Senin, 14 Maret 2011

Pemimpin yang Berkualitas?

Pada tahun-tahun terakhir ini kita sering mendengar pernyataan bahwa saat ini kita mengalami krisis kepemimpinan. Hingga sekarang nyaris tidak punya tokoh yang dapat membawa bangsa ini keluar dari krisis multidimensional.

Pada dasarnya seorang pemimpin dikatakan baik apabila dalam mencapai tujuannya senantiasa didukung oleh orang-orang yang dipimpinnya. Pemimpin dan yang dipimpin harus mempunyai ikatan yang sangat kuat, lalu apa saja ciri pemimpin yang baik? Jawabanya ada enam hal :

Pertama, terbuka saran dan kritik, seorang pemimpin yang baik tidak akan merasa sakit hati, marah, dan dendam terhadap orang-orang yang mengkritiknya, justru ia memandang kritik sebagai “roh” yang akan mengembangkan dirinya.

Kedua, dapat menjadi panutan. Seorang pemimpin yang baik akan dinobatkan sebagai panutan oleh anak buahnya, tentunya penobatan ini tidak semata-mata karena pertemanan, kekeluargaan dan kekerabatan, tapi berdasarkan sikap, tutur kata, dan perilaku sehari-hari.

Ketiga, memberikan kebebasan. Seorang pemimpin yang baik tidak akan mengekang kebebasan orang yang dipimpin dia akan menghormati semua perbedaan antara orang satu dengan orang yang lain dan dia tidak akan memaksakan kehendaknya sendiri.

Keempat, melibatkan orang lain. Seorang pemimpin yang baik akan melibatkan orang lain dalam mewujudkan tujuannya sehingga setelah tujuan itu tercapai tentunya semua orang akan merasa senang.

Kelima, menjadi problem solver. Pemimpin yang bisa dibanggakan adalah pemimpin yang bisa memecahkan masalahnya dengan baik, bukan justru menjadi sumber permasalahan. Ia akan berani dan bertanggung jawab atas keputusannya.

Keenam, mampu berperan sebagai motivator. Seorang pemimpin yang baik harus bisa menjadi motivator bagi orang lain, Ia harus menjadi pelita bagi orang yang sedang dalam kegelapan, menjadi kompas bagi yang sedang kebingungan, menjadi mata air bagi yang sedang kehausan, dan sebagai pendorong bagi orang lain supaya tetap memiliki motivasi tinggi dalam melakukkan sesuatu.

Nah..bagaimana dengan anda?

Menjadi pemimpin tidaklah mudah, selain harus memiliki kemampuan teknis Ia juga dituntut mempunyai kemampuan manajerial yang baik. Itulah beberapa ciri pemimpin yang berkualitas, semoga bisa menjadi referensi dalam kehidupan Anda.

Bayu Pamungkas

Sumber: kompasiana.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails