Minggu, 23 Januari 2011

Batu Mulia Citrine





Menurut sejarahnya, batu mulia Citrine   ini telah dikenal luas oleh penduduk Yunani sejak abad I sebelum Masehi. Umumnya Citrine  berwarna kuning muda hingga oranye yang memancakan sinar keemasan. Warna kuningnya lantaran kandungan besinya. Makin tajam nuansa yang tersirat makin tinggi nlainya. Batu mulia ini sekilas mirip nuansa transparan. Yang banyak disukai para kolektor umumnya yang berwarna kuning hingga kecoklatan. Citrine  tak beda dengan emetyst atau Sinocky Quartz. Keduanya dipanaskan untuk mengejar warna natural dari batu Citrine .

Nama Citrine  diambil dari bahasa Prancis Citron, yang berarti lemon. Mungkin ini karena warna cantiknya yang menyerupai warna buah tersebut. Tak beda dengan Topaz, Citrine melambangkan kelahiran Scorpio (24 Oktober – 21 November). Sedangkan untuk merayakan suatu perayaan perkawinan, Citrine  dikenal sebagai perayaan ke-17.


PERAWATAN
Seperti umumnya batu mulia lainnya. Citrine  gampang sekali tergores. Juga warnanya gampang berubah kalau terlalu lama terkena sinar matahari langsung apalagi selama berjam-jam. Oleh karena itu perhiasan Citrine  hendaknya disimpan terlindung dari sinar matahari langsung atau suhu yang panas.


MEMILIH CITRINE
Citrine  memang batu mulia yang cantik dengan warna kuning keemasannya.
Banyak pilihan kualitas serta warna yang ditawarkan. Makin besar bentuknya warna keemasannya makin tajam. Nuansa yang paling banyak digemari adalah kuning keemasan mirip Safir atau Berlian. Lantaran variasi warnanya yang beragam itulah,Citrine  Nampak indah. Apalagi kalau dikombinasikan warna batu lainnya, misalnya Garnet Peridot maupun Amethyst.

Di pasaran Citrine  ditawarkan dengan berbagai nama yang membingungkan pembeli, misalnya ada yang menyebutnya sebagai Topaz. Padahal Citrine  lebih keras daripada topaz atau amethyst.


KEMAMPUAN PENYEMBUHAN
Citrine  dipercaya dapat menyembuhkan depresi serta kecendrungan untuk merusak. Batu mulia ini memberi efek positif pada pikiran. Kenangan indah bakal terpancar,menyejukan,mengharukan dan menghangatkan saat pengaruh Citrine  menguasai.
Kekuatan lain Citrine  adalah menawarkan pengaruh racun pada tubuh. Citrine  memang memiliki reputasi bagus dalam dunia penyembuhan, terutama untuk organ hati,limpa dan jantung. Diabetespun bisa dicegah oleh batu mulia Citrine  ini.


KEKUATAN MISTIK CITRINE
Citrine  dikenal sebagai symbol kebahagiaan,kedamaian, dan kebaikan budi. Kedengkian dan niat jahat bisa di lunturkan oleh kekuatan yang terkandung didalamnya.
Tanda kebijakan dan kedamaian disanding oleh Citrine  dan dikenal oleh orang-orang seantero dunia. Tidak hanya batu ini menstimulasi tubuh dan mental tapi juga menjembatani antara bawah sadar serta intuisi. Citrine  bisa membangkitkan kreatifitas serta perasaan para penulis untuk berkarya. Sungguh batu yang luar biasa.

Batu ini banyak ditambang di brazil, madagaskar,spanyol,Uruguay,Scotlandia, USA(California, Colorado, North Carolina,Georgia, dan Nevada),dan Russia. Namun berazil tetap menjadi negara penghasil yang terbesar di dunia.

sumber-sumber: http://www.palagems.com

4 komentar:

Related Posts with Thumbnails