Rabu, 26 Januari 2011

Permata Termahal di Dunia Laku Terjual

Permata Termahal di Dunia Laku Terjual Valentin Flauraud


Sebuah permata ungu yang sangat langka memecahkan rekor harga batu mulia paling mahal setelah terjual dengan harga 45,44 juta franc Swiss (US$45,75 juta), di rumah lelang Sotheby, Selasa (16/11). Harga permata biru tersebut dua kali lipat lebih mahal dari rekor harga batu mulia paling mahal yang pernah dijual.

Dilaporkan Reuters, Rabu (17/11), permata ungu yang berbentuk bujur sangkar dengan berbobot 24,78 karat dan berukuran sebesar pinball tersebut, dibeli oleh seorang pedagang permata Laurence Graff. Menurut David Bennet, kepala bagian permata Sotheby's di Eropa dan Timur Tengah, Laurence melakukan penawaran harga lewat telepon.

"Kelihatannya seperti champagne ungu," kata Bennet kepada Reuters.

Bennet menungkapkan, harga batu mulia tersebut diluar dugaan dari harga yang ditaksirkan. Sebelum laku, batu permata yang dibeli dari pedagang permata Amerika Harry Winston 60 tahun lalu oleh pemilik yang tak disebutkan jatidirinya dan menyerahkannya kepada balai lelang di kota Swiss tersebut diperkirakan akan laku dengan harga US$27-38 juta.

Harga tersebut dua kali lipat lebih mahal dari permata paling mahal di dunia yang pernah dijual dalam lelang yaitu "Wittelsbach", batu permata biru di abad 17 dengan bobot 35,56 karat. Pada lelang di rumah lelang Christie Desember 2008 lalu batu tersebut mencapai harga US$24,3 juta.

Pada lelang tersebut, permata itu juga dibeli oleh Graff dari Graff Diamonds, yang memoles kembali permata tersebut, dan menamakannya Wittelsbach-Graff Diamond.

Sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails