Selasa, 08 Maret 2011

Lukisan Picasso Rp 942 Miliar Dipamerkan

foto 
Lukisan Pablo Picasso, yang berjudul Nude, Green Leaves and Bust. (guardian)


Lukisan termahal yang terjual lewat lelang dipamerkan di London, Inggris mulai hari ini, Senin, 7 Maret 2011. Lukisan Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves dan Bust yang dibeli oleh penawar misterius senilai Rp 942 miliar itu dipamerkan di galeri seni, Tate Modern.  


Direktur Tate Modern, Sir Nicholas Serota sangat senang karena sang pemilik meminjamkan lukisannya untuk dipamerkan. "Ini lukisan Picasso yang sangat luar biasa, saya senang publik Inggris kini bisa menikmatinya untuk pertama kali," kata Serota. 

Picasso membuat lukisan ini pada 1932. Balai lelang Christie's melelangnya pada Mei tahun lalu, lukisan ini pun mencatat rekor sebagai lukisan termahal yang laku dalam lelang dengan nilai Rp 942 miliar. 

Lukisan Nude, Green Leaves dan Bust ini berpindah tangan pertama kali pada 1951, ketika itu kolektor Sidney dan Frances Brody membelinya dengan harga US$19,800 dengan kurs saat ini sekitar Rp 173 juta. Selama dimiliki mereka, lukisan ini hanya satu kali dipamerkan ke publik, pada 1961 saat Picasso berulang tahun ke-80. 

Picasso membuat lukisan ini terinspirasi oleh Marie-Therese Walter, gadis 17 tahun berambut pirang. Picasso bertemu Marie ketika berusia 45 tahun di stasiun kereta bawah tanah Paris pada 1927. 

Picasso terpikat pada pandangan pertama dan langsung berkenalan. "Saya Picasso, kamu dan saya akan melakukan hal-hal yang indah," kata Picasso saat itu. Hubungan asmara mereka berakhir pada 1935 ketika Picasso menemukan pacar baru, Dora Maar. 

Pablo Ruiz Picasso, lahir di Malaga, Spanyol, 25 Oktober 1881. Dia meninggal 8 April 1973 pada umur 91 tahun. Picasso adalah seorang seniman yang terkenal dalam aliran kubisme dan dikenal sebagai pelukis revolusioner pada abad ke-20.
 
Sumber: tempointeraktif.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails