Senin, 05 September 2011

Ikan Bakar Cianjur di Semarang

 

Ikan bakar memang selalu mengundang selera. Tergantung teknik pembakaran dan citarasa ikannya. Iya, ikan bakar yang langsung dibakar tanpa di goreng lebih dahulu. Ikan bakar yg langsung di bakar, rasa dagingnya akan lebih juicy ;) . Sedangkan ikan yg di goreng terlebih dahulu, dapat menyebabkan daging ikan terasa keras dan kering. Ditambah lagi dengan kebiasaan keluarga. Kami doyan sekali makan ikan yang masih setengah matang.

Salah satu tempat untuk makan ikan bakar pilihan adalah Ikan Bakar Cianjur. Di Semarang sendiri , IBC mempunyai 2 buah rumah makan. Di Teuku Umar dan di Letjen Suprapto . Kali ini Mrs memilih IBC Letjen Suprapto untuk tempat menuntaskan rasa lapar.

IBC Letjen Suprapto terletak di kawasan Kota Lama di Semarang . Di daerah sini masih banyak terdapat bangunan lama. Tapi sayang, masi banyak yang tidak terawat. Sehingga merusak kesan ‘megah’ dan menimbulkan kesan ‘seram’. IBC Kota Lama ini pun, bangunannya masih seperti bangunan jaman dulu. Tetapi bangunan IBC sangat terawat. IBC memanfaatkan kesan ‘lama’ dengan tepat sehingga terkesan  vintage. Dan bangunan lama justru menjadi nilai plus bagi rumah makan ini . 
IBC menyajikan beberapa jenis menu, walaupun tidak terlalu banyak pilihannya.





Ikan gurami bakar (42k) adalah menu utama. Untuk jenis ikan, IBC hanya menyajikan pilihan ikan gurami atau ikan nila. Seperti nama rumah makan ini yang memakai kata Ikan Bakar, ikan bakar di IBC memang terbukti sangat sangat enak sekali. Kulit ikannya sangat gurih, dengan sedikit sentuhan asin seperti mentega.



Ikan bakarnya sepintas terlihat kering. Tetapi setelah daging ikan masuk ke dalam mulut. Nyammm lembut sekali. Daging ikannya sendiri rasanya lebih menjurus ke plain. Tetapi daging ikan yg minim rasa ini, sangat cocok sekali beriringan dengan rasa kulit ikan yang sangat gurih. Hemmm me like it. Pokoknya ikan gurami bakar IBC sangat Mrs rekomendasikan.



Untuk sayuran, pesan Tumis pucuk kailan (18k). Tumis kailan ini enak banget. Rasa sayurnya masih kriuk kriuk. Bumbunya pun enak. Sederhana tapi justru bisa membuat kailan menjadi lezat.

Lalu ada tahu goreng (6k) . Tahu di IBC tidak berbau ‘tahu’ . Rasanya pun enak, dan lembut. Apalagi sewaktu di ‘cocol’ ke dalam sambal kecap. Hemmmm lezat.

Oia, dalam penyajian makanan, kita akan di suguhi 2 buah jenis sambal. Yaitu sambat tomat dan sambal kecap. Sambal tomatnya enak, dan tidak terlalu pedas. Jadi untuk yang doyan pedas, siap” saja untuk meminta tambahan sambal. Untuk harga, sepertinya gratis.

Karna waktu itu, teman Mrs pernah mengadakan acara makan” ulang tahun. Dan mereka ‘gila’ pedas, lumayan banyak minta tambahan sambal dan sepertinya tidak kena charge. Tetapi tentu sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu secara pasti apakah gratis atau tidak. Ga lucu kan klo lagi asik makan sambel, dikira gratis eh ternyata bayar.



Dari segi harga mereka cukup rasional. Rasa masakan enak, terutama ikan gurami bakar dan tumis kailan yang sangat enak. Pelayanan ramah dan tempatnya pun nyaman serta bersih.
Ikan Bakar Cianjur Semarang Kota Lama Letjen Suprapto
Alamat : Jl Letjen Suprapto 19 Semarang
Nomor Telepon : 024 356 2333

  • Tumis kailan – 18k IDR
  • Gurami bakar – 42k IDR
  • Tahu goreng – 6k IDR
  • Nasi putih – 6k IDR
  • Es teh manis – 5k IDR

Sumber: http://kulineryuk.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails