Kamis, 06 Januari 2011

OS Android dan Sejarahnya

Sistem Operasi Android




Artikel ini saya buat, memenuhi permintaan teman saya di facebook, mengenai Sistem Opersi Android. Untuk yang sudah mengenal Android hal ini adalah hal yang sangat biasa. Tapi bagi yang baru kenal, sulis sekali untuk memahaminya….!!! pertanyaannya adalah Apa yang di maksut dengan Sistem Operasi Android.
saya sedikit kutip dari Wikipedia Indonesia.

Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler atau bisa dibilang HP yang berbasis Linux. Android menyediakan platform yang terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam program (Opensource). Awalnya, Google Inc. yang membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.
Fitur-fitur Sistem Operasi Android antara lain




Fitur yang tersedia di Android adalah:
* Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
* Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
* Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
* SQLite: untuk penyimpanan data.
* Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)
* GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
* Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Untuk perkenalan sepertinya cukup disini, Pengertian Andorid dan Fitur Android. Setelah ini kita akan bahas, Sejarah dan Keunggulan Andorid.

Sejarah Android




Sejarah Android
Pada bulan Juli 2000, Google mulai bekerjasama dengan Android Inc., perusahaan yang berada di Palo Alto, California Amerika Serikat. Para pendiri Android Inc. bekerja pada Google, nama-nama pendiri yang bekerja di google antara lain: Andy Rubi, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White. Saat itu banyak yang menganggap fungsi Android Inc hanyalah sebagai perangkat lunak pada telepon seluler saja. Sejak saat itu muncul rumor bahwa Google hendak memasuki pasar telepon seluler. Di perusahaan Google, tim yang dipimpin Rubin bertugas mengembangkan program perangkat seluler yang didukung oleh kernel Linux. Hal ini menunjukkan indikasi bahwa Google sedang bekerja untuk menghadapi persaingan dalam pasar telepon seluler.


Awal Perkembangan Android


Sekitar September 2007 sebuah studi melaporkan bahwa Google mengajukan hak paten aplikasi telepon seluler (akhirnya Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis telepon pintar muncul yang menggunakan Android pada sistem operasinya. Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan sudah tersedia di pasaran pada tanggal 5 Januari 2010).

Pada 9 Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc. Seiring pembentukan Open Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile yang merupakan modifikasi kernel Linux 2.6. Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug (celah atau kelemahan) dan penambahan fitur-fitur baru.

Telepon seluler atau HP pertama yang memakai sistem operasi Android adalah HTC Dream, yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2008. Pada penghujung tahun 2009 diperkirakan di dunia ini paling sedikit terdapat 18 jenis telepon seluler yang menggunakan Android.

di lihat dari pembehasan di atas perkembangan android sangatlah pesat, belum lama bermunculan sekarang sudah meledak sistem oprerasi ini. Apa keunggulan dari sistem operasi ini. Keunggulannya hanya satu This is open Source, jadi banyak orang yang berusaha mengembangkannya.

Wikipedia Indonesia
Sumber: www.nurmanto.com 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails