Kamis, 04 November 2010

Harimau Bali yang Sudah Punah


Harimau Bali kini tinggal sejarah. Pasalnya, Harimau Bali sudah punah sejak lama. Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah Harimau terkecil dari semua jenis Harimau. dengan berat 90-100 kg pada Jantan dan 65-80 kg pada Betina.
 

Harimau Bali terus diburu hingga punah. Harimau Bali terakhir diperkirakan telah tewas di Sumbar Kima, Barat Bali pada tanggal 27 September 1937. Menurut data, Harimau Bali terakhir tersebut berjenis kelamin Betina.
Tak ada satupun Harimau Bali yang ditempatkan di penangkaran. Maka dari itu, Harimau ini punah akibat para warga sekitar yang terus memburu hewan itu.




Harimau Bali atau Bali Tiger (Panthera tigris balica) adalah subspesies harimau yang sudah punah yang dapat ditemui di pulau Bali, Indonesia. Harimau ini adalah salah satu dari tiga sub-spesies harimau di Indonesia bersama dengan harimau Jawa (juga telah punah) dan Harimau Sumatera (spesies terancam)

Harimau ini adalah harimau terkecil dari tiga sub-spesies. Harimau terakhir diyakini ditembak pada tahun 1925, dan sub-species ini dinyatakan punah pada tanggal 27 September 1937. Karena besar pulau yang kecil, hutan yang terbatas, populasi yang tidak pernah lebih besar dan dianggap tidak ada yang selamat hingga hari ini.



Klasifikasi ilmiah: 
Kerajaan: Animalia. 
Filum: Chordata. 
Kelas: Mamalia. 
Ordo: Carnivora. 
Famili: Felidae. 
Genus: Panthera. 
Spesies: Panthera tigris. 
Upaspesies: Panthera tigris balica. 
Nama trinomial: Panthera tigris balica. 




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails