Rabu, 26 Januari 2011

Sensasi Peluncuran Lamborghini Sesto Elemento



Akhirnya Lamborghini terbaru yang diberi nama Sesto Elemento - penampakannya dicicil - akhirnya pagi ini di pembukaan Paris Motor Show 2010 muncul utuh. Glamour! 

Teknologi yang sangat dibanggakan, bodi yang dibuat dari Carbon Fiber Reinforced Plastic (CFRP). Dengan material baru yang dikembangkan sendiri oleh Lamborghini, bobot supercar ini kini hanya 999 kg. Itu sudah termasuk mesin V10 yang menghasilkan tenaga 570PS. 

Dengan ini pula, perbandingan bobot terhadap tenaga hanya 1,75 kg/PS. Klaim lainnya, kemampuan sprint 0-100 km/jam hanya 2,5 detik. Kecepatan tertinggi yang bisa dicapai 300 km/jam. 
 
“Tidak ada yang bisa menyamai kedahsyatannya. Tak kalah menarik, konsusmi bahan bakar jadi irit karena bobotnya ringan,” bangga Stephan Winkelmann, President dan CEO of Automobili Lamborghini saat meluncurkan mobil ini .
 
“Kami menaruh seluruh kompetensi teknologi untuk menciptakan Sesto Elemento,” tambahnya. “Kemampuan kami mengembangkan teknologi serat karbon menjadikan mobil ini sangat ringan. Lantas diipadukan dengan keahlian dan pengalaman Audi AG (induk Lamborghini). Semua Lamborghini yang akan datang past mendapatkan sentuhan Sesto Elemento.”

 
Serat Karbon Sistemik
 
Untuk materi, Lamborghini boleh saja berbangga. CFRP yang digunakan menggunakan dibuat dari bahan dasar dengan struktur yang kuat namun ringan. Karena itulah, serat karbon juga digunakan untuk rangka depan, panel eksterior dan bagian yang meredam tabrakan. 
 
Komponen lain yang dibuat dari serat karbon khas Lamborghini, komponen suspensi dan pekek. Khusus knalpot dibuat dari Pyrosic, komposit matrik kaca-keramik yang tahan bekerja sampai tetap keras pda suhu 900 derajat celsius.Bahkan, as kopel yang memindahkan tenaga mesin dari transmisi ke roda dibuat dari serat karbon khusus ini.

Tak hanya materi bodi, juga diterapkan metode baru melapisi permukaan bodi yang dibuat dari serat karbon. Hasilnya, penampilan mobil tetap cingklong menarik, bahkan sensional, kendati warna dasarnya hitam.
Meski tidak dijelaskan, proses pelapisan bodi akan dipatenkan. Pasalnya, ternyata Lamborghini juga menggunakan bahan lapisan nano-teknologi yang membuat penampilan mobil seperti kristal indah dengan bayang merah gemerlap. Pokoknya menghasilkan efek yang hebat! 
 
Perubahan penampilan lain yang dilakukan Lamborghini, seperti induknya Audi adalah menggunakan lampu bi-xenon dan LED di bagian depan. Semua itu membuat penampilan Sesto Elemento makin keren! Belum dijelaskan, berapa supercar ini dibandrol!


Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails