Rabu, 02 November 2011

Puri Pencet Pak Kus

Hari ini kami mencoba mencicipi rumah makan penyetan yang letaknya di jalan Anjasmoro raya. Kurang tahu alamat lengkapnya sih... tapi kalau masuk dari arteri utara ke jalan Anjasmoro Raya, lurus saja dan perhatikan kiri jalan anda sampai ada rumah makan dengan spanduk bertuliskan Puri Pencet Pak Kus.
Lauk nya bemacam-macam, dari tempe, tahu, telur, ayam, bebek, dan aneka ikan.

Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 5.000 sampai Rp.10.000,- untuk lauknya. Nasi putih Rp 2.000,- per porsi.




Ayam pencet (dada) dihargai Rp 8.000,- per potong. Bisa pilih dada atau paha. Ayamnya tidak diberi bumbu macam-macam, hanya agar sekedar gurih, kemudian digoreng sampai luarnya kering, tapi keempukan dagingnya tetap ada. Disajikan di atas ulekan sambal kecil dari batu (ibarat pizza ulekannya ini ukuran personal, hehe..) dengan sambal yang mantapp..!! pedas, asin, gurih dari terasi, dan segar dari perasan jeruk sambal. Cabainya pun terasa segar, sepertinya menggunakan cabai rawit kalau dirasakan dari pedasnya yang nendang.

Untuk yang tidak terlalu suka pedas, sambalnya bisa diberi kecap manis, rasa sambalnya tetap enak kok, seperti sambal bandeng kropok.




Yang kurang suka daging, disediakan juga tempe dan telur pencet. Satu porsi paket tempe dan telur pencet isi nya satu potong tempe dan satu telur mata sapi. Tempenya enak, bukan tempe irisan, tapi tempe yang kalau dijual di pasar itu yang dibungkus daun satu-satu. Kematangan telur mata sapinya juga pas, disajikan dengan sambal mantap.




Satu porsi tempe&telur pencet dihargai Rp 5.000,-
Untuk minumannya standar saja , es teh manis, dan es teh tawar.
Total yang harus dibayar untuk 1 porsi ayam pencet, 1 porsi tempe+telur pencet, 2 piring nasi putih, 1 es teh manis, dan 1 es teh tawar, adalah Rp 23.500,-.

Lauknya enak, nasinya pulen, sambalnya mantap, hanya mungkin akan lebih baik jika tingkat pedasnya sambal bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen, atau menyediakan macam-macam jenis sambal, supaya yang kurang suka pedas bisa menikmati masakan Puri Pencet Pak Kus ini.


Sumber: http://kulinersemarangku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails