Kamis, 23 Desember 2010

Abu Semburan Gunung Bromo Sampai di Sidoarjo & Surabaya


Mobil yang terparkir di Mapolda Jatim

Semburan abu vulkanik Gunung Bromo sudah mencapai Surabaya, dan Sidoarjo. Abu gunung eksotik di Probolinggo ini terbawa oleh hujan yang mengguyur Sidoarjo dan sekitarnya pada Rabu (22/12/2010) malam.

"Motor saya kan terkena hujan. Setelah kering, terlihat kotor seperti abu," ujar Susanto, warga Sidoarjo saat bincang-bincang dengan detiksurabaya.com, Kamis (23/12/2010).

Susanto mengatakan, abu yang sudah mengering itu diketahui pagi tadi saat akan berangkat bekerja. Tak hanya motor saja yang terlihat bekas abu yang tipis, tapi juga kap mobil yang menjorok ke luar atap rumah.

"Saya lihat di mobil kapnya penuh bekas abu seperti di atas jok motor saya," tuturnya.

Sementara, Lina, warga Sidoarjo yang tinggal di kawasan Sukodono, juga mengaku kaget dengan kondisi terasnya rumahnya yang penuh dengan bekas abu. Abu yang diperkirakan dari Gunung Bromo itu terlihat jelas dengan bekas air hujan yang mengguyur Rabu malam.

"Biasanya kalau habis hujan, teras rumah tidak sekotor ini. Tapi pagi ini kok teras penuh dengan bekas abu bercampur air yang sudah mengering," ungkap Lina, dengan nada keheranan.

Rasa terkejut juga dirasakan warga Oma Pesona Buduran Sidoarjo. Agus Mustofa, tak menduga jika abu Bromo nyasar ke tempat tinggalknya. Kebetulan mobil milik kawannya yang menginap diparkir di luar. "Saya lihat pagi ini kok penuh debu. Parah juga sih," katanya kepada detiksurabaya.com.

Teguh, prakirawan dari Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Juanda mengatakan, tidak menutup kemungkinan abu yang terbawa angin dan hujan di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya dari Gunung Bromo.

"Secara umum arah angin permukaan dari barat daya ke timur laut. Sedangkan di atas 3.000 meter dari arah tenggara menuju ke barat laut," ujar Teguh saat dihubungi detiksurabaya.com.

Ia menambahkan, pengaruh abu Gunung Bromo hingga ke Surabaya dan Sidoarjo, karena pengaruh arah angin yang di atas sekitar 3.000 meter.

"Saya rasa dampak abu gunung Bromo secara umum masih aman," tuturnya.

Dari pantaun detiksurabaya.com, abu yang diperkirakan dari Gunung Bromo juga terlihat di mobil-mobil yang di terparkir di Mapolda Jatim.

http://static.arsipberita.com/images/cached/data/photo/2010/11/28/1108162620X310.jpg

Sumber: detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails