Selasa, 17 Januari 2012

Ragam Kuliner Solo di Galabo

Gladag Langen Bogan (GALABO)
Jl. Mayor Sunaryo - Solo



Mau makan Tengkleng, Nasi Liwet, Sate Sapi, Nasi Trancam, Garang Asem, Wedang Ronde, Bebek Kremes, Mie Godog, Nasi Mawut, Sate Kere, Wedang Dongo dan masih banyak kuliner khas Solo dan Jawa Tengah lainnya? Gak usah sibuk mencari, sekarang semuanya terpusat di satu tempat. Silakan saja meluncur ke Gladag Langen Bogan (GALABO) yang terletak di Jl. Mayor Sunaryo, tepat di depan Beteng Trade Center (BTC) dan Pusat Grosir Solo (PGS). Jalan ini pada malam hari akan ditutup untuk kendaraan bermotor dan menjadi pusat wisata kuliner Solo. Saking banyaknya kedai makan di tempat ini saya sampai bingung sendiri memilih makanan apa yang akan saya santap malam ini. Akhirnya pilihan jatuh ke Tengkleng Klewer Bu Rudi. Kuliner khas Solo ini merupakan favorit saya, dan konon Tengkleng di Pasar Klewer cukup melegenda di kota ini.

Tengkleng sendiri merupakan makanan dari daging kambing berkuah santan serupa dengan gule atau tongseng, tetapi tentu dengan bumbu-bumbu yang berbeda (sori bukan tukang masak jadi gak tau bedanya apa hehehe). Tengkleng pada umumnya menggunakan daging Iga Kambing, tapi di Tengkleng Klewer ini yang digunakan adalah beragam bagian dari kambing seperti kepala, tulang rawan, iga, buntut, kaki dan sebagainya. "Bertarung" dengan beragam isi tengkleng ini sendiri memberikan kenikmatan sendiri, kadang bertemu dengan daging lembut yang masih menempel di tulangnya, kadang menikmati "gemeletuk" tulang rawan, atau empuknya jeroan. Pengalaman Kuliner tersendiri bagi saya :) 1 porsi Tengkleng plus nasi silakan ditebus dengan harga Rp.16rb.


Hmmm, coba yang lain ah. Saya tertarik dengan counter Sate Jerohan Sapi "YU REBI", kebayang menikmati sate daging sapi dengan bumbunya yang manis khas Jawa Tengah, ditambah dengan beragam jerohan sapi yang mengiringinya, sluruuppp. Kalo liat daftar menu ada beragam jenis sate sapi yang tersedia seperti: sate daging, sate ati, sate ginjal, sate iso, sate babat, sate torpedo, dan sate kikil. Semuanya tampak menarik, so akhirnya saya pilih Sate Campur. Rasanya? Gokil abisss.... Bumbu kacang yang manis ditimpali dengan potongan bawang merah dan cabe rawit membalut sepuluh tusuk sate jerohan sapi "Yu Rebi". Gak nemu deh di tempat lain... Harga satu porsi sate ini Rp. 19.000.

Nah sekarang minumnya, saya pengen cari yang aneh, yang susah untuk ditemukan di kota lain. Akhirnya pilihan jatoh pada Jahe Kunir Jeruk (JKJ). Kebayang gak sih hangatnya jahe yang menyatu dengan aroma kunir ditimpali dengan segarnya aroma jeruk... Rasanya beneran dahsyat, gak bisa didapet di tempat lain. Tapi yang agak mengganggu adalah penyajiannya dimana potongan jahe dan kunir yang tumplek dalam satu gelas. Kalo kata temen saya, terlalu banyak sampahnya. But, it's OK for me, segernya minuman ini sebanding koq dengan keribetan minumnya hehehe. Untuk satu gelas minuman yang bisa mengembalikan vitalitas tubuh ini bisa ditebus dengan harga lima ribu rupiah saja.

Buat yang mau plesir ke Solo, Gladag Langen Bogan (GALABO) merupakan solusi kuliner yang tepat. Beragam kuliner Solo tumplek plek ditempat ini, gak usah bingung cari kemana-mana. Makan enak, suasana sejuk plus iringan live music membuat makan malam anda dijamin sempurna. Mau makan di meja boleh, lesehan juga monggo. Udah ah, mikirin makanan di Galabo bikin ngiler sendiri...

Sumber: http://www.banyumurti.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails