Senin, 24 Januari 2011

Chrysoberyl Cat's Eye (Mata Kucing)


Batu batu chrysoberyl terdiri dari beryllium dan alumunium oxide. Nama batu tersebut dalam bahasa Yunani artinya “beryl yang berwarna emas”. Namun mesti diwaspadai nama beryl dan beryllium hampir sama tapi mereka berdua sebenarnya adalah dua jenis batu yang berbeda total. Batu batu jenis chrysoberyl mempunyai nilai keras 8.5 berdasarkan daftar keras Mohs, mereka menempati di urutan ke tiga setelah intan dan corundum.




Kegunaan atau manfaat
batu jenis chrysoberyl dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain melindungi pemiliknya dari ancaman bahaya, dapat merubah energi negative menjadi energi positive, memberi kedamaian dan keharmonisan dan digunakan sebagai barang keberuntungan.

Yang tergolong dalam batu jenis chrysoberyl adalah sebagai berikut:

Batu Mata Kucing

 

Batu mata kucing sangat bagus dan banyak diminati terutama pada kaum pria. Batu unik ini mempunyai satu sinar lurus di tengah yang dapat bergerak ke kanan dan ke kiri jika dilihat dari jauh seakan-akan seperti mata kucing. Batu mata kucing di Indonesia bermacam-macam namanya seperti biduri pandan wurung, benang sebelas, intan tetulas kendit dunyo. Namun patut di waspadai juga bahwa banyak batu mata kucing yang palsu yang ternyata batu tersebut adalah batu mata harimau (tiger eyes) yang berwarna madu.

Salah satu cara yang tepat untuk membersihkan batu ini yaitu dengan air sabun yang hangat dan menggunakan gosokan yang lembut.

Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan:
Dalam dunia astrology atau perbintangan batu mata kucing dihubungkan dengan gemini dan leo.





Alexandrite

 

Alexandrite adalah batu chrysoberyl yang terdiri dari chromium, titanium dan besi. Batu alexandrite adalah salah satu batu yang paling langka karena pembuatan atau pembentukkan batu ini memerlukan kondisi geology yang unik, maka dari itu harganyapun amat mahal. Warna dari batu alexandrite ini dapat berubah-ubah tergantung waktunya, jika di siang hari batu ini berwarna hijau sedangkan kalau di malam hari terutama jika disoroti lampu maka warnanya akan menjadi merah keungu-unguan atau merah darah. Ini disebabkan batu ini memang pleochroisme.




Batu alexandrite mendapat namanya karena ditemukan pada hari ulang tahun Czar Alexander yang ke 16 dan dipersembahkan kepada Tsar Alexander II dari Rusia. Dan dari Rusialah biasanya batu-batu alexandrite yang bagus berasal. Batu ini juga dahulu dijadikan batu nasional para Tsarist di Rusia, adapun yang mengatakan warna bendera Rusia diambil dari batu ini yaitu hijau dan merah.




Keunikan dalam mengubah warna dari batu alexandrite, kelangkaan dari batu ini dan ditambah dengan kekerasannya yang tinggi membuat batu ini salah satu batu yang paling mahal harganya.










Kegunaan atau manfaat

 
Batu alexandrite dipercayai memiliki pengaruh-pengaruh antara lain menguatkan batin dari pengaruh-pengaruh jahat, meningkatkan keberanian, mencegah mabuk laut dan memberi peringatan adanya ancaman bahaya (sinar lurus di tengah batu tersebut tidak bergerak seperti biasanya ke kanan dan ke kiri bertanda adanya bahaya yang sedang mengancam).





Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan
Batu alexandrite dijadikan batu khusus atau batu yang cocok untuk pemberian di hari peringatan perkawinan yang ke 45 dan yang ke 55. Dalam dunia astrology atau perbintangan batu alexandrite adalah batu untuk orang yang lahir di bulan Juni ( selain mutiara dan moonstone) dan batu ini dihubungkan dengan zodiac gemini.

Sumber: http://elevenmillion.blogspot.com





http://satrio74.files.wordpress.com/2008/05/mata-kucing-crop.jpg

Batu Mata Kucing (Cat eye)…misteri dalam kelam

Ada yang unik kenapa Batu Mulia yang satu ini disebut Cat eye (Mata Kucing)… Kita tahu bahwa kucing yang konon disebut binatang kesayangan Cleopatra ini punya satu keistimewaan yang merupakan ciri khas hewan-hewan yang aktif di waktu malam (hewan nocturnal). Matanya akan seperti bersinar jika ia berada di lingkungan yang pencahayaannya sangat minim. Mengapa mata kucing terlihat bersinar? Bagaimana bisa demikian? Karena bagian mata yang disebut tapetum lucidum-lah yang memiliki peran besar menjadikan mata kucing bersinar dalam gelap.

Begitu juga dengan Batu Mulia yang kita sebut Cat eye (Mata Kucing)…bila didalam kegelapan dan ada seberkas sinar, maka muncullah segaris sinar mirip dengan mata hewan yang bernama kucing…disinilah keunikan batu ini hingga orang tergila-gila mencari batu yang bernama cat eye. 

Para pengamat percaya bahwa inclusion dari batu ini memberikan kesan tersendiri dari cat eye atawa mata kucing. Hal Ini membawa hasil apabila cahaya yang terpancar pada batu itu dipantulkan oleh inclusion yang lebih cerah dan kelihatan seperti mata kucing yang terkena cahaya. Dan bila batu ini dicondongkan, dan juga seolah-olah bergerak merentasi bahagian atas batu. Alhasil, pasaran cat eye menjadi tinggi seiring kualitas yang menyertainya.


Batu mata kucing atau Cat eye banyak berasal dari banyak negara, beberapa diantaranya adalah Srilangka, India, Afrika, Brazil, dan Indonesia Batu Mata Kucing berdasarkan materialnya merujuk kepada batu permata dari keluarga chrysoberyl. Ini karena fakta karakteristik cat eye didapati dan terjadi pada batuan jenis chrysoberyl dan dikenali sebagai chrsoberyl cat eye. Tapi selain itu terdapat juga batu permata lain yang menampilkan ciri cat eye seperti quartz cat eye, ruby cat eye, peridot cat eye, sapphire cat eye, emerald cat eye, dan moonstone cat eye.

Chrysoberyl cat eye mempunyai kekerasan 8 pada skala Mohs dengan warna varieti dari warna kuning lemon, kuning madu, dan kuning kehijauan sehingga ke warna hijau dan hijau coklat. Chrysoberyl cat eye merupakan batu permata yang menampilkan keindahan dan keajaiban alam semulajadi yang cukup sempurna. 

Menengok khasiat dari Batu Mata Kucing atau Cat eye ini adalah diyakini dapat menambah keberanian serta anti rasa takut.

Selain batu mulia yang lain, Cat eye adalah paduan kemewahan dan akan membawa aura kemewahan bagi pemakainya. Karena saat ini harga pasaran cat eye cukuplah menguras kantok kita kalo lagi cekak. Bayangkan saja untuk cat eye bening warna madu, kita musti rela mengeluarkan uang sebesar Rp 200.000 hingga Rp 1 juta. Itu yang kualitas menengah. Bagimana dengan yang kualitas nomor wahid?

(http://satrio74.wordpress.com)


http://www.funggan.com/68651519/images/IMGP0166.JPG

 

Chrysoberil Cat's Eye adalah saudara sekandung dari aleksandrit ini juga tidak kalah pamornya di blantika batu-permata dibanding dengan batu mana pun dikarenakan dia memiliki "mata" berupa kilau cahaya katoyansa di permukannya, berujud garis putih mirip lampu neon yang bisa bergoyang ke kiri dan kanan bila digerakkan. Kalau Warna dasar batunya coklat seperti madu, dia bisa tampil dengan dua warna ( separuh coklat dan separuh putih ) bila disorot sinar dari samping. Inilah yang populer dengan julukan mata-kucing madu-dan-susu ( honey-and-milk cats-eye ), incaran top-kolektor.
Karakteristiknya :
Vasiari warna : Kuning-kecoklatan, kehijauan, dengan efek katoyansa.Kadar Transparasi : Transparan, Translusan.



Kilap Polis : Kilap-intan.Index Bias : 1,744 - 1,755.Kadar Keras : 8,5.Berat Jenis : 3,70 - 3,72.Formula Kimia : Al2(BeO4).Sistim Kristal : Ortorombik.
Wilayah Penghasil
: Srilangka, Brazil.
Aura Batu
: Mempertajam pengamatan, kepekaan batin.
Relevansi Profesi
: Priktisi bidang hukum, konsultasi, informasi.


(http://zamrudgroup.com/catseye.html)

2 komentar:

  1. wow... kapan ya punya batu spt ini?

    BalasHapus
  2. thanks bro atas info yg berharga ini

    *_*

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails