Kamis, 23 Desember 2010

Abu Vulkanik Bromo Melanda Pasuruan

http://us.images.detik.com/content/2010/11/27/473/semburan8.jpg
Hujan abu vulkanik Gunung Bromo (2.329 mdpl) yang beberapa hari lalu mendera Probolinggo, mulai Rabu (22/12) hingga Kamis (23/12) ini melanda di lima wilayah kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Kepala Bakesbang Linmas Kabupaten Pasuruan M. Yahya, Kamis menyebutkan, kelima wilayah yang terkena abu vulkanik Gunung Bromo meliputi, Tosari, Puspo, Lumbang, Grati, dan Nguling.

Ia menjelaskan, hujan abu di wilayah Tosari hanya menimpa di wilayah Pauncak Penanjakan. Namun, hujan abu tipis yang disertai angin kencang menumbangkan sejumlah pohon.

Di wilayah Puspo, hujan abu menimpa Desa Keduwung, dan Pusungmalang. Sedangkan di wilayah Kecamatan Lumbang hujan abu menimpa di 10 desa, masing-masing Panditan, Welulang, banjarimbo, Karangjati, Watulumbung, Lumbang, Pancur, Bulukandang, Wonorejo, dan Kronto.

Di wilayah Kecamatan Grati hujan abu menimpa 15 desa dengan ketebalan mencapai sekitar 2 mm. Sedangkan di wilayah kecamatan Nguling menimpa Desa Sanganom, Sebalong, Wotgalih, Watestani, Nguling, Sumberanyar, dan Dandanggendis.

Yahya menuturkan, untuk mengantisipasi hal tersebut telah diambil langkah-langkah dengan membag-bagi masker di Lumbang sebanyak 7.500, di Grati sebanyak 5.000, Nguling 5.000, dan Puspojuga 5.000. Sedangkan di wilayah Kecamatan Tosari kini juga dilakukaan kerja bhakti untuk menyingkirkan pohon-pohon yang tumbang agar tidak menghalang-halangi jalan.

Sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails