Senin, 07 Februari 2011

8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus

Dinosaurus pernah menguasai bumi berjuta-juta tahun yang lalu. Namun di Indonesia, jejak hewan raksasa itu belum pernah terlihat. Fosil dinosaurus kerap ditemukan di benua Amerika dan Amerika Selatan.

Meski demikian, tidak ada salahnya mengetahui sejumlah fakta unik tentang dinosaurus, mahluk yang sempat dipopulerkan oleh sutradara kawakan, Steven Spielberg, dalam trilogi Jurassic Park-nya.  Seperti berikut ini:

1. Brachiosaurus
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus





Brachiosaurus adalah jenis dinosaurus paling berat badannya. Dari peninggalan fosilnya, para paleontolog, memperkirakan berat Brachiosaurus setara dengan 17 ekor gajah Afrika. Brachiosaurus memiliki tinggi 16 meter dan panjang 26 meter.


2. Lesothosaurus
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus


Bila ada dinosaurus terbesar, tentu ada dinosaurus terkecil. Dari penemuan fosil, para ahli menemukan Lesothosaurus. Hewan ini sejenis unggas, besarnya tak lebih dari ayam.


3. Troodon
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus




Meski binatang, bukan berarti dinosaurus tak punya otak. Dari fosil tengkorak yang ditemukan para ahli, diperkirakan dinosaurus 'terpintar' adalah jenis Troodon. Binatang ini adalah dinosaurus pemburu. Panjangnya dua meter, memiliki otak sebesar burung modern, pandangan mata stereoscopic, dan sejenis tangan yang bisa menggenggam.


4. Stegosaurus 
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus


Sementara kebalikan dari Troodon, adalah dinosaurus dengan otak paling kecil. Otak Stegosaurus panjangnya hanya tiga centimeter dan beratnya 75 gram, namun badannya bongsor.


5. Sauropseidon
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus


Bagaimana dengan dinosaurus tertinggi? Nama jenisnya Sauropseidon. Kaki depan binatang ini lebih panjang dari kaki belakangnya. Membuat mereka terlihat seperti jerapah. Ditambah lagi leher mereka cukup panjang yang bisa digunakan untuk menggapai pucuk pohon tertinggi. Salah satu jenis tertinggi yang pernah ditemukan mencapai 18,5 meter.



6. Dromiceiomimus
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus


Dinosaurus juga bisa berlari cepat. Salah satu yang tercepat adalah nenek moyang burung onta, bernama Dromiceiomimus. Diperkirakan dengan kakinya yang lincah, hewan ini bisa berlari sampai 60 kilometer per jam.


7. Eoraptor
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus

Perkenalkan Eoraptor. Dia adalah dinosaurus yang umurnya paling tua di dunia. Hidup sekitar 228 juta tahun yang lalu. Fosilnya ditemukan di Kepualauan Madagaskar.


8. Micropachycephalosaurus
8 Fakta Unik Tentang Dinosaurus

Terakhir, mendengar namanya saja susah. Inilah dinosaurus dengan nama paling panjang: Micropachycephalosaurus, yang artinya 'kadal berkepala tebal'. Fosilnya ditemukan di Cina pada 1978.

Sumber: republika.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails