Senin, 27 Desember 2010

Rumah Tetap Sejuk, Meski Tanpa AC

Manipulasi Matahari dan Angin
Sebagai negara tropis, Indonesia memang dilimpahi sinar matahari dan curah hujan yang tinggi. Teorinya, Jika sudah didalam rumah, kita terpayungi dari panas matahari. Tapi kenyataannya seringkali tidak, rumah dapat meneruskan panas matahari, bahkan membuat panas itu terperangkap didalamnya. Nah, saat kita memasuki rumah, kulit akan menyerap panas yang terperangkap. Itulah sebabnya kita merasa panas dan lembab.

Rumah dingin tanpa ac by Andy Rahman Architect

Untuk mendapat rumah yang dingin, ada 2 hal yang bisa dilakukan. Yang pertama adalah upaya mengurangi radiasi matahari, sehingga rumah tidak terasa panas. Yang kedua adalah bagaimana cara kita memanfaatkan angin untuk mengurangi panas yang sudah terlanjur masuk kedalam rumah. Angin bisa membantu pelepasan panas dari kulit tubuh sehingga kita merasa nyaman, angin juga dapat menurunkan suhu ruangan sekitar 3˚C.

Rumah dingin tanpa ac by Andy Rahman Architect

Ada beberapa aspek yang bisa diolah agar panas tidak “memanggang” rumah :
  • Orientasi
Untuk menghindari panas, bangunan bisa dihadapkan kea rah utara-selatan,. Arah ini memungkinkan kita mendapatkan terang matahari, tanpa ikut memasukkan panasnya ke dalam rumah.

Rumah dingin tanpa ac by Andy Rahman Architect
  • Desain bangunan
Dalam keadaan terbataspun, bangunan bisa didesain sedemikian rupa hingga mampu memasukkan angin. Misalnya dengan penggunaan courtyard yang bisa menangkap angin  atau menggunakan tembok untuk membelokkan arah angin hingga angin akan melewati daerah yang diinginkan.

Rumah dingin tanpa ac by Andy Rahman Architect
  • Kulit bangunan (dinding dan atap)
Karena berada paling luar, dinding dan atap berhadapan langsung dengan matahari, dan sangat mungkin menyerap radiasi matahari. Karenanya, pemilihan material atap dan dinding bangunan sangat penting. Material seperi beron, seng, asbes, aspal lebih menyerap pa
nas dibanding genteng atau ijuk. Bata lebih menyerap panas disbanding bambu atau kayu. Warna bangunan juga sangat berpengaruh. Warna cerah akan memantuklan cahaya matahari sehingga panas yang di serap lebih sedikit.
  • Bukaan pada bangunan
Bukaan-bukaan mesti didesain agar bisa mendulang cahaya matahari dan angin, tanpa memasukkan panasnya. Misalnya saja dengan menggunakan shading, memilih jenis kaca yang bisa menahan radiasi matahari, atau menggunakan jendela ganda.
Rumah dingin tanpa ac by Andy Rahman Architect
  • Lingkungan sekitar bangunan
Alam sekitar bisa diolah untuk mendinginkan bangunan, misalnya dengan menanam pohon, atau membuat kolam air.


Sumber: andyrahman-architect.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails