Senin, 01 November 2010

Gunung Marapi di Agam


Lokasi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat
Kota terdekat Bukittinggi
Negara Indonesia
Tipe stratovolcano
Letusan terakhir 2004
Ketinggian 2891,3 m
Koordinat 100° 28' 16.71 BT, 0°22'47.72" LS


Gunung Marapi dari Pintuangin

· Letak : di Kec. Banuhampu Sungai Puar, Kab. Agam dan Kec. Pariangan, Kec. Batipuh, Kec X Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat. (Peta JANTOP TNI AD tahun 1982 helai peta 1224-II).

· Karakteristik: gunung api aktif, ditutupi hutan hujan tropis, pada ketinggian diatas 2500 mdpl merupakan cadas, trek pendakian tidak begitu terjal.

·Jalur Pendakian:

* Koto Baru
Titik start : desa Koto Baru (1225 mdpl), Kec. X Koto Kab. Tanah Datar, lama pendakian normal 5 jam. Berjarak 81 Km dari Padang.

* Simabur
Titik start : desa Padang Panjang Bawang Kec. Pariangan, Kab. Tanah Datar, lama pendakian normal 7 jam. Berjarak 92 Km dari Padang.


· Transportasi:

* Koto Baru
tergantung start dari mana - Terminal Bingkuang
Terminal Bingkuang - Koto Baru (Rp. 8.000,-) dengan bus jurusan Padang-Bukittinggi (turun di Koto Baru) PO. ANS, NPM dan sebagainya.

* Simabur
tergantung start dari mana - Terminal Bingkuang
Terminal Bingkuang - Simabur (Rp. 8.000,-) dengan Bus jurusan Padang - Batu Sangkar (turun di Pasar Simabur). Pasar Simabur - desa Padang Panjang Bawang (ojek Rp. 2.000,-, angkutan kota hanya pada hari pasar).


Kondisi Medan :
1. Jalur Koto Baru
* Desa Koto Baru - Pesanggerahan (1550 mdpl) : landai/jalan aspal, ladang penduduk, terdapat sumber air di ketinggian 1450 mdpl.
* Pesanggerahan - Cadas (2500 mdpl) : tanjakan ringan sampai agak terjal, hutan sekunder - hutan primer - hutan sekunder (gelam gunung), sumber air di ketinggian 1750 dan 2275 mdpl.
* Cadas - Puncak gunung Merapi (2757 mdpl) : tanjakan terjal, kawah aktif, lapangan pasir vulkanik.
* Puncak Merapi - Puncak Merpati (2891 mdpl) : turunan terjal - tanjakan terjal, berbatu dan pasir vulkanik - dominasi gelam gunung dan bunga Edelweiss.

2. Jalur Simabur
* Desa Padang Panjang Bawang - Tungku 3 : tanjakan ringan, peladangan penduduk - hutan sekunder - hutan primer, sumber air.
* Tungku 3 - Puncak Merapi : tanjakan agak terjal, perdu - pasir vulkanik.

Perizinan : Lapor di Pos polisi terdekat atau pada kepala desa terakhir.

Potensi : Kawah aktif 4 buah, bunga Edelweiss, Panorama gunung Singgalang, Talamau, Tandikat, Kerinci, Danau Singkarak dan Samudera Hindia.






Titik Koordinat : 
- Tugu abel tasman 6149,5688
- Puncak merpati 6215,5648
- Shelter 6020,5676
 

Kondisi Umum

Dengan 2891,3 mdpl, Gunung Marapi yang terletak di Kabupaten Agam ini memang mengundang pesona. Sebagai gunung paling aktif di wilayah Sumatera Barat, dengan potensi 7 buah kawah yang indah dan mengeluarkan asap belerang aktif. Marapi merupakan objek wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan, baik lokal maupun dari luar. Pada hari-hari libur, malam minggu, tahun baru dan 17 Agustus Marapi selalu ramai dikunjungi. Marapi sudah memiliki jalur tetap untuk para pendaki, sehingga memudahkan para pendaki untuk melakukan pendakian. Di gunung ini, terdapat bunga edelweis yang tumbuh bermekaran di sekitar lereng gunung, terutama di sekitar arah timur Puncak Merpati yang dikenal dengan Taman Edelweis. 


Titik kordinat Marapi adalah Tugu Abel sedangkan puncak tertinggi dinamakan Puncak Merpati , dengan konsisi meruncing dan cukup sempit. Dari puncak Merpati ini kita bisa melihat ke hampir seluruh wilayah Sumbar, apalagi jika cuaca cerah kita bisa melihat Danau Singkarak, Samudra Hindia , seluruh wilayah Padang Panjang, Bukittinggi yang terkenal dengan Ngarai Sianok nya, sebagian Kota Payakumbuh dan Batusangkar . Dari puncak ini kita juga bisa melihat angkuhnya puncak Gunung Kerinci yang samar-samar kelihatan dari kejauhan. Gunung Talamau di Pasaman, dan gunung kembar Singgalang dan Tandikek. 


Akses
Akses untuk mencapai Gunung Marapi cukup mudah, mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat kota Bukittinggi dan kota Padang Panjang. Dari Padang atau bandara Ketaping menuju Gunung Merapi, butuh waktu sektar 1 ½ jam untuk sampai ke lokasi. Sedangkan jika bertolak dari Bukittinggi, butuh waktu sekitar 30 menit. Transportasi untuk mencapai lokasi dapat ditempuh melalui jalur darat, bisa menggunakan angkutan umum atau travel. Ongkos berkisar Rp. 20.000,- dari Padang dan Rp. 7.000 dari Bukittinggi (Update pasca BBM naik per 24 April 2008 )

Jalur
Untuk sampai ke Puncak Marapi, ada beberapa jalur yang ditempuh oleh pendaki. Namun pada umumnya adalah lewat jalur Koto Baru yang relatif mudah dan sudah sering di lalui pendaki pada umumnya. Namun jika ingin suasana adventure yang lebih menantang dapat melalui jalur desa Simabur di Kabupaten Tanah Datar dengan akses langsung ke taman edelweis dan puncak Merpati. Jalur lain adalah jalur baru Kacawali , dari daerah Bukittinggi. 


www.fietha.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails