Minggu, 23 Januari 2011

Batu Onyx

Batu oniks atau onyx yang tergolong batukuarsa ada tiga macam. Yang berwarna hitam dan dasarnya putih disebut batu oniks biasa, yang berwarna merah dan dasarnya putih dinamakan karneol onyx, sedangkan yang merah tua dan dasarnya putih diberi nama sardonyx. Biasanya batu oniks atau onyx di buat menjadi bentuk cabochon dan kebanyakan warna dari batu ini telah dihasilkan lewat proses pemanasan atau kimia dan amat sulit untuk dibedakan sehingga pembeli maupun penjualnya pun banyak yang tidak bisa membedakan mana yang alami dan mana yang tidak. Batu oniks mempunyai nilai keras 7 dalam daftar Mohs, walaupun batu ini keras tapi juga mudah tergores atau lecet jika terbentur dengan keras.

batu oniks 
Kegunaan atau manfaat
Batu obsidian dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain;
1. Batu yang dianjurkan untuk penyakit ginjal dan hati.
2. Batu oniks hitam mampu merubah kebiasaan buruk si pemakai.
3. Menjadikan pemakai jago dalam berbicara.
4. Mengurangi stress dan memberikan tidur yang nyenyak.
5. Mampu meredam rasa cinta dan nafsu yang berlebihan.
6. Membantu atau mempercepat pertumbuhan kulit, kuku dan rambut.
7. Mengusir hawa negatip, meningkatkan kecerdasan dan inspirasi spiritual.

Gadis2 yg pake ini akan terlindungi kehormatannya dan setidaknya insyaf untuk tidak mencemarkan dirinya. Apabila orang membuat cincin cap dengan batu oniks, dia akan suka berkelahi, suka mencari perkara dan dapat menimbulkan perceraian rumah tangga. Jadi batu ini mempunyai khasiat yang tidak tentu bagi pemakainya.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Barang siapa yg lahir antara 21 desember-20januari (golongan capricorn) dan 21 jul- 20 agustus (leo) dikala masih anak2 jika dikalungi batu onik dipercaya akan cepat tumbuh dan terhindar dari bermacam2 penyakit.
Batu obsidian dijadikan batu kelahiran Februari dan batu hadiah pernikahan yang ke 7. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu obsidian dihubungkan dengan zodiac leo.

Batu Sardoniks (Sardonyx).

Batu sardoniks atau sardonyx adalah batu onyx yang berwarna merah tua atau cokelat kemerahan dan dasarnya berwarna putih. Di Indonesia batu ini juga disebut dengan batu akik lapis. Mungkin batu sardoniks yang paling terkenal adalah batu sardoniks yang dijadikan cincin yang terdapat ukiran gambar ratu Elizabeth I, ratu tersebut kemudian memberi cincin itu kepada kekasihnya The Earl of Essex sebagai hadiah dan kenangan.

Khasiatnya batu sardoniks dapat membawa kegembiraan dan peduli akan reputasi dan harga diri. Orang Mesir dolo suka mengukir batu sardoniks dengan semacam kumbang dan memakainya sebagai jimat, orang Romania dahulu memakai batu sardoniks yang diukir dengan pahlawan atau dewa perang seperti Mars atau Hercules Ares untuk meningkatkan keberanian dan menghilangkan rasa takut dalam medan perang. Menurut kepercayaan kuno, batu sardoniks oranye untuk menstimulasi, batu sardonyx hitam untuk mengusir hawa hawa negatip dan batu sardonyx hijau untuk membersihkan pengaruh negatip. Batu ini juga sering digunakan oleh para pemimpin untuk melancarkan atau menginspirasi orang banyak saat berbicara.

Cara terbaik membersihkan batu sardonyx ialah dengan menggunakan sikat yang lembut dan air sabun hangat. Seperti kebanyakan batu mulia lainnya, batu sardoniks juga tidak boleh terjemur atau terkena hawa yang panas dan jauhkan dari bahan bahan kimia yang bisa menghancurkannya. Batu sardoniks dapat ditemukan di Jerman, Brazil, Czechoslovakia, Mexico, Amerika, Rusia, India dan Afrika.

Batu ini dipercayai bagus buat orang kelahiran virgo dan batu ini dijadikan sebagai batu alternatif untuk batu kelahiran Agustus. Batu sardoniks juga digunakan sebagai batu hadiah pada ulang tahun pernikahan yang ke 10.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com




Onyx si Hitam yang Halus dan Eksotis

onyx




















Dikenal secara umum sebagai batu ulang tahun perkawinan kesepuluh, onyx hitam tampak elegan sebagai perhiasan. Onyx adalah salah satu varietas Chalcedony atau Agate, yang dalam mitologi Yunani dikenal sebagai "kuku jari atau cakar". Datang dalam berbagai variasi warna: cokelat, putih, abu-abu dan hitam, yang tampak paling menakjubkan adalah onyx hitam. Pada dasarnya ini adalah Agate yang dicelup untuk mendapatkan warna hitam. Secara tradisional digunakan untuk latar belakang suatu ukiran, dan akan sering ditemukan sebagai latar belakang perhiasan yang mengkilap karena teksturnya yang sangat halus.

Sardonyx adalah onyx yang memiliki pita warna putih atau hitam atau cokelat, namun bukan batu onyx yang diwarnai hitam.

Batu Onyx yang paling umum tersedia di seluruh dunia adalah Batu Onyx hitam. Batu ini ditambang di banyak negara termasuk Brasil, Meksiko, Inggris, Pakistan, Uruguay, India dan California. Merupakan jenis mikrokristalin silikon dioksida, batu ini memiliki kekerasan 7 pada skala Mohs. Bobot berkisar antara 2,65 ke 2.66. indeks bias 1,543-1,552 hingga 1,545-1.554. Tanda-tanda optik positif dengan karakter optik uni aksial.

Keantikan batu onyx sebagai sebuah batu diperoleh dari proses celup untuk memperbaiki warna dan tekstur. Pencelupan adalah proses untuk mengubah warna permata dengan mencelupkannya ke dalam larutan berwarnba, yang memungkinkan pewarna menembusnya melalui celah patahan yang ada dalam batu. Onyx hitam pertama kali dibuat 4000 tahun yang lalu pada masa peradaban Harappan. Seseorang bahkan dapat membuat warna onyx hitam sendiri dengan mencelupkan Agate ke dalam larutan madu dan air gula di atas api kecil selama beberapa hari. Pori-pori akan menyerap cairan dan gula, yang dalam bentuk karamel saat dipanaskan akan berwarna cokelat tua. Jika batu-batu ini selanjutnya dimasukkan ke dalam asam sulfat akan mengkarbonisasi gula onyx menghasilkan warna hitam. Metode ini digunakan sejak lama dan menghasilkan hasil permanen. Sebagian besar batu Agate hitam yang diproduksi secara komersial dipanaskan dan dicelup secara permanen untuk meningkatkan kedalaman warna hitam dan membuatnya eksotis. Onyx alam sangat jarang ditemukan. Pewarna yang digunakan dalam proses sangat stabil dan orang harus berhati-hati saat membersihkannya untuk menghindari warnanya terangkat atau menumpulkan batu. Iradiasi merupakan proses lain yang digunakan untuk menghasilkan warna yang berbeda.

Black Onyx sangat mudah tergores apabila tidak ditangani dengan hati-hati meskipun mudah untuk membersihkan batu dengan menggunakan polish perhiasan komersial. Setelah memolis, potongan harus dicuci dengan air panas dan dikeringkan dengan kain lembut. Setetes minyak zaitun (Olive) dapat menghasilkan sinaran yang indah pada batu. Bilas air putih juga dapat membersihkan kotoran tapi jangan pernah merendam batu karena dapat memudarkan celupannya. Hindarkan dua batu ada bersama-sama untuk menghindari gesekan. Sangat bagus untuk menghindari panas, cahaya atau bahan kimia yang berlebihan untuk memperpanjang daya tahan batu.

Dipercaya secara luas bahwa onyx hitam dapat mengubah kebiasaan Anda yang tidak menentu, baik jika digunakan dengan iman. Hal ini dianggap sebagai Salah satu batu perlindungan yang kuat karena menyerap energi negatif orang-orang untuk melepaskan ketegangan jiwa dan mempromosikan kesejahteraan emosional. Onyx hitam dikaitkan dengan planet Saturnus, yang akan membawa getaran positif bagi mereka yang lahir dalam naungan planet Saturnus. Dalam tradisi India dikatakan dapat membantu orang untuk melupakan hubungan masa lalu mereka dan membawa orang selaras dengan masa kini. Sangat umum menemukan rosario yang terbuat dari batu Agate hitam, yang diyakini memiliki manfaat pengobatan.

Batu onyx hitam yang terjangkau dan tersedia dalam berbagai ukuran. Sementara membeli, periksa permukaan halus seperti marmer. Batu seharusnya tidak mempunyai goresan atau penyok. Onyx hitam kadang-kadang sering sukar dibedakan dengan Jade (batu giok) hitam, Chalcedony hitam, berlian hitam, kaca atau plastik. Perhiasan onyx hitam terlihat benar-benar indah bila disatukan dengan batu seperti mutiara.



Sumber: Jewelinfo4u.com

2 komentar:

  1. JUAL BONGKAHAN BACAN DOKO SUPER
    ASLI DARI HALMAHERA SELATAN ( PULAU KASIRUTA )
    BAHAN BACAN SUPER KRISTAL MALUKU UTARA.
    Kondisi bahan ;.
    - Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis.
    - Bahan tua (galian lama).
    - Kualitas super kristal- Sudah tembus.
    - Bahan keras dan padat.
    - Siap gosok poles.
    - Daging utuh, tanpa kapur.
    - Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak.
    - Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik
    Daftar harga :
    1 0ns ; Rp 500rb
    5.ons Rp.1.250.000
    1.kg Rp 2.500.000
    5 kg Rp 6.000.000
    10 Kg Rp 8.000.000
    15,kg Rp.10,000,000,
    Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
    Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
    setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 permata batu bacan dan bongkahan batu bacan ukuran kecil Origin untk yg mau pesan hub ;
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    #.stock terbatas
    Siapa cepat dia dapat
    Bagi yg merasa sudah minat dan ingin transaksi pembelian dengan kami,
    Adapun cara yg kami sediakan:COD bisa silahkan datang ke alamat saya di daerah Halmahera selatan
    Alamat:Jl.Buana Seli No.76 Rt 016 / Rw 002,Desa Labuha,Kecamatan Bacan,halmahera selatan maluku utara,dan bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
    *Bagi peminat luar kota silahkan dikirim fotmat pemesanang sebagai berikut:
    -Nama Lengkap
    -Alamat lengkap
    -No HP(Hendpoon) yang selalu aktif
    -Jika sudah di isi formatnya silahkan CALL/SMS di nmr sebagai berikut:
    Hp.082347225054
    pin :2A846D86

    jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan,dan kami sengaja melayani pembelian luar kota ,kami ingin cari rekan bisnis jual bongkahan batu bacan di luar kota dan siapa tau ada yang minat hubungi kami terimah kasih.Wassalam

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails