Senin, 16 Januari 2012

Membangun Karakter Bangsa: Bangunlah Jiwa dan Raganya

http://1.bp.blogspot.com/-Owo6Vw0vVYQ/TkwILi94yOI/AAAAAAAAAqk/YQqLX37Nksk/s1600/garuda.jpg

Salah satu petikan lirik yang terdapat dalam lagu kebangsaan kita Indonesia Raya yang diciptakan oleh W.R. Supratman, yaitu “Bangunlah Jiwanya Bangunlah Badannya Untuk Indonesia Raya” mengandung makna yang sangat mendalam bagi bangsa Indonesia. Lirik ini menyiratkan bahwa untuk membangun masyarakat Indonesia yang kuat dan kokoh terutama para generasi bangsa sehingga mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi serta memiliki kecintaan terhadap negaranya, yaitu dengan membangun atau mendidik terlebih dahulu jiwa dan raganya.

Terlebih dahulu dengan membangun jiwanya, yaitu dengan memaknai apa fungsi dirinya baik secara hubungan dengan Sang Penciptanya dan hubungan dengan masyarakatnya atau sosial yaitu dengan seimbang. Dengan Membangun jiwa para generasi bangsa Indonesia yang suci dan bersih akan menghasilkan generasi Indonesia yang arif dan bermoral, tentunya tidak akan ada perilaku-perilaku yang menyimpang seperti korupsi atau memakan harta yang bukan haknya yang belakangan ini muncul di antara wakil-wakil rakyat. Hal ini sudah tentu mengotori jiwanya sehingga niat suci dan baik untuk membangun negara tidak ada lagi karena perbuatannya itu yang  lebih mementingkan dirinya sendiri atau golongan.
Para wakil-wakil rakyat atau pemimpin yang seperti itu adalah orang-orang yang  berbuat kerusakan di muka bumi, terutama di tanah Indonesia ini. Jiwa mereka itu telah dikendalikan oleh hawa nafsu mereka, orang-orang terdahulu menjadi pemimpin adalah suatu amanah dan tanggung jawab yang besar untuk dirinya, sekarang berbanding terbalik sekali mereka malah berlomba-lomba untuk menjadi pemimpin agar bisa menimbun harta dan berbuat sesukanya.

Setelah membangun jiwanya, langkah selanjutnya adalah dengan membangun badannya atau raganya. Raga yang sehat dan kuat akan sangat membantunya dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pemimpin atau wakil rakyat. Raga yang sehat dan kuat akan diperoleh dengan cara menjaga kesehatannya yaitu dengan cara berolahraga dan makan-makanan yang bergizi. Bagaimana pemimpin tersebut dapat mengurus rakyat dan negaranya jika dari segi fisik saja dia lemah? Betul tidak?. Pemimpin itu harus sehat.
Oleh sebab itu jiwa dan raga yang sehat, kuat, dan kokoh sangat dibutuhkan untuk membentuk para pemimpin yang adil dan beradab terutama untuk generasi selanjutnya. Indonesia akan menjadi negara yang dikagumi dunia jika dipimpin oleh pemimpin yang dikagumi oleh rakyatnya, yang menjalankan amanah yang telah diberikan kepadanya.

Tidak akan ada lagi rakyat yang mengalami kelaparan dan kemiskinan karena pemimpinnya cinta kepada rakyatnya dan negaranya, maka rakyatnya pun akan mencintai dan menyayangi pemimpin tersebut.

Yoga
http://politik.kompasiana.com

Durian Candy Magelang

Jarang yang tahu, kalau ada  buah “Durian Candy” di Magelang yang merupakan jenis unggulan. Bayangkan, besarnya untuk per-bijinya hampir satu dada orang dewasa, ketika durian itu diangkat. Rasanya, sangat sesuai dengan lidah para penggemar buah durian, manis, agak-agak pahit. Pohon durian yang buahnya besar ini, tersebar di beberapa desa, di antaranya dusun Ngreno,  Desa Sonorejo, Surojoyo dan Giyanti, kesemuanya masuk Kecamatan Candi Mulyo, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Luasnya mencapai puluhan hektar.Tohirin salah satu petani buah durian di Candi Mulyo, ketika diwawancara wartawan Obyektif Cyber Magazine, Totok Magdiana, di lokasi kebunnya, baru-baru ini mengatakan, dia melakoni bertani buah durian sudah 15 tahun lamanya. Dibantu istrinya, Narti dan anak gadisnya, Priyati, serta seorang anak lelakinya, setiap hari bisa menjual sampai 400 buah durian masak. Harganya bervariasi, antara Rp 30 ribu sampai Rp.50 ribu. Buahnya kuning dan sangat lezat.

Pembelinya, rata-rata orang dari luar daerah, termasuk para turis manca negara, juga gemar akan buah durian ini. Disamping itu banyak juga para tengkulak buah durian yang datang ke lokasi. Kalau hari libur, biasanya hari minggu, dan tanggal merah lainnya, Candi Mulyo banyak didatangi para penggemar durian. Bisa beli di dasaran, tetapi bisa juga beli ketika masih di pohon. Mungkin sambil berekreasi, karena desa ini memang sejuk dan indah pemandangannnya, karena berada di lereng Gunung Merbabu.
  
Data yang dihimpun wartawan Obyektif Cyber Magazine menyebutkan, Kecamatan Candimulyo luas wilayahnya 4.695 Hektar pada ketinggian sekitar 437 dpl, dibagi menjadi 19 desa. Dari Kantor Kabupaten Magelang berjarak sekitar 17 KM. Sebagian besar penduduk hidup dari bertani. Walau sebagian area persawahan, tetapi hanyalah sawah tadah hujan. Meski begitu hasil pertanian Candimulyo termasuk lumayan.

Sebetulnya, Candimulyo pernah menjadi penghasil ketela terbesar di wilayah Kabupaten Magelang. Wajar jika Candimulyo terkenal dengan home industri pothel dan criping telo di Desa Tempak, karena di wilayah ini sangat mudah mendapatkan bahan baku utama pothel dan criping telo. Selain digunakan di wilayah sendiri, ketela-ketela ini juga menjadi suplay utama untuk industri-industri jajanan khas Magelang, gethuk.

Selain ketela, Candimulyo terkenal karena durian. Saat-saat tertentu Candimulyo ramai dikunjungi orang dari wilayah lain untuk mencicipi durian segar, dari pohon-pohon durian yang tersebar di Candimulyo. Desa yang terkenal duriannya di Candimulyo adalah desa Sonorejo, Surojoyo, dan Giyanti walaupun di desa-desa lain secara umum kualitas duriannya hampir sama.

Durian dari Candimulyo menjadi spesial karena buahnya yang besar, daging tebal, rasa manis khas durian unggulan, manis-manis pahit, serta pongge (bijih durian) kecil. Pohon durian selama berbuah, tidak disuntik dengan bahan-bahan kimia, hanya dilakukan perawatan-perawatan alami.

Sementara itu, Ferly Hermana dari Badan Tenaga Nuklir (Batan), mengemukakan, durian Magelang yang unggul ini juga akan dicoba dengan rekayasa genetika, melalui teknik mutasi, menggunakan energi radiasi. Sekarang yang paling populer dan nyata pengaruhnya dalam teknik mutasi tanaman, adalah penggunaan energi sinar yang bersumber pada radiasi gamma (cobalt/cesium)..

Oleh karena itu, untuk memanfaatkan teknologi dan peluang bisnis buah durian unggulan Magelang, pihaknya akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian setempat, melakukan uji penggunaan radiasi pada tanaman durian. Khusus pengembangan usaha durian varietas unggul baru yang spesifik di lokasi Magelang, kalau dikembangkan dengan teknologi rekayasa genetika, hasilnya akan lebih menjanjikan.

Di super-super market, durian terkenal yang dijual adalah Durian Monthong (Thailand), Otong (Jawa Barat), Petruk (Jepara) dan lain-lain. Durian Kabupaten Magelang, Candy, belum populer. Memang buahnya cukup besar dan beberapa di antaranya  unggul di rasanya dan ukuran buah. Rasanya enak, manis-manis pahit, daging cukup tebal, tetapi bijinya masih tergolong besar bila dibanding dengan Monthong-nya Thailand.
Sehingga durian Monthong dari Negeri Gaja Putih, dinilai masih tetap unggul. Bisanya unggul karena dulu durian Monthong juga hasil rekayasa genetik, hingga hasilnya sebagus sekarang. Peneliti Batan sudah mulai mengkaji kemungkinan penggunaan teknologi radiasi, untuk tanaman durian di Magelang, sejak tahun 2007 lalu.
Sasarannya untuk memperbaiki jenis durian yang asli dari Dusun Ngreno, Candi Mulyo itu, agar mutunya lebih mendekati keinginan dan selera  konsumen, namun harga lebih kompetitif di banding durian import yang ada. Namun, berhasil atau tidak, semua sangat tergantung pada semua pihak yang  mempunyai akses terhadap kemajuan itu sendiri. Kita tunggu saja hasilnya.

http://obyektif.com

Pohon Durian Berusia 140 Tahun


POHON DURIAN--Pohon durian milik Lasono, 60, warga Dukuh Socokulon, Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Klaten ini diperkirakan berusia 140 tahun. Foto diambil Minggu (18/12/2011). (JIBI/SOLOPOS/Moh Khodiq Duhri)


Pohon durian itu tinggi menjulang. Lebih tinggi di antara pohon-pohon yang tumbuh di pekarangan rumah milik Lasono, 60, warga Dukuh Socokulon, Desa Socokangsi, Kecamatan Jatinom, Klaten.
Pohon itu cukup rindang. Daun dan rantingnya cukup lebat. Semilir angin yang bertiup menghadirkan kesejukan di bawahnya. Keberadaan puluhan buah durian yang menggantung di atas pohon itu menggugah selera yang melihatnya.

Bagi keluarga Lasono, keberadaan pohon durian itu adalah berkah. Terlebih saat musim panen tiba. Hasil panen cukup melimpah. Sekali panen, pohon itu mampu menghasilkan sekitar 150-170 buah durian. Bahkan, jika sedang mujur, pohon itu bisa menghasilkan durian hingga 300 buah.

“Pohon durian ini sudah berdiri tegak sejak zaman kakek saya masih hidup. Hingga sekarang, pohon ini masih menghasilkan buah yang melimpah,” tutur Daryono, 34, anak dari Lasono saat ditemui Espos di kediamannya, Minggu (18/12/2011).

Pohon durian ini memiliki ukuran lingkaran 257 cm dengan ketinggian sekitar 50 meter. Dibutuhkan usaha keras untuk memanen durian ini karena lokasi buah yang satu dengan yang lainnya berjauhan. Untuk mempermudah memanjatnya, Lasono sengaja membuat tangga yang menempel di pohon.

Dinas Pertanian (Dispertan) Klaten dan Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Jatinom sudah melakukan peninjauan ke lokasi berdirinya pohon durian yang diperkirakan sudah berusia 140 tahun ini.
Buah yang dihasilkan terbilang lebih besar daripada buah durian pada umumnya. Dalam lomba durian yang digelar di halaman Kantor Penyuluh Pertanian kemarin, durian milik Lasono meraih predikat durian terbesar dengan berat hingga 5 kg. Bentuk durian ini bulat, warnanya kuning dengan daging buahnya cukup tebal.
Sementara Ketua Kelompok Tani Subur 2, Desa Socokangsi, Sarjo, 56, menuturkan pohon durian milik Lasono saat ini tercatat sebagai pohon durian tertua di Kecamatan Jatinom.

“Pohon ini disebut durian ketan karena teksturnya cenderung lengket. Keunggulan pohon durian jenis ini memiliki buah yang besar dan dagingnya tebal. Kalau dikawinkan dengan jenis durian madu tentu akan menghasilkan buat yang besar dan lebih manis,” tukas Sarjo.

Sumber: http://www.harianjogja.com

Subsidi BBM untuk Rakyat atau Subsidi BBM Supaya Bisa Dikorupsi?

13266747791871921963
Ilustrasi: Pengendara sepeda motor melintas di SPBU Jalan Sudirman, Kota Padang Sidimpuan, Sumut, yang kehabisan Premium, Kamis (23/6/2011). (Kompas/Mohammad Hilmi Faiq)


Kebijakan Pemerintah SBY untuk tidak menaikkan BBM dengan mencari berbagai alternatif untuk mengurangi subsidi yang sudah sangat membengkak telah menimbulkan kontroversi dan silang pendapat yang sangat tajam di media. Bahkan dalam satu ulasan di suatu acara TV Swasta tempo hari,dikatakan oleh satu pembicara bahwa alternatif mengalihkan Premium ke Pertamax hanya untuk menguntungkan pihak tertentu saja.

Pemerintah SBY selalu berkelit bahwa BBM tidak akan dinaikkan tujuannya supaya tidak menimbulkan dampak ekonomi dan sosial yang besar,namun sebenarnya apakah memang benar hal itu seperti yang dinyatakan oleh SBY dan para menterinya? Para pengamat mulai meragukan pernyataan tersebut,sebab alternatif-2 yang diberikan dan mungkin akan dijalankan per 1 April 2012 adalah mempunyai maksud dan tujuan untuk memperkaya pihak tertentu saja.

Kecurigaan publik dan para pengamat bukan tanpa berdasar,sebab selain pemerintahan ini dituduh sebagai pemerintahan dengan segudang kebohongan,juga penuh dengan intrik-2 untuk mengeruk kekayaaan negara secara tidak halal dengan dilindungi berbagai aturan dan kebijakan legal. Berbagai Seminar Ekonomi dan Politik yang diadakan oleh lawan-2 politik dan ekonom yang berseberangan dengan pemerintahan SBY memberikan kupasan-2 yang membuat orang mulai gelisah terhadap kebijakan SBY ini.

Rakyat memang membutuhkan transparansi atas setiap langkah kebijakan yang diambil oleh pemerintah,bukan untuk menyenangkan rakyat tetapi agar rakyat lebih mendapatkan sumber berita yang seimbang. Bila terus menerus rakyat curiga atas pemerintahan SBY ini,maka hal ini tidak dapat disalahkan ke rakyat,sebab masukan-2 yang diterima oleh rakyat dan apa yang terjadi faktanya menunjukkan bahwa kasus-2 korupsi lebih banyak terjadi di era pemerintahan SBY ini. Padahal rakyat masih mengingat betul janji yang diberikan oleh SBY pada waktu kampanye Pilpres 2009 untuk memerangi korupsi,tetapi yang terjadi bukan korupsi semakin berkurang tetapi justru korupsi sudah seperti berjemaah saja. Bahkan kasus korupsi terjadi dan dilakukan oleh Bendahara Umum Partai Demokrat yang merupakan Partai Politik besutan SBY.

BBM yang tidak akan dinaikkan telah menimbulkan kecurigaan besar dari berbagai pihak bahwa sebenarnya ada pihak-2 terrtentu yang diuntungkan oleh kebijakan ini. Subsidi besar tetapi kenapa BBM sering menghilang di SPBU di daerah luar Pulau Jawa? Cobalah lihat apa yang terjadi di daerah-2 Sumatera,Kalimantan,Sulawesi,Maluku,NTB,NTT dan Papua,dimana setiap hari orang hanya mengantri di SPBU untuk mendapatkan BBM. Tetapi pemerintah tetap saja menyangkal adanya antrian BBM di SPBU. Kebijakan yang mengundang orang untuk berbuat korupsi tentu pasti dibuat sedemikian rupa oleh “sutradara” untuk sebuah skenario besar,apalagi kalau bukan untuk pengumpulan dana pada kampanye 2014 nantinya.

BBM yang tidak akan dinaikkan telah mengundang reaksi besar bahwa pemerintahan SBY sengaja memberikan peluang kepada pihak-2 tertentu untuk berbuat korup. Siapakah mereka itu? Rakyat sedang menunggu laporan investigasi dari para wartawan yang memang selama ini sedang melacak tentang seringnya BBM menghilang di pasaran. Subsidi untuk rakyat atau Subsidi untuk bisa dikorupsi?

Telomania
http://politik.kompasiana.com

Kopassus, Pasukan Elite No. 3 di Dunia Dan Sejarahnya

Discovery Channel Military edisi Tahun 2008 pernah membahas tentang pasukan khusus terbaik di dunia (TOP ELITE SPECIAL FORCES IN THE WORLD). Seluruh pasukan khusus didunia dinilai kinerjanya dengan parameter menurut pendapat dari berbagai pengamat bidang militer dan ahli sejarah. Posisi pertama di tempati SAS (Inggris), peringkat kedua MOSSAD (ISRAEL) lalu peringkat ketiga adalah KOPASSUS (Indonesia).

Narator dari Discovery Channel Military menjelaskan mengapa pasukan khusus dari amerika tidak masuk peringkat terhormat. Itu karena mereka terlalu bergantung pada peralatan yang mengusung teknologi super canggih, akurat dan serba digital. Pasukan khusus yang hebat adalah pasukan yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal kemampuan individu. Termasuk didalamnya kemampuan bela diri, bertahan hidup, kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap, dan lain2nya. Kemampuan yang tidak terlalu mengandalkan teknologi canggih dan Skill di atas rata-rata pasukan luar Elit luar negeri lainnya menjadi nilai plus dari KOPASSUS.Itu pula yang menimbulkan anggapan 1 prajurit KOPASSUS setara dengan 5 prajurit reguler.

Mungkin karena itu pula kenapa sekitar Tahun 90-an Amerika Serikat keberatan dan Australia ketakutan ketika Indonesia akan memperbesar jumlah anggota Kopassus.


Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia 

Kopasus Indonesia


Sebagian Kecil prestasi dan Kiprah Kopassus:
  1. Kopassus juga juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad! Nomor 2-nya SAS Australia.
  2. Kopassus menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen – pergerakan – penyusupan – penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  3. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopasus.
  4. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang dilatih oleh Kopassus.
  5. Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibat kan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.

Sejarah singkat Kopassus

Sejak Pengakuan Kedaulatan RI oleh Belanda tgl 27 Desember 1949 dan beberapa Pemberontakan di wilayah Indonesia (APRA, Andi Azis, RMS) mengilhami dibentuknya Satuan Pemukul Fleksibel yang cepat dan tepat dalam menghadapi sasaran dan medan yang berat. Pembentukan Satuan tersebut dipelopori oleh Letkol Slamet Riyadi dan dilanjutkan oleh Kolonel A.E. Kawilarang sebagai Pejabat Panglima Tentara dan Teritorium-III/SLW.

Melalui Instruksi Panglima Tentara dan Terirorium-III/SLW tanggal 16 April 1952 dengan terbentuknya Kesatuan Komando Teritorium-III/SLW yang merupakan cikal bakal “Korps Baret Merah” :
  1. Tahun 1953 diubah menjadi Kesatuan Komando Angkatan Darat (KKAD)
  2. Tanggal 25 Juli 1955 KKAD diubah menjadi Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat (RPKD)
  3. Tahun 1956 dengan dibuka pendidikan terjun payung maka RPKD diubah menjadi Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD)
  4. Tanggal 12 Pebruari 1966 RPKAD diganti menjadi Pusat Pasukan Khusus Angkatan Darat (PUSPASSUS TNI AD)
  5. Tanggal 17 Pebruari 1970 PUSPASSUS TNI AD diubah menjadi Komando Pasukan Sandi Yudha (KOPASANDHA)
  6. Tanggal 21 Mei 1985 KOPASANDHA diubah menjadi Komando Pasukan Khusus (KOPASUS) s.d. sekarang

Inilah 5 Besar Pasukan Elite Dunia

1. England SAS (Special Air Service)
Adalah resimen pasukan khusus dalam Angkatan Darat Inggris yang pernah menjadi model bagi pasukan khusus dari negara-negara lain. SAS membentuk bagian signifikan Pasukan Khusus Kerajaan Inggris Special Boat Service (SBS), Special Reconnaissance Regiment (SRR), dan Pasukan Special Support Group (SFSG).
Beladiri : Gon-Ryu Karate
Alumni : Bear Grylls ( ada di acara discovery channel Survival expert)


2. Mossad Israeli
He Mossad (HaMossad leModi’in uleTafkidim Meyuchadim) Mossad bertanggung jawab atas pengumpulan intelijen dan operasi-operasi rahasia termasuk kegiatan paramiliter. Ini adalah salah satu entitas utama dalam Komunitas Intelijen Israel, bersama dengan Aman (intelijen militer) dan Shin Bet (keamanan internal), tetapi direktur melapor langsung kepada Perdana Menteri. Peran dan fungsi yang sama dengan Central Intelligence Agency (CIA) dan Secret Intelligence Service (SIS).
Beladiri : Israeli Krav Maga
Alumni : Eitan Rafi (Sekarang beliau udah jadi salah satu pasukan perdamaian dunia)
Moto : “Cegah serangan pertama, netralkan lawan, buatlah mereka melihat mimpi buruk akan hal yang mereka perbuat.” -Ron Radjik


3. Indonesian KOPASSUS
Kopassus, (a portmanteau of “Komando Pasukan Khusus”: atau “Special Force Command” adalah pasukan khusus Angkatan Darat Indonesia. kelompok yang melakukan misi operasi khusus bagi pemerintah Indonesia, seperti tindakan langsung: konvensional perang, sabotase, kontra-pemberontakan: kontra-terorisme, dan pengumpulan intelijen. Kopasus ini didirikan pada tanggal 16 April 1952.
Beladiri : Merpati Putih
Alumni : 3 terbaik dari KOPASUS telah dijadikan pasukan perdamaian dunia
Moto : Berani, Benar, Berhasil.


4. Russian Spetsnaz
Special Force Resimen Rusia atau Spetsnaz, Specnaz (bahasa Rusia: pengucapan ; sptsnastr: Voyska spetsialnogo naznacheniya; adalah istilah umum untuk “pasukan khusus” dalam bahasa Rusia, secara harfiah ” tujuan khusus “. Pasukan khusus Rusia tersebut dapat secara khusus mengacu ke setiap elit atau unit Spetsnaz di bawah subordinasi Dinas Keamanan Federal (FSB) atau Rusia Pasukan Internal Departemen Dalam Negeri, dan unit dikontrol oleh dinas intelijen militer GRU.
Beladiri : Russian Sambo
Moto : “hahaha Betapa bodoh nya mereka yang ingin membunuh kami dengan cara mereka, mereka hanya tidak tahu bahwa darah yang akan bertumpahan nantinya berasal dari mereka sendiri. Mereka hanya tidak tahu… itu saja.”


5. French GIGN
Intervensi Gendarmerie Nasional Group, biasa disingkat GIGN (bahasa Perancis: Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale), adalah elite Gendarmerie Perancis Operasi Khusus kontra-terorisme dan penyelamatan sandera unit; itu adalah bagian dari kekuatan militer yang disebut Gendarmerie. Bahkan jika para anggotanya milik militer, mereka sekarang dituntut dengan tugas-tugas polisi urbanised di luar daerah. Dengan demikian unit GIGN ditingkatkan lebih dekat dengan tim SWAT daripada unit militer murni seperti tentara Inggris SAS. Para operator akan dilatih untuk mengikuti peraturan polisi dan mencakup negosiasi dan penyelidikan spesialis.
Beladiri : Savate

sumber: kaskus.us, letkolexcent.wordpress.com, bismania.com, 
http://www.resep.web.i
Related Posts with Thumbnails