Minggu, 23 Januari 2011

Mengenal Blue Topaz

Blue Topaz
 





















Blue topaz merupakan batu kelahiran Desember, dan juga merupakan batu permata yang dianjurkan bagi pasangan yang merayakan ulang tahun pernikahan keempat, kesembilan belas, atau kedua puluh tiga.

Blue topaz telah menjadi salah satu batu permata yang saat ini paling populer di pasaran, karena kejernihannya, ketahanan, ketersediaan dan biayanya yang terjangkau. Namun saat ini topaz jarang ditemukan di alam, sehingga batu ini seringkali diciptakan secara buatan melalui kombinasi perlakuan panas dan iradiasi.

Topaz adalah salah satu dari mineral pegmatite yang terkenal seperti halnya beryl dan turmalin. Batu topaz yang berkualitas bagus mempunyai kilau yang sangat tinggi, terang, warnanya bening dan dingin jika disentuh bahkan licin. Apabila menggosok batu topaz ini dengan keras batu ini dapat mengeluarkan api atau hawa listrik yang menarik potongan kertas kecil-kecil.

Blue topaz memiliki warna seragam yang pasti, mulai dari warna biru langit hingga biru Swiss. Kadangkala batu ini dibingungkan dengan batu aquamarine yang lebih mahal. Namun aquamarine kadang-kadang berwarna biru kehijauan atau hijau kebiruan, sedangkan blue topaz akan selalu tampak biru atau abu-abu kebiruan. Satu-satunya pengecualian adalah untuk topaz jenis "permukaan disempurnakan", suatu proses yang diperkenalkan pada tahun 1998 untuk meningkatkan penampilan batu dan menghasilkan warna biru hingga biru kehijauan hingga hijau zamrud.

Kebanyakan blue topaz pada awalnya diperoleh dalam keadaan tidak berwarna atau berwarna sedikit, dari tempat-tempat seperti Brasil, Meksiko, Nigeria, Sri Lanka dan Cina. Kemudian diradiasi untuk mendorong perubahan warna dan dipanaskan untuk menstabilkan perubahan. Untuk mendapatkan warna biru yang dalam, para treater menggunakan bantuan penembak neutron sebelum memasarkan produk ini. Penembakan neutron adalah satu-satunya sarana untuk menghasilkan batu yang lebih kecil dengan warna yang mendalam. Meskipun batu mendapatkan iradiasi, para ahli mengatakan hal itu tidak menimbulkan bahaya kesehatan apa pun untuk si pemakai.

Selain biru, batu ini datang dalam berbagai warna, termasuk kuning keemasan, kuning oranye, oranye kemerahan, merah sherry (anggur), merah muda yang mendalam, coklat madu, hijau terang, dan banyak nuansa di sekitar warna-warna tersebut.

Dengan peringkat "8" pada skala Mohs kekerasan, topaz biru ini sangat kuat dan tahan lama dan cocok untuk dipakai sehari-hari. Walaupun batu topaz termasuk batu yang amat keras namun batu tersebut tidak boleh terbentur terlampau keras juga dan dalam perubahan suhu yang hebat secara tiba-tiba dapat membuat batu topaz retak.

http://1.bp.blogspot.com/_7iqS49ChJrc/ScJv6VmH_QI/AAAAAAAABCU/tqfC7GL4_RI/S214/BT1A.jpg



Kegunaan atau manfaat


Batu topaz dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain meningkatkan ketegasan dan berpikir logis, memberi penglihatan tajam dan kesabaran, membawa kebahagiaan, menolak penyakit-penyakit bahaya tertentu seperti penyakit gila dan melindungi pemakai dari ancaman bahaya.

Topaz dianggap memiliki tenaga penyembuhan. Menurut legenda, batu ini dapat memperbaiki penglihatan. Orang Yunani kuno percaya bahwa mereka memiliki tenaga untuk meningkatkan kekuatan dan membuat pemakainya tidak terlihat pada saat-saat yang genting. Topaz juga dikatakan mampu berubah warna di hadapan makanan atau minuman beracun. Budaya yang berbeda percaya bahwa batu ini bisa menyembuhkan insomnia, asma dan perdarahan; membawa persahabatan; mempromosikan kesabaran dan watak yang menyenangkan, dan menjamin kesetiaan. Juga merupakan simbol cinta dan kasih sayang dan bahkan dianggap dapat mencegah kematian mendadak.

Tips Menentukan Kualitas Topaz


Jika anda takut membeli batu topaz yang palsu dianjurkan untuk membeli bromoform (semacam cairan) di apotik. Masukkan batu itu ke dalam bromoform tadi, jika batu itu tenggelam maka batu itu adalah batu topaz asli dan jika mengambang maka batu topaz itu palsu. Hal ini berbeda untuk menguji batu aquamarine yang disebut asli jika batu aquamarine tersebut mengambang di cairan bromoform.


Sumber: www.jewelry.com


http://2.bp.blogspot.com/_ELOgm3z1Nj8/TBhDL3rAfUI/AAAAAAAAAB8/nlMThRo22n8/s1600/1460254_c.jpg


Pancaran keindahan Batu Topaz

Keindahan Batu Topaz biasanya ditemui dalam bentuk kristal yang mempunyai kilauan prismatik dan memantulkan uraian cahaya yang melalui permata ini. Topaz biasanya ditemui dalam warna putih, kuning, dan biru. Selain itu, terdapat juga topaz yang berwarna keemasan, coklat, biru dan yang paling jarang ditemui berwarna merah jambu dan merah. Dari sisi kekerasan yang dimiliki, Topaz mempunyai kekerasan 7,5 - 8 pada skala Mohs, jadi Topaz ini sebenarnya masuk antara kategori permata kelas I dan kategori permata kelas II. Topaz merupakan batu permata yang mempunyai intrusion seperti batu granit. Mineral topaz ini dikenali secara saintifik berasal dari batuan dari Saxony (German). Dilihat dari asalnya, Topaz banyak ditemui di Brazil, Amerika Serikat, Sri Lanka, Siberia, Nigeria, Brazil, Nigeria, Mexico dan Zaire sedangkan Topaz kuning biasa ditemui di Brazil, Jepang, Sri Lanka, dan Burma, Walaupun di Kalimantan pernah di klaim ada topas dari Kalimantan, tapi perlu di telusuri lebih jauh kebenarannya. Untuk Uni Soviet bisa dijumpai Topaz Merah Jambu disana. Batu Topaz yang tidak berwarna (lutsinar) banyak dijumpai di Brazil, German (Saxony), Nigeria, Zaire, dan Namibia. Topaz yang tidak berwarna ini memiliki warna yang agak pucat dan tidak banyak memancarkan cahaya. Topaz ini lebih mudah didapat, kalau di pasaran Indonesia bisa sekitar Rp 200.000,- sampai Rp 750.000,-.Walaupun mudah didapati dan tidak mendapat pasaran yang baik, dengan potongan yang menarik, topaz lutsinar ini dapat menghasilkan kilauan luster seperti diamond.

Batu Topaz yang biasa dijumpai dipasaran adalah yang berwarna kuning, dan orang banyak menyebut sebagai sherry topaz, golden topaz, atau Topaz kuning. Topaz ini biasa dipotong dalam bentuk oval atau pear. Batu Topaz yang berwarna kuning sangat mirip sekali dengan citrine. Sehingga perlu kejelian dan pengalaman bahkan kejujuran dari si penjual untuk mengatakan, ini topaz dan ini citrine. Tapi jelas ada perbedaan bagi yang paham, bahwa Topaz kuning ini mempunyai luster yang lebih kelihatan berbanding citrine dan Topaz mempunyai kepadatan yang lebih besar dibanding citrine. Untuk Topaz kuning yang satu ini peminat bisa merogoh paling tidak diatas 1 juta sampai puluhan juta untuk mendapatkan Topaz kuning yang asli dan berkualitas. Batu Topaz yang berwarna merah jambu (rose) merupakan topaz langka dan memiliki harga paling mahal. Pemotongan topaz ini biasanya dalam bentuk pear dan terdapat juga yang dipotong dalam bentuk “step cut” atau cutting. Topaz berwarna merah jambu mempunyai kepadatan yang lebih tinggi berbanding kunzite, morganite, dan tourmaline serta mempunyai inclusion yang sangat menarik sekaligus indah.

Selain berbicara warna kuning dan merah jambu, dijumpai juga Topaz yang berwarna biru, dan mempunyai varieti warna dari biru awan hingga ke biru jernih menuju transparan. Topaz berwarna biru mempunyai warna mirip sekali dengan aquamarine hanya bedanya adalah cahaya biru laut tidak muncul seperti pada aquamarine. Negara yang banyak terdapat Blue Topaz adalah di Brazil, Nigeria, dan Mexico.


Anugerah Illahi dari sebuah Batu Topaz

Batu Topaz dipercaya masyarakat bahwa pemakainya dapat menolak bahaya (Tolak Baya), membantu mengatasi emosi negatif dan melindungi terhadap tekanan psikologi lawan. Sifat alam yang membawa keunikan batu topaz adalah bila digosok dengan keras dapat mengeluarkan api, dan daya listrik. Selain itu Batu Topaz diyakini dapat digunakan untuk menambah kekuatan, mencegah terjadinya penyakit ginjal dan kandung kemih (infeksi maupun lemah). 
 
Sedangkan untuk Topaz Biru, dapat menenangkan, memberi inspirasi dan menaikkan mood , berhubungan dengan dunia para malaikat dan peradaban kuno, batu ini dapat mengurangi gangguan tenggorokan, panas dalam, membantu komunikasi dan berekspresi bagi para seniman, menyejukkan seluruh tubuh dan mengurangi stress, serta memberikan perlindungan dari energy negatif, disamping menyembuhkan luka dan penderitaan emosional, memacu komunikasi verbal yang efektif dan jujur, mengurangi rasa sakit (khususnya para penderita sinusitis), dan merupakan penyembuh ampuh , bagus untuk paru-paru, tenggorokan, kelenjar thyroid, kelenjar thymus, dan organ jantung. Bagi anda para peminat Batu Topaz, perlu disiapkan uang lebih untuk mendapatkan batu idaman ini. Hanya saja jangan sampai salah dalam memilih…antara citrin atau topaz, topaz atau aquamarine .
 
 
Sumber: http://satrio74.wordpress.com
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails