Minggu, 10 Oktober 2010

Piala Dunia FIFA 2010 - Afrika Selatan

Afrika Selatan 2010
2010 FIFA World Cup logo.svg
Logo resmi Piala Dunia FIFA 2010
Informasi turnamen
Tuan rumah Flag of South Africa.svg Afrika Selatan
Tanggal 11 Juni – 11 Juli 2010
Tim peserta 32 (dari 6 konferederasi)
Tempat penyelenggaraan 10 (di 9 kota)
Hasil turnamen
Juara Gold medal blank.svg Flag of Spain.svg Spanyol
Runner-up Silver medal blank.svg Flag of the Netherlands.svg Belanda
Peringkat ke-3 Bronze medal blank.svg Flag of Germany.svg Jerman
Peringkat ke-4 Flag of Uruguay.svg Uruguay
Statistik turnamen
Jumlah pertandingan 64
Jumlah gol 145 (2.27 per pertandingan)
Jumlah penonton 3.178.856 (49.670 per pertandingan)
Pencetak gol terbanyak Bendera Spanyol David Villa
Bendera Uruguay Diego Forlán
Bendera Jerman Thomas Müller
Bendera Belanda Wesley Sneijder (5 gol masing-masing)[1]
Pemain terbaik Bendera Uruguay Diego Forlán

Piala Dunia FIFA 2010 adalah Piala Dunia FIFA ke-19, turnamen sepak bola utama internasional yang diadakan di Afrika Selatan. Piala Dunia tahun ini adalah yang pertama kali diadakan di sebuah negara Afrika. Afrika Selatan terpilih sebagai penyelenggara pada bulan Mei 2004, mengalahkan Maroko dan Mesir dalam proses pengundian yang hanya terbuka untuk negara-negara Afrika. Piala Dunia diadakan setiap empat tahun sekali; turnamen sebelumnya diadakan di Jerman, sementara turnamen selanjutnya akan diadakan di Brazil.
Pertandingan ini melibatkan 736 pemain yang mewakili 32 tim untuk bersaing memenangkan trofi Piala Dunia dalam berbagai pertandingan yang diadakan di sepuluh stadion di seluruh Afrika Selatan. Tim-tim terpilih diseleksi melalui proses kualifikasi yang dimulai bulan Agustus 2007. Dengan jumlah pendaftar 204 dari 208 tim nasional FIFA, Piala Dunia 2010 bersama Olimpiade Musim Panas 2008 mencetak rekor untuk jumlah negara terbanyak yang bersaing dalam sebuah ajang olahraga.
Pertandingan dimulai tanggal 11 Juni dengan penyisihan grup, yaitu 32 tim yang lolos kualifikasi bertanding dalam bentuk grup yang masing-masing terdiri dari empat tim, dan dua tim teratas di setiap grup lolos ke babak selanjutnya. Kemudian, 16 tim masuk ke dalam babak gugur yang dimulai tanggal 26 Juni. Pada babak ini bila pertandingan berakhir seri setelah waktu normal, maka diselesaikan dengan perpanjangan waktu dan bila perlu dengan adu penalti. Akhir dari babak gugur ini adalah Final Piala Dunia yang dijadwalkan pada tanggal 11 Juli di stadion Soccer City di Johannesburg. Turnamen ini akan menjadi Piala Dunia pertama yang diadakan di luar Eropa yang dimenangkan oleh negara Eropa.

Pemilihan tuan rumah

Penonton menyaksikan Piala Dunia FIFA 2010 di Afrika Selatan.
 
Benua Afrika dipilih sebagai tuan rumah Piala Dunia 2010 sebagai bagian dari kebijakan baru FIFA yang dihapus tahun 2007, untuk menggilirkan tempat penyelenggaraan Piala Dunia di antara konfederasi-konfederasi sepak bola dunia. Lima negara Afrika mengajukan pencalonan untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2010, yaitu Mesir, Maroko, Afrika Selatan dan pencalonan tuan rumah bersama dari Libya dan Tunisia.
Berdasarkan keputusan Komite Eksekutif FIFA yang tidak memerbolehkan adanya tuan rumah bersama, Tunisia mengundurkan diri dari proses pencalonan. Komite Eksekutif juga memutuskan untuk tidak melanjutkan pencalonan tunggal Libya, karena tidak memenuhi seluruh ketentuan yang tertulis dalam daftar persyaratan resmi yang dikeluarkan FIFA.
Hasil pemungutan suara ini diumumkan oleh presiden FIFA Sepp Blatter pada konferensi pers tanggal 15 Mei 2004 di Zürich; pada putaran pertama pemungutan suara Afrika Selatan mendapat 14 suara, Maroko 10 suara dan Mesir tidak ada. Afrika Selatan, yang hampir gagal memenangkan hak penyelenggaraan Piala Dunia 2006, tahun ini mendapatkan hak untuk mengadakan turnamen ini.
Selama 2006 dan 2007, rumor tersebar di berbagai sumber berita yang menyatakan bahwa Piala Dunia 2010 dapat dipindahkan ke negara lain.[4][5] Franz Beckenbauer, Horst R. Schmidt dan sejumlah eksekutif FIFA mengkhawatirkan perencanaan, organisasi, dan kesiapan Afrika Selatan. Petinggi FIFA terus menyatakan keyakinan mereka atas tampilnya Afrika Selatan sebagai tuan rumah, mengatakan bahwa rencana darurat hanya diberlakukan untuk menutupi kerugian akibat bencana alam, seperti pada Piala Dunia FIFA sebelumnya.

Kualifikasi

Pengundian untuk babak kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010 berlangsung di Durban pada tanggal 25 November 2007. Selaku tuan rumah penyelenggara, Afrika Selatan melaju ke putaran final secara otomatis. Namun, Afrika Selatan juga mengikuti babak kualifikasi CAF karena kualifikasi ini juga merupakan babak kualifikasi untuk Piala Afrika 2010. Hal itu membuat mereka menjadi tim tuan rumah pertama yang berpartisipasi dalam kualifikasi sejak Piala Dunia FIFA 1934. Seperti pada turnamen sebelumnya, juara bertahan Italia tidak mendapatkan tempat secara otomatis dan wajib mengikuti babak kualifikasi.
Sejumlah kontroversi muncul selama tahap kualifikasi. Pada babak kedua pertandingan antara Perancis dan Republik Irlandia di Perancis, kapten Perancis, Thierry Henry, tidak terlihat oleh wasit Martin Hansson dari Swedia memegang bola menjelang gol terakhir, yang membawa Perancis lolos ke putaran final mengalahkan Irlandia, sehingga memunculkan sejumlah kontroversi dan perbincangan. FIFA menolak permintaan dari Asosiasi Sepak Bola Republik Irlandia untuk mengulang pertandingan tersebut,[8] dan Irlandia kemudian menarik permintaannya agar dimasukkan sebagai peserta Piala Dunia ke-33.[9][10] Akibatnya, FIFA mengumumkan tinjauan ulang terhadap penggunaan teknologi atau wasit tambahan pada tingkat tertinggi, tetapi putusan ini bertentangan dengan rencana asisten hakim garis untuk Piala Dunia di Afrika Selatan.[11]
Kosta Rika mengeluhkan gol kemenangan Uruguay pada pertandingan CONMEBOL-CONCACAF,[12] sementara pertandingan November 2009 antara Mesir dan Aljazair dipenuhi oleh laporan kerusuhan penonton. Mengenai permainan adil, Presiden FIFA Sepp Blatter mengatakan :
Saya mohon agar semua pemain dan pelatih mematuhi permainan adil ini. Tahun 2010, kami ingin membuktikan bahwa sepak bola bukan hanya menendang bola tetapi juga memiliki nilai sosial dan budaya ... Jadi kami memohon kepada para pemain 'patuhi permainan adil' agar mereka dapat menjadi contoh bagi seluruh dunia.

 

Tim peserta

Berikut adalah daftar 32 tim yang lolos untuk putaran akhir (dalam kurung adalah peringkat pra-putaran akhir).


AFC (4)
CAF (6)

CONCACAF (3)
CONMEBOL (5)
OFC (1)

UEFA (13)
██ Negara yang lolos ke Piala Dunia ██ Negara yang tidak lolos ██ Negara yang tidak masuk Piala Dunia ██ Negara yang bukan anggota FIFA 

Persiapan

Menara Lukasrand di Pretoria memasang bola sepak raksasa menjelang Piala Dunia.

Lima stadion baru dibangun untuk turnamen ini, dan lima dari stadion tersebut dipugar. Biaya pembangunan diperkirakan mencapai R8.4 juta (hampir US$1 milyar).
Afrika Selatan juga memerbarui infrastruktur angkutan umumnya di dalam kota penyelenggara, termasuk Gautrain di Johannesburg dan sistem metro lainnya, dan jaringan jalan raya diperbarui. Pada Maret 2009, Danny Jordaan, presiden komite penyelenggara Piala Dunia 2010, melaporkan bahwa semua stadion untuk turnamen ini dijadwalkan selesai dalam enam bulan berikutnya.
Negara ini memberlakukan peraturan khusus yang menjamin keselamatan dan keamanan pendukung tim sesuai persyaratan standar FIFA, termasuk pelarangan sementara terhadap penerbangan di wilayah udara sekitar stadion.
Pada upacara perayaan 100 hari menjelang pesta olahraga ini, presiden FIFA Sepp Blatter memuji kesiapan negara ini untuk menyelenggarakan Piala Dunia 2010.

Pemogokan konstruksi
Tanggal 8 Juli 2009, 70.000 pekerja bangunan yang sedang membangun stadion baru meninggalkan pekerjaan mereka. Mayoritas pekerja menerima gaji sebesar R2.500 per bulan (sekitar £192, 224 atau US$313), tetapi persatuan buruh menuduh bahwa sejumlah pekerja digaji lebih rendah. Seorang juru bicara untuk Persatuan Buruh Tambang Nasional mengatakan kepada SABC bahwa pemogokan "tak ada kerja tak ada gaji" akan dilanjutkan hingga FIFA memberi penalti kepada pihak penyelenggara. Persatuan buruh lain mengancam mogok hingga 2011. Pemogokan ini berhasil diselesaikan dan para buruh kembali bekerja satu minggu sebelum Piala Dunia dimulai. Tidak ada pemogokan lebih lanjut dan semua stadion dan proyek pembangunan selesai tepat waktu untuk penyelenggaraan Piala Dunia. 


Hadiah

Total hadiah yang ditawarkan untuk turnamen ini dibenarkan oleh FIFA yaitu sebesar $420 juta (termasuk pembayaran sebesar $40 juta kepada klub domestik), naik 60 persen daripada Piala Dunia 2006.
Sebelum turnamen dimulai, masing-masing dari 32 tim peserta menerima $1 juta untuk biaya persiapan. Setelah masuk turnamen, hadiah ini akan dijabarkan sebagai berikut:
Untuk pertama kalinya dalam Piala Dunia, FIFA membayar klub domestik yang para pemainnya mewakili tim nasional mereka di turnamen ini. Pembayaran ini mencapai total $40 juta yang dibayar kepada klub domestik. Hal ini merupakan hasil dari persetujuan yang tercapai pada 2008 antara FIFA dan klub-klub Eropa untuk membubarkan grup G-14 dan mengklaim ganti rugi sebelum 2005 atas biaya finansial terhadap luka yang diderita pemain dalam pertandingan internasional, seperti dari klub Belgia Charleroi S.C. atas Abdelmajid Oulmers dari Maroko dalam pertandingan persahabatan tahun 2004, dan dari klub Inggris Newcastle United atas Michael Owen dari Inggris pada Piala Dunia 2006.

Tempat penyelenggaraan

Tahun 2005, pihak penyelenggara merilis daftar tiga belas tempat yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia: Bloemfontein, Cape Town, Durban, Johannesburg (dua tempat), Kimberley, Klerksdorp, Nelspruit, Orkney, Polokwane, Port Elizabeth, Pretoria, dan Rustenburg. Daftar ini kemudian diperkecil menjadi sepuluh tempat yang secara resmi diumumkan oleh FIFA pada tanggal 17 Maret 2006.
Ketinggian sejumlah stadion memengaruhi gerakan bola dan kelincahan pemain, namun kepala medis FIFA telah membantahnya. Enam dari sepuluh stadion terletak 1.200 m di atas permukaan laut, dengan dua stadion di Johannesburg (Soccer City dan Ellis Park) berada di ketinggian paling tinggi, yaitu sekitar 1.750 m.
Daftar stadion menurut ketinggiannya adalah: Soccer City dan Stadion Ellis Park, 1.753 m; Stadion Royal Bafokeng, 1.500 m; Stadion Free State, 1.400 m; Stadion Peter Mokaba, 1.310 m; Loftus Versfeld Stadium, 1.214 m; Stadion Mbombela, 660 m; Stadion Cape Town, Stadion Moses Mabhida dan Stadion Nelson Mandela Bay mendekati ketinggian permukaan laut.[35][36]
Johannesburg Cape Town Durban Johannesburg Pretoria
Soccer City[37] Stadion Cape Town Stadion Moses Mabhida Stadion Ellis Park Stadion Loftus Versfeld
26°14′5.27″S 27°58′56.47″E / 26.2347972°LS 27.9823528°BT / -26.2347972; 27.9823528 (Stadion FNB) 33°54′12.46″S 18°24′40.15″E / 33.9034611°LS 18.4111528°BT / -33.9034611; 18.4111528 (Stadion Cape Town) 29°49′46″S 31°01′49″E / 29.82944°LS 31.03028°BT / -29.82944; 31.03028 (Stadion Moses Mabhida) 26°11′51.07″S 28°3′38.76″E / 26.1975194°LS 28.0607667°BT / -26.1975194; 28.0607667 (Stadion Ellis Park) 25°45′12″S 28°13′22″E / 25.75333°LS 28.22278°BT / -25.75333; 28.22278 (Stadion Loftus Versfeld)
Kapasitas: 84.700 Kapasitas: 64.100 Kapasitas: 62.760 Kapasitas: 55.686 Kapasitas: 42.858
Soccer-City-Stadium-at-capacity.jpg Cape Town Stadium view.jpg Estadio Moses Mabhida.jpg FIFA World Cup 2010 Slovakia Italy.jpg Loftus Versfeld Stadium.jpg
Port Elizabeth Polokwane Nelspruit Bloemfontein Rustenburg
33°56′16″S 25°35′56″E / 33.93778°LS 25.59889°BT / -33.93778; 25.59889 (Stadion Nelson Mandela Bay) 23°55′29″S 29°28′08″E / 23.924689°LS 29.468765°BT / -23.924689; 29.468765 (Stadion Peter Mokaba) 25°27′42″S 30°55′47″E / 25.46172°LS 30.929689°BT / -25.46172; 30.929689 (Stadion Mbombela) 29°07′02.25″S 26°12′31.85″E / 29.1172917°LS 26.2088472°BT / -29.1172917; 26.2088472 (Stadion Free State) 25°34′43″S 27°09′39″E / 25.5786°LS 27.1607°BT / -25.5786; 27.1607 (Royal Bafokeng)
Stadion Port Elizabeth Stadion Peter Mokaba Stadion Mbombela Stadion Free State Stadion Royal Bafokeng
Kapasitas: 42.486 Kapasitas: 41.733 Kapasitas: 40.929 Kapasitas: 40.911 Kapasitas: 38.646
Stadion Port Elizabeth Peter Mokaba Inside.png Seats and field of Mbombela Stadium.jpg Free State Stadium-1.JPG Royal Bafokeng Stadium, Phokeng.jpg
Stadion-stadion berikut ini telah dipugar untuk memenuhi persyaratan FIFA:

Wasit

Pada Oktober 2008, FIFA mengeluarkan daftar 38 calon wasit yang akan memimpin jalannya pertandingan Piala Dunia FIFA 2010.  Kemudian, pada 5 Februari 2010, FIFA mengeluarkan daftar wasit dan asisten wasit yang akan bertugas untuk turnamen ini.

Pengundian akhir

Komite Penyelenggara FIFA menyetujui prosedur pengundian akhir pada 2 Desember 2009. Pengundian ini didasarkan pada Peringkat Dunia FIFA Oktober 2009 dan tujuh tim terbaik bergabung dengan tuan rumah Afrika Selatan sebagai tim yang diundi untuk pengundian akhir. Tidak ada dua tim dari satu konfederasi yang diundi di grup yang sama, hanya dua tim dari Eropa yang boleh berada dalam satu grup.
Pengundian grup diadakan di Cape Town, Afrika Selatan, tanggal 4 Desember 2009 di Cape Town International Convention Centre. Upacara pengundian ini dibawakan oleh aktris Afrika Selatan Charlize Theron, dibantu Sekretaris Jenderal FIFA Jérôme Valcke. Pengundian dilakukan oleh bintang sepak bola Inggris David Beckham dan figur olahraga Afrika Haile Gebrselassie, John Smit, Makhaya Ntini, Matthew Booth dan Simphiwe Dludlu. 

Berikut merupakan hasil pengundiannya.
Grup A Grup B Grup C Grup D
Flag of South Africa.svg Afrika Selatan
Flag of Mexico.svg Meksiko
Flag of Uruguay.svg Uruguay
Flag of France.svg Perancis
Flag of Argentina.svg Argentina
Flag of Nigeria.svg Nigeria
Flag of South Korea.svg Korea Selatan
Flag of Greece.svg Yunani
Flag of England.svg Inggris
Flag of the United States.svg Amerika Serikat
Flag of Algeria.svg Aljazair
Flag of Slovenia.svg Slovenia
Flag of Germany.svg Jerman
Flag of Australia.svg Australia
Flag of Serbia.svg Serbia
Flag of Ghana.svg Ghana
Grup E Grup F Grup G Grup H
Flag of the Netherlands.svg Belanda
Flag of Denmark.svg Denmark
Flag of Japan.svg Jepang
Flag of Cameroon.svg Kamerun
Flag of Italy.svg Italia
Flag of Paraguay.svg Paraguay
Flag of New Zealand.svg Selandia Baru
Flag of Slovakia.svg Slowakia
Flag of Brazil.svg Brasil
Flag of North Korea.svg Korea Utara
Flag of Cote d'Ivoire.svg Pantai Gading
Flag of Portugal.svg Portugal
Flag of Spain.svg Spanyol
Flag of Switzerland.svg Swiss
Flag of Honduras.svg Honduras
Flag of Chile.svg Chili

 

Pertandingan

Biru: Juara   Biru muda: Juara dua   Hijau: Juara tiga   Hijau muda: Juara empat   Kuning: Perempat final   Merah muda: Perdelapan final   Merah: Penyisihan grup
 
 

Babak penyisihan grup

Grup A

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Uruguay.svg Uruguay 3 2 1 0 4 0 +4 7
Flag of Mexico.svg Meksiko 3 1 1 1 3 2 +1 4
Flag of South Africa.svg Afrika Selatan 3 1 1 1 3 5 –2 4
Flag of France.svg Perancis 3 0 1 2 1 4 –3 1

Grup B

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Argentina.svg Argentina 3 3 0 0 7 1 +6 9
Flag of South Korea.svg Korea Selatan 3 1 1 1 5 6 –1 4
Flag of Greece.svg Yunani 3 1 0 2 2 5 –3 3
Flag of Nigeria.svg Nigeria 3 0 1 2 3 5 –2 1

Grup C

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of the United States.svg Amerika Serikat 3 1 2 0 4 3 +1 5
Flag of England.svg Inggris 3 1 2 0 2 1 +1 5
Flag of Slovenia.svg Slovenia 3 1 1 1 3 3 0 4
Flag of Algeria.svg Aljazair 3 0 1 2 0 1 –1 1

Grup D

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Germany.svg Jerman 3 2 0 1 5 1 +4 6
Flag of Ghana.svg Ghana 3 1 1 1 2 2 0 4
Flag of Australia.svg Australia 3 1 1 1 3 6 –3 4
Flag of Serbia.svg Serbia 3 1 0 2 2 3 –1 3

Grup E

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of the Netherlands.svg Belanda 3 3 0 0 5 1 +4 9
Flag of Japan.svg Jepang 3 2 0 1 4 2 +2 6
Flag of Denmark.svg Denmark 3 1 0 2 3 6 –3 3
Flag of Cameroon.svg Kamerun 3 0 0 3 2 5 –3 0

Grup F

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Paraguay.svg Paraguay 3 1 2 0 3 1 +2 5
Flag of Slovakia.svg Slowakia 3 1 1 1 4 5 –1 4
Flag of New Zealand.svg Selandia Baru 3 0 3 0 2 2 0 3
Flag of Italy.svg Italia 3 0 2 1 4 5 –1 2

Grup G

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Brazil.svg Brasil 3 2 1 0 5 2 +3 7
Flag of Portugal.svg Portugal 3 1 2 0 7 0 +7 5
Flag of Cote d'Ivoire.svg Pantai Gading 3 1 1 1 4 3 +1 4
Flag of North Korea.svg Korea Utara 3 0 0 3 1 12 –11 0

Grup H

Tim Main M S K GM GK SG Poin
Flag of Spain.svg Spanyol 3 2 0 1 4 2 +2 6
Flag of Chile.svg Chili 3 2 0 1 3 2 +1 6
Flag of Switzerland.svg Swiss 3 1 1 1 1 1 0 4
Flag of Honduras.svg Honduras 3 0 1 2 0 3 –3 1

 

Babak gugur


Babak 16 Besar
Perempat Final
Semi Final
Final

                           

26 JuniPort Elizabeth    
   
   


 Flag of Uruguay.svg Uruguay   2

2 JuliJohannesburg

 Flag of South Korea.svg Korea Selatan   1  

 Flag of Uruguay.svg Uruguay (PSO)  1 (4)

26 JuniRustenburg

   Flag of Ghana.svg Ghana   1 (2)  

 Flag of the United States.svg Amerika Serikat   1


6 JuliCape Town

 Flag of Ghana.svg Ghana (AET)   2  

 Flag of Uruguay.svg Uruguay  2

28 JuniDurban

   Flag of the Netherlands.svg Belanda  3  

 Flag of the Netherlands.svg Belanda  2

2 JuliPort Elizabeth

 Flag of Slovakia.svg Slowakia   1  

 Flag of the Netherlands.svg Belanda   2

28 JuniJohannesburg

   Flag of Brazil.svg Brasil   1  

 Flag of Brazil.svg Brasil  3


11 JuliJohannesburg

 Flag of Chile.svg Chili   0  

 Flag of the Netherlands.svg Belanda  0

27 JuniJohannesburg

   Flag of Spain.svg Spanyol (AET)   1

 Flag of Argentina.svg Argentina  3

3 JuliCape Town

 Flag of Mexico.svg Meksiko   1  

 Flag of Argentina.svg Argentina   0

27 JuniBloemfontein

   Flag of Germany.svg Jerman  4  

 Flag of Germany.svg Jerman  4


7 JuliDurban

 Flag of England.svg Inggris   1  

 Flag of Germany.svg Jerman  0

29 JuniPretoria

   Flag of Spain.svg Spanyol  1   Perebutan Tempat Ketiga

 Flag of Paraguay.svg Paraguay (PSO)  0 (5)

3 JuliJohannesburg
10 JuliPort Elizabeth

 Flag of Japan.svg Jepang   0 (3)  

 Flag of Paraguay.svg Paraguay  0  Flag of Uruguay.svg Uruguay   2

29 JuniCape Town

   Flag of Spain.svg Spanyol   1    Flag of Germany.svg Jerman   3

 Flag of Spain.svg Spanyol  1




 Flag of Portugal.svg Portugal   0  


Babak 16 besar

26 Juni 2010
16:00
Uruguay Flag of Uruguay.svg 2 – 1 Flag of South Korea.svg Korea Selatan Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth
Penonton: 30.597
Wasit: Wolfgang Stark (Bendera Jerman)
Suárez Gol 8'80' Report Lee Chung-Yong Gol 68'


26 Juni 2010
20:30
Amerika Serikat Flag of the United States.svg 1 – 2 (a.e.t.) Flag of Ghana.svg Ghana Stadion Royal Bafokeng, Rustenburg
Penonton: 34.976
Wasit: Viktor Kassai (Bendera Hongaria)
Donovan Gol 62' (pen.) Report Boateng Gol 5'
Gyan Gol 93'


27 Juni 2010
16:00
Jerman Flag of Germany.svg 4 – 1 Flag of England.svg Inggris Stadion Free State, Bloemfontein
Penonton: 40.510
Wasit: Jorge Larrionda (Bendera Uruguay)
Klose Gol 20'
Podolski Gol 32'
Müller Gol 67'70'
Report Upson Gol 37'


27 Juni 2010
20:30
Argentina Flag of Argentina.svg 3 – 1 Flag of Mexico.svg Meksiko Soccer City, Johannesburg
Penonton: 84.377
Wasit: Roberto Rosetti (Bendera Italia)
Tévez Gol 26'52'
Higuaín Gol 33'
Report Hernández Gol 71'


28 Juni 2010
16:00
Belanda Flag of the Netherlands.svg 2 – 1 Flag of Slovakia.svg Slowakia Stadion Moses Mabidha, Durban
Penonton: 61.962
Wasit: Alberto Undiano (Bendera Spanyol)
Robben Gol 18'
Sneijder Gol 84'
Report Vittek Gol 90+4' (pen.)


28 Juni 2010
20:30
Brasil Flag of Brazil.svg 3 – 0 Flag of Chile.svg Chili Stadion Ellis Park, Johannesburg
Penonton: 54.096
Wasit: Howard Webb (Bendera Inggris)
Juan Gol 35'
Luís Fabiano Gol 38'
Robinho Gol 59'
Report


29 Juni 2010
16:00
Paraguay Flag of Paraguay.svg 0 – 0 (a.e.t.) Flag of Japan.svg Jepang Stadion Loftus Versfeld, Pretoria
Penonton: 36.742
Wasit: Frank De Bleeckere (Bendera Belgia)

(Laporan)
    Penalti  
Edgar Barreto Masuk
Lucas Barrios Masuk
Cristian Riveros Masuk
Nelson Valdez Masuk
Oscar Cardozo Masuk
5 – 3 Masuk Yasuhito Endo
Masuk Makoto Hasebe
Tendangan penalti tidak masuk (mengenai tiang gawang) Yuichi Komano
Masuk Keisuke Honda
 


29 Juni 2010
20:30
Spanyol Flag of Spain.svg 1 – 0 Flag of Portugal.svg Portugal Stadion Green Point, Cape Town
Penonton: 62.955
Wasit: Héctor Baldassi (Bendera Argentina)
Villa Gol 63' Report

Perempat final

2 Juli 2010
16.00 UTC+2
Belanda Flag of the Netherlands.svg 2 – 1
(HT : 0 – 1)
Flag of Brazil.svg Brasil Stdn. Port Elizabeth, NMB/Port Elizabeth
Penonton: 40.186 orang
Wasit: Yuichi Nishimura (Bendera Jepang)
Wesley Sneijder Gol 53' Gol 68' (Laporan) Robinho Gol 10'

2 Juli 2010
20.30 UTC+2
Uruguay Flag of Uruguay.svg 1 – 1 a. e. t.
4 – 2 PSO
(HT : 0 – 1)
Flag of Ghana.svg Ghana Stadion Soccer City, Johannesburg
Penonton: 84.017 orang
Wasit: O. Benquerenca (Bendera Portugal)
Diego Forlan Gol 55' (Laporan) Sulley Muntari Gol 45+2'
    Penalti  
Diego Forlan Masuk
Mauricio Victorino Masuk
Andres Scotti Masuk
Maximiliano Pereira Tendangan penalti tidak masuk (melenceng)
Sebastian Abreu Masuk
4 – 2 Masuk Asamoah Gyan
Masuk Stephen Appiah
Tendangan penalti tidak masuk (diselamatkan penjaga gawang) John Mensah
Tendangan penalti tidak masuk (diselamatkan penjaga gawang) Dominic Adiyiah
 

3 Juli 2010
16.00 UTC+2
Argentina Flag of Argentina.svg 0 – 4
(HT : 0 – 1)
Flag of Germany.svg Jerman Stadion Green Point, Cape Town
Penonton: 64.100 orang
Wasit: Ravshan Irmatov (Bendera Uzbekistan)

(Laporan) Thomas Mueller Gol 3'
Miroslav Klose Gol 68' Gol 89'
Arne Friedrich Gol 74'

3 Juli 2010
20.30 UTC+2
Paraguay Flag of Paraguay.svg 0 – 1
(HT : 0 – 0)
Flag of Spain.svg Spanyol Stadion Ellis Park, Johannesburg
Penonton: 55.359 orang
Wasit: Carlos Batres (Bendera Guatemala)
Oscar Cardozo Tendangan penalti tidak masuk (diselamatkan penjaga gawang) 59' (Laporan) Xabi Alonso Tendangan penalti tidak masuk (diselamatkan penjaga gawang)
David Villa Gol 83'

Semi final

6 Juli 2010
20.30 UTC+2
Uruguay Flag of Uruguay.svg 2 – 3
(HT : 1 – 1)
Flag of the Netherlands.svg Belanda Stadion Green Point, Cape Town
Penonton: 62.479 orang
Wasit: Ravshan Irmatov (Bendera Uzbekistan)
Maximiliano Pereira Gol 90+2'
Diego Forlan Gol 41'
(Laporan) Giovanni Van Bronckhorst Gol 18'
Wesley Sneijder Gol 70'
Arjen Robben Gol 73'

7 Juli 2010
20.30 UTC+2
Jerman Flag of Germany.svg 0 – 1
(HT : 0 – 0)
Flag of Spain.svg Spanyol Stadion Moses Mabidha, Durban
Penonton: 60.960 orang
Wasit: Viktor Kassai (Bendera Hongaria)

(Laporan) Carles Puyol Gol 73'

Perebutan tempat ketiga

10 Juli 2010
20.30 UTC+2
Uruguay Flag of Uruguay.svg 2 – 3 Flag of Germany.svg Jerman Stdn. Port Elizabeth, NMB/Port Elizabeth
Penonton: 36.254 orang
Wasit: Benito Archundia (Flag of Mexico.svg Meksiko)
AW 1: Hector Vergara (Flag of Canada.svg Kanada)
AW 2: Marvin Torrentera (Flag of Mexico.svg Meksiko)
Wasit ke-4: Marco Rodriguez (Flag of Mexico.svg Meksiko)
Wasit Ke-5: Jose L. Camargo (Flag of Mexico.svg Meksiko)
Cavani Gol 28'
Forlán Gol 51'
(Laporan) Müller Gol 19'
Jansen Gol 56'
Khedira Gol 82'

Final

11 Juli 2010
20.30 UTC+2
Belanda Flag of the Netherlands.svg 0 – 1 a. e. t.
(HT : 0 – 0)
Flag of Spain.svg Spanyol Stadion Soccer City, Johannesburg
Penonton: 84.490 orang
Wasit: Howard Webb (Flag of England.svg Inggris)
AW 1: Darren Cann (Flag of England.svg Inggris)
AW 2: Michael Mullarkey (Flag of England.svg Inggris)
Wasit ke-4: Yuichi Nishimura (Flag of Japan.svg Jepang)
Wasit Ke-5: Toru Sagara (Flag of Japan.svg Jepang)

(Laporan) Andres Iniesta Gol 117'

Statistik

Pencetak gol

5 gol
4 gol
3 gol
2 gol
1 gol
Gol bunuh diri

Hasil akhir dan penghargaan

Hasil akhir

Piala Dunia FIFA
Juara Musim 2010
Lambang Federasi Tim Nasional Spanyol
Flag of Spain.svg Spanyol
Gelar Pertama

Piala Dunia FIFA
Runner-up Musim 2010
Logo Federasi Tim Nasional Belanda
Flag of the Netherlands.svg Belanda
Gelar Ketiga
Piala Dunia FIFA
Juara Ke-3 Musim 2010
Logo Asosiasi Tim Nasional Jerman
Flag of Germany.svg Jerman
Gelar Keempat
Piala Dunia FIFA
Juara Ke-4 Musim 2010
Logo Federasi Tim Nasional Uruguay
Flag of Uruguay.svg Uruguay
Gelar Ketiga

Penghargaan

Pemenang Sepatu Emas Pemenang Bola Emas Pemenang Sarung Tangan Pemain Muda Terbaik Trofi Fair Play FIFA
Bendera Jerman Thomas Müller Bendera Uruguay Diego Forlán Bendera Spanyol Iker Casillas Bendera Jerman Thomas Müller Flag of Spain.svg Spanyol

Simbol

Maskot

Zakumi, maskot resmi turnamen.
 
Maskot resmi dari turnamen edisi ini adalah Zakumi. Zakumi adalah seekor macan tutul berwarna kuning, dengan rambut "nyentrik" berwarna hijau, mengenakan kaus bertuliskan "South Africa 2010", dan celana pendek berwarna hijau, dan tengah memegang sebuah bola. Zakumi lahir pada 16 Juni 1994, bertepatan dengan Hari Pemuda di Afrika Selatan sehingga akan dirayakan secara global dengan tajuk Piala Dunia FIFA 2010.
Nama Zakumi berasal dari kata "Za", yang merupakan kode dua huruf untuk Afrika Selatan, dan "kumi", sebuah kata yang berarti sepuluh dalam berbagai bahasa Afrika.

Lagu resmi

Lagu resmi piala dunia 2010 berjudul Waka Waka (This Time for Africa) yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Kolombia, Shakira dan band Freshlyground dan lagu ini dinyanyikan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol Lagu ini didasarkan pada lagu prajurit tradisonal Afrika yang bernama Zangalewa.
Coca-Cola, yang merupakan salah satu sponsor resmi turnamen, melakukan aransemen atas lagu Wavin' Flag yang awalnya dinyanyikan oleh K'naan. Aransemen tersebut dilakukan dalam bahasa Inggris dan bahasa Spanyol, juga bahasa Indonesia dengan judul lagu "Wavin Flag: Celebration Remix". Untuk versi bahasa Indonesia, K'naan menyanyikannya bersama vokalis Indonesia, Ipang, dengan judul lagu "Semangat Berkibar".

Bola pertandingan

Jobulani, bola pertandingan resmi Final Piala Dunia FIFA 2010.
 
Bola resmi yang dipergunakan pada pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 adalah Jabulani. Bola ini dibuat oleh Adidas, dan diperkenalkan tepat sebelum pengundian grup Piala Dunia FIFA 2010 pada tanggal 4 Desember 2009. Jabulani menurut bahasa Zulu berarti "merayakan".

Vuvuzela

Seorang pria meniup sebuah vuvuzela.

Pertandingan Piala Dunia FIFA 2010 telah dikenal dengan suara vuvuzela, sebuah alat musik panjang yang ditiup oleh para pendukung di seluruh pertandingan. Banyak penyaing Piala Dunia yang mengkritik dan mengkomplain tentang suara yang ditimbulkan oleh vuvuzela, termasuk Patrice Evra, yang menuduh vuvuzela menyebabkan performa Perancis bermain buruk.
Lionel Messi juga mengkomplain bahwa suara yang dihasilkan vuvuzela mengganggu komunikasi antarpemain dalam pertandingan.

Sumber: wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails