Sabtu, 20 Agustus 2011

Kaifiyat Shalat Tarawih

بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن اهتدى بهداه أما بعد

Telah sampai kepadaku tentang para imam masjid -semoga Allah memberikan taufiq kepada mereka- pada malam-malam ramadhan mereka shalat tarawih dengan 4 rakaat sekali salam kemudian 4 rakaat lagi sekali salam, dan telah sampai juga kepadaku tentang sebagian mereka (para imam masjid) ada yang shalat dengan 8 rakaat sekali salam, dan mereka berkeyakinan dengan hal itu karena ada penjelasan dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anha ketika beliau berkata dalam hadits shahih:
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat 4 rakaat dan jangan engkau tanyakan betapa bagusnya dan lama shalatnya itu, lalu beliau shalat lagi 4 rakaat dan jangan engkau tanyakan betapa bagus dan lama shalatnya, kemudian beliau shalat 3 rakaat.”[1] 

Pemahaman ini menyelisihi kebenaran dan menyelisihi sunnah, dan adapun penjelasan yang benar adalah bahwa hendaklah ia shalat 4 rakaat dan bersalam tiap-tiap 2 rakaat. 

Adapun yang dimaksudkan dengan sifatnya yang bagus dan panjangnya karena seluruhnya dilakukan dengan 1 salam sebagaimana yang diriwayatkan dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anha dalam shahihain (Kitab Bukhari dan Muslim), ia (Aisyah) berkata:
“Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam shalat malam 11 rakaat beliau bersalam setiap 2 rakaat dan berwitir dengan 1 rakaat”.[2] 

Maka hadits-hadits ini saling menafsirkan satu dengan yang lainnya, Maka TIDAK BOLEH menafsirkan sesuatu yang masih global dari sebuah hadits tanpa penjelasan tentangnya (yang lebih rinci-red). 

Dan lagi menunjukkan kepada kita hadits dalam shahihain yang diriwayatkan dari Ibnu Umar radliyallaahu ‘anhuma, ia berkata, bahwa Rasulullah bersabda:
“Shalat malam itu dua rakaat – dua rakaat, maka jika kalian takut tertidur hingga waktu subuh maka shalatlah 1 rakaat sebagai witir (penutup) bagi kalian terhadap shalat kalian.” 

Ini adalah penjelas dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam yang bermakna perintah, yakni maknanya hendaklah kalian shalat 2 rakaat 2 rakaat.

Dan disyariatkan bagi setiap mukmin laki dan perempuan dalam shalat malamnya mencukupkan dengan apa yang telah dijelaskan oleh sunnah dan meninggalkan apa yang menyelisihinya (tidak ada dalilnya dari sunnah). Maka jelaslah bahwa dengan salam setiap 2 rakaat terdapat kemudahan dan keringan bagi jamaah dan menghilangkan kesusahan mereka untuk mengikuti sunnah.

Akan tetapi jika seseorang menginginkan melakukan 3 rakaat yang seluruhnya dengan sekali dan sekali duduk tasyahud, atau 5 rakaat dengan 1 kali salam maka tidak mengapa, karena telah shahih dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau pernah melakukan demikian pada sekali waktu. Dan seperti inilah jika seseorang berwitir 7 rakaat dengan 1 kali salam maka tidak mengapa, dan jika berwitir 7 rakaat dan duduk pada rakaat ke-6 sebagai tasyahud awal kemudian ia bangkit untuk rakaat 7 maka tidak mengapa pula, karena telah shahih dari Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwa beliau melakukan seperti ini dan seperti ini (maksudnya sebagaimana dicontohkan tadi). dan jika seorang ingin berwitir 9 rakaat dengan duduk pada rakaat ke-8 sebagai tasyahud awal kemudian ia bangkit ke rakaat ke-9 (Rakaat Terakhirnya) maka ini tidak mengapa pula karena Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam pernah melakukan seperti itu juga.

Akan tetapi yang lebih baik dan lebih sempurna adalah bahwa ia bersalam pada tiap-tiap 2 rakaat sebagaimana yang telah disebutkan tadi, dan TIDAK BOLEH ia berwitir seperti shalat MAGHRIB yakni dengan duduk pada rakaat ke-2 karena tasyahud itu menjadi tasyahud awal kemudian ia bangkit ke rakaat yang ke-3, karena Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam melarang bahwa seseorang menyamakan antara shalat witir dengan Maghrib.

Dan karena dorongan kewajiban untuk saling menasehati dan menjelaskan sunnah serta saling berwasiat dengan kebenaran dan tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan itu harus terus dilakukan.  Semoga Allah senantiasa melimpahkan shalawat dan salam kepada nabi Muhammad shallallaahu ‘alahi wasallam, kepada keluarganya juga para sahabatnya.


Syeikh ‘Abdul Aziz bin ‘Abdullah bin Baaz
Mufti Umum kerajaan Saudi Arabiah dan Ketua Dewan Ulama dan Ketua Majelis Pembahasan Ilmiah dan Fatwa


[1] Hadits Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Shahihnya Kitab al-Jumuah no. 1147, Muslim dalam Shahihnya kitab Shalatul Musafirin no. 1219
[2] Hadits diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya, kitab Baqii Musnad al-Anshar no. 24791

Sumber: http://www.al-sunna.net/articles/file.php?id=984
Diterjemahkan secara bebas tanpa mengurangi atau merubah makna,
Abu Aqil di Langsa
Teks Asli
حول كيفية صلاة التراويح
بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله وعلى آله وأصحابه ومن اهتدى بهداه أما
بعد :
فقد بلغني أن بعض أئمة المساجد وفقهم الله في هذه الليالي يصلون في التراويح أربعا جميعا بسلام واحد ثم أربعا جميعا بسلام واحد وبلغني أن بعضهم يصلي الثمان جميعا بسلام واحد . ويعتقدون أن ذلك . هو مراد عائشة رضي الله عنها حين قالت في الحديث الصحيح : ((كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي أربعا فلا تسأل عن حسنهن وطولهن ثم يصلي ثلاثا)) [1] الحديث . وهذا الفهم خلاف الصواب وخلاف السنة ، والصواب أن مرادها أنه يصلي أربعا يسلم من كل ثنتين وإنما أرادت بذلك وصفهن بالحسن والطول لا أنهن بسلام واحد والدليل على ذلك ما ثبت عنها في الصحيحين رضي الله عنها قالت : ((كان النبي صلى الله عليه وسلم يصلي من الليل عشر ركعات يسلم من كل ركعتين ثم يوتر بواحدة)) [2] وأحاديثها يفسر بعضها بعضا . ولا يجوز أن يفسر ما أجمل من حديثها بغير ما فسر منه ، ويدل على ذلك أيضا ما ثبت في الصحيحين من حديث ابن عمر رضي الله عنهما قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ((صلاة الليل مثنى مثنى فإذا خشي أحدكم الصبح صلى ركعة واحدة توتر له ما قد صلى)) فهذا الخبر من النبي صلى الله عليه وسلم معناه الأمر ، والمعنى صلوا بالليل اثنتين اثنتين . فالمشروع للمؤمن والمؤمنة في صلاة الليل التقيد بما أوضحته السنة والحذر مما يخالف ذلك ، ولا يخفى ما في السلام من كل اثنتين من التيسير والتسهيل على الجماعة وعدم المشقة عليهم مع موافقة السنة . لكن لو أراد الرجل أو المرأة الإتيان بثلاث جميعا بسلام واحد وجلوس واحد أو خمس جميعا بسلام واحد فلا بأس بذلك لأنه قد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه كان يفعل ذلك في بعض الأحيان ، وهكذا لو أوتر بسبع جميعا بسلام واحد فلا بأس وإن أوتر بسبع وجلس في السادسة وأتى بالتشهد الأول ثم قام إلى السابعة فلا بأس لأنه قد صح عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه فعل هذا وهذا . وهكذا لو أوتر بتسع جميعا وجلس في الثامنة وأتى بالتشهد الأول ثم قام إلى التاسعة فلا بأس لأن النبي صلى الله عليه وسلم فعل ذلك . ولكن الأفضل والأكمل أن يسلم من كل ثنتين كما تقدم ، ولا يجوز أن يوتر بثلاث كالمغرب حيث يجلس في الثانية وإن تشهد التشهد الأول ثم يقوم إلى الثالثة ؛ لأن الرسول صلى الله عليه وسلم نهى أن يشبه الوتر بالمغرب ، ولوجوب النصيحة وبيان السنة والتواصي بالحق والتعاون على البر والتقوى جرى تحريره ، وصلى الله وسلم على نبينا محمد وآله وصحبه .
عبد العزيز بن عبد الله بن باز
مفتي عام المملكة العربية السعودية ورئيس هيئة كبار العلماء وإدارة البحوث العلمية والإفتاء .
[1] رواه البخاري في ( الجمعة ) رقم ( 1147 ) ، ومسلم في ( صلاة المسافرين ) برقم ( 1219 ) ، والإمام أحمد في ( باقي مسند الأنصار ) برقم ( 23307 ).
[2] رواه الإمام أحمد في ( باقي مسند الأنصار ) برقم ( 24791 ) ، ومسلم في ( صلاة المسافرين وقصرها ) برقم ( 1211 ) ، وأبو داود في ( الصلاة ) برقم ( 1334 ).


Sumber: http://alatsar.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails