Jumat, 01 Juli 2011

Gudeg Djuminten, Rasakan Suwiran Ayamnya
I Made Asdhiana | Senin, 20 Juni 2011 | 06:38 WIB
Dibaca: 10276
|
Share:
YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Gudeg Bu Djuminten, Yogyakarta.


YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Aneka kerupuk di Gudeg Djuminten, Yogyakarta.


YUDI/WWW.DOYANMAKAN.COM 
Warung gudeg Djuminten, Yogyakarta.


Hari ini adalah hari tekahir kami berada di Yogyakarta, dan rasanya tidak lengkap kalau kami tidak makan Nasi Gudeg di kota Gudeg. Makanya siang itu, sebelum kami ke bandara, kami sempatkan mampir di Gudeg Djuminten yang ada di Jalan Asem Gede nomor 14. Begitu sampai, nafsu makan saya langsung meningkat. Membayangkan gudeg yang enak, wahh nyamm nyamm tenan he-he...

Rumah Makan Gudeg Djuminten ini sangat bersih dan masih mempertahankan kesederhanaannya. Di sisi samping ada sebuah meja yang berisi aneka macam kerupuk kaleng, langsung saja kami mengambil beberapa kerupuk aci tersebut sebagai camilan sambil menunggu pesanan kami datang. Ada yang pesan Nasi Gudeg Suwiran Telur Tahu, ada juga yang tanpa telur. Disini juga menjual gudeg dalam bentuk kendil lho. Dan memang Gudeg Djuminten ini spesialis Gudeg Kendil.

Seporsi Gudeg Kendil dihargai Rp 100.000 per kendil, dan ada juga yang seharga Rp 125.000 tergantung isinya. Ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke Jakarta.

Tidak lama kemudian pesanan kami datang, wuihh keliatannya mantap bener nih gudeg. Ada suwiran ayam, sayur gudeg, sambal goreng krecek, tahu, telur dan diatasnya disiram dengan kuah areh. Kami memang sengaja memilih ayam yang disuwir, supaya lebih mudah untuk disantap.

Suwiran ayamnya terasa lembut di mulut, dan ada sedikit rasa gurihnya. Sambal goreng kreceknya juga mantap rasanya. Apalagi tahu dan telur opornya, gurih sedap banget. Sayur gudegnya .... enak lho. Kuah arehnya membuat semua rasa nasi gudegnya terasa lebih komplet, sedep, gurih tenan. Jangan ketinggalan sambalnya, supaya lebih nikmat lagi.

Kerupuk aci-nya pun melengkapi nasi gudeg kami. Tidak terasa kami sampai menghabiskan 12 buah kerupuk hehe. Nah sebagai penutup, saya memesan es tape hijau. Seger euy.

Sumber: kompas.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails