam tanaman rambat pada dinding bangunan dan dengan demikian akan mendinginkan dinding tersebut. Panas matahari akan dikurangi dengan drastis untuk sampai ke dalam ruangan. Demikian juga dengan penambahan lapisan seperti bilah-bilah bambu didepan dinding yang mendapatkan sinar matahari langsung.


Mengatasi suhu ruangan yang panas dengan meninggikan plafon atau atap juga cara khusus yang alami tanpa AC. Tinggikan plafon lebih dari 3,5 meter yang artinya bisa berarti 4 atau 5 meter yang artinya sebenarnya ada tambahan biaya pembangunan, tapi dalam jangka panjangnya akan menghilangkan atau mengurangi penggunaan AC. 




Desain karya Probo Hindarto, astudio. Disini saya memadukan material alami yang mudah didapatkan, permainan bentuk garis dan bidang untuk menambah estetika, serta tidak menutup carport dengan perkerasan, tapi dengan grassblock. Tentunya akan lebih lengkap bila ditambahkan atap carport yang juga berfungsi sebagai media tanaman rambat atau pergola.



Menanam pohon dan memperbanyak tumbuhan disekitar rumah bisa mendinginkan udara, karena tanaman berfoto-sintesis dan menyerap air (H2O) dari udara serta kandungan air dalam daun dan batangnya bisa mendinginkan udara disekitar bangunan atau rumah. Memilih untuk menanam rumput dan menggunakan grassblock merupakan pilihan bijak, karena rumput menyerap panas matahari sehingga pantulan panasnya dikurangi dengan drastis. Lain dengan bila lahan disekitar bangunan diperkeras dengan semen, beton atau keramik, maka pantulan sinar matahari akan membuat bangunan makin panas.


Sumber: probohindarto.wordpress.com

Rumah Bungalow Dengan Konstruksi Kayu


 





Bangunan rumah bungalow ini didesain oleh Sebastien Verniers, sebuah bungalow yang dibuat dari konstruksi kayu pada sebagian besar bangunannya, dengan sedikit tambahan bangunan dari konstruksi beton dan bata ini tampak menarik dengan tekstur material alaminya. Konstruksi sederhana dan tepat guna memberikan nuansa tropis ditunjang oleh pemandangan alam sekitar. Arsitektur dengan bahan kayu makin jarang karena kayu semakin langka dan mahal, sehingga banyak material yang dibuat menjadi pengganti kayu seperti calciboard, atau komposit semen dengan finishing permukaan mirip kayu, sekaligus dengan kelebihan berupa tahan rayap dan tahan air.

Bangunan bungalow untuk liburan ini cukup menarik karena didesain untuk tidak memakai AC, artinya penghawaan alami dipertahankan. Memang pada bangunan semacam ini bila siang hari akan terasa panas, sehingga disinilah peran lantai satu yang lebih sejuk dan adanya teras akan membantu hawa alami untuk mengalir. Untuk mengatasi panas dan hujan, memakai atap yang seperti payung.
________________________________________________
by Probo Hindarto
© Copyright 2010 astudio Indonesia.
All rights reserved.

www.probohindarto.wordpress.com

107 Triliun e-Mail Dikirim pada 2010

Wow..107 Triliun e-Mail Dikirim pada 2010
email


Pengguna internet mengirimkan total 107 triliun email (surat elektronik) pada tahun lalu, sebagian besar dari mereka spam, menurut sebuah layanan pemantauan Web. Jumlah email yang dikirim tahun lalu antara fakta-fakta dan angka tentang Internet yang dikumpulkan oleh Pingdom dari berbagai sumber dan diterbitkan Kamis di oyal.pingdom.com/2011/01/12/internet-2010-in-numbers/.

Pingdom mengatakan bahwa pada Juni 2010, ada 1,97 miliar pengguna internet: 825,1 juta di Asia, 475,1 juta di Eropa, 266,2 juta di Amerika Utara, 204,7 juta di Amerika Latin dan Karibia, 110,9 juta di Afrika, 63,2 juta di Timur Tengah dan 21,3 juta di Oceania dan Australia.

Pingdom mengatakan rata-rata 294 miliar pesan email dikirim per hari dan sekitar 89 persen adalah spam. Ia mengatakan ada 2,9 miliar account email di seluruh dunia dan 152 juta blog. Total jumlah situs adalah 255 juta, kata Pingdom, naik 21,4 juta dibanding tahun sebelumnya.

Ia mengatakan, ada 88,8 juta nama domain .com, 13,2 juta nama domain .net, 8,6 juta nama domain. org dan 79.2 juta nama domain kode negara seperti .cn atau .uk. Pingdom juga menerbitkan angka pertumbuhan Twitter dan Facebook.

Twitter menambahkan 100 juta account baru pada tahun lalu dan memiliki total 175 juta hingga September, Pingdom mengatakan bahwa 25 miliar pesan atau "tweets" dikirim pada 2010. Facebook memiliki hampir 600 juta pengguna pada akhir tahun dengan 250 juta bergabung pada 2010.

Sumber: republika.co.id

Pengguna BlackBerry "Black Market " Mencapai 1 Juta


BlackBerry Selundupan (detik)


Dari tiga juta pelanggan BlackBerry yang berlangganan layanan melalui enam operator seluler di Indonesia, satu juta di antaranya menggunakan ponsel keluaran black market.

Demikian disampaikan Menkominfo Tifatul Sembiring dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, Senin (17/1/2011). Menkominfo menyampaikan laporan setelah bertemu dengan perwakilan Research in Motion (RIM) hari ini.

"Dari tiga juta pelanggan BlackBerry di Indonesia, dua juta yang resmi dan satu juta dari black market. Meski pakai black market, namun mereka tetap legal dan jadi sumber pemasukan operator dan RIM," kata Tifatul.

Dengan rata-rata biaya bulanan Rp 100 ribu hingga Rp 150 ribu, lanjut dia, sekitar US$ 7-8 langsung masuk kantong RIM di Kanada tanpa bayar pajak di Indonesia.

"Yang bayar pajak dan membangun infrastruktur lokal hanya operator. Sementara RIM tanpa membangun bisa menikmati pendapatan Rp 189 miliar per bulan atau Rp 2,3 triliun per tahun," ketus menteri.

Sumber: detiknet.com

4 Poin Hasil Pertemuan Kominfo dengan RIM


Menkominfo Tifatul Sembiring 


Tak banyak isu yang dibahas dalam pertemuan antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Research In Motion Senin (17/1/2011) kemarin. Jika dirangkum, hasil yang disepakati cuma ada 4 poin. Apa saja?

Berikut adalah 4 poin hasil pertemuan antara delegasi produsen BlackBerry itu dengan Kominfo yang juga sudah disampaikan Menkominfo Tifatul Sembiring kepada Komisi I DPR-RI dalam rapat dengar pendapat tadi malam:

1. RIM telah berkomitmen untuk memenuhi tuntutan yang diminta oleh pemerintah dalam penyediaan pusat layanan purna jual dan sekarang telah memiliki lebih dari 40 Customer Care resmi (BlackBerry Authorized Customer Care Center). Namun demikian, Kominfo tetap akan memantau kebenaran dan validitas serta efektifitas 40 pusat layanan purna jual tersebut.

2. RIM akan membahas kemajuan terkait fasilitasi akses lawful interception (penyadapan) bagi penegak hukum Indonesia, yang selanjutnya akan dibahas secara tertutup antara Kementerian Kominfo dan RIM.
  
3. RIM telah berkomitmen untuk melakukan pemblokiran akses konten internet negatif, dan untuk itu tim teknis Kominfo, perwakilan 6 penyelenggara telekomunikasi yang menyediakan layanan BlackBerry dan perwakilan RIM langsung secara intensif membahas persiapan filtering atau pemblokirannya.

Dalam konteks ini, Kominfo tetap pada posisi bahwa pelaksanaan teknis filtering atau pemblokiran konten internet negatif tersebut harus dilakukan paling lambat tanggal 21 Januari 2011.

4. RIM melaporkan bahwa mereka akan membangun sebuah Regional Network Aggregator di lokasi yang belum disebutkan. Regional Network Aggregator ini akan mengurangi biaya secara signifikan untuk carrier partner (para penyelenggara telekomunikasi) di Indonesia dan meningkatkan kinerja untuk para pengguna BlackBerry. Carrier partner Indonesia hanya perlu untuk menunjang trafik pengiriman data ke regional node.

Seperti diketahui, pada 17 Januari 2011 pagi kemarin, telah berlangsung pertemuan antara Kominfo dengan RIM. Pihak Kominfo dipimpin langsung oleh Plh Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan dan didampingi oleh Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Sukri Batubara dan Dirjen Aplikasi Informatika Ashwin Sasongko.

Turut hadir pula dari pihak Indonesia adalah seluruh anggota Komite Regulasi Telekomunikasi – BRTI, serta perwakilan 6 penyelenggara telekomunikasi (Telkomsel, Indosat, XL Axiata, Smart Telecom, HCPT dan NTS).

Sedangkan pihak RIM dipimpin langsung oleh Gregory Wade (Managing Director of Asia Pasific Region RIM) dan didampingi oleh Jason Saunderson (Director Government Relations RIM), Richard Bale (Atase Perdagangan Kedutaan Besar Kanada di Indonesia),  Oliver Philgerstorfer (Senior Public Relation Manager RIM South East Asia) dan beberapa pejabat lainnya.

Sumber: detiknet.com

Geliat Industri Kimia dalam Perjalanan Sejarah Islam

Geliat Industri Kimia dalam Perjalanan Sejarah Islam
 

Kemajuan di bidang kimia tak terhenti pada konsep dan kajian. Namun, ilmuwan Muslim membuat tero bosan penting hingga lahirlah industri. Berbagai produk yang bermula dari inovasi dalam ranah ini bertebaran di kota-kota Islam. Tak hanya memberi manfaat fungsional, tetapi juga mendorong kemajuan ekonomi.

Sejak awal, ilmuwan Muslim berkomitmen mengembangkan kimia. Mereka melakukan kajian dan menuliskannya dalam serangkaian karya. Sejumlah risalah, misalnya yang ditulis oleh ahli kimia terkemuka, Jabir ibnu Hayyan, menggambarkan bagaimana menghasilkan zat kimia tertentu, yang menjadi bahan baku industri secara rinci.

Jabir, ungkap Ehsan Masood melalui karya Ilmuwan Muslim Pelopor Hebat di Bidang Sains Modern, berhasil menemukan proses kimiawi, seperti reduksi, sublimasi, dan penyulingan. Dia menciptakan bahan alembik, tabung penelitian sederhana untuk memanaskan cairan.

Alembik bisa mengubah anggur menjadi alkohol. Namun, di tangan ilmuwan Muslim, alkohol tidak dialihkan sebagai bahan minuman keras. Sebaliknya, pembuatan bahan alkohol menjadi proses kunci untuk sejumlah industri kimia yang berkembang di peradaban Islam.

Termasuk produksi parfum, tinta dan bahan celup, obat-obatan ataupun bahan kimia tertentu. Jabir juga menemukan jenis asam, antara lain asam sulfat, asam hidrokolat, dan asam nitrat, yang bisa melarutkan logam serta banyak dipakai di industri kerajinan logam dan lainnya.

Berbagai penguasaan teknik kimiawi dari sarjana Muslim menumbuhkan semangat para industriawan. Peradaban Islam lantas memunculkan sederet industri penting, seperti industri farmasi, tekstil, perminyakan, kesehatan, makanan dan minuman, perhiasan, hingga militer.

Selain itu, ada juga industri baja, pembuatan kertas, pembuatan keramik, kerajinan tanah liat, pembuatan gelas dan kaca, pertanian, ekstraksi mineral, industri logam, dan produk kimia lainnya. Umat Islam pun telah memiliki pabrik kaca skala besar di beberapa kota di Timur Tengah.

Sentra-sentra industri kaca bermunculan di banyak tempat dan masing-masing punya ciri khas dalam hal bentuk dan desain. Menurut Ahmad Y al-Hassan dan Donald R Hill dalam bukunya Islamic Technology: An Illustrated History, produk umat Islam mencerminkan karakter unik dari masing-masing pusat pembuatannya.

Sammara, Irak, pada abad ke-9 mejadi salah satu sentra industri produk tersebut. Selain itu, ada pula di Mosul, Najat, serta Baghdad. Sedangkan, di Suriah, Kota Damaskus merupakan sentra produksi yang terkenal meskipun di kota lainnya juga ada, seperti di Aleppo, Raqqa, Armanaz, Tyre, Sidon, Acre,dan Rasafa.

Al Hassan mengungkapkan, produk yang dibuat di Suriah sangat populer sepanjang peradaban Islam hingga berkembangnya industri yang sama di Venesia, Italia, pada abad ke13. Orang-orang Barat mengetahui teknik pembuatan produk tersebut pada abad ke-13 hingga ke-17, lalu mereka mengembangkan industri di Eropa.

Di Indishapur, penelitian kimia mengantarkan umat Muslim pada pencapaian teknologi pemurnian gula. Selanjutnya, inovasi teknik ini dipergunakan pada industri gula di Khuzistan. Lalu, menyebar ke seluruh negeri Islam hingga Spanyol. Penemuan penting lain pada era keemasan adalah sabun.

Sentra industri sabun berada di Kufah, Basrah, dan Nablus di Palestina. Kemajuan industri ini dicatat ahli geografi, al-Maqdisi. Dalam risalahnya Ahsan al-Taqasim fi Ma`rifat al-Aqalim, ia menyatakan bahwa Kota Nablus sudah terkenal sebagai sentra produksi sabun pada abad ke-10 dan sebagian hasilnya diekspor ke negara-negara Islam.

Hadirnya produk sabun turut men dorong berkembangnya gaya hidup sehat dan bersih di kalangan masyarakat Muslim sejak abad ke-7. Bahan utama pembuatan sabun, ungkap al-Hassan, adalah minyak sayuran, misalnya minyak zaitun serta minyak aroma.Tokoh penting di balik penemuan formula pembuatan sabun adalah al-Razi, kimiawan asal Persia.

Ketika itu, sabun yang diproduksi umat Muslim sudah berbentuk sabun cair dan padat serta menggunakan bahan pewangi dan pewarna. Dokter Muslim asal Andalusia, Abu al-Qasim al-Zahrawi (936-1013), juga menulis resep pembuatan sabun di dunia Islam. Selain itu, fondasi industri parfum ditopang oleh teknik dan rekayasa kimia.

Pembuatan parfum


Dua ahli kimia, yakni Jabir ibnu Hayyan dan al Kindi, melalui berbagai penemuan dalam proses kimia sanggup menghasilkan formula luar biasa yang bermanfaat bagi pembuatan parfum dengan aneka jenisnya. Sejumlah ahli lainnya juga menaruh perhatian besar terhadap teknik pembuatan parfum. Tak kurang dari sembilan risalah teknis bagi produksi parfum sudah dihasilkan, seperti disampaikan al Ishbilli, kimiawan Muslim berpengaruh pada abad ke-12.

Namun, harus diakui, pengembangan industri parfum di dunia Islam mencapai tahapan mengagumkan berkat kontribusi Ibnu Hayyan. Dia dijuluki Bapak Kimia Modern. Tak tanggung-tanggung, tokoh ini melahirkan beberapa metode penting, seperti penyulingan, penguapan, dan penyaringan, yang sangat efektif untuk mengambil aroma wewangian dari tumbuhan dan bunga dalam bentuk minyak.

Intinya, umat Islam menorehkan prestasi tinggi. Terutama, dengan dikembangkannya teknik dan proses ekstraksi wewangian melalui teknologi distilasi uap. Pencapaian ini sangat berpengaruh pada kemajuan industri parfum masa berikutnya. Bahan ramuan parfum temuan ahli kimia Muslim banyak diikuti oleh kalangan industri parfum di dunia Barat.

Demikian halnya industri mesiu mengalami pencapaian signifikan sejak abad ke-7. Seorang ahli kimia bernama Khalid bin Yazid memperkenalkan bahan potasium nitrat yang menjadi bahan utama pembuatan mesiu. Karya Ibnu Hayyan dan alRazi juga menyinggung soal potasium nitrat.

Sumber: republika.co.id

Kemajuan Dunia Kedokteran dalam Sejarah Islam

Potret Kemajuan Dunia Kedokteran dalam Sejarah Islam
 
 
Ilmuwan bernama Ehsan Masood mengungkap fakta. Dalam bukunya, 'Science in Islam', ia menyebutkan bahwa ilmu kedokteran merupakan bidang sains yang paling produktif di masa awal Islam. Ini bukan begitu saja terjadi, namun ada latar belakang sebagai pijakan berkembangnya ilmu kedokteran.

Aspek medis dan kesehatan, sudah mendapat perhatian besar Rasulullah SAW semasa hidupnya. Inilah yang mengilhami pencapaian luar biasa umat Islam dalam ilmu kedokteran. Banyak ayat Alquran dan hadis yang berkaitan dengan persoalan kesehatan. Di lapangan, umat telah mempraktikkan ajaran Nabi Muhammad terkait kesehatan.

Bahkan, para Muslimah misalnya, secara sukarela menjadi tenaga perawat untuk mendukung perjuangan yang dilakukan pasukan Islam dalam sejumlah pertempuran. Pemanfaatan teknik pengobatan dan ilmu kedokteran terus berlanjut. Pada masa selanjutnya, terjadi pula transfer ilmu dari masa Yunani kuno.

Literatur-literatur medis dari peradaban lama diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan Suriah pada abad ke-7 hingga ke-9. Khalifah al Ma'mun dari Dinasti Abbasiyah, mendorong gerakan gerakan pengalihbahasaan literatur penting itu. Bahkan, khalifah memberikan imbalan besar bagi ilmuwan yang melakukan penerjemahan.

Tak jarang, proses penerjemahan juga melibatkan para sarjana Kristen atau Yahudi. Salah satu karya besar yang diterjemahkan adalah buku de Materia Medica yang ditulis pada abad ke-1 oleh Dioscorides. Dia adalah dokter bedah asal Yunani yang bekerja di kententaraan Romawi.

Beberapa karya monumental dari Gelanus, dokter asal Yunani, turut dialihbahasakan. Salah satu penerjemah paling masyhur adalah Hunayn ibn Ishaq (809-873). Tokoh kelahiran al Hira ini tercatat sudah menerjemahkan sekitar 116 karya, termasuk menuliskan 21 buku bidang kedokteran.

Islam juga mengenal sejumlah penerjemah lain, seperti Jurjis ibnu Bakhtisliu dan Yuhana ibn Masawaya. Selain itu, penerjemahan literatur medis dari para dokter dan tabib India serta Persia kuno juga gencar dilakukan. Peter E Poorman dan Emilie SavageSmith melalui bukunya, Medieval Islamic Medicine, mengatakan teks itu menjadi rujukan.

Berdasarkan teks-teks terjemahan, ujar mereka, para ilmuwan Muslim meneliti, menyempurnakan, sekaligus mengembangkan teknik pengobatan baru. Agar mudah dipahami, dipelajari, dan diaplikasikan, umat Islam membuat karya itu lebih sistematis. Ini terwujud lewat daftar indeks, ensiklopedia, atau kesimpulan.

Para ilmuwan Muslim juga memadukan teknik medis dari beragam peradaban sehingga ditemukan cara pengobatan yang lebih baik. Atas dasar fakta tersebut, tak heran jika Poorman dan Smith kurang sependapat dengan anggapan bahwa dokter Muslim hanya mengambil mentah-mentah ilmu kedokteran dari Yunani kuno.

Sejarawan Philip K Hitti menyatakan, ketika Eropa memasuki zaman kegelapan, peradaban Islam mengalami masa keemasan. Termasuk, dalam ilmu kedokteran. Ia mengungkapkan, banyak kemajuan yang mampu dicapai bangsa Arab pada masa tersebut.

Mereka, jelas Hitti, membangun apotek pertama, sekolah farmasi, dan buku daftar obat-obatan. Berdiri pula banyak balai pengobatan serta rumah sakit besar di sejumlah kota utama Islam. Misalnya, Damaskus, Kairo, hingga Baghdad, yang menandai kegemilangan kaum Muslim di ranah kedokteran.

Sir John Bagot Glupp, seorang sejarawan, mengatakan pada masa itu rumah sakit di dunia Islam berfungsi ganda. Rumah sakit tak hanya untuk merawat pasien, tetapi juga tempat para dokter mengasah dan mengembangkan keahliannya. Layaknya sekarang, rumah sakit Islam tak membedakan latar belakang pasien.

Baik pemeluk Islam, Kristen, maupun Yahudi, semuanya memperoleh pelayanan terbaik dan tanpa mengeluarkan dana sepeser pun. Tenaga dokter dan perawatnya berasal dari beragam etnis dan agama. Catatan sejarang menyingkap, rumah sakit pertama berada di Damaskus pada 707 Masehi.

Rumah sakit itu dibangun pada masa pemerintahan Khalifah al-Walid ibnu Abdul Malik. Bahkan, untuk pertama kali, rumah sakit ini mengenalkan sistem dokter spesialis. Pada 872 Masehi, rumah sakit umum dibangun di Kairo. Di kota yang sama, berdiri pula rumah sakit paling modern abad pertengahan, yaitu RS al-Mansuri.

Rumah sakit ini dibangun Sultan alMansur pada 1285. Menurut pakar sejarah, Will Durant, tersedia fasilitas lengkap di sana. Di samping terdapat ruang perawatan pasien, ada pula laboratorium, perpustakaan, dapur, kamar mandi, gudang obat-obatan, serta ruang studi.

Pada abad ke-11, di setiap kota Islam sudah berdiri beberapa rumah sakit. Kordoba di Spanyol, setidaknya memiliki 50 rumah sakit yang representatif pada masa Abu al-Qasim alZahrawi (Abulcasis). Di Tunisia, Pangeran Ziyadad I membangun RS al Qayrawan pada 830 Masehi. Fasilitas umum itu dibangun di Kota al-Dimnah.

Rumah sakit ini telah menerapkan pemisahan antara kamar rawat pasien dan ruang tunggu pengunjung. Lalu di Maroko, Khalifah al-Mansur Ya'qub ibnu Yusuf pada 1190 membangun RS Marakesh. Ini menjadi rumah sakit terbesar dan terindah pada masanya. Sebuah taman asri membuat suasana rumah sakit ini menjadi begitu nyaman.

Studi kedokteran turut berkembang. Sir John Bagot Glubb menjelaskan, sekolah kedokteran Islam pertama hadir di Kota Baghdad pada masa kekhalifahan Abdullah al Ma'mun (786-833).
"Ketika sistem sudah terbangun, para dokter dan ahli mendapat tugas memberikan kuliah bagi para siswa kedokteran," paparnya.

Sumber: republika.co.id

Al Khazin, Ahli Matematika dan Astronomi Islam

Mengenal Al Khazin, Ahli Matematika dan Astronomi Islam
 
 
Dari wilayah Marv, Khurasan, Iran, lahir seorang ahli matematika terkemuka di dunia Islam. Dia bernama Abu Ja'far Muhammad bin Muhammad Al-Husayn Al-Khurasani Al Khazin. Keahliannya dalam menyajikan rumus dan metode perhitungan untuk menguraikan soal-soal rumit begitu dikagumi dan dijadikan rujukan hingga berabad-abad kemudian.

Tidak diketahui secara pasti tahun kelahiran tokoh ini. Akan tetapi, para sejarawan memperkirakan Al-Khazin meninggal dunia antara 961 dan 971 Masehi. Selain dikenal sebagai ahli matematika, semasa hidup ia juga seorang fisikawan dan astronom yang disegani.

Merujuk pada sejumlah catatan sejarah, Al-Khazin merupakan satu dari sekian banyak ilmuwan yang telah lama dilupakan. Namanya baru mencuat kembali pada masa-masa belakangan ini. Di dunia Barat, Al-Khazin dikenal sebagai Alkhazen. Ejaan dalam bahasa Eropa menyebabkan ketidakjelasan identitas antara dia dan Hasan bin Ibnu Haitsam.

Hal inilah yang merupakan salah satu penyebab nama Al-Khazin sedikit tenggelam. Al-Khazin merupakan ilmuwan zuhud. Dia menjalani hidup sederhana dalam hal makanan, pakaian, dan sebagainya. Ia sering menolak hadiah para penguasa dan pegawai kerajaan agar tidak terlena oleh kesenangan materi.

Beberapa guru tenar menghiasi rekam jejak Al-Khazin saat masih menimba ilmu. Salah satu gurunya bernama Abu Al-Fadh bin Al-Amid, seorang menteri pada masa Buwayhi di Rayy. Al-Khazin menuangkan pemikirannya dalam sejumlah risalah bidang matematika dan telah memperkaya khazanah keilmuan di dunia Islam.

Sebut saja, misalnya Kitab al-Masail al-Adadiyya yang di dalamnya tercantum karya Ibnu Majah, yaitu al-Fihrist edisi Kairo, Mesir. Karyanya yang paling terkenal adalah Matalib Juziyya mayl alMuyul al-Juziyya wa al-Matali fi al-Kuraal Mustakima. Seluruh kemampuan intelektualnya dia curahkan pada karya ini.

Termasuk perhitungan rumus teorema sinus untuk segitiga. Seperti tercantum dalam buku al-Fihrist edisi Kairo, AlKhazin pernah memberikan komentar ilmiah terhadap buku Element yang ditulis ilmuwan Yunani, Euclides, termasuk bukti-bukti yang diuraikannya menyangkut kekurangan serta kelemahan pemikiran Euclides.

Kontribusi luar biasa Al-Khazin mencakup peragaan rumus untuk mengetahui permukaan segitiga sebagai fungsi sisisisinya. Ia mengambil metode penghitungan setiap sisi kerucut. Dengan itu, dirinya berhasil memecahkan bentuk persamaan x3 + a2b = cx2. Di ranah matematika, persamaan itu sangat terkenal.

Ini merupakan sebuah soal matematika rumit yang diajukan oleh Archimedes dalam bukunya The Sphere and the Cylinder. Sayangnya, seperti disebutkan pada buku Seri Ilmuwan Muslim Pengukir Sejarah, sekian banyak teks dan risalah ilmiah Al-Khazin tak banyak tersisa pada masa kini.

Hanya beberapa saja yang masih tersimpan, di antaranya komentarnya terhadap buku ke10 dari Nasr Mansur dalam Rasail Abi Nasr ila al-Biruni. Jejak keilmuan Al-Khazin juga dapat ditelusuri dalam lingkup astronomi. Dia mengukir prestasi gemilang melalui karyakaryanya. Salah satu yang berpengaruh adalah buku berjudul Zij as Safa'ih.

Al-Khazin mempersembahkan karya itu untuk salah satu gurunya, Ibnu Al Amid. Ia juga membahas tentang peralatan astronomi untuk mengukur ketebalan udara dan gas (sejenis aerometer). Saat nilai ketebalan bergantung pada suhu udara, alat ini merupakan langkah penting dalam mengukur suhu udara dan membuka jalan terciptanya termometer.

Manuskrip karya Al-Khazin tersebut tersimpan di Berlin, Jerman, namun hilang ketika berkecamuk Perang Dunia II. Oleh astronom terkemuka, Al-Qifti, karya itu dianggap sebagai subyek terbaik dan sangat menarik untuk dipelajari. Buku Zij as Safa'ih menuai banyak pujian dari para ilmuwan.

Menurut Al-Biruni, beragam mekanisme teknis instrumen astronomi berhasil diurai dan dijelaskan dengan baik oleh Al-Khazin. Tokoh ternama ini pun kagum atas sikap kritis Al-Khazin saat mengomentari pemikiran Abu Ma'syar dalam hal yang sama. Tokoh lain yang menyampaikan komentarnya adalah Abu Al-Jud Muhammad Al-Layth.

Ia menyatakan, pendapat Al-Khazin mengenai cara menghitung rumus chord dari sudut satu derajat. Dalam Zij disebutkan, soal itu bisa dihitung apabila chord dibagi menjadi tiga sudut. Sementara itu, Abu Nash Mansur memberikan koreksi atas sejumlah kekurangan yang terdapat pada karya Al-Khazin itu.

Penetapan inklanasi ekliptika tak luput dari perhatian Al-Khazin. Persoalan astronomi ini sudah mengemuka sejak zaman Archimedes. Para ilmuwan Muslim seperti Al-Mahani, meninggal pada 884 Masehi, yang pertama mengangkat kembali tema ini. Oleh AlKhazin, hal itu kembali dipelajari dan dia berhasil menjabarkannya dengan baik.

Menurut Al-Khazin, pembagian bola dengan sebuah bidang datar dalam satu rasio ditentukan dengan menyelesaikan persamaan pangkat tiga. Demikian ilmuwan ini menyelesaikan soal astronomi tadi yang segera mendapatkan pujian dari astronom-astronom lainnya.

Terdapat beberapa aspek penting yang dikupas oleh Al-Khazin dalam buku astronomi yang ia tulis. Dalam Zij, ia menunjukkan penetapan titik derajat tengah atau cakrawala yang kemiringannya tidak diketahui sebelumnya. Ia juga mampu menghitung sudut matahari melalui penentuan garis bujur.

Sumbangsih lain adalah menyangkut penentuan azimut atau ukuran sudut arah kiblat dengan memakai peralatan tertentu. Al-Khazin berhasil mengenalkan metode hitung segitiga sferis. Komentar-komentarnya cukup mendalam terhadap karya astronomi lain, misalnya, ia pernah menulis sebuah komentar atas Almagest karya Ptolemeus.

Subjek yang ia bahas adalah tentang sudut kemiringan ekliptik. Sebelumnya, rumus itu dikenalkan Banu Musa pada 868 Masehu di Baghdad, Irak. Ia juga mencermati hasil pengamatan AlMawarudzi, Ali bin Isa Al-Harrani, dan Sanad bin Ali. Hal ini terkait dengan penentuan musim semi dan musim panas. Sementara itu, melalui tulisannya yang berjudul Sirr al-Alamin, Al-Khazin mengembangkan lebih jauh gagasan-gagasan dari Ptolemeus yang terdapat pada buku Planetary.

Sumber: republika.co.id

Banu Musa, Ilmuwan Islam yang Berperan Besar dalam Matematika






Rekayasa mekanika melambungkan nama Banu Musa di khazanah sains Islam. Melalui kemampuannya, Banu Musa menciptakan berbagai peralatan mesin yang terbilang pada masanya. Namun, sebenarnya bukan itu saja prestasinya. Banu Musa menoreh kan prestasi gemilang di ranah matematika.

Kepakaran Banu Musa dalam matematika bahkan layak disejajarkan dengan sejumlah tokoh besar lainnya, seperti al-Khawarizmi (780-846 Masehi), al-Kindi (801-873), atau Umar Khayam (1048-1131). Matematika dijadikan pijakan bagi Banu Musa untuk menopang kemampuanya di bidang teknik.

Perlu diketahui, Banu Musa, atau keluarga Mu sa, terdiri dari tiga bersaudara: Jafar Mu hammad bin Musa bin Shakir, Ahmad bin Musa bin Shakir, dan al-Hasan bin Musa bin Shakir. Ketiganya merupakan putra dari seorang cendekiawan terkemuka abad ke-8, yakni Musa bin Shakir.

http://1.bp.blogspot.com/_qKFSL59uH3c/TO9cxuhYqbI/AAAAAAAAASc/4qNt_AC34tA/s1600/Banu_Musa.jpg


Banu Musa ikut andil dalam mendorong kemajuan ilmu pengetahuan di dunia Islam. Bahkan, Banu Musa termasuk saintis Muslim pertama yang mengembangkan bidang ilmu hitung di dunia Islam melalui transfer pengetahuan dari peradaban Yunani. Lalu, Banu Musa membangun konsep dan teori baru, khususnya pada lingkup geometri. Dari tiga saudara tadi, adalah si sulung Jafar Muhammad yang berada di baris depan dalam kajian geometri. Selanjutnya diikuti oleh al-Hasan.

Sementara itu, Ahmad bin Musa membawa konsep matematika kepada aspek mekanika. Mereka terus bekerja bersama-sama hingga mencapai hasil yang sempurna. Banu Musa sangat tertarik dengan manuskrip ilmiah dari Yunani. Salah satunya berjudul Conics. Keseluruhan karya Appollonius ini terdiri dari delapan jilid. Diungkapkan Jere L Bacharach dalam Medieval Islamic Civilization, topik utama dari naskah tersebut membahas tentang geometri.

Banu Musa meminta bantuan dua sarjana terkemuka, yaitu Hilal bin Abi Halal al-Himsi dan Thabit bin Qurra, untuk menerjemahkan karya itu ke dalam bahasa Arab. Dalam buku MacTutor History of Mathematics, sejarawan sains John O’Connor dan Edmund F Robertson menyebut Banu Musa sebagai salah satu peletak dasar bidang geometri.

Banu Musa berhasil menghubungkan konsep geometri dari matematika Yunani ke dalam khazanah keilmuan Islam sepanjang abad pertengah an. Di kemudian hari, Banu Musa menyusun risalah penting tentang geometri, yakni Kitab Marifat Masakhat al-Ashkal. Kitab tersebut sangat terkenal di Barat. Menyusul penerjemahannya ke dalam bahasa Latin pada abad ke-12 oleh Gerard of Cremona dengan judul Libertrium Fratum de Geometria.

Menurut O’Connor dan Robertson, terdapat beberapa kesamaan metodologi dan konsep geometri dari Banu Musa dengan yang diusung Apollonius. Namun, keduanya menegaskan pula bahwa banyak pula perbedaan yang muncul. Sebab, Banu Musa melakukan perbaikan dan membangun rumusrumus baru yang terbukti sangat efektif. Lebih jauh, Banu Musa menyempurnakan metode persamaan yang dirintis Eudoxus dan Archimedes.

Pakar matematika Muslim itu menambahkan rumus poligon dengan dua bidang sama luas. Sebelum diteruskan oleh Banu Musa, metode ini tidak banyak mendapat perhatian dan nyaris hilang dimakan zaman. Di sisi lain, Banu Musa membangun pola lebih maju terkait penghitung an luas serta volume yang mampu dijabarkan lewat angka-angka.

O’Connor dan Robertson mengungkapkan, penggunaan sistem angka merupakan keunggulan dari metode geo metri awal warisan peradaban Islam. Hal lain diungkapkan oleh Shirali Kadyrov melalui tulisannya Muslim Contributions to Mathematics.

Menurut dia, Banu Musa juga menje laskan mengenai angka konstan phi. Ini adalah besaran dari hasil pembagian diameter lingkaran. Banu Musa mengatakan, konsep ini pernah dipakai Archimedes. Namun, pada saat itu pemikiran Archimedes dinilai masih kurang sempurna. Sezgin, seorang ahli matematika Barat, menganggap bukti temuan Banu Musa merupakan fondasi kajian geometri pada masa berikutnya.

Hal serupa disampaikan Roshidi Rashed dalam History of a Great Number. Di samping itu, mereka menciptakan pemecahan geometri dasar untuk menghitung luas volume. Laman isesco.org menyatakan, sumbangan Banu Musa yang lain yakni ketika menemukan metode dan praktik geometri yang ringkas serta mudah diaplikasikan.

Dalam membentuk lingkaran, misalnya, bisa dikerjakan dengan memakai besi siku atau jangka. Masing-masing ujung besi siku itu diletakkan di titik berbeda. Kemudian diambil sudut tertentu. Ambil salah satu ujung sebagai tumpuan dan ujung lainnya diputar melingkar. Maka dihasilkan sebuah lingkaran sempurna.

Berdasarkan pengamatan Victor J Katz dan Annete Imhausen pada The Mathematics of Egypt, Mesopotamia, China, India and Islam, kajian geometri mencapai tahap tertinggi melalui pemikiran dan karya Banu Musa. Inti gagasan mencakup sejumlah operasi penghitungan kubus, lingkaran, volume, kerucut, dan sudut.

Selain Kitab Marifat, Muhammad bin Musa menulis beberapa karya geometri yang penting. Salah satunya menguraikan tentang ukuran ruang, pembagian sudut, serta perhitungan proporsional. Hal ini terutama digunakan untuk menghitung pembagian tunggal antara dua nilai tertentu. Sedangkan, al-Hasan mengerjakan penelitian untuk menjabarkan sifat-sifat geometris dari elips.

Sumber: republika.co.id

Ditemukan Obat Penyakit Jantung dari Papua

 
Suplemen Antijantung Koroner Ditemukan
 

Suplemen Antijantung Koroner Ditemukan


Made Budi, dosen dan peneliti Universitas Cenderawasih, Jayapura, Papua, kembali menemukan suplemen untuk mengatasi sakit jantung koroner, darah tinggi, kolesterol, dan memperkuat arteri jantung. Temuan ini berupa kombinasi antara cokelat Papua dan sari buah merah.

Made Budi yang hadir dalam seminar tentang kesehatan jantung di Kupang, Nusa Tenggara Timur,  Selasa (18/1/2011), mengatakan, cokelat atau theobroma cacao Papua sangat berpotensi untuk bahan farmasi, terutama bahan dasar food supplement. Dari sisi medis, lemak cokelat sangat cocok untuk terapi jantung.

Dalam penelitian selama dua tahun, Made Budi menemukan, komposisi asam lemak minyak cokelat hampir 85 persen disusun oleh asam lemak rantai sedang terutama, dengan stearat C10-35 persen. Selain itu, biji cokelat juga mengandung antioksidan fenol yang berfungsi menghambat oksidasi LDL (lemak jahat).

Cokelat juga banyak mengandung polifenol yang banyak ditemukan pada anggur merah dan buah merah. Penemu sari buah merah untuk kesehatan tahun 2005 ini mengatakan, hasil penelitian yang melibatkan subyek manusia, mengonsumsi coklat juga menghasilkan kolesterol total dan kolesterol LDL yang sangat rendah dibandingkan dengan mengonsumsi lemak sapi atau mentega. Walau sama-sama mengandung lemak, ternyata efek kolesterol sangat berbeda.

”Kandungan asam lemak buah merah didominasi oleh asam oleat sebanyak 50 persen, sedangkan asam oleat pada cokelat hanya 7 persen. Perbedaan kandungan dari dua jenis tanaman berbeda ini mendorong saya melakukan kajian ilmiah dan menformulasikannya untuk kesehatan manusia,” kata Made.

Dari hasil kajian ini, peneliti melakukan inovasi kombinasi antara sari buah merah (red fruit oil) dan minyak cokelat (chocolate oil). Produk ini diberi nama Food Supplement 2010.

Komposisi dari hasil kombinasi sari buah merah dan minyak cokelat itu terdiri atas asam lemak cokelat yang terdiri dari asam palmitat mengandung 24,8 persen, asam margariat 27,3 persen, asam oleat 7,3 persen, asam stearat 37,8 persen, dan asam eicosadinoat 1,3 persen. Sementara mineral terdiri dari besi (Fe) 40,36 ppm, kalium (K) 74,34 ppm, magnesium (Mg) 65,79 ppm, dan fosfor (P) 203 ppm.

Sumber: kompas.com

Geely Panda, Mobil Termurah di Indonesia

Geely Panda, Mobil Termurah di Indonesia

Geely Panda


Perusahaan mobil swasta terbesar di China, PT Geely Mobil menjual mobil Rp98 juta per unit dengan merek Geely Panda. "Harga itu dapat disebut termurah di Indonesia untuk saat ini dengan kelas 1.300 CC," kata Presiden Direktor PT Geely Mobil Indonesia, Budi Pramono.

Dikatakannya, harga tersebut jauh lebih murah dibanding jenis mobil sejenis, produk dari Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat.

"Meskipun mutunya tidak kalah, Geely akan menjual harga yang lebih murah agar dalam waktu tiga tahun ke depan, pihaknya dapat mengambil pangsa pasar yang lebih besar dan luas," katanya.

Di antara segmen citycar yang beredar di Indonesia Geely Panda memiliki nilai lebih dan efisien dibandingkan kompetitornya. Baik karena harganya yang di bawah seluruh citycar Jepang yakni Rp98 juta on the road Jakarta, maupun desainnya yang stylish serta mesin 4 silinder berkapasitas 1.343 CC yang dapat menghasilkan tenaga terbesar 85 horse power (tenaga kuda) paling besar di kelasnya.

Geely panda, katanya, yang dikirim ke Indonesia tipe GL yang dilengkapi berbagai feature standar seperti kantong udara (airbags) untuk penumpang depan, head unit double DIN, pelek berbahan alumunium alloy, power window untuk keempat pintu dan masih banyak lagi. Sedangkan type yang lain Standar GS.

Sumber: republika.com

Aksi Tokoh Lintas Agama Akan Berakhir Kebohongan Juga

Abdul Mu'ti
Abdul Mu'ti

Sejumlah tokoh lintas agama yang beraksi mengkritik kebohongan pemerintah telah bertemu dengan Presiden SBY. Kritikan tokoh agama ini dinilai akan berakhir seperti sebuah kebohongan juga.

Hal itu diungkapkan anggota Badan Pekerja Forum Tokoh Lintas Agama, Abdul Mu’ti. Menurutnya, dengan tidak adanya tenggat waktu yang diberikan kepada pemerintah untuk menjawab kritik, maka aksi tokoh agama akan berakhir sia-sia.

“Selama ini dalam pembicaraan Badan Pekerja belum pernah ada penentuan batas waktunya. Memang kalau seperti ini akan seperti kasus-kasus kebohongan pemerintah juga,” ungkapnya kepada matanews.com di Jakarta, Rabu 19 Januari 2011.

Mantan Ketua Pemuda Muhammadiyah ini mengatakan, hingga kini belum ada pembahasan lebih lanjut dalam forum lintas agama, aksi apa yang akan ditempuh bila pemerintah tidak menjawab kritik kebohongan keberhasilan SBY-Boediono. Meski begitu, ia menegaskan, pemakzulan bukanlah solusi yang akan diambil.

Penggagas pertemuan tokoh agama dengan Presiden SBY, Din Syamsuddin menjelaskan, kritik yang disampaikan sejumlah tokoh lintas agama merupakan sikap dan pernyataan bersama. Din membantah bila kritik tersebut merupakan sikap pribadinya.

“Itu sikap secara kolektif yang disetujui 8 tokoh lintas agama. Saya dinyatakan provokator, itu sikap keliru, karena ini sikap bersama berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan. Para tokoh agama itu bersatu adalah karena didorong rasa tanggung jawab terhadap negara. Jika ada penyimpangan dan penyelewengan maka kita terdorong untuk meluruskannya,” terang Din.

Menurut Din, dialog antara SBY dengan tokoh lintas agama belum menyentuh substansi dari kritik yang disampaikan. Ia menyatakan, dialog yang digelar di Istana Negara, Senin malam 17 Januari 2011 itu hanyalah dialog basa-basi.

“Ini baru di pintu gerbang belum masuk ke rumah permasalahan. Gerakan moral tokoh agama ini didukung 65 lembaga masyarakat madani yang punya keahliannya masing-masing dan punya data-data yang akurat, sehingga gerakan ini bukan asal ngomong tapi berdasarkan fakta. Kami tegaskan, kritikan kami tidak bertujuan pemakzulan. Kita tidak setuju dengan tradisi demokrasi yang menjatuhbangunkan pemerintah,” imbuhnya.

Sumber: matanews.com

Dengan Xoom, Google Tantang iPad Apple

   
Usung Xoom, Google Tantang iPad Apple
Motorola Xoom


Google telah meluncurkan komputer tablet pertama mereka, menandai persaingan mereka dengan produk Apple yang populer iPad.

Telegraph melaporkan Motorola Xoom merupakan perangkat pertama yang menampilkan sistem operasi baru bernama "Honeycomb," yang dirancang Google untuk tablet berlayar sentuh.

Perangkat itu seperti iPad, memiliki layar 10" yang benar-benar peka terhadap sentuhan.

Menurut Telegraph, Motorola Xoom akan dijual pada kuartal pertama tahun depan di Amerika dan tidak lama kemudian di Inggris. Harganya belum diungkapkan.

Meskipun rincian dari Honeycomb tidak diungkapkan pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas, perangkat itu menyediakan program baru peta yang menawarkan titik kota-kota utama dalam bentuk 3D.

Juga menawarkan layanan email yang mengeksploitasi layar lebar gadget itu.

Google sebelumnya membiarkan Samsung membuat tablet yang lebih kecil, berlayar 7", tetapi perangkat itu menggunakan sistem operasi sama dengan telepon Google.

Shawn DuBravak, Kepala Ekonom di American Consumer Electronics Association (CEA), mengatakan bahwa dia berharap lebih dari 100 komputer tablet baru diluncurkan di CES.

Dia menambahkan bahwa pada 2011 akan menjadi "tahun tablet," tetapi itu tidak semua produk yang diungkap pada acara itu akan dilempar ke pasaran. Tuan Dubravac mengatakan sejumlah produk baru berusaha menyediakan para pengguna bisnis dengan alasan khusus untuk membelinya.

Riset dari CEA menandakan bahwa 38 persen tablet diperjual belikan karena para pengguna ingin memiliki salah satu, daripada tujuan yang teridentifikasi.

Meskipun Apple membuat semua piranti lunak dan perangkat keras mereka, Google sudah mengambil pendekatan "open source" dengan mengembangkan sistem operasi yang membiarkan para pabrikan meletekkannya dalam perangkat mereka sendiri, seperti Motorola Xoom.

Sumber: republika.co.id

Giliran Asus Ramaikan Pasar Tablet

   
Giliran Asus Ramaikan Pasar Tablet
Asus Eee Pad


ASUS mengumumkan empat komputer tablet yang dirancang untuk beragam jenis pengguna dan aplikasi. Keempat komputer tablet itu adalah Eee Pad Slider, Eee Pad Transformer, Eee Pad MeMO dan Eee Slate EP121.

Asus, rupanya, mulai serius menggarap tablet, setelah pasar netbook mulai menyurut. Asus dikenal sebagai vendor perintis netbook murah. Netbook Assus diberi label Eee.

Dalam siaran pers Asus menyebutkan bahwa tipe-tipe terbaru ini tersedia dalam tiga ukuran layar, dan pilihan sistem operasi Windows 7 Home Premium atau Google Android untuk komputer bergerak dengan fleksibilitas dan produktivitas terbaik.

Komputer-komputer tablet itu didukung video HD, opsi konektivitas yang beragam juga kompatibilitas media beragam dengan standar seperti Adobe Flash, semuanya dalam bentuk sebuah perangkat yang ringkas.


ASUS Eee Pad Slider

Komputer pad ini tidak hanya dilengkapi layar sentuh IPS 10,1" untuk penggunaan dengan lemari yang menyenangkan, namun juga keyboard slide QWERTY yang dapat digeser keluar untuk kenyamanan mengetik di mana saja.

Eee Pad Slider juga diperkuat dengan NVIDIA Tegra 2, prosesor mobile tercanggih di dunia dengan CPU dual-core dan GPU NVIDIA GeForce.

Pada Eee Pad Slider terdapat kamera digital terintegrasi di bagian depan (1,2 MP) dan belakang (5 MP), memungkinkan video chat dan pengambilan foto dengan mudah, sedangkan sistem operasi Android3.0 menjadikan berbagi foto lewat Internet, email dan situs media sosial menjadi begitu mudah.

Antarmuka intuitif memberikan kendali yang mudah digunakan melalui layar-sentuh kapasitif dan 3G terintegrasi (opsional) memungkinkan akses internet di mana saja, menjadikan Eee Pad Slider perangkat ideal bagi para pengguna profesional untuk kebutuhan dalam bekerja.


ASUS Eee Pad Transformer

Produk itu berdesain ramping, ringan dan layar-sentuh 10,1". Antarmuka pengguna khusus memberikan akses mudah ke berbagai fitur yang tersedia dari sistem operasi Android 3.0. Sementara, chipset NVIDIA Tegra 2 memberikan dukungan penuh untuk Adobe Flash, konferensi dan pemutaran video HD dengan lancar, menjelajah web secepat kilat dan PC mobile dengan kinerja gaming yang istimewa.

Docking opsional mengubah Transformer menjadi layaknya sebuah notebook dengan keyboard QWERTY saat digunakan di atas meja, dengan daya tahan baterai hingga 16 jam. Seperti halnya Eee Pad Slider, kamera digital depan (1,2 MP) dan belakang (5 MP) mempermudah untuk video chat dan foto, ditambah port mini-HDMI terintegrasi menjadikan koneksi ke layar eksternal semakin mudah untuk memutar video HD 1080p.


ASUS Eee Pad MeMO

Eee Pad MeMO berlayar sentuh kapasitif 7,1" menjadikannya cukup ringkas untuk dimasukkan ke saku jaket, namun tetap sempurna saat mencatat dengan tulisan tangan menggunakan stylus pen yang tersedia.

Sistem operasi Android 3.0 menawarkan berbagai rangkaian software produktivitas dan hiburan, ditambah port Micro HDMI yang memungkinkan Eee Pad MeMO dapat terhubung ke layar eksternal untuk pemutaran video Full HD 1080p.


ASUS Eee Slate EP121


Eee Slate EP121 dirancang bagi pengguna yang memerlukan perangkat genggam sangat portabel yang juga dapat menjalankan software office secara multitasking dengan aplikasi lainnya. Diperkuat dengan prosesor dual-core Intel Core i5, Eee Slate menggunakan layar LED-backlit 12,1", resolusi 1280 x 800 dengan sudut pandang 178° yang lebar.

Windows 7 Home Premium memastikan kompatibilitas dengan berbagai aplikasi populer yang dikendalikan dengan pilihan input fleksibel pada Eee Slate. Layar sentuh kapasitif responsif dengan gerakan jari untuk penggunaan sehari-hari, sementara penggunaan stylus kapasitif menawarkan input dan kendali presisi. Keyboard on-screen juga melengkapi pilihan, selain pilihan dukungan penggunaan keyboard Bluetooth eksternal untuk penggunaan di meja.

Eee Slate tersedia dengan pilihan kapasitas media penyimpanan SSD 32GB atau 64GB (dapat ditambah dengan SDXC), dan RAM DDR3 hingga 4GB. Semua tipe dilengkapi Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 3.0, kamera 2-megapixel, ditambah dua port USB 2.0 yang mendukung berbagai perangkat, juga port mini-HDMI yang ideal untuk koneksi ke layar eksternal.

Sumber: republika.co.id

Din Akui Politisasi SBY Bohong

Din Syamsuddin (joko luwarso/matanews)
Din Syamsuddin 

Kritik soal kebohongan pemerintah yang dilontarkan sejumlah tokoh lintas agama membuat merah telinga SBY. Ternyata, kritik itu diakui bermuatan politik.

Salah satu tokoh lintas agama, Din Syamsuddin mengungkapkan adanya muatan politis dalam kritik kebohongan pemerintah SBY itu. Namun, tujuan dari kritik itu untuk kesejahteraan bangsa.
“Memang ada motif politiknya, tapi politik kebangsaan. Ini bukan politik praktis yang bertujuan mencari sebuah posisi di kekuasaan, apalagi pemakzulan pemerintah. Itu jauh dari pikiran para tokoh agama,” ungkap Din di Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Ketua PP Muhammadiyah itu menjelaskan, kritik yang disampaikan sejumlah tokoh lintas agama itu merupakan sikap dan pernyataan bersama. Din membantah bila kritik tersebut merupakan sikap pribadinya.
“Itu sikap secara kolektif yang disetujui 8 tokoh lintas agama. Saya dinyatakan provokator, itu sikap keliru, karena ini sikap bersama berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan. Para tokoh agama itu bersatu karena didorong rasa tanggung jawab terhadap negara. Jika ada penyimpangan dan penyelewengan maka kita terdorong untuk meluruskannya,” terang Din.

Menurut Din, dialog antara SBY dengan tokoh lintas agama belum menyentuh substansi dari kritik yang disampaikan. Ia menyatakan, dialog yang digelar di Istana Negara, Senin malam 17 Januari 2011 itu hanyalah dialog basa-basi.

“Ini baru di pintu gerbang belum masuk ke rumah permasalahan. Gerakan moral tokoh agama ini didukung 65 lembaga masyarakat madani yang punya keahliannya masing-masing dan punya data-data yang akurat, sehingga gerakan ini bukan asal ngomong tapi berdasarkan fakta. Kami tegaskan, kritikan kami tidak bertujuan pemakzulan. Kita tidak setuju dengan tradisi demokrasi yang menjatuhbangunkan pemerintah,” imbuhnya.

Sejumlah tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan itu antara lain, Din Syamsudin, Ketua PGI AA Yewangoe, Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Martinus D Situmorang OFMCap, tokoh Katholik Frans Magnis Suseno, Ketua umum Matakin Budi Tanuwijaya dan Ketua Umum Walubi Hartati Moerdaya yang juga politisi Partai Demokrat.

Sementara SBY didampingi Wapres Boediono dan jajaran Menteri. Diantaranya hadir Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Koordinator Kesra Agung Laksono, Mendiknas M Nuh, dan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Sumber: matanews.com

Pemerintah Diminta Legowo dengan Kritik Tokoh Agama

Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono diminta agar berlapang dada atas kritik yang dilontarkan oleh tokoh lintas agama tentang 18 kebohongan pemerintah.

"Kritik pemuka agama memang keras, tapi lebih baik pemerintah bisa menarik saripati dari  kritik pemuka agama. Mereka itu tokoh agama dan merupakan bapak rohani bagi umatnya sehingga apapun harus dihormati" kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Priyo Budi Santoso di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2011).

Priyo menambahkan pertemuan antara SBY dengan tokoh lintas agama tersebut harus diapresiasi supaya tidak ada missinterpretasi terhadap kritik tersebut. "Bagi saya tidak penting siapa yang menggagas pertemuan itu. Jauh lebih baik ketimbang diam saja," kata Priyo.

Pemerintah, diharapkan bisa menarik substansi atas kritik tersebut. "Meskipun saya melihat kosakata bohong itu terlalu keras tapi saripatinya benar. Pemerintah harus lapang dada," ucapnya.

Lebih lanjut, Presiden sebaiknya jangan memanggil tokoh agama tersebut. "Mungkin akan lebih baik bila Presiden mengatakan silahturahmi untuk sedikit menyamakan persepsi dalam banyak hal," tandas Priyo.

18 Kebohongan Pemerintah yang diungkap tokoh lintas agama tersebut terdiri dari sembilan kebohongan lama, dan sembilan kebohongan baru. Adapun sembilan Kebohongan Lama tersebut di antaranya, angka kemiskinan yang semakin meningkat, kebutuhan masyarakat yang belum terpenuhi, ketahanan pangan dan energi yang gagal total.

Selain itu, kebohongan pemerintah lainnya adalah anggaran pendidikan yang terus menurun, pemberantasan teroris yang belum maksimal, penegakan HAM yang tidak ada tindak lanjut hukumnya, dan kasus Lapindo yang penyelesaiannya belum jelas.


Sumber: okezone.com

Sepuluh Guru Besar Deklarasi Stop Pemerintah Berbohong

Sepuluh Guru Besar Deklarasi Stop Pemerintah Berbohong
Presiden SBY
 

Rektor Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Surabaya Zainuddin Maliki menggagas deklarasi penandatanganan prasasti komitmen stop kebohongan pemerintah di kampus Unmuh Surabaya, Jalan Sutorejo Surabaya, Rabu (19/1). Zainuddin mengatakan kegiatan tersebut akan diikuti 10 guru besar dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Unmuh Surabaya dan Sidoarjo, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, serta kepala sekolah dari berbagai daerah se-Jawa Timur.

Dijelaskannya bahwa yang ikut deklarasi adalah individu jadi tak terkait dengan institusi. Menurut Zainuddin, deklarasi diadakan sebagai cara untuk membenahi kinerja pemerintah yang semakin lama dalam bekerja melayani masyarakat bukannya membaik, malah semakin banyak berjanji. Akibatnya, kata dia, pemerintah semakin jauh dari kejujuran sebab suka berbohong.

"Bangsa ini masih jauh dari yang namanya kejujuran. Banyak janji yang diucapkan belum tuntas dilaksanakan. Tapi pemerintah tak menyadari hal itu," jelas dia kepada Republika, Rabu (19/1).

Zainuddin menyontohkan kasus korupsi yang penanganannya tidak sampai pada akar persoalan. Ia mengibaratkan korupsi seperti membunuh ular korupsi, yang digebuki ekornya saja, tapi kepalanya dibiarkan. "Kasus Gayus Tambunan contohnya yang membuat kesal masyarakat. Kasus itu sangat jelas, tapi tak kunjung diselesaikan dan sengaja dibiarkan," jelasnya.

Padahal, lanjut Zainuddin, kalau ada kemauan pasti pemerintah mampu memberantas korupsi dan merealisasikan janji-janjinya. Pasalnya kekuasaan bisa jadi powerful jika pemerintah mau menggunakan untuk mewujudkan janji-janjinya. "Harusnya kekuasaan digunakan untuk kebaikan bersama maka dengan begitu semua persoalan bangsa ini selesai."

Guru Besar ITS Surabaya Imam Robandi mengaku tertarik ikut karena tergerak hati untuk mengingkatkan pemerintah. "Ya itu tujuan saya ikut deklarasi," ucapnya singkat.

Sumber: republika.com

ASEAN Calonkan Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030

 
ASEAN Tuan Rumah Bersama Piala Dunia 2030
ASEAN


Para Menteri Luar Negeri ASEAN sepakat mengusulkan ke para pimpinan negaranya masing-masing untuk menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030. Demikian kata sumber-sumber diplomatik.

''Menteri-menteri luar negeri yang bertemu di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menyerahkan rencana formal terperinci untuk disetujui oleh para pemimpin ASEAN ketika mereka bertemu di Jakarta pada 7-8 Mei 2010,'' tulis situs aseanfootball.org.

Ide sebagai penyelenggara tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 untuk wilayah ini diusulkan pertama kali oleh Malaysia dalam pertemuan para menteri luar negeri tahunan di Hanoi pada Juli 2010. Menteri Luar Negeri Malaysia, Anifah Aman, mendiskusikan ide itu dengan otoritas olahraga negaranya. Bahkan, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak telah menyetujui usulan tersebut.

Selama pertemuan menteri-menteri keuangan ASEAN baru-baru ini di Kuala Lumpur, Menteri Keuangan Thailand Korn Chatikavanij juga mengangkat ide tuan rumah Piala Dunia. Ide tersebut diterima dengan baik oleh rekan-rekannya.

Menteri Luar Negeri Singapura George Yeo mengusulkan Malaysia bekerja sama dengan Sekretariat ASEAN di Jakarta untuk menyajikan proposal kepada para pemimpin ASEAN untuk persetujuan akhir. Brazil akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dengan disusul Rusia 2018 dan Qatar 2022. Tuan rumah Piala Dunia 2026 dan 2030 belum diputuskan.

"Ini merupakan upaya untuk menggunakan olahraga untuk menciptakan sebuah identitas ASEAN," kata sumber Bangkok Post. "Ini merupakan upaya untuk menarik kaum muda (wilayah ini). Ini akan menginspirasi imajinasi ASEAN."

Sumber lain mengatakan,"ASEAN perlu suatu identitas ASEAN. ASEAN secara bersama-sama dan bersaing sebagai blok untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia akan membawa rasa masyarakat yang besar dan identitas bersama."

Seketarian ASEAN akan mengundang ahli dan otoritas sepak bola setempat dan tempat lainnya untuk membantu strategi kelompok untuk penawaran Piala Dunia 2030. Aplikasi ini mungkin menghadapi persaingan dari negara-negara Asia lainnya seperti China yang telah menyatakan keinginannya untuk penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2030.

Saat Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) memutuskan host Piala Dunia 2030, semua kota ASEAN diharapkan telah membangun stadion dan olahraga dengan standar internasional. Rincian kota yang akan menjadi tuan rumah pertandingan itu masih dirancang.

Usulan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 ini sama pentingnya bagi ASEAN jika disetujui oleh KTT ASEAN pada Mei. Hal ini akan menjadi inisiatif bersama oleh semua negara anggota.

Sumber: republika.co.id

Save Our Soccer Desak KPK Usut Korupsi PSSI

 http://3.bp.blogspot.com/_IhjXfvCVsGE/TR2NGREZLxI/AAAAAAAAAks/TlXSA3mA9Eo/s1600/spanduk-pssi-korupsi.JPG

Kelompok pecinta sepak bola tanah air yang tergabung dalam Save Our Soccer mendatangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kedatangan mereka untuk menyampaikan dukungan kepada KPK untuk mengusut dugaan penyalahgunaan APBN dan APBD di tubuh PSSI.

Mereka juga mendesak KPK untuk segera menindak tegas PSSI yang dinilai  tidak mampu mempertanggungjawabkan aliran dana APBN dan APBD secara transparan dan akuntabel.

"Kami mendorong penindakan dan pencegahan dua untuk memberantas korupsi di sepak bola," kata salah seorang perwakilan Save Our Soccer yang juga peneliti ICW Emerson Juntho, di Gedung KPK, Jakarta, Senin (10/1/2010).

Emerson mengaku perwakilan Save our soccer diterima langsung oleh  Ketua KPK Busyro Muqoddas, pimpinan KPK bidang pencegahan M Jasin dan Deputi Pencegahan KPK Eko Tjiptadi. Di dalam pertemuan itu, Emerson mengaku Save our soccer juga meminta KPK untuk membidik dugaan suap atau gratifikasi kepada penyelenggara negara yang dilakukan oleh PSSI.

"Ini setidaknya sudah dapat terlihat dari dugaan pembagian tiket dari  pengurus PSSI kepada penyelenggara negara pada saat penyeleggaraan  Piala AFF yang dilangsungkan di Jakarta. Banyak pejabat negara yang
mendapatkan tiket gratis," ucapnya.

Sementara itu Apung Widadi, peneliti ICW lainnya menambahkan, Save our soccer juga menemukan adanya dana APBN dan APBD yang sering kali disalahgunakan oleh PSSI dan klub-klub peserta kompetisi dibawah
naungan PSSI.

"Pada APBN tahun anggaran 2010, PSSI mendapatkan suntikan dana Rp 20 miliar dan pada tahun 2011 dana tersebut diperkirakan meningkat menjadi Rp 80 miliar. Tapi dana APBN ke PSSI tidak pernah akuntabel dan transparan diungkap ke publik. Klub juga hanya jadi alat politik termasuk jadi dana untuk membiayai kampanye pemilukada si pengurus klub itu," katanya.

"Sejumlah klub masih mengandalkan dana APBD sebagai sumber pendanaan. Tapi, dana itu sering kali disalahgunakan untuk kepentingan pengurus PSSI daerah atau klub yang umumnya juga menjabat sebagai kepala daerah," imbuhnya lagi.

Sumber: tribunnews.com

Alamak.... Nurdin Mengklaim, Kesuksesan Timnas Adalah Karya Golkar

Save Our Soccer Desak KPK Usut Korupsi PSSI

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid langsung menyambut tangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kemudian menciumnya sambil membungkuk setelah Indonesia mengalahkan Filipina 1-0, Kamis  (16/1/2010).


Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Nurdin Khalid menyatakan, suskses tim nasional pada laga AFF belum lama ini merupakan karya Partai Golkar yang dipersembahkan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Penegasan Nurdin tersebut disampaikan di depan ratusan kader dan simpatisan Partai Golkar Sulawesi Tengah yang menghadiri deklarasi pasangan Aminuddin Ponulele - Luciana Baculu, calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng, di Gedung Olahraga Siranindi Palu, Selasa (18/1).

Nurdin yang juga Kordinator Wilayah Sulawesi DPP Golkar ini mengaku banyak cercaan yang dialamatkan kepada dirinya terkait kepemimpinannya PSSI. Namun mereka mengelu-elukan timnas saat berlaga di lapangan.“Padahal keberhasilan timnas tersebut tak lepas dari kepemimpinan saya di PSSI,” ujarnya.

Nurdin mengatakan, Partai Golkar adalah partai karya sehingga setiap kader Golkar harus memberi kontribusi terbaik bagi tanah air di manapun mereka berada. “Termasuk saya sebagai kader Golkar berbuat untuk PSSI,” tegasnya.

Ratusan kader Golkar Sulteng menyanyikan lagu “Garuda Di Dadaku” saat Nurdin Khalid dan rombongan memasuki Gedung Olahraga Siranindi, Palu.

Pada kesempatan itu Nurdin d menyatakan, kader yang telah dibesarkan partai (Golkar) harus mengikuti garis dan ketentuan partai. Kader tidak boleh melanggar apa yang telah ditetapkan atau diputuskan petinggi-petinggi partai Golkar. ”Jika dia telah menyatakan keluar dari garis partai, maka dia tidak boleh sedikit pun menggunakan atribut atau apapun yang berhubungan dengan partai.” Kata Nurdin.

Sumber: tempointeraktif.com

Ayo Bangkit Bangsaku

http://2.bp.blogspot.com/_c-NG0miRdsI/THi5512kt0I/AAAAAAAAABY/nha_x9N-ikI/s1600/bangkit.jpg 


Selalu sadar dan tahu, tak kurang satu apa pun bagi bangsa ini untuk terus maju mengarungi samudera zaman yang keras, tajam, nan penuh liku..
Kelokan yang membelokkan, badai yang memutar haluan, angin yang membawa..

Berapa puluh ribu nasi bungkus, bertumpah-ruah sedikit mengobati luka dan pilu, datang dari delapan penjuru mata angin..
Berapa banyak orang berbondong menolong dengan apa yang mereka bisa, menolong yang perlu ditolong, membantu apa pun yang bisa dibantu, bahkan tak sedikit berkalang nyawa..
Bahkan serombongan anak sekolah dasar pun ikut menyumbangkan mainan terbaik mereka untuk dimainkan saudara-saudaranya yang kini tidur di tempat, yang mungkin, paling tidak nyaman yang ada di bumi manusia ini...
Tak semua berpunya, tak semua kaya, tapi satu yang membuat sama...

Di hari-hari yang kian terasa panjang , diam kala ini membuat resah, tidak tenang..
Diam, apalagi pergi, seolah mengkhianati..
Diam, tak pantaslah rasanya manusia bernurani hanya diam melihat saudaranya sedang kesusahan..
Bukankah kita Indonesia, satu hati satu rasa? Sakit ketika yang lain sakit, dan luka jika sahabat terluka?

Deru debu, bahkan kerikil yang jatuh, gemuruh, dan amukan sang gunung membuat titik-titik manusia harus turun dari beranda rumahnya.. Pesona indahnya sang gunung menyimpan bara tak terkira..

Tak perlu kuceritakan kisah pilu di sini, karena banyak cerita lain yang membuat manusia seharusnya bisa lebih bersyukur dengan apa yang mereka punyai, mereka miliki.. Dan selalu ada makna di balik setiap kejadian..

Sedikit saja, doa seorang ibu di hadapanku yang menggendong bayi mungilnya, berucap: "Bismillah Ya Allah, jangan pindah lagi pengungsiannya, sudah empat kali pindah pengungsian, kasian anakku".. cukup menyabet dan mengiris hati dan jiwaku, seseorang yang belum bisa mengabdi banyak untuk sesamanya, apalagi untuk bangsanya..

Tapi inilah kami, inilah Indonesia.. Ini cara kami memelihara asa.. Dan kami yakin dengan beribu keyakinan, bangsa ini akan lebih baik, dan sekarang adalah pelajaran bagi kami, untuk mensyukuri hidup, untuk terus berjuang, dan untuk terus menyambung harapan dengan perjuangan..

Lindungi kami, kita, dan semua yang menundukkan diri di bawah kekuasaanMu Ya Allah, Engkaulah sebaik-baik tempat berlindung, dan Engkaulah sebaik-baik tempat kembali...

didedikasikan kepada mereka yang sedang berjuang.. kepada mereka yang seketika bangkit setelah lelah berjuang.. kepada mereka yang meneteskan keringat dan hartanya.. dan kepada mereka yang menyisihkan sebagian hati dan pikirannya..


Puisi Bangkit


Bangkit itu SUSAH...
susah melihat orang lain susah, senang melihat orang lain senang

Bangkit itu TAKUT..
takut korupsi, takut makan yang bukan haknya

Bangkit itu MENCURI..
mencuri perhatian dunia dengan prestasi

Bangkit itu MARAH..
marah bila martabat bangsa dilecehkan

Bangkit itu MALU..
malu jadi benalu, malu karena minta melulu

Bangkit itu TIDAK ADA..
tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa

BANGKIT ITU AKU.. UNTUK INDONESIAKU




by: Deddy Mizwar 


Sumber: janganhalauperubahan.blogspot.com

Daftar Toko Makanan di Surabaya


Dapur Cokelat
Dapur Cokelat
Cokelat
Jalan Biliton No.77-79 (depan SPBU Biliton) Surabaya
Surabaya/Gubeng
No. Telepon: 5031877
 

Dapur Cokelat
Cokelat
Plaza Ruko Graha Famili A-3 Jl. Raya Darmo Boulevard, Surabaya
Surabaya/Kedung Doro
No. Telepon: 7321108

Amanda Brownies Kukus
Amanda Brownies Kukus
Brownies Kukus
Jl. Barata Jaya XIX No. 57
Surabaya Selatan/Sukolilo
No. Telepon: 70925030
 

Amanda Brownies Kukus
Amanda Brownies Kukus
Brownies Kukus
Jl. Kutei No. 8
Surabaya Barat/Sawahan
No. Telepon: 5672380, 5672342
 

Amanda Brownies Kukus
Amanda Brownies Kukus
Brownies Kukus
Jl. Mulyosari No. 95 F
Surabaya Timur/Mulyorejo
No. Telepon: 70925029
 

Andi Bakery
Andi Bakery
Roti
Jl. Ketintang Baru Selatan I / 61 Blok D-18 Perum
Surabaya Barat/Jambangan
No. Telepon: 8295889, 77519907
 

Arlisah
Arlisah
Bahan Kue
Jl. Urip Sumohardjo No. 86
Surabaya Pusat/Tegalsari
No. Telepon: 5341656
 

Bakery Aurora
Bakery Aurora
Roti
Jl. Manyar Kertoarjo No. 28
Surabaya Timur/Sukolilo
No. Telepon: 5947657
 

Bakpao
Bakpao "Siang Yen"
Roti
Jl. Karang Empat Besar No.109
Surabaya Timur/Tambaksari
No. Telepon: 3814656
 

Bandeng Duri Lunak Semarang Asli
Bandeng Duri Lunak Semarang Asli
Ikan Bandeng
Jl. Kedungdoro No. 273
Surabaya Timur/Sawahan
No. Telepon: 5311704
 

Bandeng Juwana
Bandeng Juwana
Bandeng
Jl. Ngagel Madya No. 105
Surabaya Selatan/Gubeng
No. Telepon: 5023364
 

Bogajaya
Bogajaya
Oleh-Oleh Khas Jawa Timur
Jl. Genteng Besar No. 69
Surabaya Utara/Bubutan
No. Telepon: 5323469
 

Bogajaya
Bogajaya
Oleh-Oleh Khas Jawa Timur
Jl. Indragiri 12-18 Kav. A-16
Surabaya Barat/Sawahan
No. Telepon: 5688019
 

Bon Ami
Bon Ami
Kue
Jl. Raya Darmo Permai Selatan No. 1A - 1B, Surabay
Surabaya Barat/Sukomanunggal
No. Telepon: 7310866, 7310867
 

Bon Ami
Bon Ami
Roti
Jl. Dr. Soetomo No. 94
Surabaya Pusat/Tegalsari
No. Telepon: 5678425
 

Bread House
Bread House
Roti
Jl. Mulyosari No. 360 C
Surabaya Timur/Mulyorejo
No. Telepon: 5929962
 

Cake & Bakery Amelia
Cake & Bakery Amelia
Roti
Jl. Manyar Kertoarjo V No. 73
Surabaya Timur/Sukolilo
No. Telepon: 5940804
 

Cakeland
Cakeland
Roti
Jl. Indragiri No. 12-18 Kav A-7
Surabaya Barat/Sawahan
No. Telepon: 5687998, 70865858
 

Duke' Cake
Duke' cake
Roti & Cake
Jl. Raya Panjang Jiwo No. S1
Surabaya Selatan/Wonocolo
No. Telepon: 8479551
 

Dunkin' Donuts
Dunkin' Donuts
Roti, Donat
Jl. Ngagel Jaya Selatan RMI Blok C No. 1-3, Suraba
Surabaya Selatan/Gubeng
No. Telepon: 5043101, 5043900
 

Dunkin' Donuts
Dunkin' Donuts
Roti Donat
Jl. Kapas Krampung No. 67 B
Surabaya Timur/Tambaksari
No. Telepon: 3733838
 

Eaton Bakery & Noodle House
Eaton Bakery & Noodle House
Roti, Kue & Mie
Jl. Arjuno No. 66
Surabaya Utara/Sawahan
 
 

Frans Bakery
Frans Bakery
Roti
Jl. Raya Gubeng No. 64
Surabaya Pusat/Gubeng
No. Telepon: 5014580
 

Glaxius Ice-dessert-atmosphere
Glaxius Ice-Dessert-Atmosphere
Ice Cream
Jl. Puncak Indah Lontar No. 2 Citywalk FT-17 Pakuw
Surabaya Barat/Sambikerep
No. Telepon: 71233366
 

Greenery's
GREENERY'S
Roti & Kue
Jl. Arjuno No. 118 A-B
Surabaya Utara/Sawahan
No. Telepon: 72347877
 

Hokky Pusat Buah-buahan
HOKKY Pusat Buah-buahan
Aneka Buah-buahan
Jl. Kedungsari No. 69
Surabaya Pusat/Tegalsari
No. Telepon: 5354998
 

Hokky Pusat Buah-buahan
HOKKY Pusat Buah-buahan
Aneka Buah-buahan
Jl. Panglima sudirman 32
Surabaya Timur/Tegalsari
No. Telepon: 5321782
 

Hokky Pusat Buah-buahan
HOKKY Pusat Buah-buahan
Aneka Buah-buahan
Jl. Plaza Graha Family ( dlam komplesks ruko Plaza
Surabaya Barat/Wiyung
No. Telepon: 7386023
 

Holland Bakery
Holland Bakery
Roti & Kue
Jl. Kertajaya No. 63
Surabaya Selatan/Gubeng
No. Telepon: 5033180, 5039020
 

Holland Bakery
Holland Bakery
Roti & Kue
Jl. Kombes Pol. M. Duryat No. 14-16, Surabaya (Kom
Surabaya Utara/Gubeng
 
 

Holland Bakery
Holland Bakery
Roti & Kue
Jl. Indrapura 53A
Surabaya Utara/Paben cantikan
No. Telepon: 3554115
 

Holland Martabak & Terang Bulan
Holland Martabak & Terang Bulan
Martabak Terang Bulan
Jl. Raya Manyar No. 59C
Surabaya Timur/Sukolilo
 
 

Igor's Pastry
Igor's Pastry
Roti & Cake
Jl. Bukit Darmo Boulevard Office Park B-22, Suraba
Surabaya Barat/Sambikerep
No. Telepon: 7344744
 

Igor's Pastry
Igor's Pastry
Roti & Cake
Jl. Biliton No. 55
Surabaya Pusat/Gubeng
No. Telepon: 5038342
 

Jesslyn Cakes
Jesslyn Cakes
Roti
Jl. Rungkut Madya No. 119
Surabaya Selatan/Rungkut
No. Telepon: 8710776
 

Kapasari Bakery
Kapasari Bakery
Roti
Jl. Kapasari No. 118
Surabaya Timur/Genteng
No. Telepon: 3765549, 3761542
 

Kartiko Jajan Pasar
Kartiko Jajan Pasar
Kue Basah
Jl. Peneleh No. 122
Surabaya Utara/Genteng
No. Telepon: 5318472
 

Komugi Bakery & Café
Komugi Bakery & Café
Roti
Jl. Manyar Kertoarjo No. 52
Surabaya Timur/Sukolilo
No. Telepon: 5991288
 

La Ricchi Ice Cream
La Ricchi Ice Cream
Ice Cream
Jl. Musi 43
Surabaya Pusat/Tegalsari
No. Telepon: 5017000
 

Lala Roti & Donuts
Lala Roti & Donuts
Roti
Jl. Rungkut Asri Tengah No. F-20
Surabaya Selatan/Rungkut
No. Telepon: 87021347
 

Lala Roti & Donuts
Lala Roti & Donuts
Roti
Jl. Jemur Andhayani No. 181-183
Surabaya Selatan/Tenggilis Mejoyo
No. Telepon: 8433550
 

Lala Roti & Donuts
Lala Roti & Donuts
Roti
Jl. Ruko Klampis Jaya No. A18
Surabaya Selatan/Sukolilo
No. Telepon: 5993413
 

Lawang Agung Pusat Kurma Terlengkap
Lawang Agung Pusat Kurma Terlengkap
Manisan
Jl. Nyamplungan No. 75
Surabaya Timur/Simokerto
No. Telepon: 3552898
 

Libby
Libby
Brownies
Jl. Simpang Darmo Permai Selatan 14 No. 50, Suraba
Surabaya Barat/Sambikerep
No. Telepon: 7317769, 91377355
 

Melly Roti & Kue
Melly Roti & Kue
Roti
Jl. Raya Nginden No. 85B
Surabaya Selatan/Sukolilo
No. Telepon: 5950022
 

Melly Roti Dan Kue
Melly Roti Dan Kue
Roti
Jl. Dharmahusada No. 121
Surabaya Timur/Tambaksari
No. Telepon: 5942428
 

Pizza Romas Resto
Pizza Romas Resto
Pizza
Jl. Manyar Kertoarjo No. 24
Surabaya Timur/Sukolilo
No. Telepon: 5938554
 

Plaza Buah
Plaza Buah
Aneka Buah-buahan
Jl. Mayjend Sungkono No. 21
Surabaya Barat/Sawahan
No. Telepon: 5671102
 

Primadona
Primadona
Roti
Jl. Darmokali No. 35B
Surabaya Selatan/Tegalsari
No. Telepon: 5614000
 

Riessa Salad
Riessa Salad
Salad
Jl. Rungkut Madya No. 85A
Surabaya Selatan/Rungkut
No. Telepon: 72449247
 

Roti In & Buah In
Roti In & Buah In
Roti
Jl. Jemursari No. 128-130
Surabaya Selatan/Tenggilis Mejoyo
No. Telepon: 8431855, 8473119
 

Sam's Bakery
SAM'S Bakery
Roti
Jl. Rungkut Madya No. 157
Surabaya Selatan/Rungkut
No. Telepon: 8704790
 

Toko Roti & Kue Vilia
Toko Roti & Kue Vilia
Roti
Jl. Mulyosari No. 78 A
Surabaya Timur/Mulyorejo
No. Telepon: 5961300
 

Depot Kue Bu Cicik
Depot Kue Bu Cicik
Jajan Pasar
Jl. Tapak Siring No. 30
Surabaya Timur/Tambaksari
No. Telepon: 5046069
 

Pempek Palembang Ny.farina
Pempek Palembang Ny.Farina
Pempek
Jl. Majapahit No. 18
Surabaya Timur/Tegalsari
No. Telepon: 72721219
 

Pohong Goreng Bumbu Pedas
Pohong Goreng Bumbu Pedas
Pohong/Singkong
Jl. Ngagel Madya No. 48
Surabaya Selatan/Gubeng
 
 

Tahu Pong
Tahu Pong
Tahu Pong
Jl. Mulyosari, Surabaya (Setalah Livana Spikoe)
Surabaya Timur/Mulyorejo
 
 

Pempek Garuda Putra Cabang Jakarta
Pempek Garuda Putra Cabang Jakarta
Pempek
Jl. Mulyosari, Surabaya (Setalah Livana Spikoe)
Surabaya Timur/Mulyorejo
No. Telepon: 60401777
 

Cakue-roti Goreng, Ote-ote-bubur Ayam Cabang Pabea
Cakue-Roti Goreng, Ote-Ote-Bubur Ayam Cabang Pabean
Kue Basah
Jl. Dharmahusada
Surabaya Timur/Tambaksari
 

Tahu & Ronde Kitty Cabang Pasar Atom
Tahu & Ronde Kitty Cabang Pasar Atom
Ronde & Tahu
Jl. Mulyosari Surabaya (Setelah Apotek K24 Cabang
Surabaya Timur/Mulyorejo
No. Telepon: 5990066
 

Rangin
Rangin
Rangin
Jl. Waspada, Surabaya (Malam)
Surabaya Timur/Semampir
 
 

Turin Italian Ice Cream
Turin Italian Ice Cream
Ice Cream
Jl. Kayon No. 10 A
Surabaya Timur/Teagalsari
No. Telepon: 5345220
 


Sumber: kapanlagi.com
Related Posts with Thumbnails