Jumat, 01 Juli 2011

Gudeg Mbak Yus Bikin Ketagihan!

YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Nasi gudeg Mbak Yus di Solo.


YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Nasi gudeg Mbak Yus di Solo.


Saya punya makanan favorit baru, yaitu Gudeg Mbak Yus yang ada di Solo. Yup, week end kemarin kami jalan-jalan ke Solo dan Jogja, dan Budi, teman kami mengajak kami untuk mencicipi Nasi Gudeg yang sangat terkenal di Solo, yaitu Gudeg Mbak Yus. Sebelum saya mencoba Gudeg Mbak Yus, saya tidak mempunyai gudeg favorit. Tapi setelah malam itu saya mencicipi gudeg satu ini, wahhh saya langsung menjadikannya sebagai salah satu makanan favorit saya.

Gudeg Mbak Yus ini terletak di warung tenda yang ada di Jalan RA Kartini, Solo, meskipun hanya tendaan tapi tempatnya sangat bersih. Beliau membuka warungnya dari jam 21.30 malam sampai sekitar jam 2 pagi. Dari jam 9 orang-orang sudah mulai duduk di lesehan menunggu mbak Yus datang beserta lauk-lauknya. He-he... hebat kan, orang-orang sampai rela menunggu lho dan hampir semua meja terisi. Begitu mbak Yus datang, para pelanggannya langsung senyum-senyum, senang yang ditunggu-tunggu sudah datang. Para pelayannya membawa wadah-wadah besar berisi lauk-lauk gudegnya.

Sekitar 15 menit kami menunggu pesanan kami, dan kesan pertama saya ketika melihat nasi gudegnya. Woww..... yummmy... O iya kami pesan nasi gudeg dan juga bubur gudeg, plus tambah Ceker atau Kaki Ayam. Disini memang sangat terkenal dengan Nasi Gudeg Ceker.

Nasi Gudegnya berisi nasi, ayam opor, tahu opor yang berbentuk pipih, telur pindang, krecek, daun singkong rebus dan gudeg nangka. Ayamnya enak, lembut dan sedap banget. Begitu pula dengan tahunya yang berbentuk pipih itu, enak banget. Telur pindangnya pun tiada dua rasanya. Termasuk gudeg nangkanya yang maknyus itu. Mantap banget rasanya. Apalagi setelah saya tambahkan sambal terasinya, pedesnya edan!

Nah kalau Bubur Gudeg, lauknya sama saja dengan nasi gudeg hanya saja di ganti dengan bubur dan di beri dengan kuah opornya. Saya suka sekali dengan bubur gudeg-nya, kuah opornya membuat rasanya menjadi semakin gurih dan mantap untuk di nikmati.  Ternyata makan lauk gudeg dengan bubur pun juga cocok.

Hati-hati dengan sambalnya, karena sambalnya pedas banget di sini. Tapi membuat rasa nasi gudegnya menjadi semakin mantap. Ceker Ayam-nya pun sangat empuk, disajikan perporsi berisi 5 buah, kemudian di beri dengan kuah opor juga. Teman saya sampai tambah satu porsi lagi ceker ayam-nya.

Semuanya terasa sangat mantap, Gudeg Mbak Yus memang maknyus tenan. Saya sampai ingin pergi ke Solo lagi untuk menikmati gudegnya. Teman-teman kalau ke Solo harus cobain lho Gudeg Mbak Yus. Mantappp he-he....

Sumber: kompas.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails