Kawa aktif Gunung Kaba
Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki telebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong - Curup. Curup dapat dicapai dari Barat (Bengkulu) sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.
Dari Curup menuju ke kampung bukit Kaba dan berkemah di Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.
Pendakian menuju ke puncak sampai di Pematang Durian dari Sumber Urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan. Dari Pematang Durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. tetapi seperti halnya gunung Dempo jalan di gunung cukup lembab sehingga juga terdapat banyak pacet yang membuat pendaki sedikit lebih waspada.
Informasi:
Sejak gempa bumi berkekuatan 7,3 skala reichter terjadi pada 3 Juni 2000, aktivitas seismik di gunung Kaba meningkat. Ketiga kawah gunung Kaba telah mengeluarkan kepulan asap. Para ahli geologi mengebor sekitar kawah untuk mengeluarkan lava, uap dan gas untuk mencegah terjadinya letusan.
Gunung Kaba juga merupakan salah satu cagar alam yang diperuntukkan untuk perlindungan bunga Rafflesia Arnoldi yang populasinya semakin menurun.
www.kaskus.us
Legau Serdam (Lagu Seruling) Legenda Terjadinya Kawa Gunung Kaba,
Cerita Rakyat Rejang Dalam sebuah dusun di Renah Sekelawi ada seorang pemuda bernama Sutan Indah. Ayahnya bernama Ratu Panjang, seorang kepala dusun yang di segani dan dihormati oleh rakyatnya. Sutan Indah sangat pemalas. Ia tidak pernah membantu ayahnya berkerja di sawah dan di ladang. Oleh sebab itu ia tidak diacuhkan oleh ayahnya, meskipun ia adalah anak tunggal. Hanya kepada ibunya sajalah Sutan Indah berani mengadu. Ayahnya sibuk dengan sawah dan ladang serta sibuk memikirkan kesejahteraan kampungnya. Setiap hari Sutan indah menelusuri tebing sungai memperhatikan ikan-ikan yang berenang dalam air. Ia duduk di atas batu, memperhatikan burung-burung meloncat dari dahan ke dahan di atas ranting dan di dalam semak belukar di sekelilingnya. Ia mengamati tupai jantan dan betina bergelut di batang bambu, yang ujung daunnya menjuntai menyapu air yang deras dan mengalir di sela batu-batu.
Kalau hari terasa panas Sutan Indah terjun ke dalam air berenang ke sana ke mari, sambil bersiul kecil dengan lagunya sendiri. Pada suatu hari, ketika Sutan Indah sedang berjalan-jalan di pinggir sungai, ia melihat sepotong bambu hanyut dibawa arus. Anehnya di atas bambu sebesar telunjuk itu, bertengger seekor burung camar. Dengan tidak di sangka, bambu itu menepi sendiri dan mendekat ke Sutan Indah. Lebih aneh lagi, burung camar tidak mau terbang. Sutan Indah berusaha memungut bambu itu dan juga burung camar yang jinak tersebut lalu dibawanya pulang.
Pada mulanya Sutan Indah bermimpi. Dalam mimpinya ia didatangi oleh seorang bidadari yang sangat cantik dan berkata, "Sutan Indah, buatlah olehmu sebuah serdam (bahasa rejang = seruling) dari bambu yang kau dapati dari sungai kemarin, sedangkan burung itu disembelih dan tanakkan minyaknya. Minyaknya kau lumurkan pada serdammu itu, keringkan selama empat puluh hari dan empat puluh malam. Aku ingin sekali mendengar bunyi serdammu itu Sutan Indah". Sutan Indah terjaga dari tidurnya, dan berusaha mengingat mimpinya itu. Keesokan harinya dibuatnyalah sebuah serdam dari bambu yang didapatinya di sungai kemarin itu.
Tiga hari lamanya ia membuat serdam itu, dengan berhati-hati sekali jangan sampai pecah atau retak sedikitpun. Burung camar penyerta bambu tersebut dipotongnya, laCu dimasak dan diambil minyaknya. Minyak burung tersebut digosok-gosokkannya pada serdam yang baru selesai dibuatnya itu. Empat puluh hari dan empat puluh malam serdamnya dianginkan, sesuai petunjuk bidadari dalam mimpinya itu. Kiranya bambu itulah yang disebut orang buluh perindu, dan rupanya kehendak Tuhan, buluh perinda itu dapat saja melawan arus sungai atau disebut orang hanyut ke hulu. Demikian kesaktian buluh perindu itu, menurut cerita orang-orang tua, apabila buluh perindu itu ditiup, maka suaranya sampai ke kayangan.
