Minggu, 23 Januari 2011

Batu Mulia Ruby (Mirah)

http://3.bp.blogspot.com/_VeLvE1AZc28/SmgWE5qlrWI/AAAAAAAAAAU/-B_-8GzTKUM/s320/ruby0550hf.jpg

Ruby, Raja Segala Permata

Barangkali tidak ada batu permata yang dihargai sepanjang sejarah melebihi ruby. Dinyatakan dalam Alkitab dan tulisan-tulisan Sansekerta kuno sebagai yang paling berharga dari semua batu permata, ruby telah 'menghiasi' para kaisar dan raja-raja jaman dahulu dengan warna yang kaya dan menyala-nyala.

Sebagai batu permata yang paling merah, ruby, yang di Indonesia dikenal dengan nama Mirah, melambangkan gairah dan asmara. Ruby merupakan batu kelahiran bulan Juli dan juga permata yang dianjurkan bagi pasangan untuk merayakan peringatan pernikahan pada hari ke-15 dan 40.

Batu ruby juga merupakan simbol keberanian dan keteguhan hati. Prajurit, menurut cerita, ditanamkan batu ruby di bawah kulit mereka untuk membawa mereka berani dalam pertempuran dan tak terkalahkan. Batu ini juga telah digunakan sebagai jimat terhadap bahaya dan bencana, untuk menghentikan pendarahan dan sejumlah penyakit lain. Warnanya yang intens diduga berasal dari api abadi yang muncul dari dalam batu, atau, seperti beberapa legenda, merupakan potongan dari planet Mars.

Ruby adalah variasi dari corundum, adik batu safir (sapphire). Seperti safir, ruby berada pada tingkat kekerasan "9" pada skala Mohs, yang menjadikannya batu nomor dua paling keras setelah berlian atau intan.

Ruby yang paling berharga berasal dari Myanmar (dahulu Burma). Mereka juga ditambang di seluruh Asia Tenggara, dimana batu berkualitas baik berasal dari Thailand, Sri Lanka, dan Vietnam. Kenya dan Tanzania juga merupakan sumber-sumber pertambangan ruby yang penting. Tapi, meskipun warna batu-batu dari Afrika Timur menjadi saingan batu ruby terbaik di dunia, banyak dari batu-batu ini yang penuh dengan inklusi sehingga mengurangi transparansi dan nilainya. Namun, batu-batu Afrika Timur banyak ditampilkan dalam potongan-potongan yang sukses di pasaran perhiasan. Sementara itu, Afghanistan, Pakistan dan Rusia memiliki semua batu ruby musiman yang berkualitas, tapi medan yang buruk di wilayah ini telah membuat penambangannya sulit.


http://profile.ak.fbcdn.net/hprofile-ak-snc4/hs426.ash2/71097_116238865062737_888788_n.jpg


Faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan saat membeli ruby adalah warna. Ruby datang dalam berbagai warna mulai dari ungu dan merah kebiruan hingga oranye-merah. Seperti safir, ada juga ruby transparan yang dapat menampilkan enam-titik bintang jika potongan batunya dibuat halus.

Ruby terbaik adalah yang secara intens mengalami penjenuhan, berwarna merah murni tanpa nada cokelat atau biru. Setelah warna, faktor-faktor yang mempengaruhi nilainya adalah kejernihan, potongan dan ukuran. Batu ruby yang jelas tanpa terlihat inklusi lebih berharga daripada mereka yang terlihat cacat internal.

Ruby banyak tersedia pada ukuran hingga 2 karat, dan karena intensitas warna dan daya tahannya yang kuat, menjadikannya batu dengan aksen yang sangat baik. Ukuran lebih besar dapat diperoleh, tetapi ruby dengan kualitas tinggi sangat jarang ditemukan dan lebih berharga daripada berlian tanpa warna, terutama yang di atas 5 karat. Untuk jelasnya ruby 16 karat terjual seharga $227.301 di Sotheby's pada tahun 1988. Sebuah cincin ruby burma 27,37 karat dijual $4 juta di Sotheby's di Jenewa, Swiss, pada bulan Mei 1995 - $146.145 per karat. Menakjubkan. Sebaliknya, tak satu pun dari berlian di atas 50 karat tanpa cacat internal yang dijual di dekade terakhir ini.

Ruby jarang ditemukan sempurna di alam - alasan mengapa banyak yang harus melewati heat-treatment untuk mencerahkan warna atau meningkatkan kejernihannya. Peningkatan panas yang permanen merupakan proses yang stabil. Beberapa ruby juga memiliki patahan permukaan atau lubang, yang kemudian diisi dengan bahan kaca untuk memperbaiki penampilan mereka. Isian ini sangat abrasif, bisa pecah, jatuh keluar atau keluar dari waktu ke waktu jika terkena panas. Metode pembersihan yang paling aman untuk ruby adalah dengan menggunakan air sabun (atau pelarut komersial ringan) dan kuas.


Sumber: www.jewelry.com




Batu Ruby…kemewahan yang tersingkap

 








Bila berbicara tentang batu mulia yang bernama Ruby, imajinasi kita serasa terbang ke negeri 1001 malam. Terbayang sesosok gagah didampangi permaisuri yang cantik, anggun, tinggi semampai, lengkap dengan mahkota dan jubah bertatahkan batu Ruby berwarna merah. Tidak hanyaerhenti sampai disana, rupanya batu Ruby memiliki kelebihan lain disamping keindahan kasat mata semata…

Pada masa lalu Batu Ruby diyakini sebagai alternatif sebagai penawar racun, menghindarkan orang dari wabah penyakit, untuk terhindar dari duka, dan beberapa manfaat lain. Bahkan sebagian orang yakin bahwa Batu Ruby dapat dipakai sebagai perantara akan cita-cita yang diinginkan, meramal atau mendapatkan keberuntungan dalam spekulasi bisnis atau mendapatkan cinta seseorang.


 
















Dari komposisi kimianya, Baru Ruby merupakan suatu variasi merah tua aluminium oksida yang jernih dan bersih, dihargai sebagai batu mulia: juga disebut merah delima murni.Yang sangat berharga untuk aluminium oksida yang alami adalah ruby ( dari bahasa Latin yang berarti Rubrum atau, ‘ merah’). warna suatu ruby sangat bervariasi dari yang merah jambu sampai ke suatu merah yang sangat lembayung RUBY mempunyai warna merah terang anggur bebas dari warna coklat atau warna warna ungu atau warna yang kuat atau terang yang mengingatkan kepada warna darah ataubuah kersen atau buah tomat atau merah delima. Warna merah ini terdiri atas alumunium yang tercampur dengan chrominium (Cr); akan tetapi kalau tercampur dengan sedikit Titanium (Ti) warnanya berubah menjadi biru dan namanya safir, jika tercampur dengan zat besi warnanya berubah menjadi kuning yaitu safir kuning. 

Batu Ruby yang paling terkenal didunia adalah dari Birma, yang mana sekarang disebut Myanmar. Dimana ruby dari tambang Myanmar adalah lebih tua dari sejarah yaitu jaman batu. Selain Ruby Birma, dikenal pula Ruby madagaskar, dan Ruby Afrika. Akan tetapi kualitas dan keindahan Ruby yang berasal dari Madagaskar dan Afrika masih dibawah Ruby yang berasal dari Birma. Sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa harga pasaran untuk Ruby Birma lebih mahal, apalagi Ruby Birma yang memiliki star (ster).

Bagi para pecinta batu, harga batu Ruby untuk pasaran di Jakarta dan martapura sebagai parameter harga, berkisar antara Rp 100.000 sampai puluhan Juta rupiah. Keindahan dan kemewahan batu Ruby tak bisa dipungkiri lagi telah membius banyak kolektor untuk berburu batu ini.
Pemakai batu ruby mempunyai keyakinan batu yang dikenakannya akan memberikan kebahagiaan dan menambah wibawa pada dirinya. “Batu ini tergolong batu yang sangat digemari karena warna merahnya dapat bersinar di tempat gelap dan dapat berpijar jika diterangi sinar ultraviolet.
(http://satrio74.wordpress.com)


http://images02.olx.co.id/ui/3/82/72/45508072_1.jpg


RUBI
  Karakteristik :Variasi warna : Merah-darah, keunguan, dan kecoklatan.
Kadar transparasi
: Transparan, translusan, opak.
Kilap polis
: Kilap-intan, kilap-kaca.
Indeks bias
: 1,766 - 1,774. Kadar keras : 9. Berat Jenis : 3,97 - 4,00.
Formula kimia
: Al2O3. Sistim kristal : Heksagonal.
Wilayah penghasil
: Myanmar, Srilangka, Muangthai, Tanzania.
Aura batu
: Memancar kewibawan, menumbuhkan rasa percaya diri dan kebijakan dalam mengambil keputusan.
Relavansi profesi
: Militer, pejabat pemerintahan dan jabtan lain yang berhubungan kepemimpinan.
http://modelindo.files.wordpress.com/2010/12/ruby.jpg




Batu-permata rubi dengan warna merahnya yang mendarah melambangkan ke perwiraan, kewibawaan, dan rasa percaya-diri yang tinggi. Tidak tahu darimana asal-usulnya, namun warna "darah-merpati" ( pigeon-blood) pada ribu dinilai paling tinggi di pasaran dunia. Sayangnya istilah tadi terasa kurang meyakinkan kalau ditafsirkan secara harfiah karena, seperti apa sih sebenarnya warna darah-merpati itu? lagipula kan tentu ada bedanya antara darah merpati yang tua dengan yang muda, yang sakit dengan yangs sehat. Hanya karena salah-kaprah, istilah ini terlanjur susah untuk dirubah.

Rubi dan safir hakekatnya masih saudara sekandung dari keluarga mineral korodium. Mereka terlahir dengan warna merah, baik yang kecoklatan maupun yang keunguan, biasa disebut rubi; sementara semua keluarga korundum yang berwarna lain lazim diberi nama safir. Kadar transarasi rubijuga bervariasi, mulai transaparan sampai opak (rubi-daging), dengan tingkatan harga yang berbeda-beda pula. Dan kalau bicara masalah harga batu-permata, jenis rubi inilah salah-satu yang paling mahal harganya didunia. Rubi top yang berbobot lebih dari 10 karat dinilai sampai US$ 20,000.00 per karat melebihi harga intan yang setara kualitas dan ukurannya. 


(http://zamrudgroup.com/rubi.html)

Mengenal Blue Topaz

Blue Topaz
 





















Blue topaz merupakan batu kelahiran Desember, dan juga merupakan batu permata yang dianjurkan bagi pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan keempat, kesembilan belas, atau kedua puluh tiga.

Blue topaz telah menjadi salah satu batu permata yang saat ini paling populer di pasaran, karena kejernihannya, ketahanan, ketersediaan dan biayanya yang terjangkau. Namun saat ini topaz jarang ditemukan di alam, sehingga batu ini seringkali diciptakan secara buatan melalui kombinasi perlakuan panas dan iradiasi.

Topaz adalah salah satu dari mineral pegmatite yang terkenal seperti halnya beryl dan turmalin. Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

Blue topaz memiliki warna seragam yang pasti, mulai dari warna biru langit hingga biru Swiss. Kadangkala batu ini dibingungkan dengan batu aquamarine yang lebih mahal. Namun aquamarine kadang-kadang berwarna biru kehijauan atau hijau kebiruan, sedangkan blue topaz akan selalu tampak biru atau abu-abu kebiruan. Satu-satunya pengecualian adalah untuk topaz jenis "permukaan disempurnakan", suatu proses yang diperkenalkan pada tahun 1998 untuk meningkatkan penampilan batu dan menghasilkan warna biru hingga biru kehijauan hingga hijau zamrud.

Kebanyakan blue topaz pada awalnya diperoleh dalam keadaan tidak berwarna atau berwarna sedikit, dari tempat-tempat seperti Brasil, Meksiko, Nigeria, Sri Lanka dan Cina. Kemudian diradiasi untuk mendorong perubahan warna dan dipanaskan untuk menstabilkan perubahan. Untuk mendapatkan warna biru yang dalam, para treater menggunakan bantuan penembak neutron sebelum memasarkan produk ini. Penembakan neutron adalah satu-satunya sarana untuk menghasilkan batu yang lebih kecil dengan warna yang mendalam. Meskipun batu mendapatkan iradiasi, para ahli mengatakan hal itu tidak menimbulkan bahaya kesehatan apa pun untuk si pemakai.

Selain biru, batu ini datang dalam berbagai warna, termasuk kuning keemasan, kuning oranye, oranye kemerahan, merah sherry (anggur), merah muda yang mendalam, coklat madu, hijau terang, dan banyak nuansa di sekitar warna-warna tersebut.

Dengan peringkat "8" pada skala Mohs kekerasan, topaz biru ini sangat kuat dan tahan lama dan cocok untuk dipakai sehari-hari. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

http://1.bp.blogspot.com/_7iqS49ChJrc/ScJv6VmH_QI/AAAAAAAABCU/tqfC7GL4_RI/S214/BT1A.jpg



Kegunaan atau manfaat


Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

Topaz dianggap memiliki tenaga penyembuhan. Menurut legenda, batu ini dapat memperbaiki penglihatan. Orang Yunani kuno percaya bahwa mereka memiliki tenaga untuk meningkatkan kekuatan dan membuat pemakainya tidak terlihat pada saat-saat yang genting. Topaz juga dikatakan mampu berubah warna di hadapan makanan atau minuman beracun. Budaya yang berbeda percaya bahwa batu ini bisa menyembuhkan insomnia, asma dan perdarahan; membawa persahabatan; mempromosikan kesabaran dan watak yang menyenangkan, dan menjamin kesetiaan. Juga merupakan simbol cinta dan kasih sayang dan bahkan dianggap dapat mencegah kematian mendadak.

Tips Menentukan Kualitas Topaz


Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan) di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.


Sumber: www.jewelry.com


http://2.bp.blogspot.com/_ELOgm3z1Nj8/TBhDL3rAfUI/AAAAAAAAAB8/nlMThRo22n8/s1600/1460254_c.jpg


Pancaran keindahan Batu Topaz

Keindahan Batu Topaz biasanya ditemui dalam bentuk kristal yang mempunyai kilauan prismatik dan memantulkan uraian cahaya yang melalui permata ini. Topaz biasanya ditemui dalam warna putih, kuning, dan biru. Selain itu, terdapat juga topaz yang berwarna keemasan, coklat, biru dan yang paling jarang ditemui berwarna merah jambu dan merah. Dari sisi kekerasan yang dimiliki, Topaz mempunyai kekerasan 7,5 - 8 pada skala Mohs, jadi Topaz ini sebenarnya masuk antara kategori permata kelas I dan kategori permata kelas II. Topaz merupakan batu permata yang mempunyai intrusion seperti batu granit. Mineral topaz ini dikenali secara saintifik berasal dari batuan dari Saxony (German). Dilihat dari asalnya, Topaz banyak ditemui di Brazil, Amerika Serikat, Sri Lanka, Siberia, Nigeria, Brazil, Nigeria, Mexico dan Zaire sedangkan Topaz kuning biasa ditemui di Brazil, Jepang, Sri Lanka, dan Burma, Walaupun di Kalimantan pernah di klaim ada topas dari Kalimantan, tapi perlu di telusuri lebih jauh kebenarannya. Untuk Uni Soviet bisa dijumpai Topaz Merah Jambu disana. Batu Topaz yang tidak berwarna (lutsinar) banyak dijumpai di Brazil, German (Saxony), Nigeria, Zaire, dan Namibia. Topaz yang tidak berwarna ini memiliki warna yang agak pucat dan tidak banyak memancarkan cahaya. Topaz ini lebih mudah didapat, kalau di pasaran Indonesia bisa sekitar Rp 200.000,- sampai Rp 750.000,-.Walaupun mudah didapati dan tidak mendapat pasaran yang baik, dengan potongan yang menarik, topaz lutsinar ini dapat menghasilkan kilauan luster seperti diamond.

Batu Topaz yang biasa dijumpai dipasaran adalah yang berwarna kuning, dan orang banyak menyebut sebagai sherry topaz, golden topaz, atau Topaz kuning. Topaz ini biasa dipotong dalam bentuk oval atau pear. Batu Topaz yang berwarna kuning sangat mirip sekali dengan citrine. Sehingga perlu kejelian dan pengalaman bahkan kejujuran dari si penjual untuk mengatakan, ini topaz dan ini citrine. Tapi jelas ada perbedaan bagi yang paham, bahwa Topaz kuning ini mempunyai luster yang lebih kelihatan berbanding citrine dan Topaz mempunyai kepadatan yang lebih besar dibanding citrine. Untuk Topaz kuning yang satu ini peminat bisa merogoh paling tidak diatas 1 juta sampai puluhan juta untuk mendapatkan Topaz kuning yang asli dan berkualitas. Batu Topaz yang berwarna merah jambu (rose) merupakan topaz langka dan memiliki harga paling mahal. Pemotongan topaz ini biasanya dalam bentuk pear dan terdapat juga yang dipotong dalam bentuk “step cut” atau cutting. Topaz berwarna merah jambu mempunyai kepadatan yang lebih tinggi berbanding kunzite, morganite, dan tourmaline serta mempunyai inclusion yang sangat menarik sekaligus indah.

Selain berbicara warna kuning dan merah jambu, dijumpai juga Topaz yang berwarna biru, dan mempunyai varieti warna dari biru awan hingga ke biru jernih menuju transparan. Topaz berwarna biru mempunyai warna mirip sekali dengan aquamarine hanya bedanya adalah cahaya biru laut tidak muncul seperti pada aquamarine. Negara yang banyak terdapat Blue Topaz adalah di Brazil, Nigeria, dan Mexico.


Anugerah Illahi dari sebuah Batu Topaz

Batu Topaz dipercaya masyarakat bahwa pemakainya dapat menolak bahaya (Tolak Baya), membantu mengatasi emosi negatif dan melindungi terhadap tekanan psikologi lawan. Sifat alam yang membawa keunikan batu topaz adalah bila digosok dengan keras dapat mengeluarkan api, dan daya listrik. Selain itu Batu Topaz diyakini dapat digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih (infeksi maupun lemah). 
 
Sedangkan untuk Topaz Biru, dapat menenangkan, memberi inspirasi dan menaikkan mood , berhubungan dengan dunia para malaikat dan peradaban kuno, batu ini dapat mengurangi gangguan tenggorokan, panas dalam, membantu komunikasi dan berekspresi bagi para seniman, menyejukkan seluruh tubuh dan mengurangi stress, serta memberikan perlindungan dari energy negatif, disamping menyembuhkan luka dan penderitaan emosional, memacu komunikasi verbal yang efektif dan jujur, mengurangi rasa sakit (khususnya para penderita sinusitis), dan merupakan penyembuh ampuh , bagus untuk paru-paru, tenggorokan, kelenjar thyroid, kelenjar thymus, dan organ jantung. Bagi anda para peminat Batu Topaz, perlu disiapkan uang lebih untuk mendapatkan batu idaman ini. Hanya saja jangan sampai salah dalam memilih…antara citrin atau topaz, topaz atau aquamarine .
 
 
Sumber: http://satrio74.wordpress.com
 

Batu Ratna Cempaka / Topaz

http://souvenir-kaltim.com/wp-content/uploads/2010/02/IMG_1620-copy.jpg

Batu topaz terdiri dari alumunium oxide dan kiezelzuur. Batu topaz mempunyai nilai keras 8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke empat setelah intan, corundum dan cheysoberyl. Batu topaz di Indonesia dikenal dengan berbagai nama seperti daud, mirah cempaka dan batu selong. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

Di masa lalu kebanyakan orang berpikir semua batu kuning adalah topaz dan semua batu jenis topaz haruslah berwarna kuning. Warna batu topaz juga bermacam-macam diantaranya warna coklat, merah muda, ungu dan biru. Adapun juga yang tidak berwarna atau transparan dan ada juga yang memiliki beberapa warna namun yang paling diminati atau dicari adalah yang berwarna merah keemasan atau jingga dan yang paling murah dan umum yang berwarna biru (biasanya diperoleh dari Cina). Tidak sedikit penghimpun batu-batu mulia yang tidak bisa membedakan antara batu topaz dengan mirah kuning padahal mereka berdua jelas-jelas berbeda. Kini kebanyakan topaz warna biru telah melalui proses radiasi dan pembakaran.

Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan )di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.
Penghasil terbesar batu topaz adalah Minas Gerais, negara bagian Brazil. Selama 300 tahun daerah distrik Ouro Preto (Brazil) menjadi pemasok topaz terbesar di dunia dengan topaz warna kuning, merah-muda dan oranye. Negara-negara lainnya adalah Amerika, Pakistan, Srilanka, Rusia, Jerman, Mexico, Australia dan Myanmar. Kristal topaz seringkali ditemukan dengan berat berkilo-kilo.

Kegunaan atau manfaat
Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu topaz dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 4, 19 dan yang ke 23. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu topaz adalah batu untuk orang yang lahir di bulan November (sama halnya dengan bunga chrysanthemum) dan batu topaz dihubungkan dengan zodiac aries dan sagitarius.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com

Batu Pirus / Turquoise

http://images03.olx.co.id/ui/9/15/72/1289816218_61541372_2-BATU-PIRUS-TURQUOISE-CODE-P-5454-SOLD-OUT-10042010-Jakarta-1289816218.jpg


Batu pirus merupakan salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia. Batu pirus mempunyai nilai keras 5-6 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke delapan. Karena batu pirus hanya sedikit lebih kuat dari kaca jendela maka batu ini harus dijaga dengan hati-hati. Batu pirus ini telah dikenal oleh bangsa Mesir dan ditambang di daerah Sinai lebih dari 6000 tahun silam dan banyak ditemukan dalam makam-makam kuno yang berusia lebih dari 4000 tahun sebelum Masehi. Batu pirus yang paling berkualitas terdapat di Iran.

Nama batu pirus “turquoise” dalam bahasa Prancis artinya “batu Turki” yang awal-awal dikira memang berasal dari Turki karena namanya, namun sebenarnya batu ini tidak ada di Turki. Turquoise merupakan batu nasional negara Iran (Persia) dan digunakan untuk menghiasi mahkota kerajaan dan atribut bagi para petinggi negara. Kualitas Turquoise terbaik ditemukan di Nishapur, bagian Timur Laut Iran dan penambangannya telah berlangsung sekitar 3000 tahun silam. Namun kini turquoise juga banyak ditemukan di bagian barat daya Amerika Serikat di negara Arizona dan New Mexico, dimana suku-suku Indian membuatnya menjadi perhiasan-perhiasan yang indah. Suku Aztec mengunakan turquoise sebagai potongan kecil mozaic untuk menghias topeng yang digunakan pada upacara keagamaan dan hiasan lainya.

Batu ini tidak transparan atau tembus cahaya dan warnanya ada yang hijau muda sampai hijau tua dan ada pula yang biru muda sampai biru tua. Pada umumnya batu pirus berwarna hijau tetapi yang berwarna biru lebih tinggi nilainya. Warna hijau di batu pirus disebabkan adanya campuran besi dan warna biru pada batu pirus disebabkan adanya campuran tembaga. Garis garis yang menyerupai keretakan di batu pirus itu sebenarnya merupakan urat emas, pirus daun dan sebagainya. Urat-urat di batu pirus yang berwarna merah sangat mahal harganya karena dipercayai sebagai jenis batu pirus yang sakral dan jika batu pirus tidak ber-urat maka akan dianggap sebagai batu pirus yang sudah “mati”.

Menurut para pakar dan penggemar batu pirus, batu ini sangat sensitive terhadap bau-bauan. Batu pirus dapat menyerap bau, minyak atau kotoran dalam jangka waktu yang lama, sifat batu turquoise atau pirus agak lunak dan berpori-pori, sehinga pemakaian dan perawatannya harus lebih diperhatikan karena dapat menyerap minyak atau bahan kosmetik seperti parfum jadi hindarkan atau jangan meletakkan batu pirus ini bersamaan dengan barang-barang yang mempunyai zat-zat yang bisa mempengaruhi batu pirus tersebut. Batu pirus juga perlu “bernafas” dan ruangan yang lembab atau kurang udara dapat menyebabkan warna batu pirus berubah dan akhirnya jatuh nilai harganya. Batu pirus sering dipakai pada para raja dan penguasa di zaman dulu.

http://images02.olx.co.id/ui/9/22/05/1289816190_61541705_1-Gambar--BATU-PIRUS-WARNA-ANTIK-CODE-P-5456-SOLD-OUT-26012010-1289816190.jpg


Kegunaan atau manfaat
Batu pirus dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain membawa kedamaian dan kebahagiaan dan menolak bencana atau bahaya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Sama halnya dengan bunga poinsettia, batu pirus juga dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Desember (selain zircon dan lapis lazuli) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 5 dan yang ke 11. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu pirus dihubungkan dengan zodiac capricorn dan sagitarius.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com

Batu Biduri Bulan / Moonstone

http://media.dinomarket.com/docs/imgusr/batu_biduri_002_220610030607_ll.jpg.JPG


Batu biduri bulan terdiri dari potassium alumunium silicate, batu biduri bulan mempunyai nilai keras 6-6.5 berdasarkan daftar keras Mohs dan tergolong pada batu mulia tanggung (half-edelsteen). Batu biduri bulan telah dikenal dan digunakan oleh manusia sebagai perhiasan selama berabad-abad. Di India batu ini termasuk batu yang sakral. Batu biduri bulan amat indah, memberi kesan misterius dan mistik. Cahayanya yang dipancar seperti bulan purnama dan harganya sangat mahal.

Warna batu biduri bulan bermacam-macam, ada yang putih, kuning, abu-abu, coklat, merah muda, jinga, hijau dan adapun yang tidak berwarna. Berhati-hatilah membeli batu yang satu ini karena banyak yang palsu. Batu biduri bulan yang palsu dibuat oleh kulit kerang yang telah digosok halus. Adapun batu opal murah yang jernih dan dijual sebagai batu biduri bulan.

Kegunaan atau manfaat
Batu biduri bulan dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan hasrat, mendatangkan rasa welas-asih, membuat perasaan tajam, melindungi wanita dan bayi dan digunakan untuk para wanita untuk memikat hati pria. Tetapi jika tidak cocok dengan pemakainya batu ini akan mendatangkan rasa sedih dan murung.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu biduri bulan dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Juni dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 13. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu biduri bulan dihubungkan dengan zodiac gemini.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com/2009/05/batu-biduri-bulan-moonstone.html




Moonstone si Batu Bulan








Moonstone























Seperti namanya, Moonstone adalah representasi dari Bulan. Batu semimulia (semi precious stone) yang tembus cahaya ini secara normal ditemukan dalam warna putih krem layaknya Bulan, meskipun sebenarnya datang dalam berbagai warna. Kadang juga ditemukan dalam warna kebiru-biruan atau kekuning-kuningan atau warna putih, juga abu-abu, cokelat, oranye, hijau, hingga merah muda. Yang berwarna biru dianggap sebagai Moonstone yang paling berharga di antara semuanya.

Moonstone dianggap sebagai batu yang merepresentasikan femininitas, dan telah dikaitkan dengan kesuburan wanita sejak zaman dahulu. Dikatakan dapat membantu wanita yang sedang nyeri haid atau sedang dalam proses melahirkan anak, sering juga digunakan sebagai hiasan pada pakaian wanita Arab sebagai tanda kesuburan. Namun, mengklasifikasi batu ini sebagai batu "feminin" sebenarnya merupakan kesalahan, karena batu ini lebih berhubungan dengan pikiran atau emosi. Mengenakan batu ini dapat membawa perasaan seseorang berada dalam kendali pada semua kondisi. Juga membantu untuk meredakan stres dan kecemasan.

Moonstone, yang memiliki vibrasi yang baik dengan angka 4 ini, juga dikenal sebagai 'Rainbow Moonstone' karena dapat mengambil warna dari sekitarnya atau yang sedang Anda kenakan. Batu ini dianggap sebagai batu suci oleh orang India dan diyakini dapat membawa nasib baik. Pemakai batu permata ini juga diyakini selalu mendapatkan mimpi yang menyenangkan.


http://batumurah.com/wp-content/uploads/IMG_1203.jpg


Moonstone dikaitkan dengan ulang tahun pernikahan ke-13. Merupakan batu kelahiran dari zodiac Gemini atau mereka yang lahir di bulan Juni. Batu ini sangat ideal untuk dipakai para dokter, perawat, dan pekerja sosial untuk dapat bekerja lebih efektif dan percaya diri. Moonstone juga dianggap sebagai batu pelindung untuk turis, terutama pada malam hari atau saat berada di air. Hal ini membuat Moonstone menjadi batu permata yang ideal untuk perenang, pengawal pantai, pelaut dan lain lain yang berhubungan dengan air.

Moonstone juga dianggap sebagai batu permata untuk cinta pertama dan dikatakan memiliki aura sensual yang menggoda, membantu menjaga hubungan yang baik dengan pasangan Anda. Pemberian batu ini kepada orang yang dicintai dapat memperkuat ikatan dan membawa harmoni antara pasangan.

Batu ini juga berhubungan dengan berkebun. Mengenakan batu ini ketika penanaman, penyiraman, penyiangan dan sebagainya konon dapat membawa panen yang baik. Mereka yang berurusan dengan berbagai metode meramal juga memakai batu ini karena membantu mereka untuk meningkatkan wawasan spiritual mereka. Juga memiliki kekuatan penyembuhan yang luar biasa dan banyak digunakan oleh penyembuh, yaitu membantu pencernaan, menyembuhkan sakit kepala dan sakit punggung, dan sangat efektif untuk perempuan yang memiliki ketidakseimbangan hormon atau telah melalui masa menopause.

Batu bulan harus ditangani dengan hati-hati karena sangat mudah tergores. Jadi, tidak dianjurkan untuk menempatkan batu yang lain dengan batu bulan secara bersama-sama. Batu permata ini merupakan batu favorit bagi orang Roma yang menggunakan batu ini dalam Jewelry mereka. Perhiasan modern menggunakan moonstone seringkali dalam bentuk cincin, liontin dan gelang. Moonstone banyak ditemukan di India, Sri Lanka, Brasil, Meksiko, Myanmar, Australia, Tanzania, dan Amerika Serikat dalam jumlah yang cukup besar.



Sumber: http://duniaperhiasan.blogspot.com

Batu Onyx

Batu oniks atau onyx yang tergolong batukuarsa ada tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx. Biasanya batu oniks atau onyx di buat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan lewat proses pemanasan atau kimia dan amat sulit untuk dibedakan sehingga pembeli maupun penjualnya pun banyak yang tidak bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak. Batu oniks mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, walaupun batu ini keras tapi juga mudah tergores atau lecet jika terbentur dengan keras.

batu oniks 
Kegunaan atau manfaat
Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Batu yang dianjurkan untuk penyakit ginjal dan hati.
2. Batu oniks hitam mampu merubah kebiasaan buruk si pemakai.
3. Menjadikan pemakai jago dalam berbicara.
4. Mengurangi stress dan memberikan tidur yang nyenyak.
5. Mampu meredam rasa cinta dan nafsu yang berlebihan.
6. Membantu atau mempercepat pertumbuhan kulit, kuku dan rambut.
7. Mengusir hawa negatip, meningkatkan kecerdasan dan inspirasi spiritual.

Gadis2 yg pake ini akan terlindungi kehormatannya dan setidaknya insyaf untuk tidak mencemarkan dirinya. Apabila orang membuat cincin cap dengan batu oniks, dia akan suka berkelahi, suka mencari perkara dan dapat menimbulkan perceraian rumah tangga. Jadi batu ini mempunyai khasiat yang tidak tentu bagi pemakainya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Barang siapa yg lahir antara 21 desember-20januari (golongan capricorn) dan 21 jul- 20 agustus (leo) dikala masih anak2 jika dikalungi batu onik dipercaya akan cepat tumbuh dan terhindar dari bermacam2 penyakit.
Batu obsidian dijadikan batu kelahiran Februari dan batu hadiah pernikahan yang ke 7. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu obsidian dihubungkan dengan zodiac leo.

Batu Sardoniks (Sardonyx).

Batu sardoniks atau sardonyx adalah batu onyx yang berwarna merah tua atau cokelat kemerahan dan dasarnya berwarna putih. Di Indonesia batu ini juga disebut dengan batu akik lapis. Mungkin batu sardoniks yang paling terkenal adalah batu sardoniks yang dijadikan cincin yang terdapat ukiran gambar ratu Elizabeth I, ratu tersebut kemudian memberi cincin itu kepada kekasihnya The Earl of Essex sebagai hadiah dan kenangan.

Khasiatnya batu sardoniks dapat membawa kegembiraan dan peduli akan reputasi dan harga diri. Orang Mesir dolo suka mengukir batu sardoniks dengan semacam kumbang dan memakainya sebagai jimat, orang Romania dahulu memakai batu sardoniks yang diukir dengan pahlawan atau dewa perang seperti Mars atau Hercules Ares untuk meningkatkan keberanian dan menghilangkan rasa takut dalam medan perang. Menurut kepercayaan kuno, batu sardoniks oranye untuk menstimulasi, batu sardonyx hitam untuk mengusir hawa hawa negatip dan batu sardonyx hijau untuk membersihkan pengaruh negatip. Batu ini juga sering digunakan oleh para pemimpin untuk melancarkan atau menginspirasi orang banyak saat berbicara.

Cara terbaik membersihkan batu sardonyx ialah dengan menggunakan sikat yang lembut dan air sabun hangat. Seperti kebanyakan batu mulia lainnya, batu sardoniks juga tidak boleh terjemur atau terkena hawa yang panas dan jauhkan dari bahan bahan kimia yang bisa menghancurkannya. Batu sardoniks dapat ditemukan di Jerman, Brazil, Czechoslovakia, Mexico, Amerika, Rusia, India dan Afrika.

Batu ini dipercayai bagus buat orang kelahiran virgo dan batu ini dijadikan sebagai batu alternatif untuk batu kelahiran Agustus. Batu sardoniks juga digunakan sebagai batu hadiah pada ulang tahun pernikahan yang ke 10.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com




Onyx si Hitam yang Halus dan Eksotis

onyx




















Dikenal secara umum sebagai batu ulang tahun perkawinan kesepuluh, onyx hitam tampak elegan sebagai perhiasan. Onyx adalah salah satu varietas Chalcedony atau Agate, yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai "kuku jari atau cakar". Datang dalam berbagai variasi warna: cokelat, putih, abu-abu dan hitam, yang tampak paling menakjubkan adalah onyx hitam. Pada dasarnya ini adalah Agate yang dicelup untuk mendapatkan warna hitam. Secara tradisional digunakan untuk latar belakang suatu ukiran, dan akan sering ditemukan sebagai latar belakang perhiasan yang mengkilap karena teksturnya yang sangat halus.

Sardonyx adalah onyx yang memiliki pita warna putih atau hitam atau cokelat, namun bukan batu onyx yang diwarnai hitam.

Batu Onyx yang paling umum tersedia di seluruh dunia adalah Batu Onyx hitam. Batu ini ditambang di banyak negara termasuk Brasil, Meksiko, Inggris, Pakistan, Uruguay, India dan California. Merupakan jenis mikrokristalin silikon dioksida, batu ini memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Bobot berkisar antara 2,65 ke 2.66. indeks bias 1,543-1,552 hingga 1,545-1.554. Tanda-tanda optik positif dengan karakter optik uni aksial.

Keantikan batu onyx sebagai sebuah batu diperoleh dari proses celup untuk memperbaiki warna dan tekstur. Pencelupan adalah proses untuk mengubah warna permata dengan mencelupkannya ke dalam larutan berwarnba, yang memungkinkan pewarna menembusnya melalui celah patahan yang ada dalam batu. Onyx hitam pertama kali dibuat 4000 tahun yang lalu pada masa peradaban Harappan. Seseorang bahkan dapat membuat warna onyx hitam sendiri dengan mencelupkan Agate ke dalam larutan madu dan air gula di atas api kecil selama beberapa hari. Pori-pori akan menyerap cairan dan gula, yang dalam bentuk karamel saat dipanaskan akan berwarna cokelat tua. Jika batu-batu ini selanjutnya dimasukkan ke dalam asam sulfat akan mengkarbonisasi gula onyx menghasilkan warna hitam. Metode ini digunakan sejak lama dan menghasilkan hasil permanen. Sebagian besar batu Agate hitam yang diproduksi secara komersial dipanaskan dan dicelup secara permanen untuk meningkatkan kedalaman warna hitam dan membuatnya eksotis. Onyx alam sangat jarang ditemukan. Pewarna yang digunakan dalam proses sangat stabil dan orang harus berhati-hati saat membersihkannya untuk menghindari warnanya terangkat atau menumpulkan batu. Iradiasi merupakan proses lain yang digunakan untuk menghasilkan warna yang berbeda.

Black Onyx sangat mudah tergores apabila tidak ditangani dengan hati-hati meskipun mudah untuk membersihkan batu dengan menggunakan polish perhiasan komersial. Setelah memolis, potongan harus dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan kain lembut. Setetes minyak zaitun (Olive) dapat menghasilkan sinaran yang indah pada batu. Bilas air putih juga dapat membersihkan kotoran tapi jangan pernah merendam batu karena dapat memudarkan celupannya. Hindarkan dua batu ada bersama-sama untuk menghindari gesekan. Sangat bagus untuk menghindari panas, cahaya atau bahan kimia yang berlebihan untuk memperpanjang daya tahan batu.

Dipercaya secara luas bahwa onyx hitam dapat mengubah kebiasaan Anda yang tidak menentu, baik jika digunakan dengan iman. Hal ini dianggap sebagai Salah satu batu perlindungan yang kuat karena menyerap energi negatif orang-orang untuk melepaskan ketegangan jiwa dan mempromosikan kesejahteraan emosional. Onyx hitam dikaitkan dengan planet Saturnus, yang akan membawa getaran positif bagi mereka yang lahir dalam naungan planet Saturnus. Dalam tradisi India dikatakan dapat membantu orang untuk melupakan hubungan masa lalu mereka dan membawa orang selaras dengan masa kini. Sangat umum menemukan rosario yang terbuat dari batu Agate hitam, yang diyakini memiliki manfaat pengobatan.

Batu onyx hitam yang terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran. Sementara membeli, periksa permukaan halus seperti marmer. Batu seharusnya tidak mempunyai goresan atau penyok. Onyx hitam kadang-kadang sering sukar dibedakan dengan Jade (batu giok) hitam, Chalcedony hitam, berlian hitam, kaca atau plastik. Perhiasan onyx hitam terlihat benar-benar indah bila disatukan dengan batu seperti mutiara.



Sumber: Jewelinfo4u.com

Batu Mata Harimau (Tiger Eye)

http://batumulia99.files.wordpress.com/2009/07/tiger_eye3.jpg?w=600&h=478

 

Batu mata harimau dikenal dengan batu chatoyant yang paling popular (chatoyant artinya bisa memantulkan sinar atau cahaya yang beraneka ragam), warnanya aslinya kuning, ada juga yang berwarna merah tua berkilau seperti emas dan dasar garis-garisnya seperti harimau loreng. Warna garisnyapun beda-beda, ada yang kuning muda (dinamakan mata harimau) dan ada juga yang warna putih (disebut mata garuda). Pantulan warna warni yang berasal dari batu ini disebabkan oleh lapisan lapisan seperti serat yang banyak dan tipis sehingga setiap cahaya yang masuk dipantulkan oleh lapisan yang berbeda. Untuk bisa melihat ini, batu mata harimau dibuat atau dirubah menjadi bentuk cabochan karena dalam bentuk inilah batu ini bisa memaksimalkan pantulannya. 

Batu mata harimau berasal dari keluarga batu kuarsa (quartz) maka dari itu semua batu kuarsa seperti akik (agate), akik bawang (chrysoprase), kalsedon, kinyang asap (smoky quartz) mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, begitu juga batu mata harimau. Batu mata harimau berasal dari mineral crocidolite, mineral yang warna aslinya biru dan teroksidasi menjadi cokelat keemasan dan lama kelamaan menjadi batu kuarsa. Batu yang setengah jadi dalam proses silicification dan batunya masih berwarna kebiruan disebut Hawk's Eye atau batu mata garuda. Batu mata harimau yang berwarna merah disebabkan oleh pemanasan dan batu mata harimau berwarna madu sering dijadikan sebagai batu mata kucing (batu chrysoberyl yang harganya lebih mahal dan batunya lebih keras) untuk menipu pembeli. Fiber optic glass yang diproduksi dalam berbagai warna adalah cara yang paling banyak digunakan untuk me-imitasikan batu mata harimau.

Batu mata harimau dapat ditemukan di Burma, Australia, Amerika dan India, tapi yang paling bagus biasanya berasal dari Afrika Selatan.

 

Kegunaan atau manfaat
Batu mata harimau dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Mempunyai pengaruh bagus untuk kesehatan mata.
2. Mencegah kecanduan alkohol, tembakau dan zat stimulan lainnya.
3. Menyembuhkan penyakit perut tertentu seperti pencernaan, empedu atau luka.
4. Melindungi pemilik dari binatang buas ketika berada di hutan belukar, oleh karena itu pengawas hutan jati banyak membawa batu ini.

 

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu mata harimau dijadikan batu khusus untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 9. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mata harimau dihubungkan dengan zodiac gemini.


Keindahan kilauan Batu Tiger Eye

http://satrio74.files.wordpress.com/2008/08/tiger-eye.jpg


Selama dalam perjalanan mengenal bebatuan, ya batu Mulia ataupun batu Akik, mungkin kita pernah mendengar batu Akik yang namanya Tiger’s eye. Disebut Tiger’s eye, karena corak batu yang mirip dengan mata macan. Hal ini mengingatkan kita pada batu Mulia yang disebut dengan Cat’s eye (mata kucing) karena kemiripan kilaunya mata kucing dimalam hari. Tiger’s eye merupakan quartz dengan corak-corak yang berbelang-belang.Warna ini memberikan warna dan corak yang menarik pada batuan quartz ini.. Tiger’s eye mempunyai kekerasan 7 pada skala Mohs, dan menampilkan ciri-ciri “chatoyancy” (cat’s eye). Atau sederhananya adalah Tiger’s eye adalah batuan dengan kilauan cahaya yang kelihatan seperti mata macan apabila dipotong dan digosok.


http://www.metaphysicalrealm1.com/info/TigerEye1.jpg
 

Di pasaran, Tiger’s eye biasanya memiliki berwarna kuning bersama warna hitam dengan campuran warna coklat serta oren. Selain itu, terdapat juga warna lain seperti biru yang dikenali sebagai hawk’s eye, merah yang dikenali sebagai bull’s eye, dan pietersite (gabungan hawk’s eye, bull’s eye, dan tiger’s eye). Dari segi nilai, hawk’s eye lebih bernilai diikuti bull’s eye dan tiger’s eye. Pietersite juga mempunyai nilai yang tinggi kerana sangat jarang dijumpai. Harga Tiger’s eye tidak semahal Cat’s eye. Kisaran sekitar Rp 200.000,- sampai Rp 750.000,- tapi harga ini tidak mengikat, karena penulis bisa mendapatkan harga dibawah Rp 200.000,- saat berburu batu ini. Menurut info, Tiger’s eye mempunyai beberapa nama, yaitu Yellow tiger’s eye yang memiliki warna kuning, red tiger’s eye yang memiliki warna merah (atau bull’s eye), dan blue tiger’s eye yang memiliki warna biru (hawk’s eye). 

Selain itu, bull’s eye juga memiliki warna mahogany (warna coklat kemerahan) dan sebagian orang menyebut dengan nama ox’s eye. Beberapa gemologist memberi nama yang berbeda untuk Tiger’s eye ini. Tiger’s eye dikenali sebagai Crocidolite, Pseudocrocidolite, atau Griqualandite (merujuk kepada garisan warna kuning pada batuan quartz tiger’s eye yang dijumpai di Griquatown, Afrika Selatan), bull’s eye sebagai Binghamite (Cuyunite), dan hawk’s eye dikenali sebagai Rodusite (Russia). 

Di Australia terdapat Tiger iron - satu nama bagi tiger’s eye yang berasal dari batuan quartz, jasper merah dan hematite, dengan struktur microcrystalline (kristal yang bersifat halus). Tiger iron dijumpai di dalam bijih besi dekat Port Hedland, Barat Australia yang mempunyai gabungan warna kuning, hitam, coklat, merah dan dengan sedikit warna kehijauan. Bagi sesetengah orang pula Wolf’s-eye merupakan gabungan tiger’s eye dan hawk’s eye (warna kuning, biru, dan hitam). Seperti yang dinyatakan diatas pietersite pula merupakan gabungan ketiga-tiga jenis batu; hawk’s eye, bull’s eye, dan tiger’s eye. Falcon’s eye yang dipanggil di Jerman pula merujuk kepada hawk’s eye. Di China, Golden Chinese tiger’s eye merujuk kepada tiger’s eye (warna kuning).

http://1.bp.blogspot.com/_oS9TZtPct2Y/TBMGvEibE8I/AAAAAAAAAKw/BPtdfCSjbMI/s320/20081118162153_06_Tiger_Eye_492289314b381-t.jpg



Batu Tiger’s eye dan familynya banyak dijumpai di Australia, Afrika Selatan, India, Myanmar, Sri Lanka, Brazil, dan California. Pietersite, dijumpai di Namibia dan Daerah Hunan, China. Deposit baru tiger’s eye dijumpai di Arizona dengan warna yang menarik dan ciri-ciri fisikal yang translucent (separa transparent). Para penggemar batu harap berhati-hati karena Tiger’s eye juga dibuat sintetis alias immitation (tiruan) yang kebanyakannya dari China. Begitu juga beberapa jenis batuan quartz yang mempunyai cathoyancy (cat’s eye) yang dihasilkan daripada kaca untuk dibuat bebola kristal dengan pelbagai warna seperti hijau, biru, merah, kuning dan sebagainya. Forsterite (Mg-olivine) - sejenis produk sintetik olivine dipasarkan dengan nama “rodusite”. “Harlequin stone” adalah nama “bagi produk tiruan dengan warna crocidolite.” Selain itu, terdapat juga proses melunturkan warna tiger’s eye dan hawk’s eye ke dalam acid bagi membentuk grey tiger’s eye yang berwarna kelabu. Biasanya acid hidroklorik atau asid ozalic digunakan. Mungkin kita tidak mengetahui terdapat beberapa jenis tiger’s eye yang tidak dipasarkan dengan nama tiger’s eye. Carlifornia Tiger’s eye yang mempunyai warna biru kelabu mempunyai cathoyancy yang terhasil daripada silika digelar Placer Country Tiger’s eye. Batu ini mempunyai kandungan fiber tremolite yang besar. Walaupun begitu, batu ini lebih menyerupai silk-stone dan tidak dipanggil tiger’s eye dalam pasaran. Bagi anda para penggemar bebatuan, tak ada salahnya bila melengkapi koleksi keindahan batu anda dengan menyelipkan 1 Tiger’s eye dalam kotak koleksi anda… 
 
 
Sumber: http://satrio74.wordpress.com
 

Batu Mulia Peridot

http://www.dsarrosgems.com/images/AugustPeridot.jpg


Peridot yang berasal dari mineral “olivine” adalah salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia. Peridot juga merupakan salah satu batu yang sering dikira zamrud karena warnanya, dan banyak batu “zamrut” yang dulu dimiliki para kerajaan adalah ternyata batu peridot.

Peridot pada umumnya terdiri hanya dari satu warna yaitu hijau olive, dan yang paling dicari adalah yang warnanya agak gelap atau yang susunan besinya tidak lebih dari 15% dan terdapat campuran nickel dan chromium karena campuran tersebut memberi pengaruh pada warnanya. Warnanya yang hijau disebabkan oleh adanya zat besi di dalamnya dan kadang jika warnanya agak kecoklat-coklatan itu dikarenakan campuran besinya terlalu banyak di dalam susunan kimia tersebut. Batu peridot perlu dijaga baik-baik karena batu ini termasuk batu yang tidak terlalu keras dan bisa retak jika terbentur terlalu keras. Namun batu ini juga cocok untuk dijadikan batu perhiasan yang dipakai sehari-hari untuk acara formal ataupun kasual dan salah satu alasannya karena batu peridot ini tidak terlalu berat.

Peridot di Hawaii dikenal dengan sebutan Olivine, dengan kandungan magnesium besi silica. Batu peridot kini banyak ditambang di Arizona, Burma, Kenya, Brazil, Pakistan dan Cina.

Kegunaan atau manfaat
Batu peridot dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain digunakan sebagai batu “hoki” dan dipercaya mampu mengusir hawa-hawa negative, bisa menyembuhkan penyakit asma, membawa ketenangan dan kedamaian pada si pemilik dan jika meminum obat dari gelas yang terbuat dari batu peridot tersebut akan meningkatkan daya kemanjuran obat.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu peridot dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk batu kelahiran bulan Agustus (sama halnya dengan bunga gladiol) dan pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 16. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu zamrud dihubungkan dengan zodiac libra.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com/2009/05/batu-peridot-batu-kelahiran-agustus.html


Peridot si Hijau yang Mengesankan


http://2.bp.blogspot.com/_fm4eqwDhVW4/Sng-d6_cT3I/AAAAAAAACTA/KaR5_QU529Y/s320/Peridot.jpg

Peridot adalah salah satu dari sebagian kecil batu permata yang memiliki satu warna: hijau olive. Batu ini berasal dari mineral “olivine”, salah satu batu yang paling lama diketahui oleh manusia, dan merupakan satu-satunya batu yang ditemukan di meteorit. Intensitas warna hijaunya sering kali tergantung dari seberapa banyak kandungan besi di dalam struktur kristalnya, sehingga warna batu peridot secara individual bisa berbeda-beda dari kuning-hijau, hijau olive, hingga hijau kecoklatan. Yang paling banyak dicari adalah peridot yang berwarna hijau olive gelap.

Batu peridot termasuk batu yang tidak terlalu keras dan bisa retak jika terbentur. Namun batu ini cocok untuk dijadikan batu perhiasan yang dipakai sehari-hari untuk acara formal ataupun kasual dan salah satu alasannya karena batu peridot ini tidak terlalu berat.

Batu peridot adalah batu kelahiran untuk bulan Agustus.

Kadangkala batu ini sering kali disalahartikan sebagai batu zamrud. Itu berarti, istilah zamrud katulistiwa selama ini sama artinya dengan peridot katulistiwa (?)

Ada banyak kepercayaan tentang manfaat batu ini. Batu peridot dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain digunakan sebagai batu “hoki” dan dipercaya mampu mengusir hawa-hawa negatif, bisa menyembuhkan penyakit asma, membawa ketenangan dan kedamaian pada si pemilik dan jika meminum obat dari gelas yang terbuat dari batu peridot tersebut akan meningkatkan daya kemanjuran obat.

Peridot dipercaya dapat membantu agar impian seseorang dapat jadi kenyataan. Legenda menyatakan bahwa bajak laut menyayangi peridot karena melindungi dari kuasa kegelapan/setan. Jika peridot diikat dengan emas (menjadi perhiasan emas), akan melindungi pemakainya dari teror di malam hari. Untuk kesehatan, peridot membantu fungsi dari kelenjar adrenal, memberikan keseimbangan energi fisik dan membantu orang yang terlalu sering mengalami ketegangan emosional/stress.



Sumber: http://duniaperhiasan.blogspot.com

Batu Mulia, Permata dan perhiasan





safir-birma-blue-ster.






safir-ceylon-white-ster.






zamrud-clmb-2.






zamrud-clmb-3.






zamrud-4.






mata-kucing-crop2.






kalimaya-crop-21.






ruby-ster-crop-13.






bleu-safir-crop-21.






04052008180.






safir-selon-crop-12.







topaz-crop2.






badar-besi-42.






batu-fosil-crop2.






biduri-laut-1.






mg-crop-22.





mani-gajah-ikat.






lapis-lazuli-1.






batu-kayu.






sulaeman-mega.






sulaeman-wulung.






nilem-crop.






wulung-71.






26042008144.






tiger-eye1.






sulaeman.






ruby-birma.
 





safir-australia-4-ceylon.






yellow-topaz.






kecubung-es.






rambut-cendana.






koleksi-fosil-kayu-2.






pirus-persia1.






akik-lulut-banten.






akik-madu.






badar-asem-rambut-cdn-1.






badar-asem-rambut-cdn-3.






badar-lumut.






batu-wulung-new-1.






jamrud-clb-new.






lapis-lazuli-new.






tapak-jalak.






batu-combong.






aquamarine.






batu-fosil-laut.






biduri-pandan.






black-safir-ster-1.






bloodstone1.






christoberyl.






king-safir.






merah-siam-1






rubi-mdg





safir-australia






black-safir-ster-11






mata-kucing-crop



Sumber:
http://papuapost.multiply.com
Related Posts with Thumbnails