Senin, 07 Februari 2011

Ancam Komodo, Todung Nilai Panitia "new7wonders" Aneh

Ancam Komodo, Todung Nilai Panitia new7wionder Aneh
Komodo

Panitia New7wonders menangguhkan Pulau Komodo sebagai finalis calon 7 keajaiban dunia. Pemerintah mengambil langkah hukum atas perlakukan semena-mena itu.

Pengacara kawakan, Todung Mulya Lubis, ditunjuk Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata sebagai kuasa hukum pemerintah. Todung menyatakan penangguhan itu sama sekali tidak berdasar.

Panitia new7wonders tidak memiliki wewenang untuk membuat keputusan tersebut. "Itu kan hasil pemungutan suara," katanya ketika dihubungi Republika, Ahad (6/2).

Konsekuensinya, lanjut dia, hanya masyarakat yang mengajukan pilihan yang berhak memutuskan siapa yang menjadi finalis atau tidak. “Mereka tidak punya hak,” tambahnya.

 

Komodo di Posisi Aman untuk Jadi 7 Keajaiban Dunia

  
Komodo di Posisi Aman untuk Jadi 7 Keajaiban Dunia
Komodo

Komodo (varanus comodoensis) menempati peringkat enam pada pekan terakhir Desember 2010 untuk menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru. Posisi ini dinilai berdasarkan suara dari pemilih yang diukur dalam 28 hari terakhir.

"Laporan dari New7 Wonder Foundation bahwa kriteria minggu ini adalah tingginya tingkat minat pemilih yang diukur dalam 28 hari terakhir, di mana Komodo menempati peringkat enam," kata Kepala Bidang Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Ubaldus Gogi, di Kupang, Selasa (4/1).

Pihaknya secara terus menerus mendorong masyarakat di seluruh Tanah Air untuk ikut berpartisipasi memberikan suara agar posisi Komodo tetap bertahan pada peringkat satu sampai tujuh. "Kami yakin komodo akan lolos menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia," katanya.

Pada 21 Juli 2009 melalui situs New7 Wonders Foundation, komodo diumumkan  menjadi salah satu dari 28 finalis tujuh keajaiban dunia. Binatang purba terakhir di muka bumi ini menyisihkan sekitar 440 nominasi dari 220 negara.

 

Ayo Dukung Terus, Posisi Komodo Kian Mantap

   
Ayo Dukung Terus, Posisi Komodo Kian Mantap
Komodo

PosisiTaman Nasional Komodo (TNK) dan penghuninya (varanus commodoensis), di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur semakin kuat dalam persaingan memperebutkan salah satu dari tujuh keajaiban dunia.

"Posisi Komodo sekarang sangat kuat, bahkan pekan lalu sempat berada pada posisi pertama," kata Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi NTT, Ulbadus Gogi, di Kupang, Kamis (23/12) ketika ditanya posisi terakhir dalam memperebutkan posisi salah satu dari tujuh keajaiban dunia (new7 wonders).

Gogi mengatakan sejak diumumkan 21 Juli 2009 oleh New7 Wonders Foundation bahwa Komodo masuk sebagai salah satu finalis,pemerintah terus melakukan sosialisasi untuk meminta dukungan. TNK masuk dalam 28 finalis yang berhak melanjutkan ke tahap final setelah menyisihkan kurang lebih 440 nominasi dari 220 negara,

Permintaan dukungan ini tidak hanya kepada rakyat NTT, tetapi juga kepada seluruh masyarakat Indonesia, karena masuknya binatang purba dalam tujuh keajaiban dunia tidak hanya memberi dampak bagi masyarakat di provinsi kepulauan itu, tetapi untuk Indonesia secara keseluruhan.

"Kita memang gencar (promosi). Sejak 2009 lalu Gubernur NTT Frans Lebu Raya menugaskan kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan NTT keliling ke sejumlah provinsi di Tanah Air untuk memberikan penjelasan mengenai pososi Komodo sekaligus meminta dukungan dan saat ini dukungan terus mengalir," katanya.

Dia mengakui pada Juni 2010 lalu, posisi Komodo sempat terancam karena berada pada posisi ke-14 tetapi berkat perjuangan dan dukungan semua pihak, saat ini posisi Komodo sangat kuat.

"Sekarang ini posisi Komodo naik turun. Terkadang di posisi satu, turun dua dan sampai batas tiga. Dalam satu bulan terakhir ini tidak pernah beranjak dari posisi tiga," katanya.

"Kita masih memiliki cukup waktu, tetapi dukungan tidak bisa hanya dari masyarakat NTT. Seluruh masyarakat Indonesia harus memberikan dukungan penuh," katanya. Tanpa dukungan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia, harapan untuk menjadikan Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia bakal hanya tinggal harapan.
Sumber: republika.co.id

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails