Kamis, 23 Desember 2010

Abu Vulkanik Bromo Sampai Surabaya

http://liranews.com/otonomi-daerah/files/2010/12/bromo-abu.jpg
 
Dampak abu letusan Gunung Bromo di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, terasa hingga di wilayah Kota Surabaya dan sekitarnya. Abu Bromo jatuh bersamaan dengan hujan deras pada Rabu malam (22/12/10).

Hujan yang mengguyur wilayah Surabaya dan sekitarnya pada Rabu malam memang berbeda dengan biasanya. Sebab air hujan yang turun disertai abu yang ternyata dampak letusan Gunung Bromo.

Akibat hujan air disertai abu tersebut wilayah Surabaya dan sekitarnya menjadi kotor oleh abu. Sebab, bekas abu masih terlihat saat kondisi air hujan sudah mengering. Bekas abu Gunung Bromo tersebut terlihat membekas membentuk bintik-bintik pada benda yang terkena.

Menurut prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandara Juanda Surabaya Joko Sulistyo, abu Gunung Bromo bisa sampai wilayah Surabaya karena mengikuti angin yang menuju arah barat laut. Angin yang membawa abu Bromo adalah angin lapisan atas setinggi 10 ribu feet dengan kecepatan 40 hingga 60 kilometer per jam.

"Angin di ketinggian 10 ribu feet tersebut kemarin memang mengarah ke barat laut," kata Joko, pada hari Kamis ini (23/12/10).

Sumber: www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails