Kamis, 06 Januari 2011

Fenomena Halo Matahari di Langit Jogja



Warga Yogyakarta, Selasa (4/1) siang dikejutkan dengan terjadinya fenomena pelangi mengelilingi matahari. Fenomena yang biasa disebut dengan "halo matahari" ini terlihat begitu jelas di atas langit Daerah Istimewa Yogyakarta, khususnya di kota Yogyakarta, mulai pukul 10.15 hingga 11.15 WIB. 

Fenomena langka itu menarik perhatian warga. Banyak orang di sepanjang jalan menyempatkan diri untuk menyaksikan. Sebagian lainnya berusaha mengabadikan peristiwa alam ini dengan menggunakan kamera telepon seluler ataupun kamera digital. Banyak yang terkagum-kagum menyaksikan fenomena alam ini. Namun tidak sedikit pula yang merasa khawatir, bahkan panik karena menganggap peristiwa ini sebagai sebuah pertanda yang tidak baik. 

Pengamat iklim dari UGM Yogyakarta Prof Dr Sudibyakto, MS menjelaskan, fenomena Halo Matahari adalah fenomena yang biasa terjadi. Fenomena ini tidak ada kaitannya dengan peristiwa bencana alam seperti gempa bumi misalnya. Halo yang terlihat melingkari matahari tersebut merupakan hasil pembelokan cahaya matahari oleh partikel uap air di atmosfer.  

"Halo terbentuk karena dispersi butir-butir es atau air pada awan sirrus oleh sinar ultraviolet," jelas peneliti Pusat Studi Bencana Alam Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu. 

Menurut dia, saat musim hujan partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya matahari, karena terjadi pada siang hari saat posisi matahari sedang tegak lurus terhadap bumi. Maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil.

"Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling matahari," terangnya.
Fenomena Halo Matahari di Langit Jogja, Nampaknya ada lagi fenomena alam unik yang terjadi di awal 2011 ini. yaitu halo matahari alias pelangi yang membentuk cincin mengelilingi matahari, tadi pagi saya lihat ini di wall facebook ada temen yang share mengenai Fenomena Halo Matahari di langit jogja. begitu juga dengan di forum kaskus. Di bawah ini ada penjelasan mengenai fenomena unik di langit jogja tanggal 4 Januari 2011 yang saya dapat dari kaskus.

Menurut Bambang Setiahadi, peneliti dari Stasiun Pengamatan Matahari Watukosek yang tercakup dalam Stasiun Pengamatan Dirgantara Lapan di Watukosek, Jawa Timur, halo yang terlihat melingkari Matahari tersebut sebenarnya merupakan hasil pembelokan cahaya Matahari oleh partikel uap air di atmosfer.

"Jadi, pada musim hujan ini partikel uap air ada yang naik hingga tinggi sekali di atmosfer. Partikel air memiliki kemampuan untuk membelokkan atau membiaskan cahaya Matahari," papar Bambang saat dihubungi Selasa petang.

Karena terjadi pada siang hari, saat posisi Matahari sedang tegak lurus terhadap Bumi, maka cahaya yang dibelokkan juga lebih kecil. "Itu sebabnya yang tampak di mata masyarakat yang kebetulan menyaksikannya adalah lingkaran gelap di sekeliling Matahari," tambahnya.

Fenomena itu sebenarnya sama saja dengan proses terbentuknya pelangi pada pagi atau sore hari setelah hujan. Menurut Bambang, lengkungan pelangi sering terlihat di bagian bawah cakrawala karena partikel uap air yang membelokkan cahaya Matahari berkumpul di bagian bawah atmosfer. Di sisi lain, pada pagi atau sore hari Matahari pun masih berada pada sudut yang rendah.

Pada siang hari, saat Matahari pada posisi tegak lurus terhadap Bumi, kemampuan pembelokan cahaya menjadi rendah sehingga warna yang terlihat sangat terbatas. "Warnanya terlihat gelap karena pandangan ke arah Matahari juga terhalang debu. Kalau pada pagi hari, saat udara masih bersih, yang tampak adalah warna kemerahan," kata Bambang.

Tidak mengherankan bila fenomena halo ini juga hanya terlihat pada siang hari, sekitar pukul 12.00-1300. Selain itu, sama seperti pelangi, fenomena halo juga hanya bisa disaksikan pada musim hujan.

"Nanti setelah musim hujan berakhir, tak ada lagi halo maupun pelangi. Soalnya, di atmosfer sudah tidak ada lagi uap air," ujarnya.

Nah ini dia nih foto foto fenomena Halo matahari di jogja atau ada juga yang bilang matahari di kelilingi pelangi.

 


 


 


 


 






Sumber: beritaekstrim.blogspot.com

1 komentar:

Related Posts with Thumbnails