Selasa, 15 Maret 2011

Angin Bisa Bawa Radiasi Nuklir PLTN Fukushima ke Tokyo dalam 10 Jam

Angin Bisa Bawa Radiasi Nuklir PLTN Fukushima ke Tokyo dalam 10 Jam
(AFP)


Kedutaan Besar Prancis di Tokyo mengeluarkan peringatan, paparan radioaktif rendah efek ledakan di PLTN Fukushima Daiichi bisa mencapai Tokyo dalam waktu 10 jam. Hal itu bisa terjadi dengan kondisi angin yang ada sekarang.

Demikian disampaikan Kedubes Prancis di Tokyo seperti dilansir Reuters, Selasa (15/3/2011).

Kedubes Prancis juga mengingatkan warga negaranya agar tetap tinggal di dalam ruangan dan tidak panik.

Sementara Badan Meteorologi Jepang di Prefektur Fukushima mengatakan angin berhembus dengan kecepatan 2-3 meter per detik ke arah barat daya menuju wilayah Kanto, termasuk Tokyo.

Badan Meteorologi Jepang juga memperkirakan kecepatan angin akan bertambah pada Rabu besok. Angin diperkirakan akan mengarah ke selatan dengan kecepatan 3-5 meter per detik sebelum berbelok ke arah timur menuju Samudera Pasifik dengan kecepatan 5-12 meter per detik.

Sementara itu, pejabat resmi di Tokyo menyatakan, telah menemukan yodium dan cesium di udara Tokyo dalam level kecil. Tapi tidak diketahui apakah senyawa kimia itu terkait dengan ledakan di PLTN Fukushima.

Jarak PLTN Fukushima Daiichi (Fukushima No 1) ke Tokyo sekitar 225-241 km. PLTN Fukushima terletak di utara Tokyo, di sekitar pantai timur Pulau Honshu.

Reaktor yang meledak ini adalah unit 2. Sedangkan kabakaran terjadi di reaktor unit 4. Fukushima Daiichi (Fukushima No 1) memiliki 6 reaktor yaitu unit 1 hingga 6.

Ledakan pada unit 2 ini itu menyebabkan atap wadah reaktor hancur. Uap pun membumbung memenuhi reaktor. Pemerintah Jepang mengatakan dua ledakan sebelumnya tidak sampai menimbulkan kerusakan wadah reaktor.

Sementara tingkat paparan radiasi terpantau meningkat 4 kali lipat setelah ledakan itu.

"Tingkat radiasi terbaca pada pukul 08.31 meningkat menjadi 8.217 microsievert dalam 1 jam, dari 1.941 mikrosievert pada 40 menit sebelumnya," ujar operator PLTN Fukushima Daiichi, Tokyo Electric Power Co.

Pemerintah Jepang mengatakan tingkat radiasi bisa mencapai 1 juta mikrosievert atau lebih sebelum menyebabkan penyakit akibat paparan radiasi. Jarak aman pun sudah dinaikkan dari 20 Km menjadi 30 Km.

Sumber: detiknews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails