Jumat, 01 Juli 2011

Nasi Liwet Solo dan Es Cendol, Nikmat..!

YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Nasi Liwet.


YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Es Gempol.


Kalau kita melintasi daerah Grogol, khususnya di Jalan Muwardi, pasti kita akan menemukan banyak sekali rumah makan dan juga warung tenda. Tidak heran juga, karena daerah tersebut berisi kos-kosan mahasiswa. Dan rata-rata harganya sangatlah terjangkau. Nah salah satu rumah makan yang terkenal di daerah Muwardi adalah Rm. Pondol.

Pondol adalah singkatan dari Pondok Es Cendol yang juga menyediakan masakan khas Jawa Tengah. Lucu ya namanya he-he... Rumah makan yang satu ini sangatlah terkenal di daerah Muwardi. Selain makanannya yang enak-enak seperti nasi liwet Solo, Nasi Kuning, Nasi Timlo dan lain-lain, disini juga ada beraneka ragam es, seperti es cendol, es campur, es gempol, es tape ketan dan masih banyak lagi pilihan yang ditawarkan oleh Pondol. Dan jangan khawatir, karena harga disini sangat bersahabat dengan kantong he-he...
Makan siang kami kali ini memang sengaja ke Pondol, kangen dengan es cendolnya he-he... Selain Es Cendol kami juga pesan Es Gempol Pleret Pelangi. Untuk makanannya kami pesan Nasi Kuning dan Nasi Liwet Solo.

Es Cendol dan Es Gempolnya datang duluan, tidak apa-apa, karena ini juga bisa dijadikan sebagai makanan pembuka. Cendol disini menggunakan warna hijau dari daun suji asli lho, tidak menggunakan pewarna kimia, jadi aman. Kuahnya yang terbuat dari santan juga terasa fresh. Rasa manisnya juga berasal dari sirup yang terbuat dari gula asli. Cendolnya sendiri terasa lembut dan fresh, aromanya juga enak. Es Cendol Pondol emang juara deh.

Es Gempol Pleret Pelangi adalah es yang berisi gempol yang terbuat dari tepung beras, rasa nya kenyal-kenyal dan agak sedikit gurih, yang ini teksturnya agak sedikit kasar. Kuahnya masih menggunakan campuran santan dan es serut plus gula jawa yang sudah di cairkan. Yummy... seger banget. Dulu sewaktu kecil saya sering makan es gempol ini, tapi tanpa campuran gula merah cair.

Makanan kami pun akhirnya datang, Nasi Kuning dan Nasi Liwet Solo. Nasi kuningnya pulen euy, enak.. lauk-lauknya pun enak semua. Ada telur dadar iris, sambal goreng ati ampela, perkedel, goreng kentang, semur daging dan serundeng.

Nasi Liwet Solo-nya lah yang jadi favorit saya, rasanya nikmat. Nasi Gurih yang diberi sayur labu siam, suwiran daging ayam areh/opor, dan juga telor pindang. Yang pasti rasa gurihnya sangat terasa. Suwiran daging ayamnya juga lembut, yang saya sukai dari nasi liwetnya adalah sayur labu siamnya, ada sedikit rasa pedasnya. Nyam-nyam...

Nah kalau Anda bingung mau makan dimana, datang saja ke Pondol. Disini banyak sekali menu ala Jawa Tengah, dan jangan lupa untuk menikmati es Cendol khas Pondol. Selamat mencoba teman-teman.

Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails