Senin, 08 November 2010

Letusan Gunung Api di Beberapa Negara

1. Letusan Gunung Kilaulea di Hawaii

Dianggap oleh kebanyakan menjadi gunung berapi yang paling aktif, Mt. Kilauea di Hawaii pasti hidup dengan namanya. Arti "memuntahkan" atau "banyak menyebar," Kilauea telah meletus sejak tahun 1983 terus awal. Tidak termasuk kegiatan saat ini, Mt. Kilauea telah meletus 33 kali sejak tahun 1952, meninggalkan jejak lava dan gambar spektakuler dalam proses.




2. Letusan Gunung Chaiten di Chile


Terletak di Teluk Corcovado di Chile Selatan, Gunung Chaiten saat ini dalam fase erupsi yang dimulai pada bulan Mei awal 2008. Menurut beberapa peneliti, Gunung Chaiten terakhir meletus pada 7420 SM (+ / -75 Tahun). Tidak hanya memiliki Volcano Chaiten terbangun dari tidur nya, itu pergi pada beberapa kali cukup menarik. Catatan menawan menampilkan foto-foto gunung berapi membiarkan stres beberapa saat tengah badai.


3. Letusan Gunung Tonga Hunga di Lautan Pasifik


Pada tanggal 19 Maret 2009, sebuah gunung api bawah laut dekat Tonga di Samudra Pasifik Selatan mulai menembak asap, uap dan abu ke udara. Yang terjadi antara pulau kembar Hunga Tonga dan Hunga Ha'apai, yang tepat Hunga bernama Tonga-Hunga Ha'apai gunung berapi begitu kuat sehingga membuat permukaan tanah baru. Meskipun untungnya tidak menempatkan setiap tinggal di risiko selama letusan gunung berapi yang tidak meninggalkan Hunga Ha'apai tertutup abu hitam.


4. Ledakan di Gunung Etna
 

Dengan ketinggian 10.922 kaki puncak, Gunung Etna adalah salah satu gunung berapi aktif terbesar di Eropa dan membantu menentukan keindahan alam Sisilia, pulau terbesar di Laut Mediterania. Diyakini gunung berapi aktif tertua di dunia, Mt. Etna telah meletus beberapa kali dekade ini. Pada 1970-an dan awal dekade ini, Etna meletus cincin asap, sebuah peristiwa yang sangat langka.


5. Letusan Gunung Mayon, Filipina

  
Terkenal selama hampir sempurna bentuk kerucut dan keindahan secara keseluruhan, Gunung Mayon terletak di pulau Luzon Filipina. Gunung Mayon telah meletus hampir 50 kali dalam 400 tahun terakhir. Salah satu letusan yang lebih terkenal terjadi pada bulan Juni 1897, ketika Gunung Mayon hujan api selama tujuh hari berturut-turut.


6. Letusan Gunung Hekla, Islandia


Meskipun bukan formasi terbesar di sekitar di 4.892 kaki, stratovolcano Hekla telah pasti terintimidasi Islandia, yang menyebutnya dengan "Gateway ke Neraka" sejak Abad Pertengahan. Hekla telah meletus lebih dari 20 kali sejak tahun 874, yang cukup sederhana jika dibandingkan dengan gunung berapi lain di artikel ini. Letusan terakhir terjadi pada bulan Februari 2000.

Sumber kaskus.us

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails