Sabtu, 24 September 2011

Ditemukan Planet Dengan Dua Matahari

Ditemukan Planet Dengan Dua Matahari
NASA
ilustrasi

Sebuah planet memiliki orbit yang mengelilingi dua matahari ditemukan oleh teleskop kepler milik Nasa. Planet itu mirip dengan planet Tatooine di film Star Wars. Namun ilmuwan mengatakan tidak ada seorangpun di sana dan tidak mungkin dapat hidup disana.

Planet yang dinamai Kepler-16b, yang berjarak sekitar 200 cahaya dari Bumi, diperkirakan tidak dapat didiami karena berupa gas besar yang dingin seperti Saturnus. Para ilmuwan baru memastikan adanya planet dengan dua bintang, meski sebelumnya telah mendeteksinya.

Dengan memiliki dua bintang, artinya Kepler-16b memiliki dua matahari terbenam, kata para ahli. Ukuran dua Matahari Kepler-16b, lebih kecil dibandingkan dengan Bumi, yaitu sekitar 69% dan 20% dari Matahari, dengan suhu dipermukaan mencapai - 73 sampai -101 C.

Orbit planet dengan dua matahari berotasi masing-masing setiap 229 hari- sama dengan orbit matahari Venus. Teleskop Kepler diluncurkan pada 2009, dan dirancang untuk menjelajah galaxi Bimasakti untuk mencari planet yang menyerupai Bumi.

Alan Boss dari Institut Sains Carnegie mengatakan "Ini merupakan pengukuran yang sangat mengagetkan oleh Kepler." "Ini merupakan sesuatu yang menarik, ada planet yang memiliki orbit mengelilingi dua matahari," kata dia seperti dikutip dari BBC.

Kepler menemukan bintang yang cahayanya suram, yang artinya orbit planet itu berada diantara bintang dan teleskop. Ilmuwan Nasa melihat lubang di cahaya kedua bintang secara bergantian pada waktu yang tetap. Penemuan ini dipublikasikan dalam jurnal sains Jumat ini (16/9/2011).

www.tribunews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails