Senin, 04 Juli 2011

Abu Vulkanik Gunung Soputan Capai Bolaang Mongondow

Gunung Soputan (Foto: mikyunglim.wordpress.com)
Gunung Soputan (Foto: mikyunglim.wordpress.com)

Letusan gunung Soputan di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara belum juga mereda. Berdasaarkan patauan pos pengamatan di Desa Maliku, Amurang Timur, intensitas gempa guguran gunung Soputan masih terus terjadi.

Data bedasarkan pengamatan melalui seismograf menunjukkan amplitudo mencapai over kapasitas sekira 45 milimeter.


Debu vulkanik yang disemburkan gunung Soputan menutupi sebagian kota yang berdekatan dengan kota Amurang seperti kota Langowan, Tomohon dan Manado.

Bahkan debu vulkanik setinggi dua ribu hingga lima ribu meter mencapai daerah Bolaang Mongondow yang berjarak sekira dua ratus kilometer dari pusat letusan.

Seperti diberitakan, Gunung Soputan yang berada di Kabupaten Minahasa Selatan, Sulawesi Utara, pada Minggu (3/7/2011) dini hari meletus sekira pukul 06.03 Wita. Saat meletus, gunung tersebut menimbulkan suara gemuruh.

Selain suara gemuruh, puncak kawah gunung juga terlihat jelas guguran lava dan awan panas setinggi sekira 2.000- 6.000 meter dari puncak dengan amplitudo maksimum 44 mm.

Arah debu letusan gunung mengarah ke wilayah timur dengan ketebalan debu mencapai 1 sentimeter.

Daerah yang dinyatakan berbahaya adalah Desa Kota Menara/ Kecamatan Amurang Timur yang jaraknya sangat dekat dengan kawah Gunung Soputan.

Sumber: news.okezone.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails