Jumat, 25 Maret 2011

Warung Spesial Belut Surabaya



Di wilayah Surabaya bagian selatan ada sebuah warung makan yang patut untuk dikunjungi. Warung ini sebenarnya tidak terlalu besar seperti halnya restoran pada umumnya. Ruangan yang digunakannya hanya berukuran 6×4 meter saja. Peralatan yang digunakannya pun tidak terlalu mewah bahkan cenderung sangat sederhana. Dan bahkan pelanggan yang datang bukanlah golongan pejabat, konglomerat dan orang-orang yang berkantong tebal, melainkan dari golongan masyarakat menengah ke bawah seperti saya.

Warung ini bernama warung “Spesial Belut Surabaya”. Sesuai dengan namanya, warung makan ini menyajikan menu utama berupa belut yang diolah menjadi beberapa jenis masakan seperti pecel belut kering, pecel belut basah, pecel belut elek, belut saos inggris, dan lain-lain. Tidak hanya itu, warung yang terletak di Jl. Banyu Urip Kidul IV/39 Surabaya atau sering disebut Bok Abang itu juga menyediakan menu masakan lain seperti:  pecel lele dan burung dara goreng yang terkenal sangat gurih itu. Harga yang dipatok tidak terlalu mahal. Berikut ini menu dari beberapa jenis makanan di warung “Spesial Belut Surabaya” antara lain :

- Pecel Lele 
- Pecel Belut Kering 
- Pecel Belut Basah 
- Pecel Belut Elek 
- Belut Saos Inggris Basah 
- Belut Saos Inggris Kering 
- Burung Dara Goreng 
- Burung Dara Saos Inggris

Selain di sini, untuk menikmati makanan spesial belut ini bisa dijumpai di cabang lain yaitu di Jl. Ngagel Jaya Selatan 119 Surabaya. Uniknya, kalau Anda ingin membungkus makanan ini untuk dibawa pulang, akan dibungkuskan beserta coweknya.
 
Begitu juga untuk yang di Sidoarjo, di sebelah depot Langgeng di Sidoarjo, ternyata di sebelahnya ada Spesial Belut Surabaya H. Poer (saya singkat SBS) yang sudah lama pengen saya datangi. Sempat bingung mau masuk ke yang mana, tapi akhirnya saya memutuskan untuk makan di Depot Langgeng dan mbungkus di SBS ini.

Lumayanlah berarti saya tidak perlu menunggu lama, akhirnya saya memutuskan memesan pecel belut goreng kering yang gambarnya bisa diliat di bagian atas postingan ini. Sambelya saya milih yang sedang yang ternyata sama sekali gak pedas karena hanya terdiri dari 3 buah cabe rawit + 1 buah tomat yang sudah digoreng, Sayangnya sambelnya dikasih vetsin, so kalo bisa minta yang gak pake vetsin deh.

Gak lama, belutnya muncul dalam keadaan terpotong dan tergoreng kering disertai keprekan bawang putih yang turut digoreng bersama si belut. Wah, dah pengen nyomot nih… cuma sungkan.

Uniknya, untuk belut yang dibawa pulang dikemasnya ternyata bersama dengan cobek kecil tempat sambalnya, kemudian dilapis kertas coklat untuk belut goreng, dan dilapis kertas coklat lagi buat lalapannya, baru dibungkus plastik (halah gak ramah lingkungan banget ya?) Jadinya sampai di rumah belutnya gak jemek dan masih bisa ditata buat difoto sebelum dimakan.

Kalo soal rasa, belutnya crunchy banget, gak asin dan gak ada bau amis, pokoknya gak ada tampang belut deh dan tidak mengecewakan dalam soal rasa. Harga cukupan ya.. Gak pake nasi 12 ribu per porsi.


Pusat:
* Jl. Banyu Urip Kidul IV / 39 (Bok Abang) Surabaya
 

Cabang Utama:
* Jl. Ngagel Jaya Selatan No. 119 Surabaya
 
* Jl. H. R. Muhammad No. 249 Surabaya

Cabang lain yang terdekat.  
* Jl. KH. Mukmin 65, Sidoarjo
   Telp: 031-70108815

 * Jl. A. Yani 219, Surabaya
   (Seberang BCA A. Yani)

1 komentar:

  1. Kami hanya ingin memberi informasi.

    Kami bergerak dibidang budidaya belut di daerah lampung.
    Jika anda berminat ingin MEMBELI BELUT ataupun anda ingin MEMASOK BELUT ke kami, kami siap menerimanya. Berapapun jumlahnya.
    Untuk info lebih lanjut hubungi alamat kami di :

    CV. SUMBER REZEKI
    Jl. Garuda No.36 RT/RW.29/07 Rejomulyo
    Metro Selatan - Kota Metro
    Lampung 34111
    (Belakang Polsek Metro Selatan)
    0858 4088 0024 atau 0878 9898 8145
    Email : belutlampung@gmail.com

    www.belutlampung.com

    Kami tunggu kedatangan dan telpon dari anda.
    Terima Kasih

    BalasHapus

Related Posts with Thumbnails