Setelah empat puluh hari kemudian, Sutan Indah mencoba serdamnya. Maka timbullah bermacam-macam lagu yang menyayat hati. Ketika orang sedang bekerja, terdengar alunan serdam Sutan Indah, maka berhentilah mereka bekerja, terpukau ketika mendengarnya. Pendeknya, siapa yang mendengar himbauan serdam Sutan Indah terlenalah ia dari pekerjaannya, sampai kepada ibu-ibu yang sedang memasak di dapur berhenti bekerja, sehingga hanguslah nasi tanakannya. Para gadis remaja yang sedang menjaga jemuran padi, lalu termenung, dan tidak diketahui mereka bahwa padinya hampir habis dimakan ayam dan itik. Orang banyak bertanya-tanya, dari manakah asal bunyi serdam seperti itu. Belum pernah mereka mendengar bunyi serdam seindah itu. Akhirnya orang mengetahui serdam itu adalah milik Sutan Indah anak Ratu Panjang yang tunggal itu.
Lama kelamaan setiap orang yang mendengar bunyi serdam Sutan Indah, terbengkalailah pekerjaannya. Kalau mendengar bunyi serdam itu di malam hari terjagalah mereka dari tidurnya, terutama para bujang dan dara, timbul rasa birahi satu dengan lainnya, berkhayal sepanjang malam, gelisah tak tentu perasaan, mabuk dalam asmara. Hal ini menjengkelkan orang tua Sutan Indah. Berapa kali ayahnya melarang Sutan Indah meniup serdam itu, tetapi tidak dipedulikannya. Ketika sampai pada puncak kemarahannya, lalu diusirnyalah Sutan Indah.
Dengan berat hati Sutan Indah mengkahkan kakinya pada malam itu juga, tanpa setahu ibunya. Pergilah Sutan Indah meninggalkan kampung halamannya, kedua orang tuanya, sanak saudaranya. Pergilah ia dengan serdam buluh perindunya, mengembara menurut langkah kakinya. Kadang-kadang naik bukit turun bukit, kadang-kadang menuruti aliran sungai yang ditemuinya. Kalau terasa penat kakinya, berhentilah ia di bawah naungan pohon-pohonan. Sebelum memejamkan matanya, ditiupmya dahulu serdamnya. Mengalunlah lagu-lagu sedih yang memilukan hati, siapa yang mendengarnya. Alunan serdam Sutan Indah, kiranya terdengar juga sampai kayangan, dibawa angin lalu, sehingga termenunglah para bidadari, dan ada yang ingin turun ke bumi.
Dalam pengembaraan Sutan Indah, tibalah ia di suatu tempat di sebuah bukit. Berhentilah ia di bawah sebuah pohon yang rindang daunnya. Kiranya Sutan Indah berada di kaki sebuah bukit yang merupakan kaki langit alam kayangan. Disitu sering turun para bidadari kalau akan ke bumi, dan juga tempat bermain-main setiap bulan terang. Bukit ini dijaga oleh seorang peri yang sedang beranak bayi. Setiap hari sang peri ini pergi ke kebun di lereng bukit itu. Malam hari barulah berada di pondoknya kembali. Selama ia pergi ke kebunnya,bayinya selalu di jaga oleh seorang bidadari yang diutus dari kayangan secara bergiliran.
Hari itu yang menjaga bayi sang peri adalah giliran Krikam Manis yang sangat cantik rupanya, jika dibandingkan dengan yang lain. Ketika ia menjaga bayi sang peri, terdengarlah olehnya bunyi serdam Sutan Indah. Termenunglah ia ketika itu dan ingin sekali melihat siapa peniupnya. Katanya dalam hati, "Apakah ini yang disebut orang tuanya bulu perindu". Dengan tidak disangka saat itu, terlepaslah sang bayi dari pangkuannya, jatuh ke dalam jurang bukit itu. Dari dalam jurang itu keluarlah api yang besar menandakan kemarahan dewata, ditambah bau angit karena daging bayi yang terbakar. Setelah menyadari hal ini, bingunglah Krikam Manis dan timbullah takutnya. Sudah pasti kalau sang peri kembali nanti malam, ia akan dibunuh.
Kalau kembali ke kayangan, sudah tentu akan menerima hukuman yang berat. Larilah ia dari tempat itu jauh-jauh, menuju kebawah, kearah mana suara serdam yang menyebabkan malapetaka itu. Bunyi serdam makin lama makin jelas kedengaran olehnya. Sampailah ia di suatu tempat dekat sebatang kayu besar lagi rimbun daunnya. Tampaklah olehnya seorang pemuda sedang duduk dibawahnya sedang meniup serdam. Ketika Krikam Manis berada di depan pemuda itu, yang tak lain dari Sutan Indah yang terusir itu, Sutan Indah sangat tercengang melihat Krikam Manis yang sangat cantik itu.
Ia merasa tidak percaya kepada apa yang dilihatnya, bahwa seorang gadik berada di tengah hutan, yang belum pernah didatangi manusia. Ia teringat pula akan mimpinya pada waktu ia mendapatkan bambu hanyut dahulu. Ia membandingkan wajah putri dalam mimpinya, sama dengan wajah gadik yang berada di hadapannya itu. Setelah lama saling berpandangan itu, berkatalah Sutan Indah, "Siapa kamu ini wahai putri? Mengapa berada di sini? Siapa temanmu, apakah kamu seorang diri?". Krikam Manis menjawab, "Aku adalah seorang bidadari penjaga anak peri penunggu bukit ini. Aku lari kesini karena aku telah menjatuhkan anaknya, karena aku lengah ketika mendengar bunyi suara bulu perindu. Mungkinkah bulu perindu itu adalah buluh perindu yang engkau pegang itu?" "Benar tuan putri. Kalau begitu akan kubuang serdam ini". "Jangan tuanku. Aku senang mendengarnya. Coba tuanku lagukan sebuah lagu untuk menghibur ketakutanku ini". "Jangankan sebuah lagu, lebih dari itu aku akan melagukannya". Akhirnya kedua makhluk itu bersahabat, pergi bersama-sama menurut kehendak langkah kaki mereka. Krikam Manis merasa seperti mendapat perlindungan dari seorang jejaka.
Demikian Sutan Indah dapat melupakan kesedihannya berpisah dari kedua orang tua dan kampung halamannya. Sutan Indah berjanji akan melindungi Krikan Manis, dari segala bahaya. Selama pergaulan mereka, dan selama pengembaraan mereka, tak tentu arah tujuan, belum terlukis dan terlintas perasaan aneh dalam diri Sutan Indah. Tetapi sebaliknya, Krikam Manis telah mempunyai rasa simpati yang mendalam, bahkan lebih dari itu, sebagai naluri seorang gadis yang telah memiliki jiwa kemanusiaan, dan sudah melepaskan diri dari alam kedewaan. Dunia ini dirasakannya indah sekali selama berdampingan dengan Sutan Indah yang gagah lagi tampan itu. Terlebih lagi kalau Sutan Indah telah bersenandung dengan buluh perindunya itu. Tenang dan damai rasa di hati Krikam Manis. Hilang segala ketakutan dan kecemasan, kesedihan dan kerinduan akan alam kayangan yang telah ditinggalkannya. Akhirnya mereka sampai pada suatu tempat, disebuah batu yang agak lebar. Di situlah mereka berhenti dan duduk beristirahat. Tak jauh dari tempat itu terdapat mata air yang panas dan dihilirnya terdapat pula dua muara sungai yang lubuknya agak dalam. Disitulah Krikam Manis menyejukkan badannya. Sutan Indah mulai meniup serdamnya. Dari lagu ke lagu, yang sulit diartikan oleh orang biasa, merupakan untaian isi hatinya.
Krikam Manis merasakan arti tiupan bulu perindu Sutan Indah itu. Tak dapat ia ungkapkan dengan kata-katanya, hanya lewat pandangan matanya tertuju kepada Sutan Indah, seolah olah mengharapkan perngertian Sutan Indah. "Marilah kita ciptakan dunia ini seindah mungkin". Bisik hati Krikam Manis.Kiranya Sutan Indah demikian pula halnya. Tetapi ia belum sanggup dan belum berani melahirkan isi hatinya yang sudah lama terpendam, sejak pertemuannya yang pertama sesuai pula dengan impianya dahulu. Kadang-kadang ia terkenang kepada ibunya yang ia tinggalkan pada malam hari keberangkatannya dari rumah. Ia tidak sempat berpamit kepada ibunya. Kadang-kadang terasa ingin pulang menjenguk ibunya sebentar.
Bagaiaman Krikam Manis? Tak mungkin dibawanya serta. Ia takut kepada ayahnya yang mungkin masih dendam kepadanya. Berkatalah ia kepada Krikam Manis pada suatu malam yang indah,"Adinda Krikam, aku senang sekali menyaksikan kedua benda di atas langit pada malam ini. Yang satu bulan yang satu lagi bintang yang sangat terang itu.Bila kulihat kedua benda itu, aku rindu sekali kepada sang bulan dan aku cinta sekali kepada sang bintang itu". "Apa maksud kakanda Sutan terhadap kedua benda itu. Siapa yang bulan siapa yang bintang yang paling terang itu?". "Ada kau dengar lagu dalam serdamku itu Krikam?". "Betul kakanda". "Nah adinda. Aku merindukan ibuku, yang kutinggalkan beberapa bulan lalu. Dan aku cinta kepadamu adinda Krikam". Kemudian berkata kembali Sutan Indah dengan lemah lembut,"Adinda Krikam, jika adinda izinkan aku akan menemui ibuku sebentar, untuk menyampaikan berita gembira ini kepada ibu, bahwa aku akan segera menyuntingmu adinda. Aku bukan tak ingin membawamu serta, tetapi aku takut kalau ayahku yang bengis itu lebih marah lagi kepadaku dan kepada kita berdua. Aku sayang sekali kepadamu, jadi lebih baik adinda tinggal di sini sebentar.
Pondok ini sudah cukup kuat bagimu untuk berlindung dari gangguan binatang buas". Krikam tidak berkata sepatah pun. Keesokan harinya, Sutan Indah berangkat menuju kampungnya. Tinggallah Krikam Manis seorang diri. Setelah sampai di kampungnya, bertemulah Sutan Indah dengan ibunya. Ibunya sangat gembira sekali, apalagi setelah mendengar cerita Sutan Indah, bahwa ia akan menyunting seorang bidadari dari Kayangan. Demikian pula ayahnya, sudah tidak marah lagi kepada Sutan Indah yang telah kembali itu. Terlebih lagi setelah mengetahui bahwa Sutan Indah telah beristri. Malah disesalkannya sekali mengapa Krikam Manis tidak di bawah sekali. Malam itu juga ayah Sutan Indah mengerahkan orang kampung untuk menjemput Krikam Manis. Gajah mena tela disiapkannya. Obor dinyalakan. Sebanyak empat puluh orang penjemput Krikam Manis. Ibu Sutan Indah ikut juga, didampingi Sutan Indah. Ayahnya berada di depan sekali mengepalai rombongan.
Ketika ayam berkokok, tibalah rombongan di hutan dekat pondok Krikam Manis. Krikam terkejut sekali melihat nyala obor yang banyak sekali. Dari jauh terlihat olehnya rombongan orang yang banyak itu. Timbul takutnya, apalagi melihat orang yang di depan sekali sudah tua dan besar badannya serta membawa golok. Krikam tidak melihat Sutan Indah, karena Sutan Indah masih berada di belakang rombongan, karena sedang tertatih-tatih memapah ibunya. Krikam Manis menyangka oranga banyai itu akan berbuat jahat kepadanya dan mungkin pula ayah Sutan Indah yang akan menghukumnya. Demikian pula dikiranya bahwa Sutan Indah telah dihukum lebih dahulu oleh ayahnya. Dengan tidak berpikir panjang lagi melompatlah Krikam Manis dari pondoknya melarikan diri ke dalam hutan menerobos kegelapan malam. Rombongan sampai di pondok Krikam Manis, tetapi ia tidak ditemui lagi. Yang tinggal hanyalah secarik perca bekas sobekan selendang Krikam Manis yang tersangkut di pintu pondok, sebagai tanda bukti kebenaran Sutan Indah akan kata-katanya.
Semua penjemput merasa kecewa, apalagi Sutan Indah yang merasakannya. Rombongan kembali ke kampung pagi itu. Sutan Indah pergi pula tak menentu arahnya, untuk mencari Krikam Manis. Disuatu tempat di dataran tinggi yang luas, Sutan Indah berhenti di bawah sebatang pohon yang rindang. Tak disadarinya serdam diangkatnya ke atas bibirnya, sambil airmatanya berlinang-linang, mengalunkan rangkaian lagu kesedihan bercampur kekecewaan dan kepatahan hati Berhari hari lamanya. "do legau alau moi das lenget, duai legau ngan Ratu Panjang tlau legau ngan Krikam Manis . . . ." Lagu pertama ini ku persembahkan ke atas langit, untuk para dewa, keluarga Krikam Manis dengarlah. . . . Lagu kedua kusampaikan kepada ibuku dan bapakku Ratu Panjang, dan Lagu ketiga untukmu sayang, dimana saja kau berada, dengarlah. . . . dengarlah. . . .
Demikianlah hingga saat ini bila kita mendengar serdam di malam hari, teringat akan kisah Sutan Indah anak tunggal Ratu Panjang, bernasib malang. Hingga saat ini nasib Sutan Indah tiada diketahui lagi. Hanya tinggal legendanya saja berupa bukit Kaba yang berkawah (Gunung Kaba dengan kawah aktip di puncaknya). Kawahnya terjadi karena telah menelan anak Peri yang terjatuh dari pangkuan Krikam Manis. Suban air panas beserta kedua muara sungai di hilirnya adalah tempat peristirahatan Sutan Indah dan Krikam Manis yang sedang dalam kegembiraanya dahulu. Dan menurut cerita pula, dataran bukit Seblat sebelah utara merupakan perhentian terakhir pengembaraan Sutan Indah.
Reference: Proyek Penerbitan dan Pencatatan Kebudayaan Daerah. Informan Ibnu Hajar (48th -1981), desa Muara Aman. Di tulis oleh Tun Jang
(www.curupkami.blogspot.com)
Gunung Kaba Status Waspada
Status Gunung Kaba (1952 mdpl) di Kecamatan Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, naik dari normal (level I) menjadi waspada (level II).
“Ada peningkatan aktivitas gempa vulkanik dalam beberapa hari ini, namun belum menunjukkan aktivitas yang signifikan. Status Gunung Kaba dinaikkan dari normal menjadi waspada (level II),” kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, Hendrasto, di Bandung, Rabu.
Peningkatan status Gunung Kaba dilakukan sejak Selasa (20/10). PVMBG langsung menurunkan Tim Tanggap Darurat ke Posko Pemantauan Gunung Kaba di Bengkulu.
Menurut Hendrasto, pusat erupsi atau kegiatan vulkanik gunung itu sering berpindah-pindah dicirikan oleh adanya kawah-kawah yang terdapat pada puncak. Di puncak itu tumbuh kerucut-kerucut kecil dan pusat erupsi masih menunjukkan tanda-tanda kegiatan gunung api.
“Erupsi terakhir Gunung Kaba terjadi pada 26 Maret 1952. Saat itu ditandai dengan abu letusan dan terdengar suara gemuruh,” kata Hendrasto.
Pada tahun 2000 juga terjadi peningkatan kegiatan kegempaan gunung Kaba yang dipicu gempa tektonik Bengkulu yang berkekuatan 7,8 Skala Richter (SR) pada 4 Juni 2000.
Dikaitkan dengan aktivitas gempa bumi berkekuatan 7,6 SR yang melanda Sumbar beberapa waktu lalu, menurut Hendrasto, bisa saja ada hubungannya, yang jelas saat ini ada peningkatan aktivitas gunung api itu.
Gunung api Kaba pada saat normal selalu mengeluarkan asap dari kawah dengan warna putih tipis dan ketinggian 25-100 meter dari puncak. “Tidak ada kelainan dari aktivitas kawah gunung itu, hanya tingkat kegempaan vulkaniknya meningkat,” katanya.
Dengan adanya peningkatan aktivitas Gunung Kaba dari normal menjadi waspada, PVMBG merekomendasikan agar pengunjung dan wisatawan tidak mendaki atau memasuki kompleks kawah gunung itu dalam radius satu kilometer.
“Kawah sebagai pusat letusan dan gas vulkanik dapat membahayakan bagi kehidupan. Masyarakat jangan terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Kaba yang tidak jelas sumbernya,” kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api PVMBG itu menambahkan.
Pengamatan aktivitas gunung itu dilakukan di Posko Pengamatan Gunung Kaba di Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong.
www.matanews.com
sudah lama sekali tidak kesana... sudah banyak perubahannya sekarang..
BalasHapusditunggu gan kunjungan baliknya ..and salam kenal