Sabtu, 27 November 2010

Gunung Bromo Meletus Lagi Sabtu Pagi

Gunung Bromo
Sebagian besar jatuhan material masih di kawah Bromo.

Gunung Bromo Sabtu, 27 November, kembali meletus dengan kepulan abu tebal hitam mencapai ketinggian 600 meter.
Letusan itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB dan terus berlangsung selama beberapa jam.

"Kepulan abu tebal hitam mencapai ketinggai 600 meter dan jatuhan materialnya sebagain besar di kawah Bromo," tutur Ketua Tim Tanggap Darurat Gunung Bromo, Gede Suantika, kepada BBC Indonesia.

Menurut Gede Suantika letusan terbaru ini belum membutuhkan perluasan daerah bahaya yang sudah ditetapkan saat ini, yaitu tiga kilometer.

"Jadi daerah bahaya masih di dalam samudera pasir. Ancaman bahaya belum sampai ke luar radius tiga kilometer."

Ditambahkan bahwa letusan kecil yang berlangsung lama ini juga dilihat sama seperti model letusan pada tahun 2000. Status Gunung Bromo ditingkatkan dari Siaga menjadi Awas sejak Selasa (23/11) pukul 16.30 WIB. Dalam letusan tahun 2004, dua wisatawan asing tewas akibat tertimbun pasir sementara dan lima lainnya cedera.


Pagi Tadi, Gunung Bromo Meletus Lagi

Gunung Bromo Foto Terbaru
 



















Sabtu (27/11/2010) sekitar pukul 05.09 WIB, Gunung Bromo kembali meletus. Dalam letusan dalam skala kecil (minor) ini, Bromo menyeburkan asap tebal abu-abu kehitaman, dengan tekanan sedang dengan ketinggian 600 hingga 700 meter.

Menurut Gede Suantika, Kepala Bidang Mitigasi Bencana Geologi PVMBG, letusan subuh tadi ke arah barat daya, atau ke arah Malang, serta ke Barat atau ke Pasuruan. Dari hasil pengamatan vulkanik, telah terjadi gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 7-36 mm, sebanyak 8 kali dengan lama rentang gempa 10-20 detik.

Serta gempa vulkanik dalam sebanyak  kali, dengan amplitudo 38 mm selama 28 detik. “Letusan masih dalam sekala kecil, tapi tanpa disertai dentuman,” terangnya.

Sementara gempa tremor terus terjadi, dengan amplitudo 2-10 mm. Gunung Bromo juga mengalami deformasi, mengembang dengan jau rata-rata 0,6 mikro radian per hari

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails