Rabu, 18 Januari 2012

Gudeg Bu Lies Jogjakarta

Gudeg Wijilan "BU LIES"
Jl. Wijilan 5, Jogja
Telp: (0274) 450164 - 7114670


Jogja memang dikenal sebagai kota gudeg, tapi ada satu kawasan yang memaklumatkan diri sebagai Sentra Gudeg-nya Jogja, yaitu di Jl. Wijilan. Pada suatu malam saya beserta rombongan dinas berkesempatan buat mengunjungi tempat ini, berjejer tempat-tempat makan yang menjual makanan seragam GUDEG. Kami memilih salah satu tempat yang kayaknya paling luas, tertulis di depan "Gudeg Bu Lies"


Suasana "Jawa" langsung menyergap begitu kita duduk, pilihan lesehan atau pake bangku tersedia. Daftar menu pun langsung "dihidangkan" termasuk menu buat yang mau bawa pulang (besek or kendil). Untuk santap di tempat tersedia aneka pilihan dengan "toping" utama: Gudeg + Krecek. Sampingannya bisa kita pilih sendiri seperti tahu, telur, aneka bagian ayam (paha atas, paha bawah, paha sambung, dada sayap, kepala dan ati ampela). Buat jelasnya klik gambar menu di atas. Saya sih pilih paha atas (seperti biasa) sama kepala (buat digerogotin). Walaupun menurut saya tidak sedahsyat Gudeg Yu Djum, gudeg Bu Lies ini tetap menyimpan cita rasa yang kaya dari kuliner khas Yogya ini. Legitnya sang gudeg plus pedas-pedas manisnya si krecek berpadu harmonis dengan lezatnya daging ayam dengan bumbu yang meresap sampai ke tulang. Walau agak sayang, dagingnya sedikit alot. Satu porsi nasi gudeg ini bisa kita nikmati dengan harga mulai 7000rupiah (Gudeg krecek tahu) sampai 30rb rupiah (Komplit spesial: Ayam, Telur, Ati Ampela). Seluruppp....


Buat minumnya tentunya paling cocok dengan Teh Poci. Teh tubruk panas yang disajikan dalam poci dan gelas kecil dari tanah liat ini emang paling pass, apalagi ditimpali dengan gula batu yang khas. Kenapa ya teh poci ini punya cita rasa dan aroma berbeda dengan teh yang disajikan dalam gelas biasa???



Jadi yang lagi di Jogja, boleh-boleh deh mampir di Sentra Gudeg-nya kota ini. Lokasinya gak jauh dari Alun-Alun Keraton koq. Dan buat yang pengen membagi kenikmatan gudeg sama orang di rumah silakan pesan dalam kemasan besek atau kendil.

Sumber: http://www.banyumurti.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails