Minggu, 23 Januari 2011

Batu Aquamarine (Batu Biru Laut)

http://www.martapura.org/img/p/1358-3884-thickbox.jpg

 

Batu Aquamarine potret keindahan lautan

Aquamarine bila diartikan secara harfiah bermakna air laut. Kenapa Batu Mulia ini dinamakan aquamarine? Mungkin warna batu ini yang mirip air laut (biru kehijau-hijauan). Aquamarine merupakan Batu Permata yang berkualitas dan salah satu dari varietas beryl.Warna aslinya bisa dan sangat hampir dengan zamrud, karena memiliki warna hijau laut dan kebiruan, Dikalangan pecinta Batu Permata, Aquamarine memiliki popularitas yang tidak kalah dengan batu delima (ruby), zamrud, dan Safir (sapphire).

Berdasarkan struktur mineralnya yang hampir mirip dengan Zamrud, aquamarine mempunyai kekerasan pada skala Mohs antara 7 hingga 8. Warna biru pucat hingga biru kehijauan pada batu permata ini sangat dipengaruhi oleh kandungan besi (Fe) yang dimilikinya, dan biasanya bebas dari campuran bahan mineral lain serta jarang mempunyai inclusion sehingga tidak bisa memancarkan berkas sinar seperti cat eye (mata kucing) walaupun sama-sama dari variety beryl. Kulalitas dan nilai aquamarine diukur dari warna biru kehijauan yang dipancarkannya. Lebih pekat warnanya, lebih tinggi harganya. Selain itu, terdapat juga aquamarine yang berwarna kuning pucat seperti yang ditemui di Brazil yang dikenali sebagai “aquamarine chrysolite”.

Aquamarine dengan kualitas tinggi berasal dari Russia dan Brazil. Di Amerika Serikat pun ada juga Aquamarine, tepatnya dari daerah pegunungan di Colorado. Selain itu penghasil Aquamarine dari Kenya, Nigeria, Madagascar, Zambia, Tanzania, Sri Lanka, Pakistan, dan Afghanistan.


Seputar khasiat Aquamarine

Dari sisi khasiat dan mitos yang diyakini, Aquamarine dapat mendorong pertumbuhan spiritual, memacu kemampuan membaca masa depan (meramal), meningkatkan kejujuran, kedinamisan, sifat pantang menyerah dan faktor kesuksesan, yang dibarengi dengan keceriaan dan keteraturan. Selain itu diyakini dapat menjernihkan pikiran dan memberikan solusi pada permasalahan yang belum selesai.Bagi yang bermasalah pada kesehatan, Aquamarine dapat mengarahkan pertumbuhan dan keseimbangan hormon dengan mengharmonisasikan fungsi-fungsi dari kelenjar thyroid, memperbaiki kemampuan melihat jarak jauh dan dekat pada mata, meredakan kekacauan pada sistem kekebalan tubuh, dan efektif menanggulangi alergi, khususnya yang alergi pada rerumputan kering dan debu.
Bagi yang menjalani dan mempunyai impian cinta, Aquamarine ini memiliki aura cinta yang membawa pada optimisme kasih. Sebagai penolong dalam meredakan depresi dan kesedihan, membangkitkan kembali rasa cinta pada pasangan yang telah lama menikah dan membantu mendapatkan teman-teman baru bagi yang sedang kesepian…

Sumber: http://aretha-hazmi-aretha.blogspot.com
 
 
 



http://www.list-of-birthstones.com/Pictures%20of%20Birthstones/Aquamarine%20birthstones%203.jpg

Batu aquamarine di Indonesia lebih dikenal dengan nama batu biru laut. Aquamarine yang artinya “air laut” adalah sejenis batu yang tergolong dalam mineral beryl (beryl dalam bahasa Yunani yang artinya biru kehijau-hijauan) sama seperti batu zamrud. Karena batu aquamarine dan batu zamrut sangat berkaitan maka mereka sering dibilang saudara. Warna-warna batu inipun tidak jauh-jauh dari namanya yaitu ada yang biru kehijauan, hijau bening dan biru laut namun batu aquamarine yang paling diminati adalah yang berwarna biru agak kental. Aquamarine dan zamrut sama-sama mempunyai nilai keras 7.5-8 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka berdua menempati di urutan ke lima setelahbatu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz.

Batu aquamarine tidak tahan dalam suhu yang tinggi dan jika dipanaskan dari 800-900 celsius warnanya akan hilang. Batu ini sangat digemari oleh orang-orang Eropa. Dengan teknologi yang canggih pada zaman ini sekarang orang-orang dapat membuat batu sintetis aquamarine dari bahan yang sama dengan aslinya yaitu beryl namun mereka dapat dibedakan dengan mudah. Aquamarine yang asli terasa dingin jika disentuh sedangkan yang palsu tidak, semua batu aquamarine yang asli akan mengambang jika dimasukkan ke dalam cairan bromoform sedangkan yang palsu akan tenggelam. Hal ini berbeda untuk menguji batu topaz yang disebut asli jika batu topaz tersebut tenggelam di cairan bromoform.

Negara Brazil banyak menghasilkan batu aquamarine.

 

Kegunaan atau manfaat
batu aquamarine dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain mempertinggi rasa kasih sayang dalam suatu keluarga dan memberi kebahagiaan terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan laut.

 

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Dalam dunia astrology atau perbintangan batu aquamarine adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Maret (sama halnya dengan bunga narcissus atau bunga daffodil) dan batu aquamarine dihubungkan dengan zodiac pisces.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com



The aquamarin is a beryl and the chemical formula is Al2Be3[Si6O18]. The hardness is about 7.5 to 8 and the crystal system is hexagonal. It is blue, because of admixtures of iron. The aquamarine has got his name, because it looks like the color of the sea. Aquamarine can be found in the form of big hexagonal crystals. Many crystals are clear and transparent. In former times in Greece different things were made of aquamarine. Today also jewels are made of aquamarine. Aquamarine cames from Brazil, Russia (Ural) and Madagascar. In antiquity people thought that he has got positive and protecting effects.

Data about Aquamarine
Chemical formula Al2Be3[Si6O18]
Mineral class silicates
Crystal system hexagonal
Hardness 7.5 to 8
Density 2.6 g/cm3 to 2.8 g/cm3
Color blue
Line color white
Gloss glass gloss
Break shell
Fissileness none

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails