Jumat, 18 Mei 2012

Sedapnya Kupang Sate Kerang



Sedapnya Kupang Sate Kerang Khas Jatim

Jika Anda mengunjungi Jawa Timur, tepatnya kota Surabaya dan Sidoarjo, jangan lupa untuk menikmati kuliner unik khas pesisir "Kupang Lontong". 
Sebenarnya Kupang Lontong bisa anda temukan di banyak kota di Jawa Timur seperti Malang, Lamongan, Tuban, Pasuruan, Gresik, dsb namun yang rasanya paling ‘nendang’ hanya ada di Surabaya dan Sidorajo.

Karena memang sebenarnya kupang tidak tahan lama kesegarannya, jadi akan lebih nikmat jika dinikmati di daerah yang dekat dengan daerah penangkapannya. Kuliner ini merupakan hidangan sepinggan yang terdiri atas lontong, kuah petis, sate kerang dan kupang.

Ada juga tambahan irisan ‘Lento’, sejenis gorengan campuran antara singkong serut, taoge dan kacang tolo. Rasanya benar-benar unik dan nikmat perpaduan petis, bawang goreng dan kupang dengan kuah asam pedas manis yang segar, sangat cocok untuk dinikmati pada saat cuaca sedang panas. 



Tentu saja yang membuat unik hidangan ini adalah kupang-nya, sejenis binatang laut kecil-kecil seperti tiram yang banyak dibudidayakan di daerah pesisir timur Jatim. Berwarna coklat pucat dengan kepala berwarna hitam. Dipastikan Anda  akan kesulitan menemukan hidangan ini di luar Jatim.



Kupang adalah makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bumbu bawang putih, untuk menghidangkan biasanya dicampur dengan petis kupang, jeruk nipis , lontong dan irisan lento, bila suka bisa ditambahkan cabe rawit, lebih maknyus dimakan dengan Sate Kerang.

Untuk minumannya bisa Es Degan Hijau atau kelapa muda, disamping segar es degan bisa meminimalisir alergi kupang & kerang.  

http://www.wartanews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails